Keluyuran / Tips Kuliner / Cara Makan Shaburi, AYCE dengan Menu Shabu-shabu Khas Jepang

Cara Makan Shaburi, AYCE dengan Menu Shabu-shabu Khas Jepang

Ditulis oleh - Diperbaharui 24 Oktober 2019

Dewasa ini, mudah sekali menemukan restoran dengan konsep All You Can Eat (AYCE) atau makan sepuasnya. Menu AYCE yang ditawarkan biasanya berupa yakiniku atau daging panggang. Apabila kamu bosan menyantap AYCE dengan menu yakiniku, Shaburi adalah salah satu restoran AYCE yang menawarkan menu shabu-shabu khas Jepang.

Shaburi tidak hanya menawarkan shabu-shabu, ada juga side dish enak lainnya yang wajib kamu coba ketika berkunjung ke sana. Kalau kamu belum tahu cara makan di Shaburi, Keluyuran akan memberikan panduan lengkap untuk bersantap di restoran tersebut.

1. Kunjungi Shaburi Terdekat

Kunjungi Shaburi Terdekat

* sumber: archiexfood.blogspot.com

Hal pertama yang harus kamu lakukan jika ingin makan di Shaburi adalah berkunjung ke restorannya terlebih dahulu. Sebagian besar outlet Shaburi berada di dalam pusat perbelanjaan sehingga kamu tidak akan kesulitan mencari tempatnya. Jika kamu ingin tahu cabang Shaburi di Indonesia, cek di website resminya melalui link ini.

2. Duduk di Meja Kosong

Duduk di Meja Kosong

* sumber: archiexfood.blogspot.com

Setelah sampai di Shaburi, waiter atau waitress yang berada di bagian depan restoran akan bertanya jumlah orang yang akan makan bersamamu. Kalau hanya berdua, bilang saja: “Untuk 2 orang”, kalau lebih dari dua, hitung jumlah rombongan yang bersamamu dan sampaikan jumlahnya pada pelayan.

Kamu akan diarahkan ke meja yang masih kosong. Di setiap meja terdapat kompor listrik sesuai dengan jumlah orang yang duduk di meja. Jika dalam satu meja ada 4 orang, maka di meja tersebut ada 4 kompor listrik beserta pancinya. Jadi, setiap orang mendapatkan kompor listrik sendiri untuk memasak shabu-shabunya nanti.

3. Pilih Paket AYCE

Pilih Paket AYCE

* sumber: octaplayground.blogspot.com

Shaburi menawarkan beberapa paket dengan harga yang berbeda. Semakin mahal harga paket yang kamu pilih, semakin bagus pula kualitas daging yang ditawarkan. Dengan kata lain, perbedaan harga paket ini hanya menentukan jenis dagingnya saja.

  • Beef-shabu Rp 174.000, Rp 89.000 (Anak-anak), dan Rp 122.000 (Lansia)
  • Special Beef-Shabu Rp 228.000, Rp 89.000 (Anak-anak), dan Rp 159.000 (Lansia)
  • Shaburi Wagyu-Shabu Rp 328.000, Rp 128.000 (Anak-anak), dan Rp 229.000 (Lansia)
  • Special Wagyu-Shabu Rp 498.000, Rp 128.000 (Anak-anak), dan Rp 369.000 (Lansia)

Pada dasarnya, paket Beef-shabu yang  termurah sudah menawarkan daging dengan kualitas yang cukup baik. Paket termurah tersebut terdiri dari dua jenis daging, Tasty Beef yang sedikit berlemak dan Low-Fat Beef yang merupakan irisan daging tanpa lemak.

Anak-anak di bawah 2 tahun atau dengan tinggi badan di bawah 100cm tidak dikenakan biaya. Pengunjung dengan tinggi badan 140cm sudah masuk dalam kategori dewasa. Sementara pengunjung yang dikenakan harga lansia yang usianya di atas 60 tahun.

4. Tentukan Kuah Sesuai Selera

Tentukan Kuah Sesuai Selera

* sumber: indonesianfoodhunter.wordpress.com

Setelah memilih paket, pelayan akan bertanya mengenai kuah yang kamu inginkan. Saran dari Tim Keluyuran, sebaiknya pilih jenis kuah yang berbeda dari rombonganmu agar bisa saling mencicipi satu sama lain.

Apabila kamu belum tahu pilihan kuahnya, berikut adalah jenis kuah yang bisa kamu pilih di Shaburi:

  • Konbu: Kuah yang kaya kalsium dan mineral sehingga cocok untuk anak-anak mapun wanita hamil. Kuah Konbu juga dapat memberikan efek meredakan stres dan membuat perut yang kurang enak (karena mual atau mulas) jadi lebih baik.
  • Sukiyaki: Bagi yang tidak menyukai kuah pedas dan suka dengan kuah yang gurih dan manis, Sukiyaki adalah pilihan yang tepat. Kuah sedap ini lebih cocok jika ditambah dengan telur.
  • Paitan Chicken Collagen: Kuah kaldu ayam yang satu ini mengandung kolagen yang bagus untuk kesehatan kulit.
  • Hot Miso: Penggemar rasa asin dan gurih bisa memilih kuah hot miso. Kuah Miso hangat bisa membuat perut terasa lebih baik ketika sedang kembung atau mual. Bahkan, Hot Miso bisa menjadi energy-booster ketika kamu sedang merasa lelah.
  • Japanese Herbal Soup: Kuah sup dengan sentuhan rasa pedas ini benar-benar nikmat. Kamu tidak perlu takut tekanan darahmu naik setelah makan dengan kuah ini karena kuahnya diramu dari bahan-bahan herbal.

Perlu kamu ketahui bahwa kuah ini gratis, tetapi jika kamu ingin menambah kuah lagi maka kamu harus membayar Rp 10.000 untuk setiap kali tambah.

5. Mengambil Side Dish, Bahan Pelengkap, dan Minuman

Mengambil Side Dish, Bahan Pelengkap, dan Minuman

* sumber: gagaldiett.wordpress.com

Sembari menunggu kuahmu mendidih, kamu bisa mengambil side dish, bahan pelengkap, dan minuman di sebuah meja panjang. Apapun paket yang kamu pilih, kamu tetap bisa mengambil semua makanan dan minuman yang ada di meja.

Adapun side dish yang ditawarkan di Shaburi sangat beragam, mulai dari french fries, pasta, sushi, chicken teriyaki, dan masih banyak lagi. Pilihan bahan pelengkapnya pun banyak, mulai dari sayuran, jamur, mie, dll. Kalau kamu terbiasa makan dengan nasi, Shaburi juga menyediakan nasi putih dan takikomi gohan (sejenis nasi Jepang yang dibumbui).

Kamu tinggal memilih side dish, bahan pelengkap, dan minuman yang diinginkan. Kamu pun boleh kembali ke meja tersebut berkali-kali. Jadi, ambil secukupnya saja karena Shaburi akan mengenakan charge Rp 50.000 untuk 100 gram makanan yang tidak dihabiskan oleh pengunjungnya.

6. Cara Masak Daging dan Bahan Pelengkap

Cara Masak Daging dan Bahan Pelengkap

* sumber: flavorfulescape.blogspot.com

Ketika daging sudah tersedia dan semua bahan pelengkap juga sudah diambil, mulailah memasaknya di hotpot (panci) berisi kuah yang sudah mendidih. Berikut adalah cara memasak daging dan bahan pelengkap di Shaburi:

  • Tunggu sampai kuah mendidih baru masukkan bahan-bahan
  • Masukkan irisan daging terlebih dahulu, kemudian disusul dengan mie, jamur, dan aneka suki
  • Setelah beberapa menit, masukkan sayuran
  • Apabila kuah kembali mendidih, kecilkan kompor agar kuahnya tidak cepat habis.

Mengingat dagingnya sudah diiris tipis, maka tak butuh waktu lama untuk memasaknya. Sembari makan, kecilkan kompor agar kuahnya tidak mengering.

7. Tips Makan di Shaburi

Tips Makan di Shaburi

* sumber: www.qraved.com

Sama seperti restoran AYCE pada umumnya, Shaburi memberikan waktu maksimal 90 menit untuk bersantap. Selain itu, Shaburi juga memberikan peraturan charge biaya tambahan jika makanan tidak habis. Biar kamu bisa makan di Shaburi tanpa rugi, ikuti tips-tips berikut ini.

  • Selalu Kecilkan Kompor

Mengingat Shaburi memberikan biaya tambahan jika kita ingin menambah kuah, maka kamu harus berhemat dalam menyantap kuah. Kecilkan kompormu saat memasak atau sesudah makanan matang agar kuahnya tidak cepat habis.

  • Pesan Daging Secukupnya

Daging tidak tersedia di bar, melainkan harus memesan melalui pelayan. Jadi, pesanlah daging secukupnya supaya tidak sisa. Kalau nanti dagingnya habis dan kamu ingin nambah lagi, kamu bisa memesan kembali melalui pelayan.

  • Pesan Kuah yang Berbeda dengan Teman Semeja

Agar kamu dan teman-teman lain bisa saling merasakan semua jenis kuah di Shaburi, pesanlah kuah yang berbeda dengan teman-teman semejamu. Kamu bisa saling mencicipi kuah dengan temanmu.

  • Ambil Dessert Setelah Selesai Makan

Setelah menghabiskan daging dan side dish yang kamu ambil, jangan lupa untuk mengambil makanan penutup (dessert). Shaburi punya makanan penutup berupa buah dan es krim yang sayang untuk dilewatkan.

Itulah petunjuk makan di Shaburi bagi kamu yang baru pertama kali berkunjung ke sana. Pilih paket yang sesuai budget dan ambil makanan secukupnya ketika kamu bersantap di sana. Kamu pun bisa membaca artikel tempat makan AYCE mirip Hanamasa untuk mengetahui restoran AYCE lainnya yang bisa kamu kunjungi.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar