Ini Dia Cara Pesan Minuman di Starbucks Secara Mudah

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 14 April 2020

Starbucks Coffee sudah masuk ke Indonesia sejak awal tahun 2000-an. Kedai kopi internasional ini ada di hampir seluruh negara di dunia. Di Indonesia sendiri Anda bisa menjumpai Starbucks di kota-kota besar. Bahkan, kedai kopi ini juga tersedia di beberapa bandara besar di Indonesia. Singkatnya, kedai kopi Starbucks memang sudah sangat populer dan disukai masyarakat Indonesia.

Meskipun harga segelas kopi Starbucks hampir mencapai 50 ribu rupiah, tetapi masyarakat Indonesia tidak mempermasalahkan hal tersebut dan justru semakin menyukai Starbucks.

Bahkan pihak Starbucks Indonesia sendiri yang juga memanjakan konsumen dengan memberikan program-program yang menguntungkan bagi konsumen, seperti reward Starbucks Card dan promo-promo menarik dengan bank penerbit kartu kredit atau LINE.

Baru pertama kali ke Starbucks Coffee? Tak perlu malu karena Keluyuran akan memberikan panduan seputar cara pesan minuman di Starbucks dan beberapa tips lain yang bermanfaat lainnya. Yuk, langsung saja simak informasi selengkapnya di sini.

Jenis-jenis Gelas di Starbucks

Jenis-jenis Gelas Di Starbucks

Starbucks menjual minuman kopi maupun non-kopi dalam ukuran gelas yang berbeda-beda. Sebelum membahas cara pesan minuman di Starbucks secara detail, kenali dulu jenis gelas Starbucks berikut ini:

  • Tall 12oz (354 ml).
  • Grande 16oz (473 ml).
  • Venti 20oz (591 ml).

Beberapa gerai Starbucks juga menyediakan ukuran gelas Short 8oz (236 ml) dan Trenta 31oz (916 ml). Namun ukuran gelas yang paling umum dan bisa dijumpai di semua Starbucks Indonesia adalah Tall, Grande, dan Venti.

Sedikit informasi, ukuran gelas Tall mengandung sedikit espresso atau setara dengan single shot saja. Sementara itu, gelas berukuran Grande mengandung espresso ganda (double shot) dan Venti mengandung tiga kali lebih banyak espresso (triple shot).

Namun, kita bisa request jumlah espresso sesuai dengan keinginan. Misalnya, Anda ingin memesan minuman kopi di gelas Venti tapi hanya ingin single shot espresso. Namun, jika ingin menambah dosis espresso lebih dari takaran sesuai ukuran gelas, Anda akan dikenakan biaya tambahan.

Menu Minuman di Starbucks

Namanya saja Starbucks Coffee, tentu saja menu minuman di sini didominasi dengan berbagai jenis racikan kopi. Sebenarnya Anda tak perlu bingung memesan minuman di Starbucks karena di atas kasir terdapat nama-nama minuman berserta dengan harganya. Untuk menunjang panduan cara pesan minuman di Starbucks, Keluyuran akan memberikan penjelasan singkat seputar menu minuman di Starbucks:

1. Freshly Brewed Coffee

Freshly Brewed Coffee

Bagi Anda penikmat kopi sederhana tanpa tambahan susu, kreamer, whipped cream, dan sebagainya, menu di katergori Freshly Brewed Coffee ini adalah pilihan yang pas. Menu ini didominasi dengan racikan kopi hitam yang minim bahan tambahan, seperti Iced Coffee, Pike Place Roast, dan Caffee Misto yang ditambahkan dengan susu.

2. Starbucks Espresso Beverages

Starbucks Espresso Beverages

Menu di kategori Starbucks Espresso Beverages ini diisi dengan berbagai macam minuman kopi original maupun yang ditambahkan dengan bahan-bahan lain. Anda bisa menjumpai beberapa menu kopi yang familiar, seperti Cappuccino, Espresso, dan Vanilla Latte.

Sementara itu, menu Starbucks Espresso yang cukup banyak dipesan oleh konsumen adalah Caffe Americano, Asian Dolce Latte, Caramel Macchiato, dan Caffe Mocha.

3. Starbucks Frappucino Blended Beverages

Starbucks Frappucino Blended Beverages

Cara nongkrong di Starbucks bagi Anda yang tidak mengkonsumsi kopi adalah memesan minuman Frappucino. Minuman dingin yang atasnya diberi topping whipped cream ini sebagian besar tidak mengandung kopi. Adapun jenis frappucino yang paling sering dipesan adalah Double Chocolate Chip, Caramel Cream, dan Green Tea Crème.

Akan tetapi bagi Anda yang suka menikmati minuman kopi dingin yang sudah dimodifikasi, Starbucks turut menyediakan frappucino yang mengandung kopi, seperti Java Chip, Mocha, dan Espresso.

4. Brewed Tea

Brewed Tea

Walaupun Starbucks adalah kedai kopi internasional, di sini juga tersedia menu minuman teh bagi Anda yang tidak ngopi. Adapun varian teh yang ditawarkan Starbucks memang bervariasi, ada Chamomile Blend, Mint Blend, Spearmint Green Tea, Earl Gray Brewed Tea, dan beberapa pilihan menu lainnya.

5. Chocolate Beverages

Chocolate Beverages

Tidak suka kopi, tapi juga tidak suka teh. Pilih saja minuman dari kategori Chocolate Beverages. Pilihan minuman pada kategori ini hanya ada 2, yakni Classic Hot Chocolate dan Starbucks Signature Hot Chocolate. Anda pun bisa request untuk dibuatkan minuman cokelat yang dingin.

Perlu Anda ketahui bahwa minuman-minuman di atas adalah minuman yang dijual di Starbucks Indonesia. Namun, jika Anda mengetahui secret menu dari Starbucks, Anda dapat meminta barista untuk membuatkan secret menu sendiri.

Cotton Candy sendiri sebenarnya adalah secret menu dari Starbucks. Ini adalah kombinasi Frappucino Vanilla dengan tambahan sirup raspberry. Namun, mengingat peminat Cotton Candy dari hari ke hari semakin banyak, akhirnya minuman tersebut sudah tidak lagi menjadi menu rahasia di Starbucks.

Jenis Pembayaran Di Starbucks

Jenis Pembayaran Di Starbucks

* sumber: bertuahpos.com

Sebagai kedai kopi internasional yang sudah memiliki begitu banyak cabang di Indonesia, metode pembayaran di Starbucks sangat beragam. Yang pertama, Anda dapat membayar secara tunai (cash). Kemudian, Starbucks turut menyediakan mesin EDC untuk membayar dengan menggunakan kartu debit atau kredit.

Selain metode pembayaran tersebut, Starbucks juga menyediakan program Starbucks Card dimana konsumen yang memegang Starbucks Card bisa bertransaksi di seluruh Starbucks di Indonesia menggunakan kartu tersebut.

Setiap membeli dan membayar minuman dengan Starbucks Card, itu artinya Anda sedang mengumpulkan reward. Setiap pembelian 1 gelas minuman, pemegang Starbucks Card berhak memperoleh 1-star, dimana jika star yang terkumpul sudah mencapai 10, Anda berhak memperoleh satu minuman apa saja berukuran tall secara gratis.

Cara Pesan Minuman Di Starbucks

Cara Pesan Minuman Di Starbucks

Setelah membahas seputar hal-hal yang ada di Starbucks, kini tiba saatnya untuk membahas cara pesan minuman di Starbucks. Sekedar informasi, Starbucks mengusung cara pemesanan seperti Richeese Factory dan KFC dimana kita harus pesan dan bayar langsung di kasir sebelum memperoleh pesanan kita. Tak perlu berlama-lama lagi, inilah panduan cara pesan minuman di Starbucks yang benar:

  1. Datang ke gerai Starbucks Coffee, lalu langsung menuju ke kasir untuk memesan minuman.
  2. Sebutkan ukuran gelas yang dipilih (Tall, Grande, atau Venti), jangan lupa menyebutkan jenis minuman Anda (panas atau dingin) karena gelas minuman panas atau dingin berbeda.
  3. Sebutkan nama minuman yang Anda pesan. Langsung katakan kepada kasir jika Anda ingin mengurangi jumlah es batu, menambah additional syrup, dll.
  4. Kasir akan menulis nama minuman yang dipesan pada gelas, lalu kasir akan menamakan gelas dengan nama Anda. Jika minuman sudah jadi, maka nama Anda akan dipanggil.
  5. Bayar pesanan Anda secara tunai, kartu debit/kredit, Starbucks Card, atau T-Cash.
  6. Silahkan tunggu minuman Anda di meja di samping barista atau cari meja yang berada tak jauh dari barista agar Anda mendengar jika nama Anda dipanggil.

Apabila Anda ingin menggunakan promo tertentu, seperti promo LINE, T-Cash, atau kartu kredit, sebaiknya sampaikan informasi tersebut kepada kasir sebelum memesan minuman. Siapa tahu promo tersebut sudah tidak berlaku.

Itulah panduan cara pesan minuman di Starbucks yang benar. Jika Anda bingung memilih minuman yang ingin dibeli, silakan baca 10 minuman Starbucks paling favorit ini untuk dijadikan refernsi.

Dan apabila Anda adalah pengguna aplikasi Gojek ataupun Grab, rasanya akan lebih praktis jika Anda order menu Starbucks secara online. Anda hanya tinggal memilih menu yang tertera di aplikasi Go Food atau Grab Food dan melakukan pesanan dalam satu kali klik. Pilihlah gerai Starbucks yang terdekat dengan lokasi Anda agar pesanan lebih cepat sampai dan ongkos kirim jadi lebih hemat. Bahkan memesan secara online juga banyak promonya, lho!

Dengan banyaknya promo dan kemudahan cara bayar di Starbucks, tak heran jika kedai kopi ini selalu ramai pengunjung setiap harinya. Nah, apakah Anda tertarik untuk nongkrong di Starbucks? Yuk, share pengalaman seputar minuman Starbucks yang paling enak menurut Anda di kolom komentar.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram