keluyuran web banner

Cara Reset Kunci Koper yang Paling Mudah dan Cepat!

Ditulis oleh Gerryaldo - Diperbaharui 28 Oktober 2020

Wah, rentetan tanggal merah sudah di depan mata nih! Udah siap liburan belum? Jangan lupa mempersiapkan diri sebelum berangkat ya, seperti membawa berkas-berkas perjalanan, identitas diri dan yang paling penting koper bawaan! Kalau kalian berangkat dalam waktu lama atau dengan keluarga, dianjurkan menggunakan koper sih tapi kalau memang perjalanannya hanya sebentar dan sendiri, lebih baik pakai tas saja.

Oh iya, ngomong-ngomong soal koper, apa koper yang kalian miliki sekarang sudah menggunakan kunci pengaman? Biasanya koper zaman sekarang sudah dilengkapi dengan kunci pengaman. Kunci pengaman ini sendiri merupakan sebuah kunci dengan kombinasi angka untuk membuka koper.

Apabila kalian hanya bepergian di domestik, kunci koper bisa dipakai untuk mengamankan isi koper kalian, tapi kalau sudah bepergian ke luar negeri, alangkah baiknya menggunakan kunci koper serupa bernama TSA.

Kunci koper kadang-kadang mudah diketahui oleh orang terdekat yang bukan keluarga mengingat kombinasi angka hanya terdiri dari 3 digit nomor. Ini mengapa, kita harus serutin mungkin untuk mengganti kombinasinya supaya isi koper kita tetap aman. Nah, kali ini kita akan membahas bagaimana sih mengganti atau reset kunci koper dengan cara yang mudah!

Kunci koper sendiri umumnya sudah tertempel di bagian samping atau atas koper, namun masih juga ada yang menggunakan gembok dengan kombinasi angka juga untuk dikaitkan di antara lubang ritzsleting supaya aman.

ResetKunci Built-Indi Koper

Luggage_Built-In (Copy)

Kunci koper satu ini biasanya yang paling sering dijumpai di koper baik koper besar maupun kecil. Apabila koper baru, kombinasi angka akan ada di '000', sedangkan untuk yang sudah dipakai, kombinasi angka bisa acak.

Untuk meresetnya, kalian harus membuka kunci koper sehingga kunci terbuka, setelahnya, kalian bisa menekan pin reset yang ada di bawah tombol kombinasi angka dengan menggunakan ujung ballpoint, penitik, atau paper clip.

Setelah berhasil menekan pin reset, status kunci menjadi tidak aktif yang berarti kalian bisa memasukan angka apapun untuk menjadi kunci koper yang baru.

Selagi masih menekan pin reset, masukan kombinasi angka baru sebagai kunci koper. Pastikan angka mudah diingat. Setelah itu kalian lepas pin reset dan kunci koper baru sudah terpasang

Rest Kunci Gembok Kombinasi Angka

Luggage_Gembok (Copy)

Kunci gembok kombinasi angka ini yang paling mudah dijumpai dan dibeli di toko-toko. Saat membeli kunci semacam ini, biasanya kalian akan mendapatkan juga semacam sticker atau kode kunci tersebut, alih-alih menggunakan basic kode seperti '000', kunci kombinasi angka sudah set sandi dari pabriknya langsung.

Nah, untuk keamanan kalian bisa merubahnya menjadi sandi baru sesuai dengan angka yang kalian pilih. Langkah-langkah kurang lebih sama seperti mereset kunci built-in yang sudah terpasang bersamaan dengan koper kalian.

Kalian hanya membutuhkan penitik, jarum atau apapun yang berujung runcing kecil. Tekan tombol reset yang ada di belakang atau dibawah gembok dan putar bersamaan dengan kombinasi angka yang baru.

Setelah itu, lepas dan coba untuk membuka kembali menggunakan sandi baru yang sudah di-setVoila! Kunci gembok kombinasi angka kalian sudah terpasang. Oh iya, kunci TSA ini ada yang berbentuk kunci gembok kombinasi angka juga loh!

Reset Kunci TSA

Luggage_TSA Lock (Copy)

TSA sendiri singkatan dari Transportation Security Administration. Umumnya kunci jenis TSA ini digunakan apabila kalian pergi ke luar negeri. Sebenarnya kunci TSA ini untuk apa sih kok sampai berbeda dengan kunci koper pada umumnya? TSA digunakan supaya kalian tidak usah repot kembali ke gerbang utama untuk membuka koper ketika petugas bandara ingin memeriksa bagasi kalian kembali.

Para petugas bandara memiliki kunci master TSA, sehingga bisa membuka bagasi kalian saat inspeksi lanjutan. Hal ini sudah lumrah dilakukan kok apalagi kalian yang akan atau datang dari Amerika. Setelah kejadian 9 September 2011, pemeriksaan bagasi di seluruh bandara di sana diperketat.

Sangat ketat! Itu kenapa meski barang bagasi kalian sudah dipindai berkali-kali sebelum masuk pesawat, petugas bandara akan tetap menginspeksi ulang sebelum lolos masuk ke dalam pesawat.

Oh iya, ketika petugas bandara membuka TSA koper kalian mereka akan melampirkan lembaran pemberitahuan bahwa koper telah dibuka oleh kunci master sebagai antisipasi. Isi dan seluruh barang dalam koper dipastikan aman dan tidak ada yang hilang

Meski bisa dibuka oleh petugas bandara, tidak ada salahnya kok untuk jaga-jaga dengan reset kunci TSA kalian supaya lebih aman. Untuk meresetnya ikuti petunjuk berikut ya! Pertama, kalian buka gembok TSA terlebih dahulu.

Setelahnya, raba dan lihat bagian bawah batang besi pengunci, di sana kalian akan melihat bagian yang sedikit menonjol. Setelah menemukan bagian menonjol tersebut, kalian tinggal putar batang besi dan tekan masuk kembali.

Langkah berikutnya, setelah kalian menekan masuk kembali batang besi, status kunci TSA kalian tidak aktif sehingga kalian bisa mengubah kombinasi angka yang kalian inginkan. Pastikan kombinasi kunci yang menjadi sandi baru kalian mudah diingat, karena apabila setelah reset kalian lupa kodenya, kalian tidak bisa membuka kunci TSA tersebut alias kalian harus mencongkel TSA dan menggantinya dengan yang baru.

Langkah terakhir setelah kalian memasukan kombinasi angka baru, kalian tingal tarik kembali batang besi sampai bagian menonjol terlihat dan putar kembali ke posisi semula dan tekan untuk mengunci. Jangan lupa untuk mencoba berulang kali ya sebelum kalian benar-benar yakin kalau kombinasi angka yang kalian pilih tepat dan TSA benar-benar bisa dibuka.

Setelah kalian bisa mereset seluruh kunci keamanan yang terpasang di koper dan memastikan semua sudah terbawa. Saatnya kita berangkat liburan! Meski sudah terpasang kunci pengaman, kalian juga jangan lengah ya dengan jumlah bawaan dan perhatikan apakah kunci koper yang sudah terpasang terlihat baik-baik saja ketika akan diambil di tempat pengambilan bagasi.

Kalau ada masalah dengan kunci koper kalian, seperti terlihat habis tercongkel atau seperti dibuka paksa. Jangan ragu untuk segera melapor ke pihak bandara setempat ya, supaya kasusnya diusut, karena kejadian ini pernah terjadi oleh selebriti tanah air yaitu Agnes Monica, meski sudah dipasang gembok TSA, 3 koper miliknya dibongkar setibanya ia di bandara Soekarno Hatta, Jakarta dalam perjalan pulangnya dari Los Angeles.

Intinya tetap jangan lengah dengan bawang bawaan dan kunci koper kalian juga ya teman-teman! Supaya liburan kalian menyenangkan tanpa rasa cemas lagi! Happy Holiday!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram