Keluyuran / Indonesia / Bandung / Dapur Dahapati, Tempatnya Sop Buntut Goreng Nomor Satu Di Bandung

Dapur Dahapati, Tempatnya Sop Buntut Goreng Nomor Satu Di Bandung

Ditulis oleh - Diperbaharui 12 Januari 2019

Kadang ingin makan siang bareng keluarga tapi bingung mau makan apa dan di mana, yang terpenting adalah yang rasanya enak dan tempatnya yang tidak terlalu crowded. Nah, Keluyuran punya nih satu tempat yang bisa kamu rekomendasikan ke keluarga kamu kalau lagi bingung mau makan di mana.

Mungkin untuk kebanyakan warga Bandung sudah tidak asing lagi dengan tempat yang satu ini, namanya Dapur Dahapati. Tempat makan ini sebenarnya memiliki banyak pilihan menu masakan yang paling cocok untuk jadi menu makan siang atau makan malam. Tapi kalau kamu baru mau mencoba berwisata kuliner kesini, kamu  sangat wajib untuk pesan Sop Buntut Gorengnya.

Memang banyak tempat makan yang menjual sop buntut goreng yang enak tapi konon katanya sop buntut goreng di sini itu terenak sejagat raya Bandung loh. Ngga percaya? Boleh dicoba dulu deh baru bandingin sama yang lain.

Menu Dapur Dahapati

Dapur Dahapati ini ada dua tempat tapi Keluyuran sukanya ke Dapur Dahapati yang di jalan Anggrek karena lokasinya yang lebih mudah dicapai tanpa banyak macet-macetan dijalan.  Dan karena katanya sop buntut goreng itu jagoannya di situ, langsung deh pesan sop buntut gorengnya ditambah dengan seporsi nasi putih.

Sop buntut gorengnya dilengkapi juga dengan kuah sop yang berisi potongan wortel, dan kentang. Kesan pertama waktu pesanan sudah mendarat di atas meja yaitu wanginya yang sangat menggoda. Wangi kuah sopnya pastinya sangat berhasil buat kamu ingin cepat mencicipinya.

sop buntut goreng

Sop buntut goreng

Daging dari buntut gorengnya empuk dan mudah lepas dari tulangnya, rasanya rempahnya terasa namun tidak terlalu mencolok, semuanya terasa sangat pas enaknya. Ditambah lagi kuahnya yang bikin tambah nikmat karena gurihnya asli dari daging dan rempah.

Selain sop buntut goreng, Keluyuran juga memesan sop buntut kuah. Untuk beberapa orang sih ada juga yang lebih memilih sop buntut kuah karena dagingnya lebih empuk lagi daripada buntut gorengnya. Kalau rasa sih sama-sama enaknya.

sop buntut kuah

Sop buntut kuah

Kenapa Keluyuran hanya mau coba sop buntut goreng dan kuahnya saja? Karena memang menu andalan di Dapur Dahapati ini memang sop buntut gorengnya. Kalau mau coba menu selain sop buntutnya ada juga ayam goreng, ati ampela dan macam-macam lalapannya juga.

Untuk minumannya ada banyak pilihan dimulai dari yang gratisan seperti teh tawar lalu ada aneka macam jus buah, dan kopi/teh manis panas atau dingin. Dan menurut pengalaman Keluyuran, harga minuman di Dapur Dahapati ini lumayan mahal seperti contoh minuman jeruk panas di sini dihargai Rp. 19.000 per gelas. Lumayan mahal kan?

Nah bicara soal harga makanan di Dapur Dahapati ini memang sih terhitung lumayan bikin kantong kamu agak terbuka lebar. Tapi untuk seporsi sop buntut goreng/kuah dengan harga Rp. 59.000 sebenarnya worth it juga karena terbayar dengan rasa yang enak dan tidak main-main.

Selain karena rasanya yang sudah sangat terjamin enak, satu porsi sop buntut goreng/ kuah di Dapur Dahapati ini juga bisa dibilang porsinya banyak loh. Jadi sangat direkomedasikan deh sop buntut gorengnya untuk jadi makan siang atau malamnya kamu.

Keluyuran saja sampai sekarang masih terbayang-bayang empuknya daging buntut gorengnya dan gurihnya kuah sopnya. Ditambah dengan sambalnya yang pedas juga perasan jeruk nipis yang bikin kuahnya jadi lebih segar.

Lokasi

dapur dahapati

Penasaran Dapur Dahapati ini ada di mana saja? Lokasi Dapur Dahapati ada dua nih yang satu berada di Jalan Cipaganti No. 146 dan Jalan Anggrek No. 48 Cihapit Bandung. Kalau menurut Keluyuran, untuk area parkir mobil sih lebih enak di Dapur Dahapati jalan anggrek.

Kalau mau ke Dapur Dahapati yang di jalan anggrek ini memang tidak dilewati langsung oleh angkot, tapi Untuk kamu yang mau naik angkot, bisa pakai rute kendaraan umum apapun yang lewat jalan riau seperti angkot Ledeng-Margahayu, Kalapa-Dago.

Kamu bisa turun di jalan anggrek tepatnya di depan suis butcher. Lalu dari situ jalan lurus sedikit saja dan Dapur Dahapati ada di sebelah kanan kamu. Tempatnya mudah dicari kok atau supaya ngga pusing bisa lihat map di bawah ini.

Nah, kalau Dapur Dahapati yang berada di jalan Cipaganti ini lebih mudah lagi untuk dicari karena letaknya yang berada di pinggir jalan. Jadi nilai plus juga nih untuk kamu yang menggunakan kendaraan umum karena bisa turun tepat depannya.

Suasana

suasana

Kalau soal suasana tempat, Keluyuran suka deh dengan suasana dari tempat Dapur Dahapati ini. Suasananya homey sekali rasanya seperti sedang makan di meja makan rumah sendiri.  Meja makan kayunya berukuran cukup besar, rata-rata terdiri dari 4 kursi saja tapi ada juga yang lebih.

Rumah makannya bersih rapih dan sederhana tidak banyak dekorasi di sana-sini. Oh ya tapi tergantung juga di beberapa dindingnya foto Dapur Dahapati tempo dulu. Pantas saja sop buntutnya jadi legenda ternyata Dapur Dahapati sudah ada sejak dahulu kala.

foto dinding jadul

Dan mungkin karena memang bangunannya itu adalah model rumah dari jaman Belanda, desain rumahnya terbuka tidak banyak sekat dan disertai dengan banyaknya jendela jadi siklus udara sangat lancar. Karena itulah makan di Dapur Dahapati ini terasa sangat nyaman, bersih dan homey.

Jadi beruntunglah kamu yang berdomisili di Bandung dan sekitarnya karena bisa datang ke Dapur Dahapati ini kapan saja. Kenapa begitu? Karena Dapur Dahapati ini selalu jadi salah satu sasaran para wisatawan luar kota setiap mampir di Bandung loh.

Sudah penasaran belum dengan enaknya sop buntut goreng di Dapur Dahapati ini? Keluyuran bisa jamin 100% deh kalau kamu ngga bakalan rugi merogoh kocek yang lumayan untuk cicip kuliner satu ini. Malahan bakal ingin datang lagi dan lagi.

Selamat mencoba ya untuk kamu yang sama sekali belum pernah mampir kesini. Dan kalau sudah mampir ke Dapur Dahapati, jangan ragu-ragu untuk tulis pengalaman, saran atau kritik kamu di kolom komentar bawah ini.

Baca juga artikel lainnya tentang , atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

INFP, Gemini, O type.

Leave A Comment