10 Desa Wisata di Jawa Tengah untuk Mengenal Alam Indonesia

Berwisata ke desa kini menjadi pilihan yang menarik untuk dikunjungi. Banyak desa yang memiliki potensi dari segi keindahan alam atau juga budaya yang mereka miliki.

Keindahan alam pedesaan yang tenang, asri dan sederhana, lalu kearifan budayanya menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk berkunjung.

Daerah Jawa tengah menjadi satu daerah yang memiliki keindahan dan juga kearifan dari kehidupan pedesaannya yang memesona.

Ada begitu banyak ragam yang keindahan alam dan budaya yang unik dan menjadi potensi dari setiap desanya. Berikut ini adalah beberapa desa wisata di Jawa Tengah dengan keindahan alam dan juga budayanya.

Baca juga: 7 Desa Wisata Di Jawa Timur yang Menarik Untuk Dikunjungi

1. Desa Wisata Dieng Kulon

  • Lokasi: Dieng kulon 03/03, Kec.Batur, Kab.Banjarnegara, Jawa Tengah

Desa Wisata Dieng Kulon berada di Kabupaten Banjarnegara, tepatnya di Kecamatan Batur. Desa ini masuk ke dalam daftar 50 desa terbaik versi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2021.

Desa ini berada di ketinggian 2.000 – 2.500 mdpl menjadikan desa ini memiliki pemandangan yang menakjubkan yang membuat siapapun yang memandangnya akan merasa berada di atas awan.

Pemandangan yang indah, udara yang sejuk, lingkungan yang masih asri dan alami, membuat desa ini wajib kamu kunjungi.

Tak hanya alamnya saja yang penuh pesona, budaya yang berada di tanah para dewa ini juga sama uniknya. Ada pagelaran musik dan juga kuliner yang bisa dihelat di desa ini. Jika ingin mengenal lebih dekat dan merasakan suasana desa, maka cobalah untuk menginap.

2. Desa Wisata Sangiran

Desa Wisata Sangiran
  • Lokasi: Desa Krikilan, Kecamatan Kalijambe, Kabupaten Sragen 57275, Jawa Tengah
  • HTM: Gratis

Desa Wisata Sangiran juga termasuk desa yang masuk sebagai terbaik dari 50 desa yang ada, versi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) di tahun 2021.

Desa wisata ini berlokasi di Kecamatan Kalijambe, Kabupaten Sragen. Desa Sangiran juga masuk ke dalam Warisan Budaya Dunia oleh UNESCO pada tahun 1996.

Kata Sangiran tentunya tidak asing ditelinga, karena desa ini merupakan tempat sebuah situs bersejarah dari manusia purba berada. 

Selain dari itu daya tarik dari Desa Wisata Sangiran adalah budaya dari masyarakatnya. Perkembangan zaman tidak membuat masyarakatnya meninggalkan  budayanya, seperti penggunaan iket dan baju lurik pada saat acara penting.

3. Desa Wisata Pandanrejo

  • Lokasi: Ds. Pandanrejo, Kec. Kaligesing, Kab. Purworejo, Jawa Tengah
  • HTM: Rp5.000

Desa Wisata Pandanrejo berada di Kecamatan Bumiaji Kabupaten Purworejo. Desa yang satu ini juga masuk dalam daftar 50 desa Terbaik oleh Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) di tahun 2021.

Potensi dari Desa Wisata Pandanrejo adalah wisata edukasi kambing etawa. Desa Pandanrejo merupakan desa yang dikenal  telah mengembangkan jenis kambing etawa sejak sejak tahun 1920.

Kambing etawa terkenal akan khasiat dari susu yang dihasilkannya. Hal ini menjadi satu daya tarik dari desa ini dengan adanya paket edukasi tentang kambing etawa.

Selain itu, ada juga kesenian tarian bernama incling wedus yang juga jadi daya tarik dari desa ini. Penari akan mengenakan pakaian yang melambangkan kambing etawa yang jadi ciri khas dari Desa Pandanrejo.

4. Desa Wisata Cikakak

  • Lokasi: Jl. Ajibarang wangon km 1 Kec. Wangon, Kab. Banyumas, Jawa Tengah

Desa wisata Cikakak  berlokasi di daerah Kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas. Desa Cikakak termasuk dalam daftar 50 Desa terbaik Versi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2021. Desa Cikakak memiliki bentang alam pegunungan dengan beberapa sungai mengalir melewatinya.

Karakter masyarakat yang menjunjung nilai gotong royong menjadi kelebihan dari desa ini. Kegiatan kebudayaan yang dilakukan masyarakat adalah potensi wisata yang dapat kamu nikmati dari Desa Cikakak.

Ada juga wisata edukasi dalam membuat kerajinan bambu. Wisata kuliner khas desa ini juga patut untuk dicoba. Selain itu, Desa Cikakak juga memiliki tempat bersejarah yang merupakan tempat para sesepuh dan juga tokoh yang dihormati di desa ini.

5. Desa Wisata Karanganyar

Desa Wisata KaranganyarSumber: jadesta.com
  • Lokasi: Jl. Banjaran I Desa Karanganyar Kec.Borobudur Kab.Magelang, Jawa Tengah

Desa Wisata Karanganyar yang terdapat di Kabupaten Magelang ini termasuk satu dari 50 desa wisata terbaik versi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2021. Potensi dari Desa Karanganyar adalah dalam pembuatan gerabah.

Pengunjung dapat menikmati  proses pembuatan gerabah dan juga mencoba membuat gerabah dengan tangan sendiri. Potensi pembuatan gerabah menjadikan Desa Karanganyar mengembangkan Pottery Academy untuk kedepannya.

Pengunjung domestik maupun mancanegara dapat belajar mengolah tanah liat menjadi sebuah karya seni yang akan diajarkan oleh para pengrajin dari desanya. Selain dari keunikan gerabah keindahan alam pedesaan dan pegunungannya tidak boleh kamu lewatkan.

6. Desa Wisata Sumberbulu

Desa Wisata Sumberbulu
  • Lokasi: Dusun Sumberbulu, Desa Pendem, Kec. Mojogedang, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah

Desa Wisata Sumberbulu berada di Kabupaten Karanganyar, Sumberbulu sendiri lebih tepatnya adalah sebuah dusun yang terletak di Desa Pendem Kecamatan Mojokerto.

Desa Sumberbulu juga masuk dalam  daftar 50 desa terbaik versi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2021. Konsep yang diusung oleh Desa Sumberbulu adalah pemberdayaan masyarakat.

Pemberdayaan masyarakat dilakukan karena desa ini tidak memiliki banyak destinasi wisata alam seperti desa lainnya sehingga mereka mengandalkan dari sumber daya manusianya.

Pemberdayaan yang mereka lakukan adalah seperti mengadakan kegiatan budaya dalam bentuk festival yang digelar setiap tahunnya. Masyarakatnya juga mengembangkan homestay dan juga tempat berkemah.

7. Desa Wisata Candirejo

  • Lokasi: Jl. Raya Candirejo, Sangen, Candirejo, Kec. Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia

Desa Wisata Candirejo terletak di Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Bentang alam dari Desa Candirejo adalah perbukitan dan juga merupakan daerah bekas gunung api, hal itu terlihat dari bebatuan yang terdapat di desanya.

Desa ini hanya berjarak 3 km dari candi terkenal Borobudur yang dapat kamu tempuh dengan menggunakan kendaraan tradisional berupa andong.

Desa wisata Candirejo merupakan desa wisata yang berbasis Ecotourism. Ada banyak paket wisata yang ditawarkan di Desa Candirejo ini dan kamu dapat melakukannya dengan seluruh anggota keluarga.

Kamu dapat menikmati keindahan desa dengan berkeliling menggunakan andong, bersepeda atau juga dengan berjalan kaki saja.

Lalu mereka juga memiliki paket yang menitik beratkan pada edukasi dengan paket yang ditawarkan untuk para pelajar. Pada paket edukasi ini anak-anak dapat belajar permainan tradisional atau juga berpartisipasi dalam kegiatan belajar kesenian yang khas dari desa ini.

8. Desa Wisata Panusupan

Desa Wisata Panusupan
  • Lokasi: Desa Panusupan, Kecamatan Rembang, Purbalingga, Jawa tengah, Indonesia
  • HTM: Rp5.000

Desa Wisata Panusupan berada di Kecamatan Rembang Kabupaten Purbalingga. Potensi dari desa Wisata Panusupan adalah keindahan alamnya yang di tata dengan sangat menarik.

Setiap tempat dengan pemandangan yang indah dijadikan spot berswafoto yang kekinian. Setiap spot-nya menonjolkan keindahan alam dari Desa Panusupan.

Setiap spot membuat orang penasaran untuk datang berkunjung. Spot berswafoto di Desa Panusupan ini berupa gardu pandang yang berada di ketinggian sehingga kamu dapat melihat lanskap dari kota Purbalingga yang hijau nan asri.

Ada juga keindahan taman yang berada di puncak bukit, serta berjalan-jalan di jembatan yang berada di hamparan hijau persawahan.

9. Desa Wisata Lerep

Desa Wisata LerepSumber: twitter.com
  • Lokasi: Desa Lerep Kec Ungaran Barat, Kab Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
  • HTM: Rp7.000

Desa Wisata Lerep terletak di Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang, tepatnya berada di lereng Gunung Ungaran. Letaknya yang berada di lereng gunung menjadikan desa ini memiliki udara yang sejuk dan tentunya pemandangan alam yang indah.

Potensi dari Desa Wisata Lerep adalah hasil pertanian yang diolah menjadi makanan tradisional yang hanya menggunakan bahan alam.

Kuliner yang berupa jajanannya adalah makanan khas pedesaan, seperti getuk, dawet, sego onyek, dan masih banyak yang lainnya.

Tapi satu makanan yang jadi primadona adalah sego iriban, yang biasanya hadir pada saat Tradisi Iriban Wangan Cengining. Tradisi ini diadakan setahun sekali pada bulan Rajab di hari Rabu Kliwon. Tradisi ini berupa membersihkan mata air agar tetap lestari.

10. Desa Wisata Kementul

Desa Wisata KementulSumber: phinemo.com
  • Lokasi: Ds Kemetul, Kec. Susukan, Kab. Semarang, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia.
  • HTM: Rp5.000

Desa Wisata Kementul berada di Kota Semarang, yang terkenal dengan spot berswafoto di persawahan yang hijau. Tempat ini tentunya digandrungi oleh para pencinta swafoto untuk mendapatkan foto yang super keren.

Pengelola menyediakan sebuah gardu pandang dengan ketinggian 6 meter agar pengunjung dapat mengambil foto dengan angle yang terlihat keren.

Kamu dapat menikmati berjalan-jalan di sebuah jembatan bambu yang berada di atas hamparan persawahan yang hijau dan tampak subur dan permai.

Pada bagian samping sawah terdapat gazebo untuk sekedar melepas lelah dengan sajian pemandangan sawah. Berwisata di Desa Kementul tentunya tidak akan membuat kantong kosong.

Itulah beberapa desa cantik yang terdapat di Jawa Tengah. Sebagian dari desa itu telah mampu masuk ke dalam daftar ADWI sebagai desa wisata terbaik. 

Desa-desa ini menawarkan keindahan alam dan juga kearifan lokal dari masyarakat dalam menjaga budaya dan tradisinya tetap hidup di bumi nusantara ini. Selain dari sejarah yang terdapat di desanya.

Ada beberapa di Jawa Tengah yang masuk dalam daftar 50 desa terindah yang ada di Indonesia di tahun 2021. Desa-desa ini telah diuji dan dinilai dengan tujuh kategori penilaian.

Setiap desa menonjolkan apa yang menjadi potensi dari desanya sehingga desa tersebut mampu  membangun desa mereka. Nah, menurutmu desa mana yang paling cantik dan ingin kamu kunjungi?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram