Pelesir ke Jalur Pantura, Inilah 10 Tempat Wisata di Batang

Ditulis oleh Riastri Herliana - Diperbaharui 20 Juli 2021

Batang merupakan kabupaten yang terletak di pesisir utara Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten Batang berbatasan dengan Kabupaten Kendal, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Pekalongan, Kota Pekalongan, dan Laut Jawa. Batang merupakan jalur utama pantua dari Semarang menuju Jakarta jika tidak melewati jalan tol.

Biasanya, wisatawan hanya sekadar melewati Batang tanpa mencoba mengeksplornya. Padahal, Batang memiliki potensi wisata yang tidak kalah dengan daerah lain di Jawa Tengah. Berikut ini ulasan tentang 10 destinasi wisata yang bisa dikunjungi ketika sedang berada di Kabupaten Batang.

1. Pantai Jodo

Pantai Jodo

* sumber: travel.tribunnews.com

Terletak di pesisir utara, Batang memiliki banyak pantai yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Pantai Jodo. Pantai ini terletak cukup jauh dari pusat kota Batang, tepatnya mengarah ke timur. Pantai Jodo memiliki pasir pantai berwarna kecokelatan dan terdapat tanda bertuliskan “Pantai Jodo”.

Pantai Jodo sudah dilengkapi dengan beragam fasilitas yang memanjakan wisatawan. Terdapat spot untuk berfoto, hammock untuk bersantai, gazebo untuk beristirahat, mushola, toilet yang bersih, hingga arena bermain anak.

  • Alamat : Buntu, Jl. Sidorejo, Sikluyu, Sidorejo, Kec. Gringsing, Kabupaten Batang, Jawa Tengah 5128
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp3.000
  • Kontak : 0878-5660-2774

2. Sikembang Park

Sikembang Park

Sikembang Park merupakan salah satu tempat rekreasi yang lengkap dan selalu ramai dikunjungi wisatawan terutama pada libur akhir pekan. Sikembang Park dilengkapi dengan berbagai macam wahana yang seru, seperti kolam renang untuk anak, area outbound, fun trip offroad, dan bravo kid warrior.

Bagi pengunjung yang datang dari luar kota Batang, bisa menginap di homestay Abirawa yang lokasinya berada di dalam kawasan wisata. Selain itu,ada juga Pinus Kopi Sikembang Café yang cocok dikunjungi anak muda untuk sekadar nongkrong.

  • Alamat : Kebaturan, Kembanglangit, Blado, Kabupaten Batang
  • Operasional : 08.00 – 17.30 WIB
  • Tiket Masuk : Rp5.000
  • Kontak : 0858-6742-7868

3. Bukit Srigunung

Bukit Srigunung

* sumber: beatpackertrip.blogspot.com

Tak hanya pantai, Batang juga punya bukit yang memesona lho. Bukit Srigunung namanya. Bukit ini cocok dikunjungi bersama pasangan, maupun keluarga. Di atas bukit, kamu bisa melihat pemandangan perbukitan di sekitar Kabupaten Batang yang memesona. Disediakan gardu pandang dimana kamu bisa menikmati pemandangan lebih leluasa.

Bukit Srigunung dilengkapi dengan taman bunga yang menarik untuk disinggahi. Terdapat gazebo yang menghadap langsung ke hijaunya perbukitan, taman bermain anak, spot paralayang, café, hingga terapi ikan.

  • Alamat : Jl. Banyuputih – Kedawung, Kedongdong, Kedawung, Banyuputih, Kabupaten Batang
  • Operasional : 06.00 – 22.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp5.000
  • Kontak : 0857-2945-9945

4. Curug Gombong

Curug Gombong

* sumber: www.inibaru.id

Batang memiliki air terjun eksotis dan masih tersembunyi, yaitu Curug Gombong. Air terjun dengan ketinggian 15 meter ini memiliki pemandangan yang indah dengan bebatuan yang tersebar di sekitarnya. Tempat wisata ini, masih belum banyak diketahui wisatawan karena belum dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat.

Meski pengelolaannya belum sempurna, Curug Gombong tetap direkomendasikan untuk dikunjungi ketika berasa di Kabupaten Batang. Air terjun ini akan tetap mengalir meskipun memasuki musim kemarau. Namun kamu perlu berhati-hati karena pada kolam alaminya, terdapat pusaran air yang cukup berbahaya. Jadi disarankan untuk tidak berenang, ya.

  • Alamat : Gombong, Pecalungan, Silombang, Gombong, Kabupaten batang
  • Operasional : 08.00 – 17.00 WIB
  • Tiket Masuk : Gratis

5. Pantai Sigandu

Pantai Sigandu

Ada lagi pantai yang menarik dikunjungi di Kabupaten Batang. Pantai Sigandu namanya. Pantai ini cocok dikunjungi jika kamu penyuka aktivitas memancing. Di pantai ini terdapat kolam pemandingan yang dilengkapi dengan gazebo atau saung sebagai tempat bersantai. Ikan yang habis dipancing, bisa langsung kamu masak di sini.

Pantai Sigandu dapat dibilang fasilitasnya sangat lengkap, mulai dari arena bermain anak, lapangan voli pantai, penyewaan motor ATV, hingga flying fox. Selain itu, tentu saja pantai ini menyediakan sentra kuliner yang bisa kamu coba. Terutama makanan laut yang fresh dan nikmat.

  • Alamat : Sidomulyo, Klidang Lor, Batang, Kabupaten Batang
  • Operasional : 06.00 – 17.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp5.000

6. Kebun Teh Pagilaran

Kebun Teh Pagilaran

Tak jauh dari Kabupaten Batang, ada Kebun Teh Pagilaran yang sebenarnya masuk ke dalam wilayah Kabupaten Pekalongan, tetapi karena lokasinya mudah dijangkau dari Batang, jadi perkebunan teh ini direkomendasikan untuk dikunjungi saat berlibur di Kabupaten Batang.

Perkebunan Teh Pagilaran memiliki udara yang sejuk, asri, dan masih alami. Di sini tersedia paket wisata Agrowisata Perkebunan Teh Pagilaran, dimana kamu bisa mencoba berbagai macam wahana dan aktivitas seru. Seperti menikmati sunrise, flying fox, tea walk, kolam ikan, hingga kolam bermain anak.

  • Alamat : Jalan Botosari, Botosari, Paninggaran, Gununglangit, Kalibening, Kabupaten Pekalongan
  • Operasional : 06.00 – 18.00 WIb
  • Tiket Masuk : Rp5.000

7. Telaga Dringo

Telaga Dringo

Tak jauh dari Kabupaten Batang, tepatnya di Kabupaten Banjarnegara ada Telaga Dringo yang diakui sebagai danau tertinggi di Jawa Tengah. Telaga Dringo masuk ke dalam wilayah dataran tinggi Dieng, dan berada di perbatasan antara Batang – Banjarnegara.

Meski berada di kawasan Dieng, Telaga Dringo dapat dibilang masih belum ramai dikunjungi. Untuk bisa sampai di danau ini, kamu perlu berjalan kaki selama 20 menit melewati jalur tanah dan berbatu. Lebih menyenangkan lagi, jika kamu datang pada waktu pagi hari sebelum matahari terbit. Di sini kamu bisa menikmati pesona matahari terbit yang memesona.

  • Alamat : Sidomulyo, Pekasiran, Batur, Kabupaten Banjarnegara
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp5.000

8. Batang Dolphin Center

Batang Dolphin Center

Ingin mengajak anak mengenal satwa laut? Di Batang, ada Batang Dolphin Center yang menampilkan atraksi lumba-lumba yang berlangsung selama 30 menit. Tak hanya lumba-lumba, Batang Dolphin Center sebenarnya merupakan kawasan penangkaran dan konservasi hewan. Ada Llama, emmu, dan masih banyak lagi satwa langka lainnya.

Jika kamu ingin melihat binatang lainnya, di Batang Dolphin Center ini kamu bisa berkenalan dengan sekitar 40 ekor hewan mulai dari mamalia, unggas, hingga reptile. Batang Dolphin Center berada satu kawasan dengan Pantai Sigandu. Jadi, kamu bisa mengunjungi tempat ini ketika sedang liburan ke Pantai Sigandu.

  • Alamat : Jl. Pantai Sigandu – Ujungnegoro, Kidanglor, Klidang Lor, Batang, Kabupaten Batang
  • Operasional : 08.30 – 17.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp5.000
  • Kontak : 0815-1141-6340

9. Bukit Sipandu

Bukit Sipandu

* sumber: pendaki.id

Saat kamu berwisata ke Dataran Tinggi Dieng, pasti lebih familiar dengan Gunung Prau, atau Bukit Sikunir, padahal masih ada banyak bukit lain yang tak kalah cantiknya. Salah satunya adalah Bukit Sipandu. Bukit ini memiliki ketinggian 2241 meter di atas permukaan laut, dan masuk ke dalam kawasan Dataran Tinggi Dieng.

Bukit Sipandu berada di perbatasan antara Kabupaten Batang dengan Kabupaten Banjarnegara. Namun secara administratif, Bukit Sipandu masuk ke dalam wilayah Kabupaten Batang. Di atas bukit ini, kamu bisa melihat gagahnya Gunung Sindoro dari kejauhan, Pendakian Bukit Sipandu terbilang mudah, jadi bisa dikunjungi oleh siapa saja.

  • Alamat : Sigemplong, Pranten, Bawang, Kabupaten Batang
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

10. Puncak Patran

Puncak Patran

Ingin menikmati pemandangan Batang dari ketinggian? Kamu bisa datang ke Puncak Patran yang berada di Kecamatan Bawang. Puncak Patran memiliki hutan pinus yang rimbun dengan udara sejuk, dan camping ground. Cocok untuk yang suka dengan aktivitas berkemah.

Puncak Patran dilengkapi dengan spot foto yang menarik, berlatarkan pegunungan di selatan Kabupaten Batang. Di sini sudah disediakan beragam fasilitas seperti warung, tempat istirahat, toilet, dan mushola. Puncak Patran menjadi salah satu destinasi favorit bagi masyarakat Kabupaten Batang.

  • Alamat : Kebaturan, Bawang, Mulyosari, Jambangan, Bawang, Kabupaten Batang
  • Operasional : 08.00 – 17.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp5.000
  • Kontak : 0853-2519-6160

Sekian ulasan tentang destinasi wisata yang bisa dikunjungi di Batang. Ternyata, pesisir utara Pulau Jawa juga memiliki potensi wisata yang sangat menarik untuk dieksplor. Kalau kamu, paling suka destinasi yang mana? Yuk, liburan ke Batang!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram