10 Dessert Khas Cina yang Melegenda Sampai Sekarang

Ditulis oleh Siti Hasanah

Ketika kamu berkunjung ke Cina dan berjalan di antara jalan-jalannya, kamu akan menyaksikan jalan yang penuh sesak tak hanya oleh orang tapi juga toko-toko. Salah satunya adalah toko-toko yang menjual dessert khas Cina.  Karena makanan penutup asal Cina sudah ada ribuan tahun yang lalu, maka banyak penjual yang sudah menguasai keahlian membuat makanan manis tersebut.

Di negeri tirai bambu ini, kamu akan menemukan makanan penutup dari beragam daerah yang populer. Ada dessert khas Cina yang tersedia sepanjang tahun, tapi ada juga beragam makanan penutup khusus yang dibuat hanya untuk hari libur atau musim tertentu. Yuk, kita jelajahi Cina melalui makanan penutupnya yang cukup beragam dan sudah melegenda!

1. Dou Sha Bao

 Dou Sha Bao

Dalam camilan manis dan dessert khas Cina, ada salah satu bahan utama yang sering digunakan, yaitu kacang merah. Pasta kacang merah juga isian kacang merah ini memiliki rasa yang enak. Saat berada di Cina, kamu mungkin akan sering menemukan isian ini. Bisa jadi kamu akan tertukar dengan pasta cokelat karena warnanya.

Dou sha bao merupakan baozi ataupun roti kukus versi manis yang terkenal. Dessert khas Cina ini terdiri dari roti kukus yang berisi pasta kacang merah. Roti ini merupakan salah satu cara terpopuler untuk menghidangkan pasta kacang merah. Bentuk serta ukuran roti ini beragam dan sangat populer di daerah Cina Utara meskipun populer juga di seluruh Cina.

Bakpao isi kacang merah ini dapat ditemukan di restoran, dikukus dan tersedia dalam beragam bentuk. Kamu bisa juga menemukannya di supermarket. Bakpao ini mempunyai beragam variasi dan isian, seperti pasta talas, pasta kacang pinus, atau bahkan pasta kacang hitam.

2. Ba Si Di Gua

Ba Si Di Gua

Baik di Cina ataupun di luar negeri, umbi sejenis kentang jarang muncul dalam menu makanan penutup. Namun ba si di gua, yang merupakan kelezatan Cina timur laut, membuktikan kalau jenis umbi itu juga layak untuk dijadikan sebagai makanan penutup. Ba si di gua merupakan hidangan yang dibuat dari ubi jalar yang dipotong dadu dan di-caramelized sehingga jadi lengket.

Ketika akan memakannya, pisahkan dulu satu potongan ubi, kemudian celupkan ke dalam air dingin sebentar saja agar karamelnya mengeras. Proses ini akan membuat ubi jadi renyah dan manis di bagian luar serta bagian dalam yang hangat dan empuk. Dessert khas Cina ini terasa nikmat di musim dingin.

3. Tāngyuán

 Tāngyuán

Secara harfiah tāngyuán artinya adalah “bola sup.” Ini merupakan dessert khas Cina yang populer. Isinya berupa bola-bola kecil yang dibuat dari tepung beras ketan yang dimasak dan dihidangkan dalam kaldu manis.

Biasanya adonan berbentuk bola ini diisi dengan pasta wijen hitam, tapi bisa juga diisi dengan isian umum lainnya seperti pasta kacang tanah, kacang merah, dan bahkan cokelat.

Tāngyuán populer sekali pada sekitar Festival Lentera, yang dirayakan pada hari kelima belas dari kalender lunar. Festival ini merupakan penanda akhirnya perayaan Tahun Baru Imlek. Karena nama makanan penutup ini kedengarannya mirip dengan kata tuányuán yang berarti persatuan, tāngyuán juga umumnya disantap selama perayaan pernikahan dan reuni.


4. Yuèbing

Yuèbing

Yuèbing merupakan salah satu dessert khas Cina yang paling terkenal. Di Indonesia kue ini dikenal dengan sebutan kue bulan atau mooncake. Umumnya kue ini dinikmati selama Festival Pertengahan Musim Gugur. Festival ini ada bersama dengan Tahun Baru Imlek dan dirayakan selama pertengahan musim gugur saat bulan tengah berada pada titik penuhnya.

Diperkirakan kalau bulan berhubungan erat dengan musim dan pertanian. Oleh karena itu, sebagai ucapan terima kasih pada bulan selama musim gugur, orang Cina akan mempersembahkan korban. Pada masa Dinasti Tang, festival ini jadi perayaan resmi. Yang menjadi bagian dari pengorbanan yaitu kue bulan, yang dipersembahkan lalu kemudian dimakan.

Saat perayaan tersebut, orang-orang juga akan memberikan kue ini sebagai hadiah kepada teman dan keluarga untuk mengucapkan semoga mereka beruntung. Kue bulan bentuknya bulat seperti bulan dan teksturnya lembut.

Isiannya beragam berdasarkan wilayah. Ada yang berisi puding sampai es krim hingga ham. Isian aslinya adalah pasta biji teratai manis serta kuning telur bebek asin.

5. Dou Fu Fa

Dou Fu Fa

Dou fu fa merupakan dessert khas Cina yang populer di Asia. Di Indonesia makanan ini dikenal dengan nama kembang tahu atau wedang kembang tahu. Makanan penutup ini terdiri dari puding tahu dengan berbagai topping gurih atau manis.

Makanan penutup ini dibuat dari bahan berupa susu kedelai yang digumpalkan sehingga menghasilkan produk tahu dengan konsistensi yang sangat lembut dan rasa yang ringan.

Seperti varian lainnya, mungkin tahu lembut ini asalnya dari Cina, tapi kemudian segera menyebar ke negara-negara Asia lainnya. Di negara-negara tersebut makanan ini jadi makanan manis yang lezat.

Biasanya makanan penutup ini diberi sirup manis atau jahe, tapi di Cina utara khususnya, hidangan ini diberi topping yang gurih dan disantap sebagai camilan creamy. Dou fu fa kebanyakan dijual oleh pedagang kaki lima atau dihidangkan sebagai bagian dari makanan dim sum tradisional.

6. Lou Po Beng

 Lou Po Beng

Terdapat beberapa legenda dan variasi yang berhubungan dengan lou po beng atau dikenal juga sebagai sweetheart cake. Yang paling umum kue ini dihubungkan dengan wanita yang sudah menikah yang ayahnya jatuh sakit.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram