10 Dessert Khas Cina yang Melegenda Sampai Sekarang

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 22 November 2021

Ketika kamu berkunjung ke Cina dan berjalan di antara jalan-jalannya, kamu akan menyaksikan jalan yang penuh sesak tak hanya oleh orang tapi juga toko-toko. Salah satunya adalah toko-toko yang menjual dessert khas Cina.  Karena makanan penutup asal Cina sudah ada ribuan tahun yang lalu, maka banyak penjual yang sudah menguasai keahlian membuat makanan manis tersebut.

Di negeri tirai bambu ini, kamu akan menemukan makanan penutup dari beragam daerah yang populer. Ada dessert khas Cina yang tersedia sepanjang tahun, tapi ada juga beragam makanan penutup khusus yang dibuat hanya untuk hari libur atau musim tertentu. Yuk, kita jelajahi Cina melalui makanan penutupnya yang cukup beragam dan sudah melegenda!

1. Dou Sha Bao

 Dou Sha Bao

Dalam camilan manis dan dessert khas Cina, ada salah satu bahan utama yang sering digunakan, yaitu kacang merah. Pasta kacang merah juga isian kacang merah ini memiliki rasa yang enak. Saat berada di Cina, kamu mungkin akan sering menemukan isian ini. Bisa jadi kamu akan tertukar dengan pasta cokelat karena warnanya.

Dou sha bao merupakan baozi ataupun roti kukus versi manis yang terkenal. Dessert khas Cina ini terdiri dari roti kukus yang berisi pasta kacang merah. Roti ini merupakan salah satu cara terpopuler untuk menghidangkan pasta kacang merah. Bentuk serta ukuran roti ini beragam dan sangat populer di daerah Cina Utara meskipun populer juga di seluruh Cina.

Bakpao isi kacang merah ini dapat ditemukan di restoran, dikukus dan tersedia dalam beragam bentuk. Kamu bisa juga menemukannya di supermarket. Bakpao ini mempunyai beragam variasi dan isian, seperti pasta talas, pasta kacang pinus, atau bahkan pasta kacang hitam.

2. Ba Si Di Gua

Ba Si Di Gua

Baik di Cina ataupun di luar negeri, umbi sejenis kentang jarang muncul dalam menu makanan penutup. Namun ba si di gua, yang merupakan kelezatan Cina timur laut, membuktikan kalau jenis umbi itu juga layak untuk dijadikan sebagai makanan penutup. Ba si di gua merupakan hidangan yang dibuat dari ubi jalar yang dipotong dadu dan di-caramelized sehingga jadi lengket.

Ketika akan memakannya, pisahkan dulu satu potongan ubi, kemudian celupkan ke dalam air dingin sebentar saja agar karamelnya mengeras. Proses ini akan membuat ubi jadi renyah dan manis di bagian luar serta bagian dalam yang hangat dan empuk. Dessert khas Cina ini terasa nikmat di musim dingin.

3. Tāngyuán

 Tāngyuán

Secara harfiah tāngyuán artinya adalah “bola sup.” Ini merupakan dessert khas Cina yang populer. Isinya berupa bola-bola kecil yang dibuat dari tepung beras ketan yang dimasak dan dihidangkan dalam kaldu manis.

Biasanya adonan berbentuk bola ini diisi dengan pasta wijen hitam, tapi bisa juga diisi dengan isian umum lainnya seperti pasta kacang tanah, kacang merah, dan bahkan cokelat.

Tāngyuán populer sekali pada sekitar Festival Lentera, yang dirayakan pada hari kelima belas dari kalender lunar. Festival ini merupakan penanda akhirnya perayaan Tahun Baru Imlek. Karena nama makanan penutup ini kedengarannya mirip dengan kata tuányuán yang berarti persatuan, tāngyuán juga umumnya disantap selama perayaan pernikahan dan reuni.

4. Yuèbing

Yuèbing

Yuèbing merupakan salah satu dessert khas Cina yang paling terkenal. Di Indonesia kue ini dikenal dengan sebutan kue bulan atau mooncake. Umumnya kue ini dinikmati selama Festival Pertengahan Musim Gugur. Festival ini ada bersama dengan Tahun Baru Imlek dan dirayakan selama pertengahan musim gugur saat bulan tengah berada pada titik penuhnya.

Diperkirakan kalau bulan berhubungan erat dengan musim dan pertanian. Oleh karena itu, sebagai ucapan terima kasih pada bulan selama musim gugur, orang Cina akan mempersembahkan korban. Pada masa Dinasti Tang, festival ini jadi perayaan resmi. Yang menjadi bagian dari pengorbanan yaitu kue bulan, yang dipersembahkan lalu kemudian dimakan.

Saat perayaan tersebut, orang-orang juga akan memberikan kue ini sebagai hadiah kepada teman dan keluarga untuk mengucapkan semoga mereka beruntung. Kue bulan bentuknya bulat seperti bulan dan teksturnya lembut.

Isiannya beragam berdasarkan wilayah. Ada yang berisi puding sampai es krim hingga ham. Isian aslinya adalah pasta biji teratai manis serta kuning telur bebek asin.

5. Dou Fu Fa

Dou Fu Fa

Dou fu fa merupakan dessert khas Cina yang populer di Asia. Di Indonesia makanan ini dikenal dengan nama kembang tahu atau wedang kembang tahu. Makanan penutup ini terdiri dari puding tahu dengan berbagai topping gurih atau manis.

Makanan penutup ini dibuat dari bahan berupa susu kedelai yang digumpalkan sehingga menghasilkan produk tahu dengan konsistensi yang sangat lembut dan rasa yang ringan.

Seperti varian lainnya, mungkin tahu lembut ini asalnya dari Cina, tapi kemudian segera menyebar ke negara-negara Asia lainnya. Di negara-negara tersebut makanan ini jadi makanan manis yang lezat.

Biasanya makanan penutup ini diberi sirup manis atau jahe, tapi di Cina utara khususnya, hidangan ini diberi topping yang gurih dan disantap sebagai camilan creamy. Dou fu fa kebanyakan dijual oleh pedagang kaki lima atau dihidangkan sebagai bagian dari makanan dim sum tradisional.

6. Lou Po Beng

 Lou Po Beng

Terdapat beberapa legenda dan variasi yang berhubungan dengan lou po beng atau dikenal juga sebagai sweetheart cake. Yang paling umum kue ini dihubungkan dengan wanita yang sudah menikah yang ayahnya jatuh sakit.

Keluarga wanita itu miskin dan memakai sebagian besar uang mereka untuk biaya pengobatan ayahnya, dan dari sinilah muncul banyak versi dari legenda tersebut.

Meski tidak jelas, beberapa ada yang mengatakan bahwa wanita itu menjual dirinya sebagai budak agar bisa membeli lebih banyak obat, sedangkan versi yang lain lebih spesifik dan mengatakan kalau dia menjual dirinya kepada tuan tanah mereka.

Tempat lain memiliki versi yang lebih berbeda. Disebutkan sesudah mendengar apa yang telah dilakukan istrinya, seorang suami bekerja keras untuk mendapatkan uang yang banyak agar bisa membawa istrinya kembali dan sebagai hasilnya dia menciptakan lou po beng.

Asal kue manis ini dari Provinsi Guangdong yang dulunya dikenal sebagai Kanton sehingga makanan penutup ini dikenal sebagai dessert Kanton. Umumnya dessert khas Cina ini dibuat dengan adonan pipih dan berlapis-lapis yang diisi dengan tepung beras ketan, manisan melon musim dingin, dan biji wijen.

7. Lóng Xū Táng

 Lóng Xū Táng

Salah satu makanan manis yang sangat populer ini banyak dijual oleh pedagang kaki lima. Lóng xū tang atau permen jenggot naga merupakan permen yang dibuat dan mungkin terlihat mirip dengan permen kapas. Bisa juga mirip dengan dessert khas Korea yang bernama kkultarae.

Ukuran dessert khas Cina ini kecil dan biasanya para penjual permen ini akan memperlihatkan kemahirannya dalam membuat camilan ini sehingga menarik banyak pelanggan.

Makanan penutup ini merupakan hidangan manis yang populer yang merupakan gabungan antara kenikmatan dengan seni yang diakui dan sudah dipraktikkan oleh para penjual untuk waktu yang cukup lama.

Lóng xū tang bisa ditemukan di dekat lokasi wisata terkenal dan di sepanjang jalan perbelanjaan. Gerobak para penjual ini terlihat kompak, tapi rasa tiap gigitannya sangat beragam. Temukan dessert ini di destinasi wisata di Shanghai, Xi’an, Chengdu, Shenzhen, dan masih banyak lagi lokasi lainnya.

8. Hong Dou Tang

8. Hong Dou Tang

Sup kacang merah merupakan sup klasik Cina. Dessert khas Cina ini biasanya disantap sebagai makanan penutup dan dibuat dari kacang merah azuki, jeruk keprok atau kulit jeruk dan biji teratai. Supnya tidak terlalu manis, tapi manis yang halus sehingga cocok menjadi penutup hidangan Cina.

Sup kacang merah bisa dihidangkan panas di musim dingin maupun dingin di saat musim panas. Bahan-bahan lain yang bisa ditambahkan ke dalam sup ini di antaranya kurma, lengkeng, sagu, dan santan.

Di Cina, hong dou tang dianggap sebagai salah satu sup tersehat karena memiliki banyak kandungan vitamin, meningkatkan kekebalan juga membantu melawan sembelit.

9. Mantou

Mantou

Mántou merupakan sajian yang sederhana tapi rasanya lezat. Dessert khas Cina ini sudah dinikmati di negara tirai bambu selama berabad-abad. Mántou diperkirakan asalnya dari Dinasti Han (206 SM-220 M). Sajian ini pernah jadi makanan pokok di Cina utara dan sampai sekarang jadi salah satu makanan paling populer di daerah tersebut.

Dessert ini terdiri dari bakpao kukus yang umumnya berbentuk marshmallow besar yang bisa disantap dengan makanan gurih maupun manis. Untuk versi dessert, mántou sering digoreng dan dihidangkan dengan susu kental manis sehingga memberikan konsistensi layaknya donat yang lezat.

10. Dàntǎ

Dàntǎ

Walaupun populer sekali di Cina, egg tart bisa ditemukan di seluruh dunia. Dessert khas Cina ini merupakan salah satu pilihan dalam menu dim sum dan bisa disantap dengan makanan apa pun. Di Cina sendiri kue ini memiliki versi yang beragam, tapi yang paling umum yaitu egg tart ala Hong Kong, yang mendapatkan pengaruh dari kuliner Inggris.

Hasil akhir egg tart ala Hong Kong nampak mengkilap dan cekung ke dalam. Kue yang tampilan lebih mirip mangkuk terbuat dari puff pastry, sedangkan yang seperti kulit pie terbuat dari shortcrust pastry. Warnanya benar-benar kuning. Rasanya kuat dan hampir seperti jello. Pembuatan makanan penutup ini bisa menghabiskan waktu berjam-jam.

Itulah 10 dessert khas Cina yang melegenda. Makanan-makanan manis ini bisa ditemui tak hanya di negara asalnya tapi sudah menyebar ke banyak negara termasuk Indonesia. Sebut saja kembang tahu, bakpao, kue bulan dan masih banyak lagi. Banyaknya penduduk Cina yang bermigrasi ke negara lain juga membantu menyebarnya makanan ini.

Pastinya kamu sudah pernah coba bakpao, kue bulan atau kembang tahu. Namun apakah kamu pernah mencoba dessert khas Cina yang lain, misalnya lao po beng atau ba si di gua? Berminat untuk mencobanya?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram