10 Tempat Wisata di Shanghai yang Tak Boleh Dilewatkan

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 18 Februari 2021

Berbeda dari kota-kota Cina lainnya, Shanghai berada di atas kota-kota lain dalam hal perdagangan, budaya dan kekayaan, serta internasionalisme. Kota ini memiliki semuanya yang menarik banyak orang untuk datang, salah satunya adalah tempat wisatanya. Berikut ini 10 tempat wisata di Shanghai yang tak boleh dilewatkan jika berlibur ke Cina.

1. Museum Shanghai

Museum Shanghai

Museum Shanghai terletak di People's Square dekat Jalan Nanjing. Tempat wisata di Shanghai tak boleh dilewatkan. Gedung ini memiliki arsitektur yang berbeda. Bangunannya melingkar di atas fondasi persegi dan ukurannya yang besar sekali. Museum ini sebaiknya tidak melewatkan karena kaya akan sejarah.

Kerap disebut sebagai salah satu museum terbaik di Cina, museum ini menyimpan beragam koleksi artefak, tepatnya lebih dari satu juga koleksi. Kaligrafi hiasan, ukiran batu giok yang indah, karya perunggu berusia ribuan tahun, dan pakaian tradisional Tiongkok termasuk highlight di museum ini.

Karena tidak memungut biaya masuk, kamu akan menyaksikan banyak pengunjung. Supaya terhindar dari kerumunan, datanglah lebih awal. Museum mengeluarkan 8.000 tiket gratis setiap hari. Prioritas diberikan kepada mereka yang berusia lebih dari 70 tahun, penyandang cacat dan anggota Museum.

  • Alamat: 201 Renmin Ave, RenMin GuangChang, Huangpu Qu, Cina
  • Jam Buka: Selasa - Minggu 9.00 - 17.00
  • HTM: Gratis. Tiket dari beberapa pameran khusus dijual sekitar 20 Yuan Cina secara terpisah
  • Telepon: +86 21 6372 3500

2. The Bund

The Bund

Tempat wisata di Shanghail ini terletak di sepanjang Sungai Huangpu yang terletak di Distrik Huangpu, pusat kota Shanghai. The Bund merupakan garis pemandangan Shanghai. Ada beberapa landmark Shanghai lainnya di seberang Sungai Huangpu.

Di antara landmark tersebut terdapat Menara Shanghai, Menara TV Oriental Pearl, Shanghai World Finacial Center dan Menara Jinmao, yang merupakan salah satu bangunan paling terkenal di Cina. The Bund merupakan tempat yang harus dilihat ketika menikmati liburan kamu di Kota Shanghai.

The Bund dulunya merupakan salah satu kawasan tertua dan teramai yang ada di Shanghai. Tempat ini dibuat oleh para penguasa asing di Shanghai untuk menjadi pusat perkantoran. Tak heran jika arsitektur bangunan lama di sini didominasi oleh gaya klasik dengan corak arsitektur Eropa seperti art deco.

  • Alamat: Zhongshan East 1st Rd, Wai Tan, Huangpu, Shanghai, Cina
  • Jam Buka: 24 jam

3. Jade Buddha Temple

Jade Buddha Temple

Jade Buddha Temple terletak di keramaian Kota Shanghai. Kuil ini pertama kali dibangun pada tahun 1882 di Jiangwan di pinggiran selatan Shanghai. Pada saat itu, seorang biksu membawa patung Buddha giok putih setinggi 1,9 meter dari Burma ke Provinsi Zhejiang dan pada tahun 1882 dan dipasang di sini.

Kuil ini merupakah tempat wisata di Shanghai yang harus dilihat. Sampai sekarang kuil ini masih aktif dan ada 70 biksu yang berada di sini. Kuil ini tahun 1918 dipindahkan ke Kota Shanghai di lokasi yang sekarang untuk kenyamakan umat yang berkunjung.

  • Alamat: 170 Anyuan Rd, Distrik Jing'an, Cina
  • Jam Buka: 8:00 to 16:30
  • HTM: 20 Yuan Cina. Catatan: Wisatawan harus membayar ekstra 10 Yuan Cina jika ingin melihat patung buddha giok.
  • Telepon: +86 21 6266 3668

4. Disneyland Shanghai

Disneyland Shanghai

Berikutnya dalam daftar hal terbaik yang dapat dilakukan di Shanghai, datang Shanghai Disneyland. Merupakan bagian dari Disney Resort, taman rekreasi ini memiliki luas 287 hektar dan berlokasi di kawasan Kota Baru Chuansha Shanghai.

Shanghai Disneyland merupakan yang Taman Disney yang keenam di dunia, dan yang pertama di daratan Cina. Atraksi utama di sini adalah Gardens of Imagination, Mickey Avenue, Adventure Isle, Tomorrowland, Treasure Cove, Fantasyland, dan Disney Pixar Toy Story Land.

  • Alamat: West Shendi Rd. Distrik Baru Pudong, Shanghai
  • Jam Buka: 09: 00 - 21: 00
  • HTM: Dewasa: 399 Yuan Cina pada hari biasa, 575 Yuan Cina pada peak seasons dan 665 Yuan Cina pada puncak hari libur (seperti Hari Nasional dan Festival Musim Semi). Anak-anak di Bawah 1.0m: gratis. Anak-anak antara 1,0m dan 1,4m: 299 Yuan Cina pada hari-hari biasa, 431 Yuan Cina pada peak seasons dan 499 Yuan Cina pada puncak liburan. Lansia (65+ tahun): 299 Yuan Cina pada hari biasa, 431 Yuan Cina  pada peak seasons dan 499 Yuan Cina pada puncak liburan
  • Telepon: + 86-21-3158-0000

5. Yu Garden

Yu Garden

Yu Garden yang merupakan tempat wisata di Shanghai ini terletak di sebelah timur laut kota tua dan ditata pada tahun 1559. Dikenal juga sebagai Garden of Happiness atau Taman Kebahagiaan luasnya meliputi lebih dari 20.000 m2 dan terdiri dari taman luar dan dalam.

Bangunan paling terkenal di taman ini adalah the Hall of Spring yang menjadi kantor pusat Company of the Little Swords (Xiaodao Hui) antara tahun 1853 dan 1855 ketika memerintah Shanghai. Bebatuan buatan di bagian taman ini adalah karya perancang taman utama Zhang Nanyang.

  • Alamat: 279 Yuyuan Old St, Huangpu, Shanghai, Cina
  • Jam Buka: 8:45 - 16:45. Tutup pada hari Senin, kecuali hari libur nasional.
  • HTM: Apr. - Jun. & Sep. - Nov: 40 Yuan Cina, Juli & Agustus & Des - Mar: 30 Yuan Cina. Gratis untuk anak-anak di bawah 1,3 m
  • Telepon: +86 21 6326 0830

6. Nanjing Road

Nanjing Road

Selain mengunjungi tempat-tempat bersejarah dan gedung-gedung pencakar langit, kamu juga bisa mengunjungi Nanjing Road yang merupakan tempat wisata di Shanghai yang lainnya. Jalan ini membentang bentangan sepanjang 5,5 kilometer yang dimulai dari The Bund sampai Kuil Jing'an.

Nanjing Road menarik banyak pecinta mode dan penggemar belanja sepanjang tahun. Jalan kuno dan bersejarah ini telah mengalami banyak restrukturisasi dan perubahan. Kamu bisa menjelajahi berbagai toko pakaian dan aksesori. Di sini juga bisa ditemukan pakaian tradisional lokal.

Jalan Nanjing juga terkenal dengan jajanan pinggir jalannya. Kamu bisa mendapatkan hidangan lezat dengan harga terjangkau. Masakan lokal dan internasional, dan hidangan yang sangat populer termasuk kue isi daging, ikan asap, camilan lokal, pangsit, kepiting yang diawetkan, siput, dan lain-lain.

  • Alamat: Nanjing Rd Pedestrian St, NanJing Lu, Huangpu Qu, Shanghai Shi, Cina
  • Jam Operasional: 24 Jam

7. The Oriental Pearl Tower

The Oriental Pearl Tower

Tempat wisata di Shanghai ini berada di Oriental Pearl Radio and TV Tower setinggi 468 meter (Dongfang Míngzhuta) di Pudong-Park di tepi timur Sungai Huangpu. Dibangun pada tahun 1991, secara keseluruhan, menara ini memiliki 15 area tampilan.

Di antara area tersebut, termasuk Sightseeing Floor dan Space City, serta restoran berputar dengan pemandangan indah. Highlight tempat ini termasuk pusat perbelanjaan tingkat bawah, Space Hotel yang memiliki kamar-kamar dengan pemandangan spektakuler dan wahana rollercoaster realitas virtual.

  • Alamat: 1 Century Ave, LuJiaZui, Pudong, Shanghai, Cina
  • jam Buka: 08:30-21:30
  • HTM: Paket Superior 220 Yuan Cina, Paket bernilai tinggi 190 Yuan Cina, Paket Standar 160 Yuan Cina, Museum Sejarah Shanghai 35 Yuan Cina, Anak dibawah 1 meter gratis. Anak diatas 1-1.4 meter diskon 50%.
  • Telepon: +86 21 5879 1888

8. Tianzifang

Tianzifang

Tianzifang yang dulunya merupakan Konsesi Prancis Shanghai ini kini sudah diubah menjadi tujuan seni dan kerajinan yang menarik. Meskipun sebagian besar rumah dan bangunan tua sudah diganti, karakter distrik Eropa kuno ini telah dilestarikan dengan hati-hati dalam arsitektur dan tata letaknya.

Tempat wisata di Shanghai ini memiliki banyak jalan kecil dan gang-gang kecil untuk dijelajahi. Selain berbelanja, di tempat ini banyak galeri kecil dan toko kerajinan, dibandingkan toko-toko besar yang ditemukan di tempat lain di kota.

  • Alamat: 210 Lane Taikang Road, Distrik Huangpu, Shanghai, Cina
  • Jam Buka: 24 jam. Toko-toko di sini buka dari 10: 00-21: 00 setiap hari

9. Zhujiajiao

Zhujiajiao

Siapa pun yang berkunjung ke Kota Shanghai, harus mengunjungi kota air. Terletak di pinggiran Shanghai, Zhujiajiao, adalah salah satu kota air terbaik di daerah tersebut, walaupun telah berusia 1.700 tahun.

Pengunjung hanya harus berlayar di kanal, berperahu di bawah 35 jembatan batu kuno yang sebagian besar dihiasi dengan rumah-rumah kuno. Jembatan Fangsheng mungkin jembatan yang paling terkenal yang dibangun tahun 1571 dengan lima bukaan dan delapan naga yang mengelilingi mutiara.

  • Alamat: Kota Zhujiajiao Distrik Qingpu Shanghai, Cina
  • Jam Buka: 8: 30-16: 30
  • HTM: Gratis. Namun, mereka diharuskan membeli tiket untuk mengunjungi objek wisata di dalam kota air. Berikut adalah beberapa tiket kombo:
  1. 30 Yuan Cina untuk empat tempat termasuk Toko Obat Tongtianhe, Kantor Pos Dinasti Qing, Galeri Y-Art, dan Taman Kezhi;
  2. 60 Yuan Cina untuk delapan termasuk Galeri Y-Art, Toko Obat Tongtianhe, Kantor Pos Dinasti Qing, Kuil Dewa Kota, Ruang Meditasi Yuanjin, Gedung Pameran Pekerjaan Tangan, Aula Seni Quanhua, dan Taman Kezhi;
  3. 80 Yuan Cina untuk kapal pesiar dan delapan tempat yang disebutkan di atas. Gratis untuk anak-anak di bawah 1,3 meter
  • Telp: (0086-021) 5924 0077

10. Shanghai Circus World

Shanghai Circus World

Shanghai Circus World adalah satu-satunya tempat wisata di Shanghai yang memungkinkan kamu untuk melihat Songhai yang terkenal di dunia karena akrobatnya. Pengunjung bisa menyaksikan akrobat luar biasa ini dalam pertunjukan harian Insertion of Time.

Pertunjukan ini sebanding dengan musical Broadway. Akrobat yang lincah ini menampilkan berbagai prestasi mulai dari akrobat tradisional sampai seni bela diri, semuanya diperkuat oleh pencahayaan, musik, dan latar.

Shanghai Circus World juga mempunyai sirkusnya sendiri, Happy Circus, yang punya segalanya mulai dari badut sampai hewan hingga akrobat. Pada akhir pekan dan hari libur. Happy Circus menjadi pusat perhatian.

  • Alamat: No. 2266, Jalan Gonghexin, Distrik Zhabei, Shanghai, Cina
  • Jam Buka: 09:00-19:00
  • HTM: 130 - 700 Yuan Cina
  • Telepon: +86 21 5665 6622

Kalau kamu berencana untuk liburan ke Cina tahun depan, tidak ada salahnya untuk mengunjungi salah satu tempat wisata di Shanghai yang disebutkan di atas. Kamu bisa melihat gedung tinggi, tempat ibadah juga berbelanja. Lengkap bukan?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram