Gunung Puntang, Bekas Stasiun Radio Terbesar di Dunia

Ditulis oleh - Diperbaharui 7 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Sudah tahu kan, kalau kota Bandung dikelilingi oleh pegunungan yang membuat kota ini dikenal dengan udara yang sejuk? Salah satu pegunungan yang melingkar di selatan kota Bandung adalah Pegunungan Malabar. Pegunungan ini terdiri dari tiga puncak gunung, diantaranya Gunung Haruman, Gunung Puntang dan yang tertinggi adalah Gunung Malabar.

Gunung Puntang merupakan gunung yang menjadi favorit di kalangan pendaki dan termasuk gunung yang paling terkenal di antara keduanya. Gunung Puntang memiliki ketinggian 2223 meter di atas permukaan laut. Sedangkan Gunung Malabar memiliki ketinggian 2343 meter di atas permukaan laut, dimana gunung ini adalah salah satu gunung tertinggi di Bandung.

Tak hanya panorama alam yang menarik, Gunung Puntang juga menjadi saksi sejarah sejak zaman kerajaan. Selain itu, Gunung Puntang pernah dijadikan sebagai stasun pemancar radio Malabar pada tahun 1917 – 1923 yang menjadi stasiun radio terbesar di dunia pada zamannya. Tertarik untuk menjelajah Gunung Puntang? Yuk, baca informasi lengkap tentang Gunung Puntang!

Spot Menarik

Spot menarik gunung puntang

Gunung Puntang sering dijadikan sebagai tempat untuk ospek lapangan, pendidikan dasar, dan tujuan pendakian. Tak heran gunung ini menjadi gunung yang paling terkenal di Bandung setelah Gunung Tangkuban  Perahu karena ada banyak hal menarik yang bisa dieksplor. Inilah 5 spot menarik yang bisa ditemukan di Gunung Puntang.

1. Sungai Cigeureuh

Sungai Cigeureuh

* sumber: jalancerita.com

Pegunungan tak lepas dari melimpahnya sumber air. Di Gunung Puntang, terdapat Sungai Cigeureuh yang dapat menjadi tujuan setelah mendaki ke puncak. Sungai ini mudah diakses, dan sudah disediakan beragam fasilitas, seperti tempat bilas, saung, serta jembatan. Kamu bisa membersihkan tubuh di sini setelah turun gunung.

2. Wisata Sejarah di Radio Malabar

Wisata Sejarah di Radio Malabar

* sumber: travel.tribunnews.com

Gunung Puntang menyimpan jejak sejarah yang bisa dipelajari. Pada tahun 1917, dibangun stasiun Radio Malabar yang digunakan sebagai penghantar pesan suara dan telegraf ke Belanda. Radio Malabar menjadi teknologi tercanggih yang ada di Indonesia pada masanya. Kini, tempat tersebut hanya tersisa puing-puing di lahan yang luas.

3. Goa Belanda

Goa Belanda

* sumber: www.serbabandung.com

Selain wisata sejarah di bekas Radio Malabar, Gunung Puntang juga memiliki tempat bersejarah lainnya, yaitu Goa Belanda. Goa ini memiliki tinggi sekitar 2 meter, dengan bentuk lingkarang yang dilengkapi dengan lorong sepanjang 170 meter. Goa ini sudah ada sebelum Radio Malabar selesai dibangun, dan pernah dijadikan sebagai tempat persembunyian dan penyimpanan senjata.

4. Ekspedisi Kopi dan Owa Jawa

Ekspedisi Kopi dan Owa Jawa

* sumber: foto.inilah.com

Pegunungan Malabar dikenal sebagai salah satu penghasil kopi terbaik di Bandung. Bagi pendaki yang pernah naik ke Gunung Puntang, pasti sudah tidak asing dengan yang satu ini. Selain bisa menikmati kopi, kamu pun bisa wisata edukasi bersama petani kopi. Tak hanya itu saja, Gunung Puntang menjadi salah satu habitat asli Owa Jawa, tepatnya di arah menuju Gunung Haruman.

5. Puncak Mega

Puncak Mega

* sumber: bhinnekashuttle.com

Puncak tertinggi Gunung Puntang dikenal dengan nama Puncak Mega yang memiliki ketinggian 2223 meter di atas permukaan laut. Mendaki ke Gunung Puntang belum lengkap jika tidak menapaki Puncak Mega. Dari atas sini, kamu bisa melihat pemandangan Bandung dari ketinggian. Puncak Mega juga dikenal sebagai salah satu spot sunrise terbaik di Bandung.

6. Curug Cikahuripan

Curug Cikahuripan

* sumber: inilah-im0y.blogspot.com

Gunung Puntang dilengkapi dengan sumber air yang berguna bagi para pengunjung maupun pendaki. Selain Sungai Cigeureuh, sumber air lainnya ada di Curug Cikahuripan yang terletak di lereng Gunung Puntang. Air terjun ini bisa dijadikan sebagai tujuan selepas pendakian, atau untuk mengisi persediaan air ketika mendaki.

Fasilitas

Fasilitas

Gunung Puntang tak hanya menjadi tempat pendakian saja, melainkan menjadi salah satu tempat wisata yang menarik di Bandung. Karena itulah Gunung Puntang menyediakan beragam fasilitas yang akan mempermudah dan membuatmu nyaman ketika berlibur ke sini. Inilah fasilitas yang bisa didapatkan ketika liburan ke Gunung Puntang.

1. Bumi Perkemahan

Gunung Puntang memiliki area perkemahan yang sangat luas dan terdapat di beberapa kompleks. Karena luasnya, area ini bukan hanya menjadi tempat untuk berkemah saja, tetapi bisa dijadikan sebagai tempat untuk mengadakan acara gathering, atau ospek lapangan dan pendidikan dasar.

2. Saung

Gunung Puntang menyediakan saung yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk istirahat sambil menikmati segarnya udara di Pegunungan Malabar.

3. Warung Makanan

Sama halnya dengan tempat wisata lain, Gunung Puntang dilengkapi dengan warung makan yang ada di area parkir. Makanan yang dijual cukup lengkap. Mulai dari makanan berat, makanan instan, hingga minuman hangat.

4. Penyewaan Alat Pendakian

Ingin mendaki tetapi tidak memiliki peralatan pendakian yang lengkap? Gunung Puntang menyediakan penyewaan alat pendakian yang terdiri dari matras, sleeping bag, hingga tenda dengan berbagai ukuran.

5. Lahan Parkir

Gunung Puntang dilengkapi dengan lahan parkir yang luas, serta bisa menampung kendaraan dalam jumlah banyak, baik itu mobil, motor, hingga bus.

6. Fasilitas Lainnya

  • Musholla
  • Toilet
  • Keamanan

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

* sumber: www.egindo.co

Kawasan wisata dan pendakian Gunung Puntang menyediakan fasilitas yang terbilang lengkap untuk sekelas wisata alam, berikut ini detail harga tiket, parkir, jam operasional, dan kontak yang bisa dihubungi.

1. Harga Tiket Masuk

  • Rekreasi : Rp20.000
  • Pendakian : Rp25.000
  • Camping : Rp20.000
  • Susur Goa : Rp7.500

2. Harga Sewa

  • Tenda Regu : Rp40.000/hari
  • Tenda Doom : Rp100.000/hari
  • Tenda Peleton : Rp600.000/hari
  • Tenda Lorong : Rp300.000/hari
  • Matrass : Rp5.000/hari (minimal 30 buah)
  • Vel Bed : Rp50.000/hari (minimal 30 buah)
  • Sleeping Bag : Rp20.000/hari (minimal 30 buah)
  • Aula Informasi : Rp75.000/hari
  • Pemasangan Listrik : Rp300.000/hari

3. Parkir

  • Motor : Rp5.000
  • Mobil : Rp10.000
  • Bus : Rp25.000

4. Jam Operasional : 24 jam

5. Kontak : 0812-2496-202 / 0812-2128-7665 / 0821-1580-0564

Alamat dan Akses Transportasi

Alamat dan Akses Transportasi

* sumber: bandung.panduanwisata.id

  • Alamat : Pasirmulya, Banjaran, Kabupaten Bandung

Gunung Puntang berada di Bandung Selatan tepatnya di wilayah Banjaran. Rute menuju ke sini cukup mudah baik itu menggunakan kendaraan roda dua atau lebih. Namun belum ada angkutan kota yang mengantar langsung ke gerbang Gunung Puntang. Jadi disarankan untuk membawa kendaraan pribadi. Berikut rute yang bisa ditempuh:

  • Mobil (via Tol)

Pengguna kendaraan roda empat atau lebih dari dalam dan luar kota Bandung, bisa gunakan tol untuk mempercepat waktu tempuh. Keluar dari Gerbang Tol Buah Batu, dilanjutkan ke Jalan Bojongsoang, Jalan Dayeuhkolot – Baleendah, kemudian ke Banjaran – Cimaung. Sesampainya di Pasar atau Terminal Banjaran, kemudian dilanjutkan ke arah Gunung Puntang.

  • Motor / Mobil (Jalan Nasional)

Pengguna motor atau mobil yang melewati jalan nasional dari Bandung kota, rute termudah yang bisa dilewati adalah lewat Jalan Buah Batu, dilanjutkan ke Jalan Bojongsoang, Jalan Dayeuhkolot – Baleendah, dan jalur Banjaran – Cimaung. Dari Pasar Banjaran mengarah ke Gunung Puntang.

Penginapan di Sekitar Gunung Puntang

Di Banjaran, khususnya kawasan Gunung Puntang dilengkapi penginapan berupa villa dan hotel yang bisa dijadikan sebagai tempat istirahat. Berikut ini penginapan terdekat dari Gunung Puntang.

1. Taman Bougenville

Jl. Gunung Puntang, Campakamulya, Cimaung, Kabupaten Bandung

Kontak : 0811-9102-003

2. Puntang Djaya Bandung

Campakamulya, Cimaung, Kabupaten Bandung

Kontak : 0813-2396-6848

3. Villa PSJ

Pasirmulya, Banjaran, Kabupaten Bandung

Kontak : 0812-2149-9256

4. Rorompok Arya De’Borgies

Jl. Pasir Mulya, Pasirmulya, Banjaara, Kabupaten Bandung

Kontak : 0878-2313-5954

5. Villa DPJ

Pasir Huni, Pasirhuni, Cimaung, Kabupaten Bandung

Kontak : 0811-141-474

6. Kikit Cottage

Pasir Pendey, Banjaran Wetan, Majalengka, Kabupaten Bandung

Kontak : 0852-2033-1168

Wisata di Gunung Puntang terbilang sangat lengkap meski berada di ketinggian dan jauh dari keramaian kota. Di sini kamu bisa berwisata alam sekaligus wisata sejarah, hingga edukasi. Jika kamu berencana mendaki atau mengadakan acara di Gunung Puntang, semoga informasi dari Keluyuran ini dapat bermanfaat ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *