Inilah 10 Kue Khas Medan yang Enak dan Menggugah Selera

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 2 Juni 2021

Kota Medan selain sebagai kota terbesar ketiga di Indonesia, dikenal dengan kulinernya yang enak-enak. Kamu akan menemukan kuliner yang sangat menggugah selera kalau kamu mampir ke Kota Medan. Kue-kue manis menggigit yang akan membuat harimu lebih manis.

Penasaran apa saja kue khas Medan yang enak-enak? Simak ulasannya berikut ini ya.

1. Bika Ambon

Bika Ambon

* sumber: www.pegipegi.com

Sekalipun ada nama Ambon, Kue bika ambon ini sesungguhnya makanan khas Medan. Nama Ambon sendiri berasal dari Jalan Ambon tempat pertama kali kue ini diproduksi. Kue dengan rasa manis ini memiliki bentuk kotak dengan warna kuning dan terdapat rongga di dalamnya.

Kue ini terbuat dari olahan tepung tapioka yang dicampur dengan bahan lainya seperti air nira, gula, telur, dan juga rempah lainnya. Kue ini juga memiliki beberapa varian rasa dari rasa, durian, keju, pandan, moka, dan yangn lainnya. Kamu bisa mendapat kan kue ini dengan harga 30-50 ribu rupiah.

2. Bolu Meranti

Bolu Meranti

Bolu meranti merupakan sejenis bolu gulung, yang pertamakali di jual di jalan Meranti. Bolu gulung ini berisikan krim manis di dalamnya, dan terdapat toppig yang bermacam-macam. Bolu meranti memiliki tekstur kue yang lembut, sangat pas jika kamu menikmatinya dengan segelas teh hangat atau kopi.

Kue ini jika kamu menyimpannya di lemari pendingin, maka dapat bertahan  hingga 7 jam. Bolu Meranti merupakan kue yang digagas oleh Nyonya Ai Ling. Kue yang di buat lalu di jual dengan cara dititipkan kepada tantenya yang tinggal di Jalan Meranti.

3. Pancake Durian

Pancake Durian

* sumber: www.njajan.com

Buah durian merupakan buah yang banyak terdapat di kota Medan, maka tak lengkap jika kamu tidak mencicipi kue olahan dari buah durian. Pancake durian merupakan kue yang dibuat dari durian dengan kualitas terbaik. Pancake ini memiliki rasa manis dan lembut di mulut.

Pancke ini terasa manis dan lembut saat digigit karena memiliki kulit yang tipis, sehingga akan lumer dimulut. Pancake ini dibuat tanpa bahan pengawet sehingga hanya kan bertahan 10 jam saja. Jika ingin bertahan lebih lama maka harus disimpan dalam lemari pendingin, bisa bertahan hingga 7 hari.

4. Pia Tamiang

Pia Tamiang

* sumber: mamikos.com%20%20

Pia Tamiang merupakan kue yang terbuat dari tepung, dan minyak, yang diberi isian dengan berbagai rasa. Kue ini di bentuk seukuran dengan telur ayam, yang dimasak dengan cara dipanggang. Rasa yang ditawarkan dari pia ini adalah coklat, keju, kacang merah, selain itu terdapat pia khusus vegetarian.

Pia ini merupakan sebuah produk makanan yang dahulunya dibuat oleh seorang pria Medan bernama Pia Hou Chen. Lalu penamaannya diubah oleh Gwen Yen Huat seorang keturunan tionghoa, sekaligus sebagai orang yang mempopulerkan makanan ini kepada masyarakat.

Perubahan nama ini dikarenakan ada pelarangan oleh pemerintah pada zaman orde baru, untuk menggunakan nama usaha dengan nama Tionghoa. Nama Tamiang sendiri dipilih dikarenakan tempat toko menjual pia itu terdapat di jalan Tamiang no 16, yang dapat kamu kunjungi.

5. Medan Napoleon

Medan Napoleon

Selain bolu gulung meranti ada juga bolu gulung Nepoleon yang merupakan milik seorang artis Irwansyah yang dapat kamu coba. Dia bekerja sama dengan seorang  pria asal Medan dengan nama Suratno pemilik restoran Warung Nenek dan Joko Solo untuk mendirikan sebuah toko roti khas Medan.

Kue Medan Naopleon sendiri merupakan kue hasil perpaduan antara kue Napoleon atau Napoleon cake asal Perancis dengan bolu gulung khas Medan. Bolu ini berbeda dari bolu gulung biasa karena isinya berupa tiga lapisan pastri yang crunchy di gulung dengan bolu yang empuk.

Selain di gulung dengan roti, kue ini juga diberi topping yang beraneka ragam. Kue ini memiliki beragam rasa, di antaranya green tea, duarian , keju, dan red velvet. Kue ini memiliki perpaduan yang unik dengan bolu yang empuk dan pastry yang renyah. Kue ini dijual di kisaran harga 60 ribu rupiah.

6. Lapis Legit

Lapis Legit

Kue lapis legit sesungguhnya merupakan kue tradisional yang mendapt pengaruh dari Belanda. Kue ini dibuat dengan inspirasi dari kue lapis yang ada di Eropa. Kue ini memiliki bentuk kotak dengan warna keemasan. Kue ini memiliki dua lapisan warna yang bertumpuk-tumpuk satu sama lain.

Kue rempah adalah julukan yang diberikan pada kue lapis legit, hal itu karena kue ini kaya akan kandungan rempah-rempah. Saat ini kue lapis legit juga menawarkan beragam rasa, seperti keju, raisin, dan juga choco chip ada juga cappuccino.

7. Risol Spesial Gogo

Risol Spesial Gogo

Risol Gogo merupakan camilan yang menjadi oleh-oleh khas dari Kota Medan. Apa yang membedakan risol Gogo dengan risol yang ada diluaran? Risol Gogo dibuat dengan kulitnya yang lebih tipis  dan tepung panir yang digunakan untuk melumurinya juga memiliki tekstur yang lebih halus dari yang lain.

Risol ini memiliki dua macam isian, isian yang pertama adalah isian sayuran yang ditambah dengan telur dadar. Sedangkan isian yang kedua berupa daging ayam yang telah dicincang terlebih dahulu. Risol ini tersedia dalam bentuk masak dan juga mentah yang dapat kamu goreng sendiri.

8. Kue Lupis Medan

Kue Lupis Medan

Mungkin kamu sering mendengar nama kue lupis, lalu apa yang membedakan kue lupis yang ada di Jawa dengan lupis khas Medan? Kue lupis Medan dibuat dengan menggunakan beras ketan sebagai bahan utamanya. Kue ini dicetak dengan bentuk segitiga yang kemudian dimasak dengan cara dikukus.

Kue ini biasanya dibungkus dengan daun pisang sebelum dikukus. Setelah matang cemilan kue ini biasanya akan disajikan dengan siraman gula merah cair dan juga dengan parutan kelapa. Kue ini memiliki cita rasa rasa manis alami dari gula dan gurih dari parutan kelapa.

9. Ombus-Ombus

Ombus-Ombus

Ombus-ombus merupakan makanan yang dibuat dengan menggunakan tepung beras sebagai bahan utamanya. Pada bagian tengahnya akan diisi dengan gula merah. Kue ini dimasak dengan cara dikukus. Kue ini merupakan satu kue tradisional yang khas dari suku Batak.

Makna ombus-ombus sendiri berarti embus dalam bahasa batak. Hal itu dikarenakan makanan ini sangat enak jika kamu memakannya di saat masih panas, sehingga kamu harus  meniup-niup terlebih dahulu sebelum memakannya. Kue ini biasanya menjadi sajian di saat ada acara-acara besar.

10. Kue Putu Bambu

Kue Putu Bambu

Kue putu mungkin sudah sering kamu dengar, lalu apa kue putu bambu khas Medan? Kue ini hampir sama dengan kue putu yang biasa kita santap. Kue putu bambu dari Medan biasanya lebih besar dari segi ukurannya jika kamu bandingkan dengan kue putu dari daerah lain.

Kue putu merupakan camilan yang beraal dari tepung beras dengan isian berupa gula merah. Campuran tepung beras dan gula merah ini dicetak dengan menggunakan cetakan bambu yang akan diletakan diatas uap yang panas. Kue putu akan ditaburi dengan parutan kelapa di saat sudah matang.

Kue-kue khas Medan ini biasanya akan jadi incaran para wisatawan yang sedang berkunjung ke Kota Medan. Cemilan kue itu juga dapat kamu jadikan oleh-oleh khas Medan untuk kamu bawa pulang ke kampung halaman. Jadi kamu tidak perlu bingung lagi kue apa saja yang  dapat dicicipi saat kamu singgah di kota Medan.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram