10 Makanan Khas Batam yang Lezat & Tidak Boleh Terlewat

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Batam adalah suatu kota yang terletak di Provinsi Kepulauan Riau. Letaknya sangat dekat dari Singapura. Bahkan, warga Batam bisa menyebrang dengan kapal feri untuk pergi ke Singapura. Kota ini terbilang cukup maju. Banyak gadget dan tas branded yang original maupun KW yang ditawarkan di kota ini dengan harga cukup miring.

Sebagian besar warga Indonesia mengunjungi Batam untuk berbelanja gadget dan barang-barang bermerk. Entah untuk digunakan sendiri atau dijual lagi, yang pasti Batam selalu menjadi pilihan utama untuk membeli barang-barang tersebut, terutama dalam jumlah besar.

Apabila Anda ingin pergi ke Singapura, tak ada salahnya jika Anda singgah ke Batam terlebih dahulu. Kota yang seluruh wilayahnya dikelilingi oleh Selat Singapura dan Selat Malaka ini cukup berkembang dan tidak kalah dengan kota-kota maju yang ada di Indonesia.

Nah, jika Anda berniat untuk menjelajahi Kota Batam, mungkin Anda perlu mengetahui beberapa makanan khas Batam berikut ini. Kuliner khas Batam ini tidak kalah lezat dengan berbagai kuliner lainnya yang ada di Indonesia. Apa sajakah itu?

1. Gong-Gong

Gong-Gong makanan khas batam

Gong-gong adalah sejenis siput laut yang diolah dengan cara direbus atau ditumis dengan bumbu-bumbu khusus. Mungkin Anda dapat menjumpai menu makanan ini di berbagai restoran seafood yang ada di Indonesia, tetapi di Batam gong-gong merupakan ikon kuliner yang dapat ditemukan dengan mudah di semua restoran sari laut yang ada di sana.

Anda bisa menikmati gong-gong untuk kudapan sembari santai bersama keluarga atau teman-teman. Seporsi gong-gong bisa dijual dengan harga 25-50 ribu rupiah. Cukup murah untuk sebuah hidangan yang sangat lezat ini.

2. Bingka Bakar

Bingka Bakar

Sejatinya, Bingka Bakar adalah kue yang berasal dari Kerajaan Melayu. Akan tetapi, kue ini menjadi makanan khas Batam dan banyak dijual di kota tersebut. Hampir setiap wisatawan yang datang ke Batam selalu mencari kue yang satu ini. Pada umumnya, Bingka Bakar juga sering dijadikan buah tangan untuk kerabat dan keluarga dari luar Batam.

Bingka Bakar memiliki beberapa varian rasa, yakni coklat, stroberi, pandan, wijen, dan keju. Untuk mendapatkan kue ini, Anda bisa membelinya di pusat oleh-oleh khas Batam atau toko yang menjual Bingka Bakar di beberapa pusat perbelanjaan yang ada di Batam.

3. Luti Gendang

Luti Gendang

Satu lagi kuliner khas Batam yang tidak boleh dilewatkan adalah Luti Gendang. Yang satu ini bukanlah jenis makanan berat, melainkan cemilan saja. Luti Gendang adalah kue yang menyerupai kroket. Hanya saja, jika kroket memiliki isi ragout, Luti Gendang ini diisi dengan ikan yang dimasak dengan bumbu-bumbu tertentu. Dengan kata lain, Luti Gendang ini juga dikenal sebagai roti goreng isi ikan.

Makanan yang satu ini sangat cocok menjadi kudapan untuk teman minum kopi atau teh. Kue khas Batam ini bisa Anda temukan dengan mudah di pedagang kaki lima yang biasa berjualan di pinggir jalan. Kue ini paling enak jika dimakan dalam keadaan hangat.

4. Sop Ikan Batam

Sop Ikan Batam

Di Jakarta mungkin cukup mudah menemukan restoran atau rumah makan yang menjual menu Sop Ikan Batam. Akan tetapi, bukanlah lebih lezat jika kita menyantap Sop Ikan Batam ini saat berada di tempatnya langsung?

Makanan khas Batam yang satu ini menjadi menu wajib yang harus dicicipi saat Anda sedang berada di Batam. Sop ikan ini menggunakan ikan tenggiri sebagai bahan utamanya. Sekilas, rasa dari sop ini memang sedikit mirip dengan garam asem, tapi tetap saja makanan ini memiliki citarasa tersendiri. Semangkuk Sop Ikan Batam yang hangat paling cocok jika dinikmati bersama sepiring nasi putih.

5. Mi Sagu

Mi Sagu

Jika biasanya sagu digunakan untuk membuat kue, kali ini sagu digunakan sebagai bahan utama untuk membuat mi. Di Batam, Anda bisa menemukan suatu menu makanan khas yang unik, yakni Mi Sagu. Ukuran dari mi sagu lebih besar dari mi pada umumnya. Selain itu, mi ini memiliki aroma sagu yang sangat pekat.

Ketika Anda berkunjung ke Batam dan sekitarnya, Anda dapat menjumpai menu olahan dari Mi Sagu ini dengan sangat mudah. Mi Sagu biasanya diolah dengan cara digoreng, seperti kwetiau atau mi goreng. Jika sedang berada di Batam, tak ada salahnya Anda mencicipi Mi Sagu yang unik ini.

6. Mi Lendir

Mi Lendir

Apa itu mi lendir? Kok tampilannya mirip dengan Mi Kocok khas Aceh? Ya, menu makanan yang satu ini mungkin memiliki rupa yang sedikit mirip dengan Mi Kocok Aceh atau Emie khas Medan. Namun, rasa dari Mi Lendir tentu berbeda dengan kedua jenis hidangan mi tersebut.

Kuah dari Mie Lendir terbuat dari kacang tanah dan ubi jalar. Mi Lendir disajikan bersama udang, ayam, tauge, cabe, dan bawang goreng. Ketika menyantap Mi Lendir, Anda akan merasakan kombinasi rasa pedas, manis, dan gurih yang pas di dalam mulut Anda.

Hidangan khas Batam ini biasa dijual di warung kaki lima. Namun, Mi Lendir dapat dijumpai dengan lebih mudah di daerah Tanjung Pinang – Batam. Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau sehingga tidak akan sampai menguras dompet Anda.

7. Mie Tarempa

Mie Tarempa

Selain Mie Lendir, ada juga Mie Tarempa yang merupakan makanan khas Batam. Jenis mie yang dipakai untuk memasak Mie Tarempa ini adalah mie gepeng alias mie dengan bentuk yang agak lebar. Kemudian, mie tersebut dimasak dengan bahan dan rempah yang hampir sama seperti membuat mie goreng biasa.

Akan tetapi, yang membuat Mie Tarempa ini menjadi spesial adalah topping-nya. Mie khas Batam ini biasa disajikan dengan suwiran ikan tongkol atau tambahan seafood di dalamnya sehingga rasanya menjadi semakin lezat.

8. Kek Pisang Villa

Kek Pisang Villa

Selain Bingka Bakar, Kek Pisang Villa juga merupakan oleh-oleh khas Batam yang selalu diminati oleh para wisatawan. Satu hal yang pasti, bahan utama dari kue ini adalah buah pisang. Nah, kue pisang ini memiliki varian rasa yang berbeda.

Selain itu, Anda juga bisa memilih topping keju, kacang, atau coklat untuk melengkapi kelezatan dari sajian ini. Toko kue yang menjual Kek Pisang Villa ini tersebar luas di Kota Batam. Jadi, Anda tidak perlu khawatir akan kesulitan untuk menemukan kue khas Batam ini.

9. Mi Kacang Selat Panjang

Mi Kacang Selat Panjang

Ini merupakan makanan khas dari Riau, tetapi makanan ini juga banyak dijual di Batam. Mi Kacang Selat Panjang ini terdiri dari mi yang disiram dengan kuah kacang beraroma udang. Entah mengapa, rasa dan tampilan dari Mi Kacang ini sedikit mirip dengan Mi Belitung.

Mi Kacang disajikan dengan tahu, tauge, dan telur. Jika Anda merupakan penggemar makanan pedas, Anda bisa menambahkan irisan cabe rawit sebelum menyantap makanan ini agar rasanya semakin menyengat di lidah.

10. Bilis Molen

Bilis Molen

Setelah hunting makanan berat dan oleh-oleh, kini saatnya kita mencari cemilan khas Batam. Bilis Molen adalah salah satu krupuk atau cemilan yang berasal dari Batam. Bilis adalah nama lain dari ikan teri. Nah, ikan teri ini nantinya akan dibungkus dengan adonan tepung terigu yang biasa digunakan untuk membuat pisan molen.

Bilis Molen memiliki ukuran sebesar cabe rawit. Rasa dari Bilis Molen ini sangat gurih dan lezat. Cemilan khas Batam ini bisa dikonsumsi sebagai kudapan atau teman bersantap dengan nasi putih dan lauk pauk. Bilis Molen juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh.

Berikut tadi adalah daftar makanan khas Batam yang bisa Anda jadikan destinasi wisata kuliner saat berada di kota tersebut. Anda juga bisa membawa beberapa kuliner khas Batam di atas untuk oleh-oleh, lho. Manakah makanan khas Kota Batam yang ingin Anda coba?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

4 Responses

  1. Wah rasanya sy ingin ke kota batam.dan sy ingin mnikmati makanan khas batam sangat lezat dan nikmat rasanya menggoda hatiku

  2. thx ya…btw, situ orang batam?

  3. Adakah makanan di situ halal….

    1. Hai Akmal, hampir sebagian besar makanan khas Batam yang kami sebutkan di sini halal, seperti Bilis Molen, Mie Kacang Selat Panjang, Sop Ikan, dan Gong-Gong. Namun, jika Anda tidak yakin sebaiknya tanyakan terlebih dahulu kepada penjual makanannya mengenai kehalalan makanan tersebut sebelum Anda memesannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *