10 Makanan Khas Bojonegoro untuk Dinikmati Sambil Bersantai

Ditulis oleh - Diperbaharui 22 September 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Saat berkunjung ke Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur kamu harus mencicipi kulinernya yang memiliki kekhasan tersendiri. Kamu bisa menikmati makanan ringan atau berat dari kota ini dengan harga yang cukup terjangkau dompetmu.

Berikut ini ulasan beberapa makanan yang mesti kamu coba dari Bojonegoro yang juga bisa kamu jadikan buah tangan.

1. Ledre

Ledre

Makanan yang satu ini merupakan makanan yang paling populer dari Bojonegoro, yaitu Ledre. Makanan ringan yang sering dijadikan sebagai oleh-oleh untuk orang yang telah berkunjung dari Bojonegoro. Kuliner ini merupakan kuliner yang menggunakan pisang sebagai satu bahan utamanya.

Ledre terbuat dari tepung terigu, tepung beras, gula, dan yang paling penting adalah bahan utama ledre yaitu pisang raja. Penampilan dari ledre memang sekilas tampak seperti egg roll dengan bentuknya yang dilinting. Tetapi saat kamu mecicipinya kamu akan tahu rasanya berbeda.

Ledre merupakan kudapan yang dapat dengan mudah kamu dapatkan di seantero Bojonegoro. Jika kamu tertarik untuk mencicipinya, kamu bisa datang ke Ledre super Pisang Raja di jalan Gajah Mada.

2. Putu

Putu

Makanan yang satu ini pastinya kamu semua pernah mencobanya. Putu merupakan makanan yang menggunakan tepung beras sebagai bahan utamanya yang memiliki butiran lebih kasar. Lalu ada gula Jawa sebagai bahan isiannya dan juga kelapa parut yang akan ditaburkan di atas putu yang hangat.

Putu dimasak dengan cara dikukus dengan menggunakan potongan bambu sebagai cetakannya. Putu merupakan satu kue tradisional yang banyak diminati, terutama oleh perpaduan rasa manis dari lelehan gula jawa dan gurih dari kelapa parutnya. Soal harga, harganya sangat terjangkau alias murah meriah.

3. Belimbing Ngringinrejo

Belimbing Ngringinrejo

Makanan khas dari Bojonegoro selanjutnya adalah buah belimbing dari Desa Ngringinrejo. Belimbing ini memiliki rasa yang manis dan segar untuk melepas dahaga dihari yang panas. Jika kamu ingin membeli belimbing dengan harga yang lebih murah kamu bisa langsung datang ke desa ini.

Desa Ngringinrejo merupakan desa penghasil belimbing, di sini kamu bisa memetik sendiri buah belimbing yang kamu inginkan. Belimbing berukuran kecil biasanya dijual dengan harga 10 ribu untuk 3 kilogram. Tetapi untuk ukuran besar harganya bisa bervariasi sekitar 7-9 rupiah ribu per kilonya.

4. Nasi Flambe Bojonegoro

Nasi Flambe Bojonegoro

Kuliner yang satu ini wajib kamu coba saat mampir ke Kabupaten Bojonegoro. Nasi flambe merupakan kuliner yang menyajikan nasi putih yang masih hangat yang dipadu dengan suwiran ayam, telur orak-arik dan juga udang goreng. Sajian ini akan semakin mantap jika dibarengi dengan sambal terasi.

Hidangan nasi flambe ini dapat kamu cicipi di Warung Dumi Express yang belokasi di jalan Rajawali. Kamu tidak perlu khawatir dengan harganya, satu porsi dari nasi flambe ini dapat kamu nikmati dengan harga sekitar 12 ribu rupiah. Memakan kuliner ini dijamin perut terasa kenyang.

5. Sego Mawut

Sego Mawut

Jika kamu ingin memakan makanan berat maka kamu harus coba kuliner yang berikut ini. Sego mawut merupakan hidangan nasi goreng yang dicampur dengan berbagai makanan. Nasi goreng biasanya disajikan dengan tambahan mie goreng, sayur mayur, dan tidak lupa ditambah telur.

Kuliner ini biasanya banyak dijual oleh pedagang kami lima pada saat malam hari. Jika kamu ingin mencicipi masakan yang satu ini kamu dapat mendatangi daerah jalan Panglima Sudirman. Di sana kamu akan banyak menemukan penjual nasi goreng. Harga sego mawut sendiri sekitar 10 ribu rupiah. 

6. Ender-ender

Ender-ender

Ender-ender merupakan makanan ringan yang menggunakan ubi jalar sebagai bahan utamanya. Kudapan ini memiliki bentuk lebar, tipis, dan berbentuk bulat dengan garis-garis dipermukaannya. Ender-ender merupakan makanan ringan tradisional dengan cita rasa manis dan juga gurih.

Kudapan tradisional ini kini telah dikemas dengan kemasan yang lebih modern dan praktis. Camilan ini memiliki rasa manis dan gurih alami tanpa bahan pengawet. Jika tertarik untuk menjadikannya buah tangan, kamu dapat membelinya dengan harga sekitar 23 ribu untuk satu bungkusnya.

7. Getuk Lindri

Getuk Lindri

Jika kamu memerlukan kudapan ringan untuk menemani minum kopi, atau teh hangat, maka kamu harus mencoba makanan ini. Getuk lindri merupakan makanan ringan yang berbahan dasar singkong. Singkong yang diolah menjadi getuk, biasanya dihaluskan lalu  dicetak dengan bentuk garis -garis.

Rasanya akan semakin mantap saat ditaburi parutan kelapa diatasnya. Gethuk merupakan makanan ringan yang hampir hadir di setiap masyarakat Jawa. Jika kamu tertarik mencoba getuk lindri ini kamu dapat membelinya dengan harga sekitar Rp3.500 ditempat Getuk Pelangi Mak Jum.

8. Keripik Tempe

Keripik Tempe

Makanan keripik tempe bisa kamu jadikan oleh-oleh sepulangnya kamu dari Bojonegoro. Makanan yang renyah dan gurih ini dapat kamu jadikan teman makan nasi atau juga dimakan dengan cara digado. Makanan ini mudah kamu temui di sentra penjualan oleh-oleh di Bojonegoro.

Keripik tempe dari Bojonegoro ini tak hanya digoreng kering tapi diberi lapisan tepung agar lebih renyah. Kamu tidak perlu khawatir dengan harga yang ditawarkannya, tidak akan membuat kantong kamu bolong. Keripik tempe dijual dengan harga cukup terjangkau sekitar 10 ribu rupiah.

 9. Wedang Tape

Wedang Tape

Kalau yang satu ini merupakan sajian khas dari Bojonegoro berupa makanan dan minuman wedang tape. Kenapa makanan dan minuman? Wedang tape merupakan minuman yang dibuat dengan menggunakan tape beras ketan hitam yang dicampur dengan santan panas.

Wedang tape tak hanya menjadi minuman favorit dari masyarakat Bojonegoro. Tetapi juga menjadi minuman yang banyak diminati oleh wisatawan yang berkunjung ke Bojonegoro. Minuman ini merupakan minuman yang sangat cocok kamu nikmati di saat cuaca dingin, seperti saat sedang hujan.

Badan yang kedinginan menjadi lebih hangat dengan meminum seduhan wedang tape ini. Jika kamu ingin mencicipi wedang ini kamu bisa datang ke warung yang terdapat di jalan KH Mansyur yang bernama Wedang Tape Gerdu Suto. Mereka telah menjual wedang tape sejak tahun 1950 an.

10. Wader Kali

Wader Kali

Makanan yang satu ini merupakan makanan khas berbahan dasar ikan. Wader merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang dapat kamu temukan di sepanjang sungai Bengawasan Solo. Ukuran dari ikan wader sendiri terbilang kecil, hanya sebesar jari tangan orang dewasa.

Ikan wader yang sudah digoreng sangat nikmat jika kamu santap dengan sambal terasi dan nasi yang masih hangat. Jika kamu mau mencoba mencicipi hidangan wader kali ini, kamu bisa datang ke warung Wader Kali Jetak. Makanan wader kali ini bisa kamu nikmati dengan harga sekitar 10-20 ribu rupiah.

Itulah makanan khas Bojonegoro yang dapat kamu cicipi atau juga kamu jadikan oleh-oleh saat singgah di kota ini. Bisa membeli mencicipi makanan khas dari Bojonegoro akan memberikan kepuasan tersendiri bagi kamu yang senang dengan berwisata kuliner. Coba dan rasakan kenikmatannya.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *