Kunjungi 10 Tempat Wisata Menarik di Jawa Timur Ini Yuk!

Ditulis oleh - Diperbaharui 7 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Jawa Timur merupakan provinsi terbesar di Pulau Jawa dengan luas wilayah 47.800km2 dan terdiri dari 38 kota/kabupaten. Jawa Timur menjadi salah satu tempat bersejarah karena merupakan pintu masuk penyebaran agama Islam di Pulau Jawa. Provinsi ini tak lepas pula dari kesenian khas Jawa Timur-an yaitu Ludruk, dimana seluruh pemainnya adalah laki-laki.

Provinsi Jawa Timur memang sangat menarik untuk dikunjungi seperti wisata kuliner, wisata budaya, wisata religi, sejarah, dan wisata alam yang sangat menarik. Bahkan, Jawa Timur merupakan provinsi dimana gunung tertinggi di Pulau Jawa terletak. Kali ini, Keluyuran akan menginformasikan 10 tempat wisata paling menarik di Jawa Timur. Simak artikel ini sampai habis ya!

1. Klenteng Kwan Sing Bio

Klenteng Kwan Sing Bio

Klenteng Kwan Sing Bio merupakan klenteng terbesar se-Asia Tenggara. Letaknya ada di Kabupaten Tuban. Berada di pesisir pantai utara, Klenteng Kwan Sing Bio menjadi satu-satunya klenteng di Asia Tenggara yang posisinya menghadap langsung ke laut dan letaknya berseberangan langsung dengan Laut Jawa.

Di Klenteng Kwan Sing Bio, Tuban, pengunjung bukan hanya bisa wisata religi saja. Melainkan, kamu boleh mencoba ritual Jiamsi, dimana kamu akan melakukan sembahyang dan dibaca terkait masa depan dalam setahun ke depan. Di sini tak akan melihat agamamu apa, mereka akan mempersilahkan kamu untuk melakukan sembahyang dan Jiamsi.

  • Alamat: Jl. R.E. Martadinata No. 1, Karangsari, Tuban, Kabupaten Tuban
  • Operasional: 07.00 – 17.00 WIB
  • Tiket masuk: Gratis

2. Pantai Klayar

Pantai Klayar

Pantai Klayar merupakan salah satu pantai cantik di Kabupaten Pacitan dan recommended untuk dikunjungi. Pantai Klayar memiliki garis pantai yang cukup panjang. Namun terbelah menjadi dua, dan di tengahnya ada batu karang besar yang menambah eksotisme dari Pantai Klayar.

Bagi yang senang berenang di laut, Pantai Klayar tidak disarankan untuk berenang, karena ombak di Pantai Klayar terbilang besar dan cukup berbahaya. Namun, kamu tetap bisa menikmati cantiknya Pantai Klayar dari tepi pantai. Jika air laut sedang pasang, kamu bisa melihat pemandangan air mancur yang muncul dari sela-sela karang. Eksotis!

  • Alamat: Jl. Pantai Klayar, Kendal, Sendang, Donorojo, Kabupaten Pacitan
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket masuk: Rp5.000/orang

3. Gunung Lawu

Gunung Lawu

Gunung Lawu merupakan salah satu gunung sakral di Jawa Timur yang letaknya berada di tengah-tengah antara Karanganyar, Jawa Tengah, dan Magetan, Jawa Timur. Gunung tengan ketinggian 3.265 meter di atas permukaan laut ini menjadi salah satu gunung yang patut kamu kunjungi ketika liburan ke Jawa Timur.

Terdapat tiga jalur pendakian Gunung Lawu. Cemoro Kandang di Karanganyar, Candi Cetho di Karanganyar, dan Cemoro Sewu di Magetan, Jawa Timur. Di Puncak Hargo Dalem, Gunung Lawu, terdapat Warung Mbok Yem yang disebut sebagai warung tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.150 meter di atas permukaan laut.

  • Alamat: Jl. Raya Sarangan, Sampe, Ngancar, Plaosan, Kabupaten Magetan
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket masuk: Rp20.000/orang

4. Pantai Kedung Tumpang

Pantai Kedung Tumpang   

Jika pantai pada umumnya memiliki hamparan pasir  putih yang menghiasi tepi laut. Berbeda dengan pantai di Tulungagung satu ini. Pantai Kedung Tumpang terdapat sebuah laguna yang terbuat dari batu karang yang menghasilkan adanya kolam alami di tepi pantai. Itu sebabnya pantai ini disebut sebagai “Kedung Tumpang”.

Kedung berarti kolam alami, dan tumpang artinya bersusun. Pantai Kedung Tumpang memiliki kolam alami yang bersusun. Kamu bisa berenang santai di laguna. Namun tetap perlu berhati-hati, karena jika air laut sedang pasang maka ombak akan sesekali menghantam laguna.

  • Alamat: Area Perkebunan, Pucang Laban, Kabupaten Tulungagung
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket masuk: Rp5.000/orang

5. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Gunung Bromo merupakan gunung yang disakralkan suku Tengger. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru menjadi salah satu wisata yang paling banyak dikunjungi di Jawa Timur. Taman Nasional ini memiliki banyak destinasi wisata, salah satunya adalah menyapa matahari terbit dari Gunung Bromo.

Selain wisata Gunung Bromo, kamu yang suka mendaki gunung dan ingin menapaki Gunung Semeru yang merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa, tempat ini patut kamu kunjungi. Jadi, kamu bisa wisata ke dua gunung sekaligus. Gunung Bromo, dan Gunung Semeru. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru terletak di 4 kabupaten, yaitu Lumajang, Malang, Pasuruan, dan Probolinggo.

  • Alamat: Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket masuk: Rp29.000/orang

6. Tumpak Sewu

Tumpak Sewu

Tumpak Sewu merupakan salah satu air terjun memesona di Jawa Timur. Berbeda dengan air terjun pada umumnya, Tumpak Sewu tak hanya mengalir dari satu titik saja.  Melainkan ada banyak titik yang mengalirkan air secara bersamaan. Itulah mengapa disebut “Tumpak Sewu” atau air terjun seribu.

Air terjun setinggi 120 meter ini terletak di dua kabupaten, yakni Lumajang dan Malang. Namun, aksesnya lebih mudah dijangkau dari Kabupaten Lumajang, dengan melalui Bululawang hingga Pronojiwo yang merupakan perbatasan antara Malang dan Lumajang.

  • Alamat: Dusun Jagalan, Sidomulyo, Pronojiwo, Kabupaten Lumajang
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket masuk: Rp5.000

7. Pantai Tiga Warna

Pantai Tiga Warna

* sumber: amazingmalang.id

Malang memiliki pariwisata yang sangat lengkap. Mulai dari wisata kota, gunung, kuliner, hingga pantai bisa kamu temukan di sini. Salah satu pantai eksotis di Malang adalah Pantai Tiga Warna, yang termasuk ke dalam situs konservasi. Disebut Pantai Tiga Warna karena warna airnya terdapat gradasi dari biru, hijau tosca, dan putih.

Pantai Tiga Warna memiliki garis pantai yang cukup panjang dan sangat bersih. Di sini, kamu bisa snorkeling, hingga camping. Saat kesini, kamu perlu memperhatikan barang bawaan terutama yang berpotensi menjadi sampah, karena akan dicek oleh petugas. Jika meninggalkan sampah, maka akan dikenakan denda. Jadi, jaga kebersihan, ya!

  • Alamat: Jl. Sendang Biru, Tambakrejo, Sumbermanjing, Kabupaten Malang
  • Operasional: 05.00 – 14.00 WIB
  • Tiket masuk: Rp6.000/orang

8. Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran

* sumber: www.goodnewsfromindonesia.id

Jawa Timur memiliki destinasi wisata yang unik. ada sebuah tempat yang disebut-sebut sebagai “Afrika-nya Indonesia”. Taman Nasional Baluran namanya. Terletak di perbatasan antara Banyuwangi dan Situbondo. Taman dengan luas kurang lebih 25.000 hektare ini merupakan tempat tinggal bagi hewan-hewan liar.

Di Taman Nasional Baluran, kamu akan melihat langsung hewan yang dilindungi seperti rusa, kera ekor panjang, burung merak, banteng, dan masih banyak lagi. Jika datang pada musim kemarau, kamu akan disuguhkan dengan pepohonan dan rumput kering kecokelatan yang rasanya seperti sedang berada di Afrika. Ketika musim hujan, rumput dan pohon akan hijau kembali.

  • Alamat: Sumberwaru, Banyuputih, Kabupaten Situbondo
  • Operasional: 07.30 – 16.00 WIB
  • Tiket masuk: Rp15.00-/orang

9. Kawah Ijen

Kawah Ijen

Gunung Ijen merupakan salah satu gunung di ujung timur Pulau Jawa dengan ketinggian 2.443 meter di atas permukaan laut. Gunung Ijen berada di antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso. Gunung ini sangat fenomenal di Indonesia karena memiliki fenomena blue fire yang merupakan fenomena langka di dunia.

Tercatat hanya ada dua blue fire di dunia. Salah satunya adalah Kawah Ijen, Bondowoso. Mendaki Gunung Ijen disarankan mulai jam 12 malam atau jam 1 dini hari. Agar tiba di puncak jam 4 dini hari. Kamu perlu turun ke kawah untuk bisa melihat fenomena blue fire yang sangat langka tersebut.

  • Alamat: Curah Macan, Kalianyar, Sempol, Kabupaten Bondowoso
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket masuk: Rp5.000/orang

10. De Djawatan

De Djawatan

De Djawatan atau disebut juga Djawatan Benculuk merupakan kawasan hutan lindung yang terletak di Banyuwangi Selatan. Belum lama ini, Djawatan dijadikan sebagai destinasi wisata karena keunikan yang terletak pada banyaknya pohon trembesi berukuran besar, akhinya menarik perhatian wisatawan.

Meski terkesan kuno dan angker, Djawatan tetap disenangi wisatawan, hingga akhirnya dikembangkan menjadi tempat wisata alam di Jawa Timur. Kini, beberapa sarana penunjang pariwisata sudah ada di sini. Rasanya belum lengkap jika tidak mengunjungi Djawatan ketika berlibur ke Banyuwangi.

  • Alamat: Purwosari, Benculuk, Cluring, Kabupaten Banyuwangi
  • Operasional: 08.00 – 17.00 WIB
  • Tiket masuk: Rp5.000/orang

Itu dia 10 tempat wisata yang paling recommended di Jawa Timur. Ada klenteng terbesar se-Asia Tenggara, Little Africa, hingga fenomena langka blue fire bisa kamu temukan di sini. Jadi, sudah ada rencana liburan ke Jawa Timur?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *