10 Tempat Wisata di Bojonegoro yang Menarik Dikunjungi

Ditulis oleh - Diperbaharui 8 Oktober 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Bojonegoro merupakan kabupaten di Provinsi Jawa Timur yang berbatasan dengan Kabupaten Tuban, Kabupaten Ngawi, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Madiun, dan Kabupaten Blora yang masuk ke dalam wilayah Provinsi Jawa Tengah. Bojonegoro terletak di sisi paling barat Jawa Timur dan berbatasan langsung dengan Jawa Tengah.

Kabupaten ini memiliki banyak destinasi wisata menarik, mulai dari wisata budaya, taman rekreasi, hingga wisata alam. Jika berencana liburan dengan suasana baru, maka Bojonegoro dapat dijadikan sebagai tujuan. Berikut ini 10 destinasi wisata di Bojonegoro yang bisa kamu kunjungi.

1. Agrowisata Belimbing

Agrowisata Belimbing

* sumber: desabisa.com

Bojonegoro dikenal dengan buah belimbing. Di kabupaten ini, tepatnya di Desa Ngringinrejo terdapat perkebunan belimbing seluas kurang lebih 19.3 hektar. Belimbing yang ditanam di perkebunan ini berukuran besar dan rasanya segar.

Agrowisata Belimbing Ngringinrejo memberikan fasilitas untuk memetik buah dan dapat langsung mencicipinya secara gratis. Namun jika kamu ingin membeli buah belimbing untuk dimakan di rumah, bisa membelinya dengan harga Rp3.000 – Rp4.000/kg untuk buah dengan ukuran kecil, dan Rp5.000 – Rp8.000/kg untuk buah ukuran besar.

  • Alamat : Ngringin, Ngringinrejo, Kalitidu, Kabupaten Bojonegoro
  • Operasional : 06.00 – 17.00 WIB
  • Tiket masuk : Rp10.000

2. Kayangan Api

Kayangan Api

* sumber: kominfo.jatimprov.go.id

Bojonegoro memiliki tempat wisata unik yang takkan ditemukan di tempat lain, yaitu Kayangan Api atau dikenal dengan sebutan api abadi. Kayangan Api terwujud akibat fenomena geologi alam, dimana gas alam keluar dari dalam tanah yang tersulut api, kemudian api tersebut tidak akan padam meskipun diguyur hujan.

Kayangan Api merupakan tempat bersemayam Mbah Kriyo Kusumo yang berasal dari Kerajaan Majapahit pada masa lampau. Di sini terdapat tumpukan batu alam, di atasnya terdapat bara api yang terus menyala. Waktu terbaik untuk berkunjung ke sini adalah sore atau malam hari.

  • Alamat : Ngembul, Sendangharjo, Ngasem, Kabupaten Bojonegoro
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Rp2.000
  • Kontak : 0858-9116-3576

3. Air Terjun Maor

Air Terjun Maor

* sumber: wartawisata.id

Wisata alam yang ada di Bojonegoro, tak kalah dengan tempat lainnya di Jawa Timur. Salah satunya ada Air terjun Maor yang aliran airnya berasa dari Waduk Pacal. Uniknya, air terjun ini memiliki kolam alami yang cukup besar, berbeda dengan air terjun pada umumnya.

Air Terjun Maor tidak terlalu tinggi, dan aliran airnya tidak terlalu deras. Namun jika musim penghujan tiba, suara gemuruh air terjun akan terdengar sampai ke pemukiman penduduk setempat. Ketika musim kemarau, maka air akan lebih sedikit.

  • Alamat : Clebung, Bubulan, Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Rp5.000

4. Bukit Tono

Bukit Tono

* sumber: www.alamasedy.com

Siapa yang senang main ke bukit? Melihat pemandangan alam dari ketinggian menjadi hal yang sangat menyenangkan. Di Bojonegoro, kamu bisa menikmati pemandangan dari Bukit Tono, atau sering disebut dengan nama Buton.

Bukit Tono memiliki berbagai macam atraksi atau hiburan yang bisa dilakukan ketika berkunjung ke sini. Pengelola wisata menyediakan laybag, gardu pandang, hingga sangkar burung yang bisa dijadikan sebagai spot foto. Pada sore hari, kamu bisa melihat pemandangan matahri terbenam yang sangat cantik dari sisi barat.

  • Alamat : Sawah, Sambongrejo, Gondang, Kabupaten Bojonegoro
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Rp3.000
  • Kontak : 0852-3178-8669

5. Watu Gandul

Watu Gandul

* sumber: www.alamasedy.com

Watu Gandul dalam bahasa Indonesia berarti batu yang menggantung. Di sini terdapat sebuat batu besar yang tersusun, dan di bagian atasnya terdapat batu yang menggantung. Watu Gandul akhirnya dijadikan sebagai geopark oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bojonegoro.

Batu yang ada di sini merupakan batu andesit yang jika dilihat dari kejauhan tampak seperti gapura. Watu Gandul cocok dijadikan sebagai spot untuk berfoto. Waktu terbaik untuk berkunjung ke sini adalah saat musim kemarau. Jalur menuju Watu Gandul berupa tanah, serta jalanan yang cukup terjal jadi cukup berbahaya pada musim penghujan.

  • Alamat : Gondang, Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Gratis
  • Kontak : 0822-8283-4455

6. Waduk Pacal

Waduk Pacal

* sumber: porprovjatim2019.bojonegorokab.go.id

Waduk Pacal merupakan bangunan bersejarah yang dibangun sejak tahun 1924 dan masih berfungsi hingga saat ini. Air yang ada di Waduk Pacal mengalir ke beberapa bagian, salah satunya adalah Air Terjun Maor.

Waduk Pacal menarik untuk dikunjugi karena jalur menuju lokasi wisata memberikan pengalaman yang seru. Mulai dari jalan yang membelah hutan jati, hingga tebing-tebing yang biasa digunakan sebagai ladang terlihat cantik.

  • Alamat : Jl. Waduk Pacal, Kedungsumber, Temayang, Gondang, Kabupaten Bojonegoro
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Rp5.000

7. GoFun Theme Park

GoFun Theme Park

* sumber: www.trivindo.com

Bojonegoro juga memiliki taman rekreasi yang sangat menarik untuk dikunjungi. GoFun Theme Park menawarkan berbagai permainan dan hiburan seru untuk mengisi libur akhir pekan. Terutama jika kamu memiliki ketertarikan di dunia fotografi, tempat ini dapat dijadikan sebagai pilihan.

GoFun Theme Park lokasinya tak jauh dari Terminal Bojonegoro. Jadi buat kamu yang datang dari luar kota, bisa berkunjung ke sini dengan lebih mudah. Tempat wisata yang menarik ini selain dilengkapi dengan hiburan, juga tergolong murah untuk sekadar rekreasi bersama keluarga.

  • Alamat : Jl. Veteran No.20, Jambean, Sukorejo, Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro
  • Operasional : 16.00 – 22.00 WIB
  • Tiket masuk : Rp20.000 – Rp30.000
  • Kontak : (0353) 311 888

8. Negeri di Atas Angin

Negeri di Atas Angin

* sumber: kurniawancandra529.blogspot.com

Selain Bukit Tono, ada juga Negeri di Atas Angin yang bisa menjadi alternatif untuk menikmati pemandangan dari ketinggian. Tempat ini juga menjadi salah satu ikon bagi pariwisata di Kabupaten Bojonegoro. Sesuai dengan namanya, Negeri di Atas Angin menawarkan keindahan alam yang indah.

Negeri di Atas Angin lekat dengan cerita budaya dari masyarakat setempat, dimana tempat ini menjadi pertemuan antara Dewi Sekar Sari dan Raden Atas Aji yang dipertemukan saat terjadi perang Kerajaan Mataram. Berwisata ke sini, taka hanya bisa menikmati keindahan alam, kamu juga bisa membawa hasil pertanian warga setempat sebagai oleh-oleh.

  • Alamat : Desa Deling, Atasangin, Sekar, Kabupaten Bojonegoro
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Rp5.000 – Rp10.000

9. Air Terjun Kedung Gupit

Air Terjun Kedung Gupit

* sumber: www.alamasedy.com

Air Terjun Kedung Gupit merupakan salah satu air terjun yang belum banyak diketahui wisatawan terutama yang datang dari luar kota. Destinasi wisata ini jaraknya sekitar 50 km dari pusat kota dengan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan.

Menuju ke tempat ini, harus melewati jalur perkebunan warga dengan berjalan kaki. Air Terjun Kedung Gupit dikelilingi oleh tebing bukit. Jika dilihat, air terjun ini seperti mengalir dari ujung bukit yang cukup tinggi.

  • Alamat : Dusun Gayam, Desa Klino, Sekar, Kabupaten Bojonegoro
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Gratis

10. Wana Tirta Dander

Wana Tirta Dander

* sumber: zuhriyo.wordpress.com

Wisata Wana Tirta Dander merupakan salah satu destinasi yang menarik di Bojonegoro karena fasilitasnya cukup lengkap. Di sini terdapat kolam renang, taman bermain, hingga lapangan golf. Tempat wisata ini bukan hanya menghadirkan panorama wisata alam saja, melainkan ada juga Monumen Pesawat Tempur. Kamu bisa mengajak anak untuk wisata sejarah.

Tempat wisata ini sudah dibuka sejak tahun 2006 dan selalu ramai dikunjungi wisatawan, terutama dari warga lokal Bojonegoro. Di sini ada pondokan yang didesain menghadap ke kolam renang, dan ada sungai alami yang jernih. Tempat ini cocok dijadikan sebagai tujuan rekreasi bersama keluarga.

  • Alamat : Alang-Alang Kemangi, Dander, Kabupaten Bojonegoro
  • Operasional : 08.00 – 16.00 WIB, Senin tutup
  • Tiket masuk : Rp10.000

Kabupaten yang berdekatan dengan beberapa destinasi wisata alam di Tuban ini memang menarik untuk dikunjungi. Bahkan sebagian destinasi masih belum banyak dikenal wisatawan dari luar Bojonegoro lho. Ayo ajak keluargamu untuk liburan ke Bojonegoro!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *