Keluyuran / Wisata Dunia / Delicioso! Ini 10 Makanan Khas Brazil yang Lezat Banget

Delicioso! Ini 10 Makanan Khas Brazil yang Lezat Banget

Ditulis oleh - Diperbaharui 5 Oktober 2019

Semua tentang Brazil pasti mampu mencuri perhatian dunia, mulai dari budayanya, tim sepak bolanya, sampai dengan makanannya. Negara dengan penduduk terbanyak di Amerika Selatan ini memang menarik untuk dikunjungi. Sayangnya, masih banyak wisatawan dari Indonesia yang lebih tertarik untuk mengunjungi negara-negara di Amerika Serikat ketimbang negara di Amerika Selatan seperti Brazil.

Bagi kamu yang ingin berwisata ke negara yang anti-mainstream tapi menarik, jadikanlah Brazil sebagai tujuan wisatamu. Namun sebelumnya simak dulu beberapa ulasan mengenai makanan khas Brazil paling enak ini. Keluyuran sudah merangkum beberapa pilihan makanan yang delicioso (lezat) khusus untukmu!

1. Moqueca

Moqueca

* sumber: www.foodandwine.com

Hidangan lezat yang harus dicoba saat kamu berlibur di Brazil adalah Moqueca. Makanan ini merupakan olahan ikan atau udang yang dimasak dengan santan, minyak sawit, tomat, ketumbar, bawang merah, bawang putih, dan jeruk nipis. Semua bahan tersebut dimasak dengan api sedang dalam wadah bernama casserole terracotta.

Kuah santannya terasa gurih dan segar seperti kari. Kamu bisa menyantap sup ini dengan nasi putih atau tepung ubi kayu yang digoreng. Rasanya benar-benar sedap dan bisa diterima oleh lidah wisatawan Indonesia yang memang terbiasa mengonsumsi makanan bersantan.

2. Feijoada

Feijoada

* sumber: www.discovernikkei.org

Feijoada adalah makanan khas Brazil yang juga bisa ditemukan di Indonesia, tepatnya di Pulau Timor. Ya, masyarakat di Pulau Timor terbiasa membuat sup kacang hitam ini karena pengaruh budaya kuliner di zaman penjajahan bangsa Portugis.

Di Brazil, Feijoada biasa dimasak dengan campuran daging babi. Namun, ada juga yang memasak hidangan ini dengan daging sapi. Sup ini dimasak dengan api kecil dalam wadah yang terbuat dari tanah liat. Aroma kuah sup kacang hitam ini benar-benar pekat. Sementara rasanya sedikit asin dan tidak pedas sama sekali. Feijoada lebih nikmat jika disantap dalam keadaan hangat.

3. Quindim

Quindim

* sumber: rfsdelivers.com

Bukan hanya makanan utamanya saja yang lezat, Brazil juga mempunyai hidangan penutup yang lezat dan populer, namanya Quindim. Ini merupakan sejenis puding yang terbuat dari kelapa parut, kuning telur, dan gula. Warna makanan ini terlihat kuning berkilau sehingga membuat siapapun tak sabar untuk segera menyantapnya.

Layaknya sebuah puding, Quindim punya tekstur yang padat dan kenyal. Kelapa parut yang dipakai sebagai komposisinya membuat makanan ini tak hanya sekadar memiliki rasa manis saja, tapi juga rasa gurih yang nagih banget. Quindim bisa ditemukan di hampir semua restoran yang menyajikan makanan khas Brazil.

4. Pão de Queijo

Pão de Queijo

* sumber: www.thespruceeats.com

Dari tampilannya, Pão de Queijo pasti mengingatkanmu pada bakso goreng, bukan? Namun, makanan ini bukan bakso goreng melainkan roti keju. Kalau kamu adalah penggemar keju, kamu pasti akan menyukai makanan yang satu ini.

Pão de Queijo terbuat dari tepung tapioka, telur, dan keju (biasanya Minas Cheese). Kemudian, adonan dari bahan-bahan tersebut akan dibentuk menjadi bulatan kecil berdiameter 3-5 cm, lalu adonan tersebut dipanggang sampai bentuknya mengembang. Rasa keju pada roti ini cukup kuat sehingga rasanya pun menjadi lebih gurih.

5. Salpicão

Salpicão

* sumber: oniquenutrition.com

Lagi diet saat jalan-jalan di Brazil? Tenang saja, negara ini juga punya makanan khas yang cocok dikonsumsi oleh kamu yang sedang diet, lho. Salpicão adalah salad khas Brazil yang rasanya enak banget. Ada potongan daging ayam juga di dalamnya sehingga isi dari salad ini tidak hanya sayuran saja.

Salpicão menggunakan daging ayam, ham, kentang, wortel, kismis, dan apel, lalu diberi dressing minyak zaitun dan mayones sehingga rasanya jadi lebih lezat. Mengingat salad ini menggunakan kentang sebagai sumber karbohidrat, maka kamu bakal kenyang saat menyantap semangkuk besar Salpicão ini.

6. Brigadeiro

Brigadeiro

* sumber: matadornetwork.com

Penikmat makanan manis pasti akan jatuh hati dengan dessert khas Brazil yang satu ini. Adalah Brigadeiro yang merupakan cokelat truffle yang dibuat dari susu kental manis dan krim. Setelah dibentuk menjadi bulatan-bulatan kecil, cokelat ini ditaburi dengan meses cokelat.

Brigadeiro sangat disukai oleh anak-anak. Namun, kalau kamu tidak terlalu menyukai makanan manis, kamu tidak disarankan untuk mengonsumsi makanan ini. Sebagai teman menyantap Brigadeiro, pesanlah secangkir kopi atau teh hangat. Kombinasi antara Brigadeiro dengan minuman tersebut bakal menjadi santapan yang nikmat.

7. Acarajé

Acarajé

* sumber: www.tastemade.com

Tak ada yang bisa menolak kenikmatan kuliner khas Brazil yang satu ini. Acarajé adalah makanan yang terbuat dari adonan kacang tolo, kemudian dicampur dengan minyak sayur dan bawang bombai agar cita rasanya semakin sedap. Adonan yang sudah dibentuk nantinya akan digoreng hingga warnanya keemasan. Setelah matang, makanan ini akan diberi topping berupa udang.

Sangat mudah menemukan Acarajé di negara Brazil. Makanan ini biasanya dijual di food truck yang berada di pinggir jalan. Kalau kamu suka pedas, jangan lupa untuk minta tambahan sambal khas Brazil pada penjual Acarajé. Berikan juga sedikit air perasan jeruk nipis agar rasanya lebih mantap.

8. Coxinha

Coxinha

* sumber: www.nephrocare.com

Boleh dibilang Coxinha adalah roti goreng khas Brazil. Ini merupakan salah satu makanan khas yang populer dan disukai oleh sebagian wisatawan yang datang ke Brazil. Bahan untuk membuat roti goreng ini antara lain adalah tepung terigu, kaldu ayam, dan kentang tumbuk. Untuk isiannya, Coxinha bisa memakai daging ayam cincang atau abon.

Sebelum digoreng dalam minyak panas, adonan tersebut dibentuk menyerupai tetesan air. Selanjutnya, adonan digoreng sampai warnanya cokelat keemasan. Wah, kamu bisa langsung menikmatinya dalam keadaan hangat untuk merasakan cita rasa terbaik dari Coxinha.

9. Churrasco

Churrasco

* sumber: wearecocina.com

Semua penggemar steak pasti bakal suka dengan Churrasco. Pasalnya, ini merupakan daging panggang khas Brazil yang tak kalah enak dibanding steak. Tentu saja daging yang dipakai untuk membuat hidangan ini adalah daging dengan kualitas premium. Daging tersebut dibumbui dengan rempah-rempah khas Brazil untuk menguatkan rasa dan aromanya.

Proses memasak Churrasco terbilang unik, lho. Daging sapi ditusuk di kayu, lalu dipanggang sembari daging terus diputar. Mirip dengan proses pengolahan daging kebab, tapi cita rasanya berbeda. Hmm.. Rasanya tidak sabar untuk segera mencobanya, ya!

10. Vatapá

Vatapá

* sumber: segredosdochef.com.br

Vatapá merupakan makanan yang terbuat dari roti, udang, santan, minyak kelapa sawit, dan kacang tanah yang dihaluskan. Hidangan ini termasuk dalam kuliner Afro-Brazil. Mengingat semua bahan tersebut sudah dilumatkan, maka tampilan Vatapá menyerupai sup.

Popularitas Vatapá terkenal di wilayah Utara dan Timur Laut Brazil. Jadi, boleh dibilang makanan ini tidak bisa ditemukan dengan mudah seperti Churrasco atau Moqueca.

Yuk, catat semua makanan khas Brazil yang Keluyuran rekomendasikan di atas. Jangan lupa untuk menyempatkan diri mencoba semua kuliner kha Brazil tersebut, ya! Baca juga artikel tempat wisata di Brazil ini untuk menambah wawasan Anda seputar destinasi wisata di negara tersebut.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar