9 Makanan Khas Ciamis yang Populer dan Wajib Untuk Dicoba

Ditulis oleh Jihan Fauziah - Diperbaharui 13 April 2020

Siapa di sini yang sering berkunjung ke Kabupaten Ciamis, baik itu untuk mengunjungi sanak saudara, atau hanya untuk sekadar jalan-jalan saja? Jika iya, pasti Anda mengetahui setidaknya satu jenis makanan khas Kabupaten Ciamis.

Nah, kalau Anda ingin mengetahui lebih jauh lagi mengenai makanan khas Ciamis, Keluyuran akan memberikan daftar 9 makanan khas dari Tatar Galuh ini untuk Anda. Sebelumnya, jangan lupa untuk menyimak artikel Keluyuran yang membahas mengenai makanan khas Tatar Sunda lainnya. Selengkapnya bisa Anda simak dalam artikel 10 Makanan Khas Jawa Barat ini.

1. Galendo

galendo

* sumber: anekaresepmasakan6.blogspot.com

Galendo adalah makanan khas Ciamis yang terbuat dari ampas kelapa yang diolah dengan cara dimasak. Dahulu, Kabupaten Ciamis terkenal sebagai produsen kelapa paling besar di Jawa Barat.

Karena itulah, di Kabupaten Ciamis juga terdapat pabrik minyak kelapa yang tentu melakukan proses produksi besar-besaran hingga menyisakan ampas kelapa yang banyak. Ampas sisa pembuatan minyak kelapa itu akhirnya diolah menjadi galendo, karena rasanya yang manis dan gurih. galendo sendiri biasanya disajikan sebagai hidangan penutup atau makanan ringan dan sering dijadikan sebagai oleh-oleh khas Ciamis.

2. Papais

papais

* sumber: makanenakweb.wordpress.com

Selanjutnya, ada papais. Papais adalah makanan manis yang terbuat dari campuran ketan dan gula merah dengan isian kacang hijau yang kemudian dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Makanan ini diolah dengan cara dikukus.

Papais punya cita rasa manis dan ada rasa gurih dari kacang hijau. Biasanya papais disajikan pada saat acara kumpul keluarga dan dinikmati bersama-sama. Anda ingin mencoba penganan satu ini?

3. Cocorot

Makanan khas ciamis cocorot

* sumber: plesirankotatua.blogspot.com

Next, ada cocorot. Cocorot merupakan makanan yang terbuat dari gula aren dan beras yang dikemas dalam daun pisang muda. Cocorot ini dibungkus dengan bentuk yang unik. Yep, bentuk makanan ini terlihat mirip dengan terompet. Unik sekali, bukan? Cocorot memiliki cita rasa manis. Makanan satu ini dijamin bisa membuat Anda ketagihan. Anda sudah pernah mencobanya?

4. Saroja Ciamis

saroja

* sumber: tasik-membara.blogspot.com

Makanan khas Ciamis lainnya adalah saroja. Saroja ini memiliki bahan, bentuk dan proses pembuatan yang mirip dengan kembang goyang dari Betawi.

Bahan-bahan pembuatan makanan ini terdiri dari tepung beras yang dibubuhi sedikit tepung terigu, irisan daun jeruk agar aromanya wangi dan juga garam. Cara pembuatan dari saroja ini serupa dengan pembuatan kembang goyang yang menggunakan besi panjang berbentuk bunga seroja.

Caranya adalah dengan mencelupkan alat cetakan besi tadi ke dalam adonan yang telah dibuat, kemudian cetakan tadi dicelupkan ke dalam minyak panas. Saroja khas Ciamis ini rasanya gurih dan asin, tidak seperti kembang goyang yang rasanya manis. Saroja punya tekstur yang renyah ini cocok untuk dijadikan camilan. Anda tertarik untuk mencobanya?

5. Dendeng

dendeng

* sumber: www.bukalapak.com

Ciamis juga terkenal sebagai tempat para produsen dendeng yang ada di Jawa Barat, khususnya dendeng yang berbahan dasar daging sapi. Dendeng sendiri adalah potongan daging tipis tanpa lemak yang diberi bumbu serta rempah dan dikeringkan atau dijemur di bawah sinar matahari.

Dendeng sendiri punya perpaduan cita rasa manis dan asin. Dendeng yang termasuk daging yang telah diawetkan ini cocok dimakan dengan nasi hangat, lho. Nah, kalau Anda berkunjung ke Tatar Galuh, jangan lupa beli dendeng, ya!

6. Sale Bulat

sale bulat

* sumber: www.bukalapak.com

Makanan khas Ciamis lainnya adalah sale pisang. Ya, Kabupaten Ciamis juga memang terkenal sebagai produsen olahan sale pisang yang legit dan lezat. Kalau sale pisang yang bentuknya memanjang, mungkin sudah biasa. Nah, ternyata di Ciamis ada juga sale pisang dengan bentuk bulat yang unik. Sale pisang berbentuk bulat ini sering disebut sebagai sale kelereng karena bentuknya memang menyerupai kelereng.

Sale pisang yang banyak ditemui berbahan baku utama pisang ambon. Begitu pula dengan sale pisang berbentuk bulat ini. Sama-sama menggunakan pisang ambon. Bedanya hanya terletak pada bentuknya saja. Sale pisang ini dibuat dari pisang ambon yang digiling, lalu dibentuk bulat dan digoreng dengan minyak panas hingga matang. Adakah di antara Anda yang sudah mencoba sale pisang berbentuk unik ini?

7. Abon Kelapa

abon kelapa

* sumber: www.harianindo.com

Kabupaten Ciamis juga punya abon kelapa alias serundeng yang biasa disantap bersama ayam goreng sebagai salah satu makanan khasnya. Dilansir dari priangan, seorang warga Ciamis bahkan berhasil membuat abon kelapa instan yang dikemas dalam kemasan cantik nan praktis. Abon kelapa ini bahkan tersedia dalam dua varian rasa, yakni original dan juga pedas.

Serundeng atau abon kelapa adalah olahan dari kelapa yang diparut kemudian digoreng hingga warnanya berubah menjadi kecokelatan. Setelah itu, abon kelapa yang telah digoreng tadi ditiriskan dan diolah dalam sebuah mesin pemutar supaya kadar minyak yang terkandung di dalamnya berkurang. Setelahnya, abon kelapa dikemas dan bisa langsung disantap.

Kalau Anda hobi menikmati ayam serundeng, sudah pasti Anda juga sangat tergiur dan ingin mencoba olahan satu ini. Nah, sekarang Anda dapat menikmati abon kelapa dengan lebih mudah dan praktis, nggak harus beli ayam bumbu serundeng dulu untuk menikmati lezatnya makanan satu ini. Bagaimana, Anda tertarik untuk membelinya? Lumayan, stok serundeng di rumah bakal banyak, nih!

8. Pindang Gunung

pindang gunung

* sumber: azzamaviero.com

Selanjutnya, ada pindang gunung. Pindang gunung adalah olahan ikan yang diolah menggunakan rempah-rempah. Biasanya, ikan yang digunakan untuk membuat sajian ini adalah ikan kakap. Tak jarang, ikan tongkol juga digunakan sebagai bahan utama pembuatan pindang gunung ini.

Cara membuat ikan pindang gunung ini juga tidaklah sulit. Ikan yang akan diolah bersama rempah tadi dipotong menjadi dua bagian, lalu setelahnya dimasak.

Sebelumnya beberapa bahan lain seperti cabai, kemiri, jahe, bawang hingga terasi dihaluskan kemudian ditumis dengan sedikit air hingga wanginya tercium. Lalu, potongan ikan tadi dimasukkan dan dimasak bersama bumbu tadi. Saya yakin Anda bisa membayangkan betapa lezatnya sajian khas Ciamis yang satu ini. Pasti pada ngiler ingin mencoba pindang gunung, bukan?

Nah, kalau Anda berkunjung ke Ciamis, pastikan untuk menyempatkan diri menikmati kuliner lezat ini, ya. Jangan sampai terlewatkan!

9. Gula Aren

gula aren

* sumber: www.tokopedia.com

Gula aren juga merupakan salah satu makanan khas dari Tatar Galuh yang masuk dalam daftar. Ya, di Kabupaten Ciamis, tepatnya di Dusun Calingcing, Desa Karangpaninggal, Kabupaten Ciamis, gula aren ini telah menjadi produk andalan dari warganya.

Gula aren khas Karangpaninggal ini telah dikenal oleh banyak lapisan masyarakat. Bahkan, di desa ini terdapat maskot pohon Aren sebagai simbol produk unggulan mereka.

Nah, itulah 9 makanan khas ciamis yang populer dan wajib untuk Anda coba. Jika Anda memiliki kesempatan untuk plesiran ke Kabupaten Ciamis, jangan sampai tidak mencoba salah satu makanan yang ada dalam daftar, ya. Oh ya, adakah di antara Anda semua yang sudah mencoba salah satu atau bahkan semua makanan khas Ciamis di atas? Jika iya, silakan sampaikan pendapat Anda mengenai makanan tersebut di kolom komentar yang ada di bawah.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram