7 Oleh-Oleh Khas Ciamis yang Wajib untuk Dibawa Pulang

Ditulis oleh Muhamad Dikdik - Diperbaharui 2 Agustus 2020

Ciamis adalah salah satu kabupaten di Jawa Barat yang terkenal karena memiliki pantai yang indah, yaitu Pantai Pangandaran. Namun, sejak tahun 2012, pantai tersebut menjadi bagian dari Kabupaten Pangandaran yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Ciamis.

Daerah yang berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah ini juga dikenal karena memiliki sejarah yang panjang, umumnya yang berhubungan dengan Kerajaan Sunda dan Galuh. Oleh karena itu, di Ciamis terdapat sejumlah peninggalan sejarah dan budaya yang beberapa di antaranya telah menjadi destinasi wisata yang populer di kalangan masyarakat.

Hal lain yang membuat Ciamis populer adalah makanannya. Terdapat beberapa kuliner khas Ciamis yang telah populer di berbagai daerah di Indonesia. Bahkan beberapa di antaranya sudah ada yang menembus pasar mancanegara. Berikut adalah daftar oleh-oleh khas Ciamis (khusus makanan) yang wajib dicoba dan dibawa pulang.

1. Galendo

Galendo

Galendo adalah salah satu makanan khas Ciamis yang perlu Anda coba. Makanan ini dapat dengan mudah ditemukan di pusat oleh-oleh di Ciamis dengan harga yang cukup terjangkau. Banyak orang di luar Ciamis mungkin belum pernah melihat dan merasakan galendo, sehingga makanan ini sangat layak untuk dijadikan buah tangan.

Galendo sendiri merupakan kudapan yang terbuat dari sari pati atau santan kelapa yang melalui proses perebusan hingga menghasilkan minyak kelapa. Nah, sisa atau endapan dari santan inilah yang disebut dengan galendo. Agar kandungan minyaknya berkurang, galendo tersebut harus diperas dan dikeringkan sebelum siap disantap atau dikemas.

Galendo umumnya memiliki rasa gurih khas santan kelapa. Namun, galendo kini tersedia dalam berbagai varian rasa modern, seperti strawberry, coklat, susu, dan berbagai rasa buah-buahan. Selain dimakan langsung, galendo juga bisa disajikan dengan nasi hangat.

2. Sale

Sale Pisang

* sumber: anekamakanancirikhasciamis.blogspot.com

Sale pisang adalah salah satu camilan manis yang populer di pasaran. Makanan ini disebutkan berasal dari daerah Cilacap, Jawa Tengah. Namun, karena Cilacap dan Ciamis letaknya berdekatan, maka tidak sedikit yang beranggapan kalau sale pisang berasal dari Ciamis.

Terlepas dari hal tersebut, sale pisang adalah satu makanan yang sering dibawa pulang oleh wisatawan yang datang ke Ciamis dan sekitarnya. Hal itu karena di Ciamis terdapat banyak industri rumahan yang memproduksi sale pisang, utamanya di kawasan Padaherang dan Banjarsari.

Produk sale pisang Ciamis bahkan ada yang sudah menembus pasar luar negeri. Hal itu karena beberapa produk memiliki kualitas yang bagus, sehingga layak memasuki pasar internasional. Sale pisang Ciamis tersedia dalam beberapa varian, mulai dari sale tipis, sale gulung, sale bulat, dan sale molen.

Meskipun makanan ini mudah dibuat sendiri di rumah, namun Anda tetap harus merasakan sale pisang Ciamis ketika sedang berkunjung ke sana (dan membawanya pulang sebagai oleh-oleh).

3. Keripik Pisang

Keripik Pisang

Keripik pisang khas Ciamis umumnya dibuat di rumah produksi yang sama dengan sale pisang. Bahan baku yang digunakannya pun sama, yakni pisang siem. Oleh-oleh khas Ciamis yang renyah dan lezat ini tersedia dalam beberapa varian rasa, seperti keju, moka, manis pedas, dan madu.

Sebagai informasi, salah satu produk keripik dan sale pisang Ciamis yang sudah memenuhi standar ekspor telah meraih Penghargaan Upakarti Jasa Kepeloporan yang diserahkan oleh Presiden Indonesia ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono. Oleh karena itu, produk tersebut juga populer dengan sebutan keripik atau sale "SBY".

4. Abon Sapi

Abon Sapi Cap Rajawali

* sumber: abonciamis.com

Abon merupakan makanan yang sudah sangat populer di Indonesia. Saat ini produk abon (umumnya yang terbuat dari daging sapi) bisa ditemukan dengan mudah di pasar-pasar tradisional dan modern dengan merk yang berbeda-beda. Nah, salah satu tempat yang populer sebagai produsen abon sapi di Indonesia adalah Ciamis.

Disebutkan kalau abon sapi Ciamis memiliki rasa dan tekstur yang lebih enak dan lembut dibanding abon sapi dari daerah lain. Jadi, jika Anda sedang berada di Ciamis, jangan lupa untuk membeli makanan ini untuk dijadikan oleh-oleh yang spesial. Abon Sapi Cap Rajawali adalah yang paling populer di pasaran.

5. Dendeng Sapi

Dendeng Sapi

* sumber: abonciamis.com

Dendeng sapi Ciamis biasanya dibuat di rumah produksi yang sama dengan abon sapi Ciamis. Jika abon berupa suwiran daging sapi, maka dendeng sapi adalah potongan tipis daging sapi yang lemaknya dihilangkan.

Dibuat melalui berbagai proses dan dibumbui berbagai rempah, dendeng sapi adalah makanan yang diawetkan yang mampu bertahan lama tanpa perlu disimpan di dalam lemari pendingin. Salah satu produk abon dan dendeng sapi Ciamis yang sudah terkenal dan populer adalah Abon dan Dendeng Sapi Cap Rajawali.

6. Kalua Jeruk

Kalua_jeruk_khas_ciwidey

Meskipun kalua jeruk lebih populer sebagai oleh-oleh khas Ciwidey, Kabupaten Bandung, namun makanan manis ini juga bisa ditemukan dengan mudah di Ciamis, khususnya di daerah Panjalu. Terdapat dua pusat pembuatan kalua jeruk di Ciamis, yaitu di daerah Kertamandala dan Mandalare.

Disebutkan kalau produksi kalua jeruk di Ciamis sudah berlangsung sejak puluhan tahun yang lalu. Oleh karena itu, kalua jeruk telah menjadi salah satu oleh-oleh khas Ciamis yang populer. Sama seperti di Ciwidey, kalua jeruk Ciamis juga tersedia dalam berbagai varian rasa dan warna yang menggugah selera.

7. Jawadah Takir

Jawadah Takir

Mungkin banyak di antara kita yang belum pernah mendengar, melihat, bahkan merasakan makanan yang satu ini. Jawadah takir merupakan salah satu makanan khas Panjalu, Ciamis yang berupa wajit. Namun, pembungkus yang digunakannya adalah daun pisang yang sudah kering atau disebut dengan "kararas" dalam bahasa Sunda.

Ada hal unik dari jawadah takir, yaitu makanan ini tidak dibungkus secara utuh seperti wajit yang umum kita kenal. Jawadah takir hanya ditempel di atas daun pisang kering yang kecil. Makanan ini akan tetap kering dalam kondisi apapun, sehingga rasanya tetap enak dan terjaga. Meskipun dibuat tanpa pengawet, jawadah takir ini dapat bertahan cukup lama.

Nah, itulah beberapa oleh-oleh khas Ciamis yang wajib Anda coba dan bawa pulang ke rumah untuk dibagikan ke sanak keluarga atau sahabat. Produk-produk makanan di atas bisa ditemukan dengan mudah di sejumlah pusat oleh-oleh di kota Ciamis dan sekitarnya.

Selain makanan yang bisa dibawa pulang, Anda juga harus mencoba mencicipi kuliner lokal yang lezat-lezat, seperti pindang gunung (sejenis sup ikan - kakap, kakap merah, tongkol, dll - yang dibumbui berbagai rempah) dan colok gembrung (kulit yang diolah dengan bumbu galendo, ditusuk dengan lidi), dan lain-lain.

Adapun rekomendasi oleh-oleh lainnya adalah tengteng khas Ciamis (makanan ringan dan manis berbahan dasar beras), kue saroja khas Ciamis, dan gula kelapa Ciamis.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram