14 Street Food Khas Amerika Serikat yang Paling Populer

Ditulis oleh Siti Hasanah

Kalau berbicara mengenai makanan street food khas Amerika Serikat, kira-kira apa saja yang terlintas di benakmu? Burger, hot dog atau mungkin mac and cheese? Ya, itulah beberapa deretan makanan kaki lima khas Amerika Serika yang terkenal di Indonesia dan kamu dapat dengan mudah mendapatkannya di jual oleh restoran lokal maupun waralaba dari negara Paman Sam tersebut.

Selain ketiga makanan tadi masih banyak street food khas Amerika Serikat yang digemari oleh penduduknya. Mau tahu apa saja makanannya? Yuk, simak ulasan mengenai street food dari Amerika Serikat berikut ini.

1. Burrito

Sumber: asifood.com

Burrito merupakan hidangan yang terdiri dari tortilla yang dibuat dari tepung terigu yang digunakan untuk membungkus isian yang beraroma di bagian dalamnya. Isian burrito terdiri dari kombinasi bermacam bahan seperti kacang-kacangan, daging, selada, nasi, keju, guacamole, dan lain-lain.

Arti burrito dalam bahasa Spanyol yaitu keledai kecil dan teori populer menyatakan bahwa makanan ini berasal dari cara alas tidur dan barang-barang bawaan dibawa oleh keledai yang membawanya.

Menurut klaim beberapa orang hidangan tersebut asalnya dari abad ke-19. Yang membawanya bisa jadi para vaquero, penunggang kuda Hispanik California, di Meksiko Utara, bisa juga petani di California, maupun penambang dari Sonora.

2. Mac and Cheese

Pada dasarnya Mac and Cheese adalah makaroni dan keju klasik. Makanan ini sangat terkenal di Amerika Serikat. Makanan yang menenangkan ini bisa dengan mudah ditemukan di sebagian besar food truck di Amerika.

Jajanan kaki lima yang enak ini sangat terkenal sehingga biasanya anak-anak muda dan orang-orang kantoran memilih mac dan cheese untuk memuaskan rasa lapar mereka.

Saat ini food truck di Amerika hadir dengan hidangan mac and cheese yang inovatif. Mereka memasukkan bacon ke dalamnya dan menambahkan berbagai jenis keju. Ada juga sandwich mac and cheese.

3. Es Krim Sundae

Siapa sih yang tak suka dengan makanan manis yang satu ini? Ya, es krim. Es krim sundae merupakan street food khas Amerika Serikat. Mungkin es krim sundae klasik bukan makanan kaki lima yang paling menggiurkan seperti yang disebutkan di atas, tetapi pastinya jadi favorit banyak orang Amerika.

Sajian ini mencakup beberapa sendok es krim dan kombinasi antara saus cokelat, saus stroberi, taburan, kacang tanah, ceri, dan pisang. Namun, jika kamu ingin keluar dari tren 'klasik' dan mencoba sesuatu yang baru, ada lebih dari 40 cara berbeda untuk membuat es krim sundae yang sempurna.


4. Chili Dog

Chili dog adalah kreasi Amerika yang terdiri dari sosis dalam roti standar, diberi topping saus sambal dan bahan lainnya tergantung pada preferensi pribadi, seperti bawang atau keju. Hidangan ini sering dijual di banyak kios jalanan, restoran lokal, dan stadion olahraga.

Tidak ada yang benar-benar setuju tentang asal-usul atau penemu street food khas Amerika Serikat ini. Beberapa mengklaim chili dog ditemukan di Texas, ibu kota cabai, sementara yang lain percaya bahwa chili dog pertama diciptakan di Art's Famous Chili Dog Stand di selatan Los Angeles.

5. Loaded Baked Potato

Jika kamu suka kentang, kamu harus mencicipi street food khas Amerika Serikat yang satu ini. Vegetarian atau tidak, kentang panggang yang diisi akan menarik untuk dicoba. Kentang panggang dimasak dengan keju, susu, krim asam, garam dan merica.

Meskipun topping yang umum adalah bacon, daun bawang, dan keju cheddar, kamu akan melihat bahwa sebagian besar pedagang kaki lima memilih untuk membuat variasi sendiri dari hidangan lezat ini.

6. Funnel Cake

Contoh klasik dari street food khas Amerika Serikat adalah funnel cake yang renyah. Nama unik ini berasal dari metode persiapan di mana adonan yang terbuat dari telur, gula, susu, dan soda kue dituangkan melalui corong langsung ke dalam minyak mendesis.

Adonan itu jatuh dalam bentuk melingkar, tipis, dan memilin, menciptakan bentuk khas dari kelezatan makanan Amerika. Saat digoreng, adonan mengembang, dan hasil akhirnya adalah sajian cokelat keemasan yang renyah.

Dalam sejarah modern Amerika Serikat, funnel cake secara tradisional dikaitkan dengan Pennsylvanian Dutch, para imigran berbahasa Jerman yang mendiami daerah tersebut pada abad ke-17 dan ke-18.

7. Corn Dog

Sumber: bar-s.com

Walaupun makanan ini dianggap tidak sehat, corn dog yang terdiri dari daging olahan ditusuk dengan stik yang dicelupkan ke dalam adonan tepung jagung dan digoreng ini adalah camilan yang sangat populer di seluruh Amerika Serikat.

Biasanya corn dog ditemukan di pameran daerah, karnaval, arena olahraga, pujasera di mal, dan restoran pinggir jalan. Camilan beraroma ini pertama kali dipopulerkan oleh Neil Fletcher di Texas State Fair pada tahun 1942.

Namun, vendor di Minnesota State Fair mengklaim bahwa mereka menemukan street food khas Amerika Serikat ini pada tahun 1941 ketika dikenal sebagai pronto pup.

Saat ini, corn dog sering disantap dengan mustard kuning, acar, sauerkraut, atau mayonaise, dan jenis camilan tersebut banyak terdapat di seluruh dunia, yaitu di Australia, Argentina, Jepang, dan Selandia Baru.

Baca juga: Inilah 7 Monumen dan Patung Terkenal di Amerika Serikat

8. Taco Meksiko

Secara tradisional, taco berasal dari Meksiko dan sangat populer di seluruh Amerika Serikat. Di tempat-tempat tertentu seperti San Diego, yang mempunyai pengaruh Meksiko yang kuat.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram