14 Street Food Khas Amerika Serikat yang Paling Populer

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 9 Juli 2021

Kalau berbicara mengenai makanan street food khas Amerika Serikat, kira-kira apa saja yang terlintas di benakmu? Burger, hot dog atau mungkin mac and cheese? Ya, itulah beberapa deretan makanan kaki lima khas Amerika Serika yang terkenal di Indonesia dan kamu dapat dengan mudah mendapatkannya di jual oleh restoran lokal maupun waralaba dari negara Paman Sam tersebut.

Selain ketiga makanan tadi masih banyak street food khas Amerika Serikat yang digemari oleh penduduknya. Mau tahu apa saja makanannya? Yuk, simak ulasan mengenai street food dari Amerika Serikat berikut ini.

1. Burrito

14 Street Food Khas Amerika Serikat yang Paling Populer 1Sumber: asifood.com

Burrito merupakan hidangan yang terdiri dari tortilla yang dibuat dari tepung terigu yang digunakan untuk membungkus isian yang beraroma di bagian dalamnya. Isian burrito terdiri dari kombinasi bermacam bahan seperti kacang-kacangan, daging, selada, nasi, keju, guacamole, dan lain-lain.

Arti burrito dalam bahasa Spanyol yaitu keledai kecil dan teori populer menyatakan bahwa makanan ini berasal dari cara alas tidur dan barang-barang bawaan dibawa oleh keledai yang membawanya.

Menurut klaim beberapa orang hidangan tersebut asalnya dari abad ke-19. Yang membawanya bisa jadi para vaquero, penunggang kuda Hispanik California, di Meksiko Utara, bisa juga petani di California, maupun penambang dari Sonora.

2. Mac and Cheese

14 Street Food Khas Amerika Serikat yang Paling Populer 2

Pada dasarnya Mac and Cheese adalah makaroni dan keju klasik. Makanan ini sangat terkenal di Amerika Serikat. Makanan yang menenangkan ini bisa dengan mudah ditemukan di sebagian besar food truck di Amerika.

Jajanan kaki lima yang enak ini sangat terkenal sehingga biasanya anak-anak muda dan orang-orang kantoran memilih mac dan cheese untuk memuaskan rasa lapar mereka.

Saat ini food truck di Amerika hadir dengan hidangan mac and cheese yang inovatif. Mereka memasukkan bacon ke dalamnya dan menambahkan berbagai jenis keju. Ada juga sandwich mac and cheese.

3. Es Krim Sundae

14 Street Food Khas Amerika Serikat yang Paling Populer 3

Siapa sih yang tak suka dengan makanan manis yang satu ini? Ya, es krim. Es krim sundae merupakan street food khas Amerika Serikat. Mungkin es krim sundae klasik bukan makanan kaki lima yang paling menggiurkan seperti yang disebutkan di atas, tetapi pastinya jadi favorit banyak orang Amerika.

Sajian ini mencakup beberapa sendok es krim dan kombinasi antara saus cokelat, saus stroberi, taburan, kacang tanah, ceri, dan pisang. Namun, jika kamu ingin keluar dari tren 'klasik' dan mencoba sesuatu yang baru, ada lebih dari 40 cara berbeda untuk membuat es krim sundae yang sempurna.

4. Chili Dog

Chili dog adalah kreasi Amerika yang terdiri dari sosis dalam roti standar, diberi topping saus sambal dan bahan lainnya tergantung pada preferensi pribadi, seperti bawang atau keju. Hidangan ini sering dijual di banyak kios jalanan, restoran lokal, dan stadion olahraga.

Tidak ada yang benar-benar setuju tentang asal-usul atau penemu street food khas Amerika Serikat ini. Beberapa mengklaim chili dog ditemukan di Texas, ibu kota cabai, sementara yang lain percaya bahwa chili dog pertama diciptakan di Art's Famous Chili Dog Stand di selatan Los Angeles.

5. Loaded Baked Potato

Jika kamu suka kentang, kamu harus mencicipi street food khas Amerika Serikat yang satu ini. Vegetarian atau tidak, kentang panggang yang diisi akan menarik untuk dicoba. Kentang panggang dimasak dengan keju, susu, krim asam, garam dan merica.

Meskipun topping yang umum adalah bacon, daun bawang, dan keju cheddar, kamu akan melihat bahwa sebagian besar pedagang kaki lima memilih untuk membuat variasi sendiri dari hidangan lezat ini.

6. Funnel Cake

Contoh klasik dari street food khas Amerika Serikat adalah funnel cake yang renyah. Nama unik ini berasal dari metode persiapan di mana adonan yang terbuat dari telur, gula, susu, dan soda kue dituangkan melalui corong langsung ke dalam minyak mendesis.

Adonan itu jatuh dalam bentuk melingkar, tipis, dan memilin, menciptakan bentuk khas dari kelezatan makanan Amerika. Saat digoreng, adonan mengembang, dan hasil akhirnya adalah sajian cokelat keemasan yang renyah.

Dalam sejarah modern Amerika Serikat, funnel cake secara tradisional dikaitkan dengan Pennsylvanian Dutch, para imigran berbahasa Jerman yang mendiami daerah tersebut pada abad ke-17 dan ke-18.

7. Corn Dog

14 Street Food Khas Amerika Serikat yang Paling Populer 7Sumber: bar-s.com

Walaupun makanan ini dianggap tidak sehat, corn dog yang terdiri dari daging olahan ditusuk dengan stik yang dicelupkan ke dalam adonan tepung jagung dan digoreng ini adalah camilan yang sangat populer di seluruh Amerika Serikat.

Biasanya corn dog ditemukan di pameran daerah, karnaval, arena olahraga, pujasera di mal, dan restoran pinggir jalan. Camilan beraroma ini pertama kali dipopulerkan oleh Neil Fletcher di Texas State Fair pada tahun 1942.

Namun, vendor di Minnesota State Fair mengklaim bahwa mereka menemukan street food khas Amerika Serikat ini pada tahun 1941 ketika dikenal sebagai pronto pup.

Saat ini, corn dog sering disantap dengan mustard kuning, acar, sauerkraut, atau mayonaise, dan jenis camilan tersebut banyak terdapat di seluruh dunia, yaitu di Australia, Argentina, Jepang, dan Selandia Baru.

Baca juga: Inilah 7 Monumen dan Patung Terkenal di Amerika Serikat

8. Taco Meksiko

Secara tradisional, taco berasal dari Meksiko dan sangat populer di seluruh Amerika Serikat. Di tempat-tempat tertentu seperti San Diego, yang mempunyai pengaruh Meksiko yang kuat.

Taco sering kali merupakan street food khas Amerika Serikat yang cukup murah yang berbahan dasar tepung atau tortilla jagung. Kulit taco kemudian diisi dengan ikan, daging, unggas dan sayuran. Taco ikan, khususnya, dapat ditemukan selama wisata kuliner jalanan San Diego dan rasanya sangat lezat.

9. Pretzel

Menurut legenda, pretzel tanpa telur telah ditemukan pada tahun 610 masehi oleh para biksu Italia. Makanan ini dikonsumsi orang selama Prapaskah. Berita tentang kelezatan pretzel dengan cepat menyebar ke Jerman, dan orang Jerman menyukai suguhan lembut dan renyah ini.

Kemudian mereka membawanya ke Amerika pada tahun 1700-an. Sejak saat itu, pretzel telah menyebar ke seluruh Amerika dan sampai ke jalan-jalan di New York. Pretzel pun menjadi makanan pokok para pekerja pabrik dan buruh harian.

Saat ini, beberapa orang mengklaim bahwa tidak ada yang lebih baik di hari hujan selain pretzel yang lembut dan beruap yang ditaburi garam kasar dan dicelupkan ke dalam mustard kuning cerah

10. Jelly Apples

14 Street Food Khas Amerika Serikat yang Paling Populer 10Sumber: delish.com

Apel mengkilap, merah, dan manis, manisan apel, juga dikenal sebagai jelly apples, ditemukan di New Jersey pada tahun 1908, ketika William Kolb, pembuat permen dari Newark, membuat sirup dengan gula leleh, zat pewarna merah, dan penyedap kayu manis.

Dia mencelupkan beberapa apel ke dalam sirup dan meletakkannya di etalase tokonya. Karena camilan itu dihargai satu nikel, mereka menyebar ke Jersey Shore dan segera diadopsi oleh sirkus keliling dan banyak toko permen di seluruh negeri.

Untuk mendapatkan permen apel terbaik harus memasangkan manisnya lapisan tipis dan berkilau ini dengan varietas apel asam dan renyah seperti Gala, Granny Smith atau McIntosh.

11. Bear Claw

Bear claw adalah kue manis yang berasal dari Amerika Serikat. Diyakini telah ditemukan pada pertengahan 1920-an, isian biasanya dibuat dari tepung, telur, mentega, dan susu.

Sementara untuk isian biasanya dibuat dengan kombinasi almond cincang, putih telur, dan ekstrak almond, jika ingin. Kue ini dibentuk menjadi setengah lingkaran dengan irisan di satu sisi.

Saat adonan mengembang, bagian-bagian itu menjadi terpisah, menghasilkan bentuk yang mengingatkan pada cakar beruang, itulah asal namanya. Camilan manis ini dipanggang hingga berwarna cokelat keemasan, dan disarankan untuk membiarkannya agak dingin sebelum disajikan.

12. Clam Cake

14 Street Food Khas Amerika Serikat yang Paling Populer 12Sumber: rimonthly.com

Clam cake merupakan tradisi musim panas di seluruh New England, paling sering ditemukan di Rhode Island, Connecticut, dan Massachusetts. Hidangan ini adalah kombinasi kerang cincang yang digoreng (biasanya kerang quahog) dan adonan, biasanya terdiri dari tepung, susu, jus kerang, telur, dan ragi.

Kue ini renyah dan berwarna cokelat keemasan di bagian luar, dengan tekstur yang lembut dan fluffy di bagian dalamnya. Makanan ini sangat populer selama musim clamming, ketika kerang berlimpah dan harus digunakan dengan cepat sehingga tidak membusuk seiring waktu.

Clam cake disajikan di seluruh pesisir New England, di restoran dan kios pinggir jalan, biasanya dikonsumsi sebagai makanan kecil dan ditemani semangkuk sup kerang untuk celupnya.

13. Cheeseburger

Cheeseburger merupakan evolusi alami dari hamburger kesukaan banyak orang. Satu-satunya perbedaan antara keduanya adalah cheeseburger memiliki sepotong keju yang ditambahkan di atas patty daging.

Menambahkan keju ke hamburger baru popular di pertengahan 1920-an, dan ada banyak klaim tentang siapa yang menemukan burger keju pertama.

Teori paling populer sejauh ini mengatakan bahwa itu ditemukan oleh seorang juru masak berumur 16 tahun bernama Lionel Clark Sternberger di sebuah restoran bernama The Rite Spot di Pasadena, California, saat dia memberikan sepotong keju Amerika pada patty panas.

14. Philly Cheesesteak

14 Street Food Khas Amerika Serikat yang Paling Populer 14Sumber: tasteofhome.com

Ikon Philadelphia yang dikenal sebagai Philly cheesesteak adalah sandwich yang sangat populer yang terdiri dari potongan steak tipis dan lembut, keju yang meleleh dalam gulungan sandwich yang panjang dan keras.

Street food khas Amerika Serikat ini ditemukan pada tahun 1930-an di tempat yang sekarang menjadi lembaga Filadelfia yang disebut Pat's King of Steaks. Awalnya pat adalah kedai hot dog biasa di daerah Philadelphia Selatan.

Kemudian suatu hari Pat memutuskan untuk membuat sandwich yang terdiri dari steak iga diiris tipis dan bawang bombay matang yang dimasukkan ke dalam roti gulung Italia.

Ketika seorang sopir taksi yang lapar mampir dan mencium bau daging sapi, dia lupa tentang hot dog-nya, dan lahirlah sandwich steak Philly.

Itulah deretan street food khas Amerika Serikat yang rasanya sudah tidak diragukan lagi, pasti enak. Beberapa makanan tersebut mungkin sudah sering kamu nikmati saat makan siang atau saat berkumpul bareng teman.

Namun street food khas Amerika serikat tak hanya mac and cheese atau cheeseburger, ada lagi makanan unik lainnya seperti jelly apples atau clam cake. Tertarik untuk mencoba?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram