Keluyuran / Kuliner Jawa Timur / Wisata Kuliner di Lamongan? Coba Saja 10 Makanan Khas Ini!

Wisata Kuliner di Lamongan? Coba Saja 10 Makanan Khas Ini!

Ditulis oleh - Diperbaharui 25 November 2019

Lamongan adalah daerah yang cocok untuk kamu kunjungi. Apalagi bila hendak berwisata kuliner, ada beragam makanan khas yang enak bisa kamu dapatkan saat di Lamongan nanti. Beberapa di antaranya bakal kami rekomendasikan di sini. Apa saja makanan-makanan tersebut? Kalau kamu tertarik, sila lihat daftarnya langsung di bawah ini:

1. Soto Lamongan

Soto Lamongan (Copy)

* sumber: craftlog.com

Soto Lamongan adalah salah satu makanan khas Lamongan yang cukup terkenal. Ciri khas makanan ini adalah bumbu koya yang membuat kuahnya kekuningan. Selain mengubah warna kuah, bumbu koya tersebut juga membuat cita rasa makanan ini begitu gurih.

Semangkok soto ini tak hanya berisi kuah dan bumbu koya saja. Beberapa topping lainnya seperti suwiran ayam, daun bawang, dan bihun juga bisa kamu temukan. Di Lamongan, makanan ini bisa kamu dapatkan dengan kocek sekitar Rp20 ribu saja.

2. Pecel Lele Lamongan

Pecel Lele Lamongan (Copy)

* sumber: www.menjualkerupuk.com

Ini adalah makanan khas Lamongan lainnya yang cukup populer. Makanan ini dibuat dari lele yang digoreng kering, lalu disajikan bersama dengan lalapan dan sambal. Sambal pada makanan ini sendiri dibuat dari cabai rawit, tomat segar, bawang putih dan merah, serta terasi.

Makanan ini memiliki cita rasa yang gurih berpadu dengan pedas, manis, dan asin. Makanan satu ini bisa kamu dapatkan dengan kocek Rp15 ribu saja. Agar semakin mantap, kamu bisa menyantap makanan ini dengan sepiring nasi hangat.

3. Asem Bandeng

Asem Bandeng (Copy)

* sumber: www.inews.id

Selain pecel lele, ada satu sajian ikan lainnya di Lamongan yang harus kamu coba. Makanan ini dibuat dari bandeng yang dimasak dengan sejumlah rempah. Walaupun memiliki nama ‘asem’, cita rasa makanan ini tidaklah asam sama sekali.

Malahan, cita rasanya justru gurih dan asin. Makanan ini sangat cocok disantap dengan sepiring nasi hangat. Kalau kamu tetarik mencoba makanan ini, kamu bisa datang ke rumah makan yang ada di Jalan Muhammad Duryat No. 12, Sawah Sidoharjo, Kecamatan Lamongan, Lamongan, Jawa Timur.

4. Tahu Campur

Tahu Campur (Copy)

* sumber: resephariini.com

Sesuai namanya, ini merupakan makanan berbahan dasar tahu yang dicampur dengan bahan-bahan lainnya. Sebelum dicampur, tahu yang dipakai bakal digoreng terlebih dahulu. Adapun bahan-bahan yang bakal menjadi campuran tahunya sendiri adalah sop daging sapi, perkedel singkong, tauge segar, mi kuning, dan kerupuk udang.

Agar lebih nikmat, bumbu petis dan sedikit sambal pun dimasukkan ke dalam campuran tahu tersebut. Penggunaan petis dan sambal membuat makanan ini begitu lezat cita rasanya. Ada beberapa tempat di Lamongan yang menjual makanan ini.

Salah satunya adalah Tahu Campur Lamongan Pak Sueb yang ada di Jalan Kyai H. Hasyim Ashari, Tumenggungan, Kecamatan Lamongan, Lamongan, Jawa Timur.

5. Nasi Boranan (Nasi Boran)

Nasi Boranan (Copy)

* sumber: lifestyle.okezone.com

Hampir setiap daerah di Indonesia mempunyai sajian lezat berbahan nasi. Lamongan termasuk salah satunya. Adapun sajian nasi yang khas di daerah ini adalah Nasi Boranan atau Nasi Boran. Sajian nasi ini begitu populer di Lamongan, dan memiliki cukup banyak penjual.

Komposisi makanan ini terdiri dari nasi, rempeyek, bumbu, dan lauk pauk. Bumbu yang dipakai makanan ini dibuat dari rempah-rempah yang dicampur kelapa parut dan cabai. Adapun lauk pauk yang dipakai sajian ini adalah ikan bandeng, tempe, telur asin, jeroan dan/atau daging ayam.

Kalau kamu tertarik menyantap makanan ini, kamu bisa datang ke Nasi Boranan Alun-Alun Lamongan yang ada di Tumenggungan, Kecamatan Lamongan, Lamongan, Jawa Timur.

6. Rawon

Rawon (Copy)

* sumber: resep-fitri.blogspot.com

Makanan satu ini barangkali familiar di telingamu. Makanan dengan ciri khas kuah yang hitam ini sebetulnya bisa kamu temukan di daerah lain. Terutama, di daerah Jawa Tengah ataupun Jawa Timur. Namun, rawon khas Lamongan memiliki ciri khas yang tidak bakal kamu temui di daerah lain.

Di Lamongan, Rawon memiliki kunyit di dalam bumbu kuahnya. Penggunaan kunyit membuat Rawon Lamongan memiliki cita rasa yang lebih gurih dibanding rawon biasa. Seiring Rawon Lamongan bisa kamu dapatkan dengan kocek Rp. 10 ribu saja.

Yuk Subscribe Keluyuran di YouTube

Ada beberapa tempat yang menyediakan makanan satu ini. Salah satunya adalah Kedai Rawon Tendang yang ada di Jalan Achmad Yani, Ngaglik Timur, Sukorejo, Kecamatan Lamongan, Lamongan, Jawa Timur.

7. Perkedel Lamongan

Perkedel Lamongan (Copy)

* sumber: www.zonaseru.id

Serupa dengan rawon, makanan satu ini sebetulnya juga bisa kamu temui di daerah lain. Bahan yang dipakai pada perkedel Lamongan sama dengan perkedel pada umumnya. Adapun yang membedakannya dengan perkedel lain adalah warnanya yang lebih cerah.

Perkedel khas Lamongan bisa kamu santap langsung sebagai camilan. Kamu pun bisa menjadikannya lauk untuk nasi putih, nasi kuning, ataupun nasi uduk. Makanan satu ini cukup populer di Lamongan, sehingga kamu tak akan sulit menemukannya.

8. Jumbrek

Jumbrek (Copy)

* sumber: ksmtour.com

Kalau mau makanan yang ringan dan manis, kamu bisa mencoba makanan satu ini. Makanan ini dibuat dari tepung beras yang dicampur dengan gula merah siwalan, santan kelapa, dan nangka. Bila sudah jadi, makanan ini lantas dibungkus dalam daun lontar yang berbentuk kerucut, dan kemudian dikukus.

Makanan ini lazimnya disajikan sebagai suguhan untuk tamu, atau sajian di hari raya Idul Fitri. Seiring waktu, makanan ini kini bisa disantap kapan saja, dan bahkan juga bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Bila kamu tertarik mencoba kue ini, kamu bisa langsung datang ke daerah Paciran.

9. Wingko Babat

Wingko Babat (Copy)

Masih ada satu makanan ringan nan manis lainnya yang harus kamu coba. Wingko babat adalah makanan tersebut. Makanan ini dibuat dari tepung ketan yang dicampur dengan kelapa parut, telur, gula, dan margarin.

Bahan-bahan yang telah tercampur tersebut lantas dimasukkan ke dalam cetakan bulat pipih, lalu dipanggan di atas teflon berbalut daun pisang. Makanan ini bisa kamu beli dari pedagang pinggir jalan maupun toko kue.

Adapun salah satu tempat yang recommended adalah Wingko 77 Elok yang ada di Jalan Raya Babat –Bojonegoro No. 95, Tanggul Rejo, Babat, Kecamatan Babat, Lamongan, Jawa Timur.

10. Marning

Marning (Copy)

Makanan khas Lamongan terakhir yang harus kamu coba adalah marning. Makanan ini dibuat dari jagung yang dikeringkan lalu diberi bumbu. Setelah itu, barulah digoreng hingga teksturnya betul-betul kering.

Makanan ini memiliki tekstur yang renyah, serta bercita rasa asin dan gurih. Di Lamongan, makanan ini biasa dijual dengan harga Rp5 ribu hingga Rp10 ribu saja. Kamu bisa membelinya langsung di sejumlah toko makanan terdekat di Lamongan. Bila tidak, kamu bisa membelinya langsung ke pabriknya yang ada di Kecamatan Pucuk, Lamongan, Jawa Timur.

Lamongan bisa menjadi tempat yang tepat untuk berwisata kuliner. Hal itu disebabkan banyaknya makanan khas yang enak di daerah tersebut. Sepuluh di antaranya sudah kami rekomendasikan di atas. Semoga rekomendasi di atas bisa membantumu saat berwisata kuliner di Lamongan nanti.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *