Keluyuran / Wisata Jawa Timur / Yuk, Coba 10 Kue Khas Jawa Timur yang Pasti Bikin Ketagihan!

Yuk, Coba 10 Kue Khas Jawa Timur yang Pasti Bikin Ketagihan!

Ditulis oleh - Diperbaharui 18 November 2019

Sebagai provinsi yang terletak di bagian timur Pulau Jawa, Jawa Timur (Jatim) termasuk provinsi yang sangat padat penghuninya. Apalagi di provinsi ini terdapat Kota Surabaya yang merupakan kota terbesar kedua di Indonesia. Jadi, sudah bisa dipastikan bahwa Jawa Timur memiliki sejumlah wisata, kuliner, dan beragam hal yang menarik untuk disimak.

Berbicara soal kuliner, rasanya kurang lengkap jika kunjunganmu ke Jawa Timur tidak dilengkapi dengan acara mencicipi kue khas Jawa Timur. Nah, agar tidak bingung menentukan pilihan, Keluyuran akan merekomendasikan sejumlah kue enak di Jawa Timur yang wajib kamu coba.

1. Bikang

Bikang

* sumber: www.resepkuerenyah.com

Kue bikang atau cara bikang merupakan sebuah kue tradisional dengan bentuk yang enak. Kue yang dimasak dari adonan tepung beras ini sengaja dibentuk menyerupai bunga yang sedang merekah. Untuk mempercantik warnanya, kue ini diberi pewarna makanan hijau, pink atau cokelat.

Bikang sendiri merupakan kue yang cukup terkenal di daerah Banyuwangi dan sekitarnya. Di kota-kota lain di Jawa Timur bikang biasa dijual dengan kue pukis dari Banyumas. Sudah pernah merasakan bikang yang legit dan gurih ini? Jika belum, silakan beli kue bikang dan nikmati selagi masih hangat.

2. Kue Geti

Kue Geti

* sumber: www.inibaru.id

Yang satu ini adalah kue tradisional dari Tulungagung, namanya kue geti. Kue ini mirip dengan jajanan ting-ting yang terbuat dari kacang. Rasanya yang legit juga hampir mirip dengan rasa ting-ting tersebut. Maklum saja, bahan utama dan cara pembuatannya memang mirip.

Kue geti dibuat dari campuran kacang tanah dan wijen yang dicampur dengan gula merah cair. Setelah dicampur, adonan akan dicetak dalam cetakan khusus lalu didiamkan hingga mengering sendiri. Kue geti ini lebih cocok dijadikan cemilan karena rasanya yang ringan dan ukurannya yang tidak terlalu besar sehingga lebih fleksibel di bawa ke mana-mana.

3. Mata Bagong

Mata Bagong

* sumber: aneka-resep-masakanindo.blogspot.com

Mata Bagong adalah kue khas Jawa Timur yang tampilannya mirip dengan es pisang ijo atau pallu butung dari Makassar. Kue ini merupakan irisan buah pisang yang dibungkus dengan adonan singkong yang sudah diberi pewarna makanan agar terlihat lebih menarik.

Jika es pallu butung disajikan bersama dengan es batu dan kuah, mata bagong ini justru disajikan dengan kelapa parut yang gurih. Jadi, kamu bisa membayangkan betapa lezatnya perpaduan antara mata bagong yang legit dengan parutan kelapa yang gurih.

4. Wingko Babat

Wingko Babat

* sumber: www.ikoma.co.id

Selama ini wingko babat dikenal sebagai kue yang bisa diperoleh dengan mudah di Kota Semarang yang notabene adalah kota di Provinsi Jawa Tengah. Namun, tahukah kamu bahwa sebenarnya wingko babat berasal dari Babat, sebuah wilayah yang terletak di Lamongan, Jawa Timur. Babat juga merupakan titik pertemuan antara Surabaya, Bojonegoro, Tuban, dan Jombang

Kue yang satu ini terbuat dari tepung beras ketan, kelapa muda, dan gula. Adonan bahan-bahan ini nantinya akan dibentuk pipih, lalu dipanggang hingga matang dan mengeluarkan aroma yang wangi.  Rasa dan aromanya yang gurih membuat wingko babat ini menjadi salah satu kue yang paling dicari oleh masyarakat yang berkunjung ke Jawa Timur, terutama ke Babat.

5. Onde-onde

Onde-onde

* sumber: suaramuslim.net

Tak banyak yang mengetahui bahwa sebenarnya onde-onde merupakan kue yang berasal dari Mojokerto, Jawa Timur. Bahkan, kue ini hadir dalam berbagai ukuran di Mojokerto. Hampir semua toko kue atau tempat belanja oleh-oleh di Mojokerto pasti menjual onde-onde.

Onde-onde adalah kue yang berisi kacang hijau yang dihaluskan lalu dibalut dari kulit yang terbuat dari tepung. Sebelum digoreng sampai matang, onde-onde akan dibalurkan dulu dengan wijen. Kue onde-onde ini sangat cocok dinikmati bersama dengan secangkir kopi atau teh. Rasanya yang manis juga membuat kue ini jadi pengganjal perut yang pas.

6. Pudak

Pudak

* sumber: jatim.idntimes.com

Jalan-jalan ke Gresik rasanya tidak afdol jika tidak membeli pudak. Salah satu kue tradisional khas Gresik, Jawa Timur, ini memang mencuri perhatian karena bentuknya yang unik. Ya, pudak merupakan olahan tepung beras, gula pasir, dan santan yang dibungkus dengan pelepah daun pinang atau yang disebut “Ope”. Setelah dibungkus dengan pelepah daun pinang, kue ini akan dikukus sampai matang.

Di daerah lain tidak ada kue atau jajanan yang memiliki rasa dan tampilan mirip dengan pudak. Jadi, boleh dibilang bahwa pudak ini adalah kue yang sangat unik. Rasanya yang enak juga bisa membuatmu ketagihan, apalagi harganya pun juga sangat terjangkau.

7. Kue Usus Ayam

Kue Usus Ayam

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=_cCeaKlfheg

Dinamakan “usus ayam” bukan berarti bahan pembuatan kue ini berasal dari jeroan ayam, ya. Kue ini dinamakan “usus ayam” karena bentuk kuenya spiral seperti usus. Kue yang berasal dari Malang, Jawa Timur, ini memiliki tekstur yang lebih menyerupai roti ketimbang kue-kue tradisional Jawa Timur lainnya.

Kue usus ayam terbuat dari tepung terigu, ragi, baking powder, telur, gula pasir, dan air kelapa. Adonan ini nantinya akan dimasukkan ke dalam plastik, lalu bagian ujung plastiknya dipotong dengan gunting. Setelah itu, adonan akan dituang ke dalam minyak panas secara melingkar sehingga membentuk spiral. Ketika kuenya sudah berwarna kuning keemasan, baru kuenya diangkat dan ditiriskan minyaknya.

8. Kue Manco

Kue Manco

* sumber: mancoketan.wordpress.com

Punya tekstur yang kenyal dan rasa yang legit, kue manco khas Trenggalek ini juga termasuk salah satu kue khas Jawa Timur yang wajib banget dicoba. Kamu bakal merasakan sensasi kenyal yang nagih banget ketika mencicipi kue yang satu ini.

Kue manco sendiri dari ketan yang sudah mengalami proses perendaman, penjemuran, sampai dengan penumbukkan. Taburan wijen di bagian luar kue ini membuat rasanya jadi sedikit lebih gurih. Kue dengan cita rasa yang manis ini sangat cocok bila dinikmati dengan secangkir kopi atau teh.

9. Getuk

Getuk

* sumber: nyaribisnis.com

Yuk, coba kue khas Jawa Timur yang sangat populer ini. Adalah getuk yang merupakan kue tradisional yang berasal dari olahan singkong. Proses pembuatan kue ini berawal dari singkong yang dikupas, dikukus, lalu digiling dan diberi pemanis. Kemudian, di atas getuk akan ditaburi parutan kelapa untuk membuat cita rasanya jadi lebih gurih.

Getuk tak hanya terbuat dari singkong saja, tapi ada juga getuk yang berasal dari ubi rambat, talas, maupun pisang. Makanan ini masih bisa dijumpai di berbagai pasar tradisional di setiap wilayah di Jawa Timur.

10. Lupis

Lupis

* sumber: www.masakapaya.com

Kue tradisional yang satu ini namanya adalah lupis. Kue ini bisa ditemukan di daerah-daerah yang ada di Jawa Barat sampai dengan Jawa Timur. Lupis dibuat dari beras ketan yang dibungkus dengan daun pisang lalu dikukus sampai matang.

Kamu dapat menjumpai lupis dengan bentuk segitiga atau memanjang seperti lontong. Pada saat hendak disajikan, kue ini akan disiram dengan gula merah cair dan rasanya luar biasa enak.

Itulah beragam kue khas Jawa Timur yang bisa kamu coba. Apakah kamu sudah pernah mencoba salah satunya? Jika ya, manakah kue yang menjadi favoritmu? Baca juga artikel jajanan khas Jawa Timur ini untuk menambah referensi kulinermu.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *