Inilah 10 Ragam Makanan Khas Pasuruan yang Mesti Dicoba

Ditulis oleh - Diperbaharui 12 September 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Tak hanya wisata kotanya saja yang bisa coba kamu jelajahi dari Pasuruan. Tetapi kamu juga wajib coba kuliner khas dari Pasuruan untuk merasakan citarasa yang berbeda dari semua kuliner yang ada di Jawa Timur.

Ingin kulineran di daerah Pasuruan? Berikut ini adalah ulasan beberapa makanan khas dari Pasuruan yang mesti kamu coba.

1. Lontong Kupang Kraton

Lontong Kupang Kraton

Hidangan kupang Kraton merupakan makanan lontong yang memiliki perpaduan yang unik. tidak seperti kebanyak lontong sayur, kupang kraton merupakan lontong yang dicampur dengan kerang laut atau kupang. Kerang laut ini banyak terdapat si pesisir pantai utara Jawa timur, yang berwarna cokelat.

Lontong ini disajikan dengan kerang laut, lalu diberi kuah petisnya dan diberi perasan jeruk nipis, serta disantap dengan sate kerang. Jika tertarik untuk mencoba hidangan ini kamu bisa datang ke Pasar Kerathon, atau sepanjang Jalan Ir. Juanda, dengan harga sekitar 12 ribu rupiah.

2. Rawon Sate Komoh

Rawon Sate Komoh

* sumber: takaitu.id%20%20

Rawon merupakan makanan yang sudah pasti kamu pernah mendengarnya, tetapi apa yang menjadi pembeda rawon Pasuruan dengan rawon yang lainnya? Rawon adalah makanan yang menggunakan daging sapi sebagai bahan utamanya, yang beda adalah penggunaan lutut sapi dan sadung lamur.

Hidangan ini sangat mantap saat kamu memakannya bersama nasi putih yang masih hangat. Satu hal yang membuatnya istimewa adalah kuliner ini memadukan rawonnya dengan sate komoh. Sate yang memiliki ukuran besar tetapi memiliki tektur daging yang empuk.

3. Botok Tempe

Botok Tempe

Hidangan yang akan mudah dan banyak kamu jumpai di Pasuruan adalah  botok tempe. Paduan tempe dengan aneka macam bumbu serta serta beragam campuran membuat botok tempe memiliki beragam versi. Botok tempe yang telah dibungkus dengan  daun pisang dimasak dengan cara di kukus.

Campuran dari botok tempe biasanya dicampur dengan parutan kelapa dan juga diberi bumbu yang akan memberikan rasa yang eksotis. Selain parutan kelapa, botok tempe juga bisa dicampur dengan teri lamtoro, pete, kerang , dan juga udang. Bumbunya pun bisa bumbu putih atau bumbu kunyit.

4. Nasi Punel Bangil

Nasi Punel Bangil

Hidangan nasi punel merupakan hidangan nasi dengan campuran berbagai macam lauk pauk. Nasi ini biasanya disajikan dengan alas daun pisang dan dijadikan makanan untuk sarapan pagi. Hidangan ini dinamakan nasi punel karena tekstur nasinya yang setengah lembek.

Lauk pauk yang bisa kamu pilih untuk nasi punel ini bisa tempe, tahu, sayur nangka  muda, pepes ayam, sambal, dan banyak yang lainnya. Tetapi taburan serundeng merupakan tambahan yang selalu ada dalam sajian nasi punel. Satu porsi nasi punel akan membuat kamu benar-benar kenyang.

Jika kamu ingin mencoba sarapan dengan nasi punel, kamu bisa mendatangi tempat makan nasi punel yang terkenal. Kamu bisa mencoba Nasi Punel Hj. Lin yang berada di jalan Laksa Agung Suprapto. Satu porsi nasi punel ini kamu hanya perlu mengeluarkan uang sekitar 20 ribu rupiah.

5. Soto Pasuruan

Soto Pasuruan

Hidangan soto merupakan makanan yang banyak kamu temui di berbagai daerah terutama di Pulau Jawa. Tetapi yang membuat soto Pasuruan ini unik adalah hidangan ini kaya akan rempah-rempah. Tekstur kuah kunyitnya lebih kental dibanding soto yang lainnya.

Hidangan soto Pasuruan ini memiliki aneka macam lauk tambahan, seperti sate, tempe, dan juga aneka gorengan. Jika kamu ingin menikmati soto gondrong ini kamu cukup mengeluarkan uang sekitar 12.500 rupiah. Soto gondronng sangat lezat saat kamu menyantapnya disaat masih hangat.

6. Lontong Balap

Lontong Balap

Makanan yang satu ini cocok untuk kamu jadikan sajian disaat sarapan pagi. Lontong balap merupakan makanan lontong yang disertai kuah kuning. Sajian ini juga biasanya diberi tambahan seperti taoge, sambal petis dan juga taburan dari bawang goreng yang harum.

Tertarik untuk menikmati lontong balap ini? Kamu bisa mencicipinya dengan harga yang cukup terjangkau sekitar 7 ribu rupiah untuk satu porsi lontong balap. Jika kamu alergi dengan makanan yang mengandung makanan laut, maka kamu dapat memakan lontong balap sebagai gantinya.

7. Klepon Gempol

Klepon Gempol

Klepon merupakan makan yang mungkin pernah kamu temui dan rasakan. Tetapi klepon dari Pasuruan ini terkenal karena terasa lebih kenyal dan juga letusan rasa manis yang meleleh di mulut. Klepon memliki rasa gurih dari paturan kelapa dan juga sensasi manis setelah digigit dari gula aren.

Klepon sendiri merupakan jajanan pasar yang terbuat dari tepung beras yang dibentuk bulat-bulat kecil berwarna hijau. Pada bagian dalamnya biasanya diisi dengan gula aren, yang jadi meleleh setelah dikukus. Setelah matang klepon biasanya diberi parutan kelapa di atasnya.

8. Bipang Jangkar

Bipang Jangkar

Bipang Jangkar merupakan cemilan yang terbuat dari beras yang diolah dengan cara dipanaskan pada suhu yang tinggi sehingga dapat mengembang. Setelah  beras mengembang lalu akan diberi gula cair dan diaduk hingga rata lalu kemudian dicetak dengan bentuk yang diinginkan.

Camilan ini merupakan makanan legendaris yang telah diproduksi sejak tahun 1949. Hingga kini rasa bipangnnya masih tetap terjaga. Makanan ini dapat kamu temukan diberbagai tempat yang menjual oleh-oleh. Saat ini bipang jangkar juga telah mengembangkan rasa yang beragam selain dari rasa gula.

Saat ini bipang diberikan rasa yang bermacam-macam mengikuti perkembangan zaman, dan juga dikemas dalam bentuk satuan. Jika kamu tertarik untuk membeli bipang jangkar sebagai oleh-oleh kamu dapat membelinya dengan harga yang terjangkau sekitar 10 ribu rupiah.

9. Cenil

Cenil

Cenil merupakan jajanan tradisional yang terbuat dari tepung tapioka. Cenil memliki bentuk memanjang seperti jari dan diberi warna-warna yang menarik. Cenil ini dimasak dengan cara direbus dalam air panas. Setelah matang kamu dapat menambahkan taburan kelapa parut diatasnya.

Cenil merupakan jajanan yang dapat kamu temukan di sekitaran daerah pollo-Gempol. Bagi kamu yang tertarik untu mencoba cenil ini, kamu tidak perlu khawatir karena jajanan ini cukup terjangkau. Kamu hanya perlu mengeluarkan uang sekitar 5 ribu rupiah untuk satu kotaknya.

10. Ikan Lempuk

Ikan Lempuk

Ikan lempuk merupakan jenis ikan yang mirip dengan ikan teri dengan panjang sekitar 2-3 cm. Ikan ini merupakan ikan air tawar dan hanya terdapat di daerah danau Grati. Olahan ikan lempuk ini diolah dengan cara dikeringkan dengan oven, sehingga mampu bertahan lama.

Ikan lempuk ini merupakan kudapan yang memiliki rasa gurih dan crispy, serta digemari banyak orang karena tidak memiliki bau amis. Selain karena kandungan protein dalam  ikan lempuk yang mencapai 57,9 %. Ikan lempuk crispy ini dijual dengan harga sekitar 140 ribu untuk satu kilonya.

Itulah beberapa jenis makanan khas Pasuruan yang dapat kamu coba saat berkunjung ke sana. Jangan lupa untuk mencoba setiap jenis makanannya untuk lebih kenal dengan setiap citarasa kuliner dari nusantara. Selain itu, ingat juga untuk membelinya sebagai oleh-oleh untuk orang di kampung halaman.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *