10 Makanan Khas Wales dengan Resep Tradisionalnya yang Unik

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 8 Oktober 2021

Sejak abad ke-13, Wales sudah berada di bawah kekuasaan Inggris. Meskipun demikian, negara ini terus berusaha keras untuk mempertahankan budaya nasionalnya yang kuat serta membanggakan, salah satunya adalah kulinernya. Resep kuliner Welsh asalnya dari sejarah penduduknya yang tabah menjalani hidup dari apa yang disediakan oleh tanahnya dan apa yang ada pada saat itu.

Sumber daya alam Wales sudah membentuk sejarah kuliner negara ini. Wales sekarang terkenal sebagai produsen produk makanan artisan, pasar, dan memiliki banyak restoran yang menghormati kuliner Welsh di masa lalu. Untuk kamu yang penasaran dengan makanan khas Wales, berikut ini daftar nama-nama makanannya.

Baca juga: 10 Kastil di Wales yang Menarik Dikunjungi

1. Welsh Cawl

Welsh Cawl

Daging tradisional untuk orang Welsh adalah kambing. Biasanya daging hewan ini dikonsumsi sesudah mereka tak menghasilkan lagi wol ataupun susu. Sekarang ini domba Welsh banyak dicari di seluruh dunia.

Penggunaan metode peternakan tradisional dan keahlian pengembangbiakan dan wilayah penggembalaan alami yang luas menghasilkan daging dengan rasa yang manis, lezat dan warna yang bagus.

Makanan khas Wales ini setengah sup dan setengah stew. Asal hidangan ini dari abad ke-14 dan umumnya dikonsumsi di barat daya negara itu. Dari Wales Utara ada makanan yang sangat mirip dengan Welsh cawl namun kurang begitu terkenal, yaitu lobsgows.

Biasanya pilihan dagingnya yaitu daging leher karena lebih murah, kemudian daging dipotong-potong dan dimasak dengan api yang kecil dan ditambah dengan kentang, swede (sejenis sayuran akar), daun bawang, dan wortel. Namun bahan yang digunakan bisa bervariasi bergantung pada apa yang ada saat itu.

Saat persediaan daging menjadi langka, ada versi lain yaitu cawl cennin dibuat dengan daun bawang serta kaldu daging. Di daerah pesisir, stew ini sering dibuat menggunakan seafood. Yang terpenting, stew ini harus dimasak berjam-jam agar bumbunya benar-benar meresap. Untuk mengeluarkan cita rasa manis dan rasanya, stew ini dimasak sehari sebelumnya supaya daging dan sayuran bisa menyatu.

Sesudah matang, makanan ini dikentalkan dengan tepung atau oatmeal. Berbeda dari cawl, lobsgow, potongan daging dan sayurannya lebih kecil dan kaldu tidak mengental.

2. Wyau Ynys Mon

Nama makanan khas Wales ini cukup sulit untuk diucapkan. Hidangan tradisional ini berupa telur rebus disimpan di atas kentang tumbuk yang lembut dan diberi siraman saus kental dan creamy yang dibuat dari mentega, daun bawang, dan keju. Kemudian hidangan ini ditaburi lagi dengan keju parut sesudah itu dipanggang.

Telur Anglesey, yang dalam bahasa Welsh disebut wyau ynys mon, yang terbaik dibuat dengan menggunakan bahan-bahan lokal. Di antara bahan lokal itu di antaranya bawang daun produksi lokal yang memberikan rasa manis yang lembut pada makanan serta mentega asin Welsh dan keju Aberwen yang membuat makanan ini jadi luar biasa.

Ukuran hidangan yang lezat ini cukup besar untuk dinikmati sendiri. Untuk menikmati telur Anglesey, bisa dihidangkan sebagai lauk dengan sosis panggang maupun daging babi asap.

3. Kue Wales

Kue Wales

Saat membicarakan makanan khas Welsh yang terbaik, Welsh cake berada di puncak untuk hal-hal yang berhubungan dengan kuliner di Wales. Kakek-nenek sudah mewariskan resep dari generasi ke generasi dan dessert ini memiliki banyak variasi termasuk isiannya, seperti selai stroberi.

Kue tradisional Welsh ini tetap sederhana dan bahan-bahannya terdiri dari gabungkan tepung, mentega serta telur. Tambahkan sultana (anggur kering) dan gula ke dalam campuran, dan tipiskan sampai memiliki ketebalan kira-kira 1/4 inci. Kue Welsh bentuknya selalu bulat.

Sesudah dipanggang di atas wajan besi, beri taburan gula kastor yang banyak. Biasanya Welsh cake dihidangkan dengan kopi, teh atau teh sore. Makanan ini juga bisa jadi dessert sesudah makan malam.

4. Wales Rarebit

Wales Rarebit

Dikatakan kalau hidangan ini sudah ada semenjak abad ke-18. Namun demikian dikatakan umur resepnya jauh lebih tua. Di awal makanan khas Welsh ini disebut dengan 'kelinci Welsh' walaupun makanan ini tak memiliki kandungan kelinci sama sekali.

Menurut kabar, asal resepnya dari makanan pokok Lembah South Wales. Di sana segumpal keju dalam jumlah yang banyak dimasukkan ke dalam campuran telur kocok dan susu, dan diberi bumbu dengan garam serta merica, kemudian dipanggang dalam oven hingga campuran telur mengeras dan keju telah meleleh.

Banyak orang yang menyebutnya sebagai cheese dan toast yang mahal. Walaupun bahan utamanya berupa keju dan roti yang dilelehkan, saus kejunya memiliki beragam bumbu, seperti mustard, ale, paprika atau saus Worcestershire. Ada hal yang tetap sama yang mengenai makanan ini, yaitu disarankan untuk menggunakan keju Welsh yang terbaik.

Dari resep yang sudah dikembangkan selama berabad-abad muncul banyak varian lain. Jika makanan ini dihidangkan dengan telur goreng di atasnya, maka hidangan ini menjadi buck rarebit. Campur dengan tomat dan makanan itu menjadi blushing bunny.

5. Bara Brith

Bara Brith

Terkadang makanan khas Wales ini dikenal sebagai roti berbintik-bintik yang merupakan arti harfiah dari namanya. Bara brith dibuat dari tepung self-raising dan diberi rasa secara tradisional dengan buah kering, teh, dan rempah-rempah campuran kemudian dipanggang dalam oven. Biasanya dihidangkan dalam bentuk irisan dan diberi mentega Welsh, tentu saja.

Sayang sekali, resep tradisional bara brith popularitasnya menurun di Wales. Namun rasa inti teh yang kaya berusaha untuk tetap dihidupkan dalam bentuk lain, misalnya es krim dan cokelat. Beberapa variasi modern sudah dibuat, termasuk versi cokelat dan makanan itu bahkan diubah menjadi es krim. 

6. Tatws Pum Munud

Tatws pum munud adalah nama makanan khas Wales yang berupa stew dengan gaya tradisional Welsh. Bahan untuk membuatnya terdiri dari kombinasi kentang, wortel, bacon, bawang bombay dan kaldu. Sayuran diiris kemudian diletakkan secara berlapis dalam wajan dan bukan dalam pot, dan ditambahkan bahan lainnya.

Stew dimasak dengan api kecil hingga kentang menjadi empuk dan kemudian diberi bumbu dengan garam dan merica setelah itu disajikan. Semakin kental kuahnya ketika stew dimasak, semakin baik. Disarankan untuk menghidangkan tatws pum munud (kentang lima menit) bersama dengan roti kering, kacang panggang, dan saus Worcestershire.

7. Sosis Glamorgan

Sosis Glamorgan

Sosis menurut definisi mengandung daging. Tapi berbeda dengan sosis yang menjadi makanan khas Wales ini. Dikenal juga sebagai "sosis orang miskin", sosis ini berasal dari glamorgan, yang terletak di selatan industry. Sosis ini mengganti daging dengan keju dan daun bawang serta selubungnya diganti menggunakan remah roti.  Jadi, hidangan ini lebih mirip dengan kroket vegetarian.

Namun, sosis ini diciptakan dan diberi nama di tengah-tengah kemiskinan. Awalnya sosis ini dibuat dengan keju putih yang mudah hancur yang berbahan susu sapi glamorgan. Sapi ini sekarang sangat langka sehingga keju tersebut tidak dibuat lagi. Tapi ternyata keju Caerphilly yang putih dan gampang hancur memiliki rasa dan tekstur yang mirip.

Makanan ini juga bisa dibuat dengan menggunakan keju Lancashire yang sama rapuhnya atau bahkan dengan cheddar. Sebenarnya pilihan kejunya bergantung pada apa yang disukai pembuatnya.

8. Conwy Muscles

Para pecinta makanan laut, jangan lewatkan untuk pergi ke pantai yang indah di North Wales sampai ke dinding batu bercat putih di Conwy. Kerang Conwy populer karena mempunyai warna yang mencolok, tapi khususnya lagi rasa dagingnya yang kaya rasa.

Banyak restoran di Conwy dan di seluruh utara menghidangkan kerang-kerang lezat ini. Kerang ini juga bisa dibeli selama musim dingin dan musim semi, yaitu September sampai April.

Goreng kerang dengan bawang putih, bawang merah, peterseli, anggur putih, dan double cream untuk mendapatkan rasa yang penuh dan menakjubkan dari produk garis pantai Wales Utara ini.

9. Crempog

Crempog

Ini merupakan pancake yang tebal seperti pancake dari Amerika. Dan seperti halnya pancake Amerika, cremfog, sering dihidangkan dengan cara ditumpuk dan dipotong-potong. Perbedaannya yaitu, cremfog mengandung cuka.

Makanan khas Wales ini telah ada selama berabad-abad dan umumnya dibuat di atas pemanggangan yang terbuat dari batu hingga digantikan oleh gradell logam (wajan).

Crempog furum merupakan varian yang dibuat dengan menambahkan ragi, crempog wen dibuat dari tepung halus menggantikan tepung kasar biasa, dan crempog surgeirch berbahan oatmeal. Sederhana dan lezat, makanan ini adalah favorit untuk Shrove Tuesday.

10. Miser’s Feast

Miser’s feast merupakan hidangan hemat tradisional yang asalnya dari Wales. Sederhananya, makanan khas Wales ini dibuat dari kentang dan daging babi. Resep aslinya memakai bacon Inggris. Meskipun penambahan potongan daging babi merupakan sebuah kemewahan, tetapi sekarang, bacon justru agak mewah karena mahal, sedangkan potongan daging babi tidak mahal.

Biasanya daftar bahan termasuk irisan kentang, daging babi (atau bacon), bawang bombay, lada hitam, serta garam. Kentang, bawang bombay serta daging babi diletakkan berlapis dalam loyang, kemudian di atasnya diberi air, garam dan merica. Tutup makanan tadi dan panggang hingga kentang menjadi empuk dan daging babi matang sepenuhnya.

Setelah itu dibuka dan dipanggang lagi hingga cairannya membentuk saus kental. Miser’s feast selalu dihidangkan hangat sebagai hidangan tunggal.

Itulah makanan khas Wales yang tetap menjaga resep tradisionalnya. Uniknya beberapa makanan ini memiliki nama yang menggunakan bahasa Wales yang agak sulit diucapkan. Kebanyakan makanan Wales menggunakan kentang sebagai bahannya.

Ada juga makanan yang tidak mencerminkan namanya, seperti sosis glamorgan yang tak mengandung daging sama sekali. Menarik bukan?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram