10 Makanan Khas Scotlandia, Negeri Para Highlander

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 4 Oktober 2021

Saat menyebutkan Skotlandia, yang sebagian orang ingat adalah rok tartan yang dikenakan oleh para pria, bagpipes dan monster Loch Ness, yang dikenal dengan sebutan “nessi”. Selain dari ikon-ikon tersebut, negara yang beribukota Edinberg ini memiliki tradisi kuliner yang luar biasa meskipun Skotlandia mungkin bukan salah satu tempat yang terlintas dalam pikiran saat memikirkan kuliner.

Makanan khas Skotlandia berbagi banyak budaya dengan seluruh Inggris, tapi negara ini juga mempunyai budaya makanannya sendiri yang unik. Beberapa makanan yang terkenal adalah haggis dan scone. Selain kedua makanan itu, masih ada lagi makanan lainnya yang juga tak kalah menariknya.

Kali ini Keluyuran sudah merangkum 10 makanan khas Skotlandia untuk kamu. Yuk, kita intip apa saja makanan dari negeri para highlander ini!

1. Haggis

Haggis

Saking uniknya makanan khas Skotlandia ini membuat haggis menjadi salah satu makanan yang paling banyak difoto dan diunggah oleh mereka yang pernah mencicipinya. Haggis yaitu hidangan daging cincang pedas yang terbuat dari jeroan domba, jantung, paru-paru dan hati domba muda, daging sapi, oat, bawang bombay, dan rempah-rempah.

Makanan ini merupakan hidangan nasional Skotlandia yang juga menjadi sumber serat, karbohidrat yang sangat baik zat dan besi. Kata haggis menurut beberapa orang berasal dari kata hacher dalam bahasa Perancis yang artinya memotong atau mencacah.

Dahulu haggis merupakan makanan orang miskin yang dibuat dari hati dan ginjal yang dimasukkan ke dalam usus. Ini merupakan cara yang baik untuk memberikan makanan pada banyak orang sehingga tak ada daging yang terbuang sia-sia.

Rasa dan tekstur haggis campuran antara pedas, mudah hancur, sederhana, berlemak, gurih, lembut, dan rasa gandum. Haggis juga memiliki versi vegetarian yang isinya berupa bermacam sayuran, oatmeal, jamur, bawang serta biji-bijian.

Hidangan ini adalah bagian penting dari Burns Supper, yaitu perayaan untuk menghormati penyair Skotlandia terkenal, Robert Burns, dan diadakan pada tanggal 25 Januari setiap tahunnya. Dia merupakan orang yang mengabadikan haggis dalam puisinya yang berjudul Address to a haggis. Biasanya hidangan ini disantap dengan lobak serta kentang tumbuk.

2. Scone

Scone

Quick bread atau roti yang pembuatannya singkat ini disebut scone. Rotinya yang dibentuk jadi berbagai bentuk, ada yang segitiga, kota, juga yang berbentuk wajik yang kemudian dipanggang dalam oven. Dahulu scone dibuat dari gandung dan dipanggang dengan wajan, tapi sekarang scone umumnya dibuat dari tepung terigu, mentega, baking powder atau soda, gula, susu, dan telur.

Rasa scone bisa gurih atau manis. Bisa dihidangkan untuk makanan sarapan atau jadi teman minum teh di sore hari. Asal-muasal scone menurut teori paling popular adalah dari Skotlandia pada awal tahun 1500-an. Nama scone diambil dari Stone of Destiny, yang dulu merupakan tempat Raja-Raja Skotlandia dimahkotai.

Ada fakta yang mendukung teori ini, yaitu referensi pertama tentang scone di media cetak muncul pada tahun 1513, dalam puisi seorang penyair Skotlandia.

3. Cullen Skink

Cullen Skink

Cullen adalah salah satu hidangan paling terkenal yang berasa kota kecil di timur laut Skotlandia. Kota ini merupakan rumah bagi cullen skink. Makanan khas Skotlandia ini merupakan sup hangat yang umumnya dibuat dengan Finnan haddock (ikan haddock asap), bawang dan kentang. Di bagian Inggris lainnya cullen skink juga dikenal dengan nama smoked haddock chowder.

Smokies Arbroath juga bisa digunakan dalam masakan khas Skotlandia ini. Itu adalah ikan haddock asap yang pengasapannya di dalam juga di sekitar kota di tepi Laut Arbroath. Ini merupakan ikan asap Skotlandia yang tradisional sekali.

4. Scotch Pie

Scotch Pie

Scotch pie ukurannya mungkin kecil tapi rasanya lezat. Ini merupakan pai daging dengan double crust yang rasanya lezat dan asalnya dari Skotlandia. Pai ini diberi isi dengan daging kambing cincang atau jenis daging lainnya. Scotch pie gurih ini bisa dihidangkan panas atau dingin dan dipanggang di toko roti atau restoran Skotlandia di seluruh negara ini.

Asosiasi perdagangan Scottish Bakers sejak 1999 tiap tahunnya sudah mengadakan Kejuaraan Pie Scotch Dunia. Pada acara tersebut orang-orang dari seluruh dunia bisa bersaing untuk mendapatkan trofi kue Scotch yang ikonik.

5. Bannock

Berasal dari Dataran Tinggi Skotlandia, roti pipih tanpa ragi ini dipanggang dengan wajan. Umumnya bannock dibuat menggunakan satu jenis biji-bijian dari beberapa pilihan, seperti barley, oat, beremeal, rye, gandum atau bahkan peasemeal, tepung kacang polong kuning, ditambah dengan air atau buttermilk.

Bannock yang dibuat dari beragam jenis tepung disebut sebagai mashlum atau meslin bannock. Dahulu roti pipih ini pernah jadi bagian penting dari keseharian dan beragam perayaan di Dataran Tinggi, khususnya saat perayaan seperempat hari. Selain itu, tiap jenis bannock diberi nama yang berbeda bergantung untuk festival musiman Gaelik apa bannock ini dibuat.

Roti bannock sebelum abad ke-19 dipanggang di atas bannock stane, yaitu batu pipih yang disimpan di atas bara api untuk dipakai sebagai permukaan memasak. Sekarang bannock khususnya dibuat di memakai wajan. Tiap daerah memiliki variasinya tersendiri.

6. Grouse

Burung grouse yang berasal dari Skotlandia dianggap sebagai raja binatang buruan berbulu dan mempunyai rasa daging khas yang lebih kuat dibanding rasa daging yang standar.

Musim perburuan burung grouse yaitu antara Agustus dan Desember yang artinya orang-orang bisa mencicipi grouse yang langsung didapatkan dari dataran Skotlandia. Dan jika cukup berani, kamu bisa mencoba berburu sendiri.

Biasanya tiap burung cukup untuk disantap oleh satu orang dan bisa dimasak dengan berbagai cara. Coba dimasak dengan jadi stew di casserole atau dipanggang. Hidangan grouse ini di kebanyakan restoran berkelas di Skotlandia disajikan di musim gugur ketika sedang musim grouse.

7. Scottish Shortbread

Scotish shortbread adalah camilan manis khas Skotlandia yang memiliki tekstur yang renyah sempurna.  Biskuit ini merupakan biskuit yang kaya rasa dan lemak. Dibuat dari bahan seperti tepung, gula, dan mentega dalam jumlah banyak, tekstur biskuit ini renyah dan rapuh dengan rasa meleleh di mulut.

Secara tradisional, biskuit ditempatkan dalam cetakan yang berbentuk melingkar kemudian dipanggang dalam bentuk bulat, pipih dan ditusuk-tusuk menggunakan garpu. Tak lupa pula ditaburi gula kastor. Biskuit ini juga bisa dipanggang dalam bentuk persegi panjang lalu dipotong jadi bentuk shortbread finger.

Resep pertama makanan khas Skotlandia ini ditemukan pada sebuah buku masak yang berasal dari tahun 1735. Semenjak itu biskuit ini menjadi terkenal di seluruh negeri. Pertama kali biskuit dibuat dari sisa adonan roti kemudian dikeringkan dalam oven hingga mirip dengan rusk atau roti panggang.

8. Sup Cock-a-Leekie

Makanan khas Skotlandia ini berupa sup ayam dan daun bawang. Nama cock-a-leekie mulai digunakan pada abad ke-18, tapi konon hidangan itu sendiri sudah ada semenjak abad ke-16. Sekarang cock-a-leekie dimasak dengan diberi tambahan plum, bawang bombay, dan bahkan juga kismis.

Pada dasarnya sup cock-a-Leekie merupakan hidangan petani yang mempunyai banyak varian di tiap daerahnya. Beberapa varian ini di antaranya sudah berusia berabad-abad. Ini menunjukkan betapa pentingnya sajian ini untuk makanan Skotlandia. Terdapat resep yang menggunakan daging panggang cincang, sementara yang lain menggunakan kaldu sapi atau lada Jamaika.

Kemungkinan besar makanan ini dihidangkan sebagai two-course meal, yang pertama dihidangkan adalah kaldunya kemudian dagingnya. Makanan klasik Skotlandia Juga dikenal dengan julukan cockie leekie. Menu ini terkenal karena menjadi salah satu sajian sup dari menu makan siang kelas satu terakhir yang dihidangkan di atas Kapal Titanic yang tenggelam 14 April 1912.

9. Rumbledethumps

Rumbledethumps Skotlandia merupakan hidangan yang berupa tumis sayuran yang lezat. Makanan ini dibuat dari irisan kubis dan bawang bombay yang ditumis kemudian dicampur dengan kentang tumbuk. Sesudah itu bahan dipanggang dalam oven hingga berwarna coklat keemasan.

Topping untuk rumbledethumps bisa berupa keju cheddar dan dihidangkan sebagai pelengkap bermacam masakan daging atau disantap tanpa makanan lain. Hidangan rumbledethumps merupakan cara orang Skotlandia untuk memanfaatkan sisa kentang tumbuk dan sayuran lainnya untuk jadi lauk seperti casserole yang lezat.

Pembuatannya sangat mudah. Makanan tradisional ini asalnya dari perbatasan Skotlandia, sementara versi alternatifnya berasal dari Aberdeenshire yang disebut kailkenny.

10. Tweed Kettle

Tweed Kettle

Dikenal juga sebagai salmon hash, tweed kettle merujuk pada salmon rebus yang umumnya dihidangkan dengan disiram oleh kaldu ikan beraroma dan diberi jamur atau kentang. Untuk ikan salmonnya cukup direbus dengan bumbu segar serta daun bawang atau syboes dalam bahasa orang Skotlandia.

Pada abad ke-19, makanan klasik Skotlandia ini merupakan salah satu sajian paling terkenal yang sering dihidangkan di rumah bir di Edinburgh. Asal namanya dari River Tweed, yaitu salah satu sungai salmon yang paling besar di Skotlandia. Cara memasak yang tradisional, yaitu dengan merebus seluruh salmon di dalam ketel ikan.

Makanan khas Skotlandia sepertinya tak jauh beda dengan makanan khas negara Inggris Raya lainnya. Ini karena mereka letaknya berdekatan sehingga saling memberikan pengaruh satu sama lain. Walaupun mirip, tapi kuliner dari Skotlandia memiliki kekhasannya tersendiri.

Jika kamu berjalan-jalan di Skotlandia, rasanya kamu wajib untuk mencoba beberapa kulinernya. Makanan khas Skotlandia ini pasti menyenangkan di lidah.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram