10 Hidangan Khas Mesir yang Wajib Disajikan Saat Ramadhan

Ditulis oleh Suci Maharani R - Diperbaharui 16 April 2021

Setiap datangnya bulan suci Ramadhan, hal yang paling dinantikan oleh banyak orang adalah menjamurnya kuliner khas Ramadhan. Pasalnya setiap negara yang memiliki penduduk muslim biasanya memiliki makanan khas yang wajib ada setiap bulan Ramadhan. Salah satunya seperti di Mesir, Ful Medames adalah salah satu kuliner yang wajib ada setia Ramadhan.

Berburu makanan khas Ramadhan memang sudah menjadi salah satu rutinitas yang biasa dilakukan saat berpuasa. Pasalnya dengan kuliner khas ini puasa kita akan terasa lebih spesial, apalagi jika disantap bersama keluarga. Selain Ful Medames, sebenarnya masih ada makan khas Mesir yang dinantikan saat Ramadhan.

Penasaran dong, kira-kira makanan apa saja sih yang wajib ada di meja makan saat sedang berpuasa ala masyarakat Mesir? Jawabannya ada di bawah ini.

1. Ful Medames

Ful Medames

Hidangan pertama yang wajib ada dan harus di sajikan saat bulan puasa di Mesir adalah Ful Medemes. Hidangan satu ini ternyata makan tertua di Mesir yang sudah ada sejak Dinasti ke-12 dan kini menjadi makana pokok di Mesir. Sebenarnya dalam sehari-hari Ful Medames dijadikan sebagai santapan untuk sarapan, tapi saat bulan puasa makanan ini menjadi salah satu makana wajib saat berbuka puasa.

Ful Medames ini terbuat dari kacang fava yang dimasak memakai minyak sayur dan jintan putih. agar lebih memiliki citarasa yang khas, makanan ini diberikan peterseli, bawang putih, bawang bombay, air lemon dan cabai. Ful Medames ini tidak akan lengkap rasanya jika tidak disantap dengan tambahan telur kukus, keju dan roti pita.

2. Molokhia

Molokhia

Hidangan Ramadhan yang selalu dicari dan disukai oleh masyarakat Mesir adalah Molokhia. Memang jika melihat bentuknya ini seperti sup sayuran hijau yang dicincang dan diberikan air. Tapi jangan hanya melihat penampilan saja, nyatakan Molokhia ini ternyata memiliki rasa yang gurih dan aroma yang khas. Molokhia ini memang terbuat dari daun Molokhia yang dikenal kaya akan kandungan gizi.

Jadi menyantap Molokhia selama bulan Ramadhan tidak hanya membuat perut kenyang tapi bermanfaat juga untuk kesehatan. Di Mesir sendiri Molokhia adalah salah satu makanan yang selalu ada dan disajikan saat Idul Fitri. Bagi masyarakat Mesir, Molokhia biasanya disantap dengan tambahan nasi, roti, daging hingga makanan laut.

3. Fattah

Fattah

Hidangan yang kaya akan protein ini adalah hidangan yang selalu ada di meja masyarakat Mesir. Fattah adalah hidangan yang wajib disajikan di setiap rumah saat menyambut datangnya hari raya Idul Fitri. Fattah sendiri merupakan hidangan yang mencampurkan nasi, roti dan protein di dalamnya. Kandungan protein dalam Fattah khusus versi Mesir ini biasanya dihasilkan dari daging.

Nasi dan roti goreng akan di tata berlayer di piring, lalu di siramkan saus tomat yang dimasak dengan campuran bawang putih dan cuka diatasnya. Agar terlihat makin menggoda, di lapisan paling atas akan disimpan potongan daging yang sangat besar untuk disantap bersama keluarga. Selain menyambut datangnya hari raya Idul Fitri, Fattah juga kerap disajikan saat adanya acara besar.

4. Qatayef

Qatayef

Dessert masyarakat Mesir ini ternyata cukup populer di Indonesia dengan sebutan “Serabi Mesir”. Pasalnya Qatayef ini memiliki bentuk yang mirip dengan kue serabi tanpa tambahan air gula. Bagi masyarakat Mesir, Qatayef adalah pencuci mulut yang sering disajikan ketika berbuka puasa. Makannya hidangan satu ini adalah makanan tradisionalnya masyarakat Mesir dan selalu diburu saat bulan Ramadhan.

Pembuatan Qatayef ini juga sangat mudah, karena terbuat dari tepung terigu, tepung beras, telur, mentega dan tambahan baking soda. Setelah adonan selesai Qatayef di masak di hot plate yang mirip dengan pembuat pancake. Qatayef sendiri bisanya memiliki isian di dalamnya, seperti berbagai campuran kacang-kacangan, keju dan lainnya.

5. Susu Kurma

Susu Kurma

Tidak lengkap rasanya jika menyantap hidangan ala Timur Tengah tanpa adanya buah kurma. Nah di Mesir sendiri kurma kering disulap menjadi minuman yang sangat menyehatkan untuk tubuh. Susu Kurma adalah salah satu minuman khas Mesir yang sering disajikan saat orang-orang berbuka puasa. Susu Kurma ini adalah campuran kurma kering dan susu yang dipanaskan tanpa campuran pemanis buatan dan gula.

Cara membuat susu kurma yang menyehatkan ini juga sangatlah mudah dan bisa kamu tiru di rumah. pertama-tama kamu cukup belah kurma kering menjadi dua bagian, lalu masukkan ke dalam susu. Panaskan kurma dan susu hingga warnanya berubah menjadi agak kecoklatan, lalu matikan apinya. Di Mesir susu kurma tidak selalu disajikan saat panas, dingin pun susu kurma ini akan terasa segar.

6. Kunafa

Kunafa

Hidangan penutup satu ini kerap hadir di berbagai masjid saat berbuka puasa di berbagai kota di Mesir. Kunafah adalah makanan yang terbuat tepung gandung yang dibentuk seperti bihun untuk bagian luarnya. Sedangkan bagian dalamnya, terdiri dari cream yang dicampur dengan kacang, sirup dengan proses masak yang unik.

Setelah di masak adonan kunafah ini akan dimasukkan kedalam cetakan lalu dipanggang hingga warnanya coklat keemasan. Kunafa ini biasanya disantap dengan tambahan sirup di atasnya untuk menambahkan cita rasa. Saking populernya Kunafa ini banyak sekali di jual di jalan-jalan hingga restoran di Mesir. Bagi masyarakat Mesir, Kunafa kerap dijadikan sebagai makanan penutup baik saat berbuka maupun sahur.

7. Roz Bel laban

Roz Bel laban

makanan penutup satu ini mungkin bisa kamu coba buat di rumah, Roz Bel Laban adalah pudingnya orang Mesir. Pasalnya Roz Bel Laban ini memang puding yang terbuat dari beras khas mesir yang dicampurkan dengan berbagai bahan. Sebut saja berbagai rempah-rempah manis, air mawar, madu hingga cream di dalamnya.

Roz Bel Laban ini dikenal sebagai makan yang harus disajikan saat bulan Ramadhan dengan citara rasanya yang khas. Salah satu ciri khasnya adalah penggunaan air mawar sebagai bahan makanan yang sudah terjadi sejak ribuan tahun silam. Apalagi Roz Bel Laban ini rasanya tetap enak mau di sajikan dalam keadaan masih panas atau dingin sekalipun.

8. Sahlab

Sahlab

Minuman kedua khas Mesir yang selalu disajikan di bulan Ramadhan adalah Sahlab. Minuman satu ini memiliki tekstur yang agak creamy, karena terbuat tepung putih hasil dari umbi kering anggrek liar. Tepung ini dicampur dengan susu cair yang diberikan gula dan santan kelapa, lalu dimasak hingga teksturnya mengental.

Biasanya Sahlab ini disajikan dengan tambahan kacang-kacangan, kismis, kayu manis hingga kelapa parut. Sahlab ini akan terasa lebih nikmat jika kamu sajikan saat masih panas, rasanya manis dan gurih. Sehingga minuman satu ini cocok untuk kamu sajikan saat sedang sahur, tapi jika ingin disantap untuk berbuka pun tidak masalah.

9. Umm Ali

Umm Ali

Makanan yang memiliki arti “Ibu Ali” ini adalah salah satu hidangan penutup tradisional dari Mesir. Umma Ali ini adalah salah satu hidangan tua yang hingga kini masih digandrungi banyak orang di mesir. Bahkan kini Umma Ali sudah memiliki banyak variasi yang dikombinasikan dengan berbagai bahan lain. Umm Ali ini terbuat dari roti yang dicampur pistachio, serpihan kelapa, kismis, gula dan susu.

Setelah adonan selesai, Umma Ali akan di tuangkan ke mangkuk dan di atasnya akan diberikan parutan kayu manis. Langkah terakhir, Umma Ali akan dipanggang hingga warnanya berubah menjadi coklat keemasan. Hidangan ini terasa enak baik dihidangkan saat masih panas atau dingin, makannya Umm Ali kerap dijadikan sebagai salah satu hidangan yang cocok disantap saat berpuasa.

10. Basbousa

Basbousa

Hidangan manis satu ini akan menjadi hidangan pembuka saat masyarakat Mesir berbuka puasa. Pasalnya Basbousa yang terlihat seperti cake ini memang memiliki cita rasa yang manis di mulut. Cake-nya orang Mesir ini ternyata berbahan utama dari tepung semolina, yaitu tepung yang terbuat dari biji gandung kasar yang warnanya kekuningan.

Tepung semolina ini akan dicampurkan dengan gula, mentega, susu atau yoghurt dan tambahan vanili di dalamnya. Sementara untuk penyajian, Basbousa ini disajikan dengan siraman sirup yang terbuat dari campuran gula, air dan jeruk. Makannya Basbousa ini menjadi hidangan yang sangat cocok untuk orang-orang yang menyukai makanan manis.

Jika dilihat dari gambarnya saja, sepertinya makanan Ramadhan khas Mesir ini terlihat sangat lezat. Mungkin dari 10 makanan khas Mesir yang ada di atas, bisa kamu dijadikan sebagai inspirasi menu untuk berbuka puasa nanti.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram