Ingin Camilan Unik? Coba 7 Menu Xiji Paling Enak Ini!

Ditulis oleh Siti Hasanah

Bagi yang sering bepergian ke negara Taiwan, pasti semua sepakat bahwa negara yang berbatasan dengan Jepang ini punya snack street yang enak. Bahkan negara ini dinobatkan sebagai salah satu surganya wisata kuliner.

Hal ini bisa kamu buktikan dengan melihat banyaknya gerai snack street yang ada di sana. Kepopularan snack street yang ada di Taiwan kemudian dikembangkan di Indonesia. Gerai street snack ala Taiwan mulai dibuka. Xiji namanya. Konsep Xiji mengadopsi snack street Taiwan. Mencicipi camilan ini akan memgingatkan kita pada camilan Shihlin yang jauh lebih dulu ada dan dikenal orang.

Bisa dibilang Xiji adalah Shihlin versi merakyat yang tidak kalah lezat. Penasaran apa saja menu paling enak dari Xiji? Kami sudah merangkum informasinya di sini.

Sekilas tentang Gerai Xiji

Snack street Xiji adalah sebuah gerai camilan siap saji yang berfokus pada camilan berbahan dasar ayam. Xiji berkomitmen untuk memperkenalkan snack Taiwan dengan konsep yang lebih murah dan bisa dijangkau oleh semua orang.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa gerai snack Taiwan yang sudah lebih dulu ada di Indonesia mendapat sambutan hangat dari masyarakat. Sayangnya, faktor harga menjadi kendala sehingga tidak semua orang bisa menikmatinya.

Untungnya, kini hadir Xiji yang menawarkan produk yang sama tapi dengan harga yang lebih hemat. Ide awal merek ini diciptakan adalah adanya potensi yang bagus terhadap industri makanan seperti ini mendorong para pengusaha untuk membangun bisnis camilan ayam siap saji.

Pemilik Xiji menerangkan bawah inspirasi bisnis ini berasal dari tren snack street yang saat ini berkembang di Taiwan. Contohnya di Taipeh. Di sini terdapat kurang lebih 20 jalan yang khusus dibuat para penjual snack. Dan menu yang banyak dijajakan adalah ayam crispy.

Di gerai Xiji kamu bisa temukan berbagai sajian lezat snack ayam crispy dan olahan ayam lainnya seperti kulit ayam, jamur, kentang goreng dan ikan dori.

Gerai ini mengedepankan rasa. Xiji tidak hanya popular karena konsep, namun rasa dan kualitas dari camilannya menjadi fokus utama. Total ada lima varian rasa yang terdiri dari rasa BBQ, truffle, rumput laut, original dan rasa signature dari Xiji, yaitu rasa mala.

Mala adalah bumbu khas dri China yang terdiri dari banyak rempah-rempah pedas seperti kapulaga hitam, jahe, bunga lawang, cabe kering, doubanjiang, lada Sichuan, cengkeh, kayu manis dan biji wijen. Dari bahan-bahan ini sudah terbayang seperti apa rasa mala, ‘kan?


Bumbu-bumbu itu bisa kami pilih untuk menambah rasa pada ayam crispy yang kamu pesan. Nah, menu camilan apa saja yang paling enak di Xiji? Berikut ini informasinya.

1. Crispy Chicken with Signature Mala

Camilan ayam crispy saat ini sudah menjamur. Setiap gerai membuat inovasi resep yang baru dan menarik sehingga bisa bersaing untuk mendapat perhatian para pecinta kuliner. Xiji adalah salah satu gerai yang berhasil menciptakan camilan aya, crispy yang lezat.

Tekstur ayam yang kriuk-kriuk terasa lebih lezat berpadu dengan bumbu mala yang pedas. Potongan daging ayam dari Xiji terbilang tebal tapi bumbu gurihnya terasa meresap ke dalam daging. Balutan tepung di luarnya terasa garing dan renyah. Duh, siapa yang sanggup menolak menu ini?

Mala memang membuat ayam ini pedas, tapi bumbu ini bukanlah tipikal bumbu yang membuat sensasi lidah terbakar. Bumbu ini adalah bumbu yang pedas tapi nikmat. Ngemil ayam crispy bumbu malam bisa jadi ketagihan. Satu bungkus ayam crispy ukuran XXL sekitar Rp20.000++.

2. Crispy Dori with Signature Mala

Crispy Dori with Signature Mala

Ini dia camilan sehat dan bikin kenyang. Ikan ini biasa disajikan di restoran-restoran besar. Dori termasuk ke dalam ikan popular karena dagingnya yang lezat dan lembut plus mengandung banyak vitamin dan gizi di dalamnya.

Karena kelebihan itulah Xiji membuatkan menu camilan dari ikan dori. Tekstur dagingnya yang lembut disajikan dalam bentuk fillet agar mudah dikonsumsi. Ukuran camilan ikan dori dari Xiji dibuat sedemikian rupa sehingga pas sebagai camilan.

Lai-lagi si bumbu pedas mala ini bikin camilan utama jadi lebih enak. Seperti pada dori renyah ini. Ikan dori yang dipotong fillet dengan tekstur luarnya yang renyah terasa lebih sedap karena adanya rasa pedas dari bumbu mala.

Satu kantung Crispy Dori ukuran XXL yang harganya kurang lebih Rp27.000 ini bisa langsung ludes dilahap. Ukurannya saja sudah pas untuk sekali hap. Apalagi rasanya enak. Tak butuh waktu lama untuk menghabiskannya.

3. Chicken Skin with Truffle

Truffle seringkali disebut sebagai bahan makanan mewah yang diincar oleh restoran kelas atas. Jamur langka ini biasa dibuat sebagai bahan makanan untuk menunjang rasa. Makanan yang menggunakan jamur truffle rasa lezatnya jadi berlipat.

Coba buktikan pada camilan Chicken Skin dari Xiji. Pesan menu kulit ayam krispi dengan bumbu truffle sebagai taburannya dan rasakan kelezatannya sendiri. Kami sarankan untuk memesan Menu Chicken Skin tanpa rasa pedas agar bumbunya asli truffle-nya terasa.

Kulit ayam yang renyah dengan bumbu yang gurih khas jamur truffle menjadi camilan yang susah ditolak. Menu in dibanderol kurang lebih Rp21.000++.

4. Dori Crispy with BBQ

Tidak hanya enak dicampur bumbu mala, ikan dori terasa lezat dengan bumbu BBQ dari Xiji. Daging ikan berbalut tepung yang renyah ini jadi camilan yang pas sambil nonton film. Oh, ya, dijadikan sebagai lauk pun tak masalah. Rasanya enak malah.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram