Travelling tapi Budget Minim? Ikuti Saja 10 Tips Ini!

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Oktober 2019

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Hobi mu travelling? Tapi terkadang berbagai macam hal menghalangi? bagi para traveller terkadang yang menjadi masalah utama adalah budget yang minim. Siapa sih yang nggak suka Travelling? apalagi sama orang-orang tercinta. Bahkan terkadang travelling adalah salah satu agenda wajib yang biasanya dilakukan orang-orang untuk melepaskan penat.

Pastinya pengen banget dong, travelling walaupun dengan budget yang minim. Tapi gimana caranya ya? Tenang saja, kami punya solusinya kok! Yuk ikuti saja tips-tips berikut ini

Planning on everything!

Semuanya harus diplanning serapih mungkin guys, mulai dari tempat tujuan yang akan kamu datangi, biaya tiket transportasi, waktu keberangkatan dan pulang, tempat menginap, apa saja yang akan kalian bawa nanti, dan yang paling penting berapa budget yang akan diakomodasikan untuk memenuhi semua kebutuhan kalian.

Beli Tiket Pesawat Murah Tips Liburan Di Bulan Desember

Usahakan untuk meminimalisir pengeluaran kalian, contohnya sewa tempat penginapan dengan harga yang terjangkau dengan budget kita. Nggak perlu sewa tempat penginapan eksekutif atau pun hotel berbintang lima untuk menginap. Asalkan tempat penginapannya bersih, nyaman, murah dan yang penting aman itu udah cukup kok! Jadi kita bisa menyimpan budget kita untuk keperluan lainnya.

Tips lainnya sebisa mungkin hemat biaya makan! Untuk berhemat biaya makan kalian bisa tuh nyobain tempat makan tradisional yang ada di tempat yang kalian kunjungi. Lumayan kan hitung-hitung mencicipi makanan khas di daerah tersebut?

Nabung

menabung

Setelah semua rencana dan berapa budget yang diperlukan untuk melakukan travelling, start nabung! Baik itu yang sudah punya dana untuk travelling apalagi yang belum punya dana untuk travellingnya. Sisihkan uang/nabung dari pendapatan kalian setiap bulan ya guys. Sesuaikan dengan jarak lokasi liburan dan waktu yang akan dihabiskan selama liburan.

Untuk yang sudah punya dana buat pergi travelling, tetap saja kalian perlu untuk menabung guys. Soalnya bisa saja ada hal tak terduga yang bisa kamu alami selama travelling. Tetapi wajib diingat ya guys! Uang darurat ini dipakai hanya saat-saat krisis lho!

Travelling ke Kota Teman

Yup, cara ini pun cukup ampuh untuk menekan budget saat travelling lho guys! Kalian juga bisa travelling ke kota teman kalian, siapa tahu kalian dapat tempat menginap gratis juga guide gratis yang akan membantu kalian keliling ke tempat-tempat wisata yang ada di kota teman kalian.

Jangan hari libur!

Tentukan Hari Keberangkatan Tips Liburan Hemat Di Bulan Desember

Ini salah satu opsi yang paling penting untuk kalian yang ingin travelling tapi degan budget yang minim. Jangan pernah travelling pada hari libur atau high season! Kenapa? Karena travelling pada hari libur bisa membuat pengeluaran membengkak.

Biasanya saat hari libur tempat – tempat wisata yang berbayar dan juga penginapan, memasang harga yang tinggi pada saat hari libur. Jika tidak bisa, lebih baik pergi ke tempat wisata berbayar yang harganya tidak membuat dompet kempis dan juga worthy untuk dikunjungi. Selain itu, kamu juga bisa membaca tips liburan di saat high season yang pernah kami ulas di artikel ini.

Jangan malu bertanya!

Selain dengan aplikasi yang terdapat di internet sebagai penuntun arah dan juga mencari berbagai informasi di tempat wisata yang kalian kunjungi, nggak ada salahnya kalian bertanya dengan penduduk sekitar.

Di samping untuk menambah wawasan juga memperbanyak teman, biasanya ada saja penduduk yang mau membantu mengantar atau bahkan menawarkan tempat menginap. Lumayan kan?

Travelling Rame-rame

Semakin rame, semakin seru! Ajak keluarga, saudara atau teman–temanmu untuk travelling bersama. Terkadang ada saja fasilitas maupun layanan wisata yang bisa dinikmati lebih murah jika ada banyak orang yang menggunakannya secara bersamaan. Contohnya: sewa penginapan, tiket masuk wisata, dan lainnya.

Jangan bawa Credit Card atau pun Kartu ATM kalian!

kartu kredit

Kalau kalian punya kedua-duanya, usahakan untuk tidak membawa mereka bersama kalian ya guys! Kenapa? Karena keberadaan keduanya akan membuat kalian tergoda untuk mengeluarkan biaya lebih banyak.

Cukup bawa uang cash dengan jumlah sesuai dengan apa yang sudah kalian rencanakan. Jangan lupa untuk menyimpan uang kalian di tempat yang aman guys. Jangan sampai terjadi kejadian yang tidak kalian inginkan, misalkan kehilangan atau pun kecurian.

Oleh-oleh

Kain Songket Balikpapan

Wah, yang satu ini wajib banget nih bagi traveller yang baru saja pulang dari tempat wisata. Kayaknya ada yang kurang lengkap kalau pulang belum bawa oleh-oleh khas daerah wisata.

Terkadang para traveller kalap membeli oleh-oleh untuk orang di rumah, oleh karena itu lebih baik beli oleh–olehnya hanya untuk keluarga inti atau teman–teman segeng kamu saja. Beli saja sebuah makanan ringan khas daerah tersebut yang dapat dinikmati bersama-sama dengan keluarga atau pun teman-teman mu.

Travelling Tak Perlu Mahal

Liburan Di Dalam Negeri

Pada dasarnya travelling tak perlu ke tempat-tempat ekslusif maupun yang membuat dompet kempis. Lakukan travelling sesuai dengan dana yang kalian punya, jangan memaksakan diri, dan jangan lupa untuk memperhitungkan budget dan rencanakan segalanya sematang mungkin agar travelling kalian lancar.

Yang paling penting berhati-hati saat travelling ya guys. Jangan sampai hal – hal yang tidak diinginkan menimpa kalian saat ber-travelling. Jangan sampai niatnya ingin refreshing malah menambah masalah.

Gimana, caranya mudah kan? Sudah siap untuk travelling? Let’s GO! Sampai jumpa di tips lainnya ya. Ingat! Semakin banyak baca semakin banyak tahu. Have a nice day!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *