Ini Dia 10 Menu 幸福堂 (Xing Fu Tang) yang Paling Enak

Ditulis oleh - Diperbaharui 15 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Xing Fu Tang 幸福堂 adalah pelopor minuman kekinian boba atau bubble tea. Xing Fu sendiri berarti ‘kebahagiaan’ dalam bahasa Cina. Edison Chen, selaku pendiri Xing Fu Tang, mempopulerkan minuman brown sugar boba yang disajikan di tepian kemasan, menciptakan ‘pola kebahagiaan’ ombre yang kini ditiru banyak merk lainnya.

Edison sendiri mendapatkan inspirasi dari kakek dan neneknya yang sering memberi ia camilan tradisional ‘gula merah tumis’ sewaktu ia kecil. Suatu hari, neneknya kelupaan sedang memasak camilan tersebut, sehingga overcooked. Tapi, justru rasa camilannya jadi lebih aromatik dan lebih kaya rasa.

Ketika sang nenek menuangkan camilan ini ke cangkir bening, Edison terpaku dengan kecantikan ombre gula merah yang nanti dipadukan dengan minuman. Selain menambah kecantikan visual minuman, boba brown sugar ini juga meninggalkan rasa yang mengenang di lidah. Itulah pengalaman yang ingin Edison bagikan lewat Xing Fu Tang.

Yang membuat Xing Fu Tang spesial adalah, bobanya dibuat fresh langsung di store. Mulai dari adonan tepung, dibuat menjadi bulatan-bulatan boba yang direbus, lalu di’tumis’ dengan gula merah. Jadi, tiap pesanan mendapatkan boba yang baru, kenyal, dan wangi karamel dari gula merah. Orang-orang yang sudah mencoba mengatakan boba Xing Fu Tang beda dari merk lainnya.

Terus, uniknya, beberapa minuman Xing Fu Tang bisa kamu pesan Hot juga, tidak hanya Cold saja. Saking digemarinya, orang rela mengantri hingga berjam-jam untuk mendapatkan segelas boba Xing Fu Tang, loh!

Sebenarnya kalau dibandingkan dengan merk lain, menu di Xing Fu Tang sangat sedikit. Dan, hampir di setiap cabang di seluruh dunia menunya sama semua, kecuali menu yang menggunakan buah segar seperti grapefruit.

Karena buah ini tidak ada di Indonesia, maka Xing Fu Tang Indonesia tidak menyediakannya. Walaupun cuma sedikit, kamu bisa kebingungan juga mau pesan yang mana. Mungkin ranking menu Xing Fu Tang paling enak dari Keluyuran berikut ini bisa membantu kamu.

1. Brown Sugar Milk

Ini Dia 10 Menu 幸福堂 (Xing Fu Tang) yang Paling Enak 1

*Sumber: https://www.instagram.com/p/BsTkRU1hzOK/

Ini adalah signature drink-nya Xing Fu Tang. Bahkan, normalnya, orang-orang bisa mengantri hingga 2 jam untuk mencicipi minuman ini. Karena bobanya dibuat fresh di tempat, kamu bakal mencium aroma gula merah yang mengkaramel selagi menunggu.

Cara penyajian Xing Fu Tang juga khas banget. Pertama-tama, boba Brown Sugar-nya dituang lewat pinggir-pinggir gelas, supaya menciptakan kesan ombre yang cantik nantinya. Kedua, susu dan krim dituang. Terakhir, ada sprinkle brown sugar yang akan di-torch sebentar untuk menghasilkan karamel yang harum.

Ini adalah resep istimewa turun temurun dari Xing Fu Tang yang sudah bertahan selama 60 tahun. Minuman ini juga tidak menggunakan pemanis lagi karena cita rasa manisnya sudah didapatkan dari gula aren asli.

Ada tips untuk membuat Brown Sugar Milk-mu jadi lebih enak! Yaitu dengan mengaduk minuman ini sebanyak 18x sebelum diminum, agar rasa manisnya tercampur sempurna. Tertarik? Minuman ini punya harga sekitar Rp 40.000.

2. Brown Sugar and Herbal Jelly Milk

Ini Dia 10 Menu 幸福堂 (Xing Fu Tang) yang Paling Enak 2

* sumber: chueonit.com

Menu Xing Fu Tang yang paling enak selanjutnya adalah Brown Sugar and Herbal Jelly Milk. Sebenarnya ini seperti menu di atas, tapi ditambah topping herbal jelly. Bedanya, rasa gula arennya tidak terlalu kuat karena tidak ditambahkan bubuk gula aren di atasnya, maupun penyajiannya tidak melalui pinggir-pinggir cup dulu.

Kamu bisa menambah ekstra boba ataupun ekstra herbal jelly kalau kamu suka banget. Hmm, pasti segar banget kan ya? Nah, kalau ingin coba minuman ini, bisa beli dengan kisaran Rp 38.000.

3. Mango Smoothie and Rabbit Jelly

Ini Dia 10 Menu 幸福堂 (Xing Fu Tang) yang Paling Enak 3

* sumber: food.grab.com

Siapa yang tidak tergoda dengan kesegaran smoothie buah yang dicampur boba + ada topping jelly yang imut banget? Pasti semua orang ketagihan, atau suka karena minumannya gemesss, hehe. Mango Smoothie and Rabbit Jelly adalah jus mangga segar yang diberi Pink Cactus Pearl (boba) warna pink lucu.

Yang membuat minuman ini makin menggemaskan selain warnanya yang cerah tentunya si pannacotta (jelly) berbentuk kelinci. Orang-orang juga memuji smoothie-nya yang tidak terlalu manis! Yuk, dibeli dengan harga kisaran Rp 40.000.

4. Strawberry Boba Milk

Ini Dia 10 Menu 幸福堂 (Xing Fu Tang) yang Paling Enak 4

*Sumber: https://web.facebook.com/XFTMALAYSIA/photos/a.1952596171712319/2164224497216151/?type=3&theater

Siapa pecinta buah strawberry 🍓? Selain smoothie di atas, Xing Fu Tang juga membuat menu yang segar-segar tapi ada rasa milky-nya juga, yaitu ⁣Strawberry Boba Milk. Dibuat secara spesial dengan boba pink, jus strawberry segar, dan juga fresh milk, minuman ini merupakan campuran dari rasa manis, asam, dan milky.

Oh, ya, warna pink dari bulir pearl-nya didapatkan dari mencampur tepung tapioka dengan angkak, sehingga semuanya necurel (natural), bukan dari pewarna makanan. Salut! Tertarik? Minuman ini dijual dengan kisaran Rp 33.000.

5. Brown Sugar Boba Milk Tea

Ini Dia 10 Menu 幸福堂 (Xing Fu Tang) yang Paling Enak 5

* sumber: www.gojek.com

Brown Sugar Boba Milk Tea memang tidak se-ngehits Brown Sugar Milk, tapi minuman ini punya penggemarnya sendiri. Milk tea yang dipadu dengan boba khas Xing Fu Tang pas banget menemani siang hari kamu yang lagi kepanasan. Untuk rasa bobanya tidak sepekat yang di Brown Sugar Milk, jadi rasa milk tea-nya lebih dominan dibandingkan rasa gula arennya. Harganya sekitar Rp 33.000.

6. Matcha Boba Milk

Ini Dia 10 Menu 幸福堂 (Xing Fu Tang) yang Paling Enak 6

* sumber: foodgressing.com

Matcha lovers where you at?! Selain menu fresh milk dan milk tea, Xing Fu Tang juga punya ‘menu wajib’ khas minuman boba, yaitu matcha green tea. Di Xing Fu Tang namanya adalah Matcha Boba Milk. Sama seperti varian Strawberry Boba Milk, boba yang digunakan adalah Pink Cactus Pearl. Warnanya yang kontras yaitu pink, putih, dan hijau muda sangat menarik perhatian.

Yang menonjol dari menu ini adalah rasa khas matcha-nya dapet (nggak tawar karena kebanyakan air atau es!), boba pink-nya tidak terlalu manis dan kuat seperti yang Brown Sugar Pearl, malah rasa bobanya cenderung tawar. Tapi, diimbangi dengan rasa susu dan matcha yang creamy jadi pas banget.

7. Soda dan Handmade Jelly

Ini Dia 10 Menu 幸福堂 (Xing Fu Tang) yang Paling Enak 7

* sumber: web.facebook.com

Soda dan Handmade Jelly adalah minuman yang berbeda dari kebanyakan menu Xing Fu Tang lainnya. Selain segar, minuman ini juga cool banget buat Instagram feed kamu. Dengan rona warna biru 💙 yang menyegarkan, minuman ini dibanderol harga di bawah tiga puluh ribu.

8. Gold Foil Brown Sugar Boba Milk

Ini Dia 10 Menu 幸福堂 (Xing Fu Tang) yang Paling Enak 8

*Sumber: https://web.facebook.com/XingfutangSG/posts/real-gold-in-bubble-tea-we-kid-you-not-featuring-xing-fu-tang-newest-innovation-/547048996149738/?_rdc=1&_rdr

Sebenarnya ini sama saja dengan signature menu Xing Fu Tang, tapi ada emas edible (bisa dimakan) di atasnya. Kalau di luar negeri nama menu ini adalah Gold Foil Rose Brown Sugar Boba Milk karena selain diberi topping gold, benar-benar ada kuncup mawarnya juga!

Mawarnya bisa kamu makan, kok, kalau kamu mau. Tapi, untuk yang di Indonesia menunya tidak pakai mawar, melainkan lapisan emas saja. Cukup mahal untuk sebuah minuman karena harganya mencapai Rp 110.000.

9. Lemon Black Tea & Lemon Green Tea

Ini Dia 10 Menu 幸福堂 (Xing Fu Tang) yang Paling Enak 9

*Sumber: https://web.facebook.com/XFTMALAYSIA/photos/a.1952596171712319/2182379555400645/?type=3&theater

Bosan dengan minuman Xing Fu Tang yang milky? Tenang, ini ada dua varian teh yang dicampur lemon segar! Dijamin bisa membuat dahagamu hilang tuntas. Ada yang pakai Black Tea dan ada yang pakai Green Tea. Selain ada sari lemonnya, minuman ini juga pakai topping irisan lemon yang melimpah. Menambah rasa segar lemon dan membuat minuman ini jadi makin cantheek!

Oh, ya, fun fact! Teh hitam ternyata mengandung antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan teh lainnya. Teh hitam juga bisa mengurangi tekanan darah, memperbaiki sistem imun tubuh, melindungi fungsi hati, dan masih banyak lagi manfaat lainnya. Jadi, ini bukan sekedar teh lemon saja, tapi lebih dari itu!

10. Brown Sugar Boba Black Tea Latte

Ini Dia 10 Menu 幸福堂 (Xing Fu Tang) yang Paling Enak 10

Menu Xing Fu Tang yang recommended selanjutnya adalah Brown Sugar Boba Black Tea Latte. Sebenarnya aku agak bingung ini bedanya apa dengan Brown Sugar Boba Milk Tea? Haha. Mungkin yang beda dari susunya karena kalau latte susunya dikocok dan dipanaskan dulu, bukan? Tapi entahlah, aku cuma nebak-nebak aja. Yang jelas, minuman ini menggunakan Premium Black Tea dari Taiwan.

Secara keseluruhan, Xing Fu Tang adalah merk minuman bubble tea kekinian yang pantas untuk rela mengantri dan merogoh kocek segitu. Karena, untuk harga yang standar minuman boba di mall, Xing Fu Tang memberikan rasa dan kualitas yang lebih baik. Xing Fu Tang bisa kamu temukan di mall-mall besar di Jakarta, Surabaya, Bekasi, Tangerang, Bandung, Medan, dan Jawa Tengah.

Tapi, terkadang rasanya ekstrim juga kalau harus mengantri 1-3 jam buat segelas minuman, ya? Sudah keburu haus duluan yang ada. Kalau kamu tim mageran, kamu bisa memesan Xing Fu Tang favoritmu dari jasa ojek online seperti GoFood dan GrabFood.

Xing Fu Tang juga membuka toko official di e-commerce Tokopedia. Nanti kamu akan dikirimkan gelas cup, boba, gula aren, dan minumannya dalam bentuk siap pakai. Jadi nanti kamu DIY gitu bikin minumanmu sendiri, seru, ya?

Tapi, saat ini Xing Fu Tang baru bisa mengirim untuk Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, dan Medan saja. Bahan dan perlengkapannya dikirim dari kedai Xing Fu Tang yang lokasinya paling dekat dari alamat tujuan kamu.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *