6 Merk Kacang Bali Paling Enak untuk Dijadikan Oleh-Oleh

Ditulis oleh Siti Hasanah

Salah satu camilan yang banyak penggemarnya adalah kacang. Kacang khas Bali banyak digemari para penyuka camilan. Tak heran saat liburan ke Bali, kacang-kacang ini jadi buruan. Ada beberapa merk kacang Bali yang paling enak. Sebelumnya kenalan dulu yuk dengan jenis-jenis kacang khas Bali.

Jenis Kacang Bali

Setidaknya ada empat jenis kacang yang populer di Bali. Jenis-jenis kacang ini yang biasanya dijual di pasaran, bahkan bisa dijadikan oleh-oleh! Mau tahu? Simak ulasannya di sini yuk!

Kacang Disco

Kacang DiscoSumber: mamabearskitchenmagic.blogspot.com

Para wisatawan yang datang ke Bali banyak yang mengincar kacang yang satu ini. Kacang disco dibuat dari kacang tanah dengan lapisan tepung ini semakin dinikmati wisatawan. Pembuatannya terdiri dari adonan basah dan kering kemudian digoreng sampai garing.

Banyaknya rasa yang tersedia menambah kenikmatan kacang ini. Ada bermacam rasa seperti original, pedas, BBQ, keju dan lain-lain. Kalau berlibur ke Bali, pastikan untuk tidak melewatkan kacang disco. Tersedia dengan merk Kecak Mama dan Kacang Disko Rajawali.

Kacang Kapri

Kacang KapriSumber: cookpad.com

Satu lagi kacang yang jadi buruan wisatawan, yaitu kacang kapri. Bentuknya mirip dengan kacang tanah tapi ukurannya besar. Karena rasa kacangnya sangat gurih, tak heran jika banyak wisatawan yang tak melewatkan membeli kacang jenis ini.

Banyak wisatawan membeli kacang ini dalam jumlah banyak. Mereka sengaja membelinya bukan hanya untuk dijadikan oleh-oleh saja tapi juga untuk konsumsi pribadi. Merk kacang kapri yang paling terkenal di Bali di antaranya yaitu Kacang Kapri cap Tari Bali Meman.

Kacang Koro

Kacang Koro

Tak kalah terkenal dari dua kacang lainnya yaitu kacang koro. Kacang ini berhasil menyaingi kacang lainnya yang menjadi favorit. Kacang koro bentuknya pipih dan warnanya kuning. Rasa kacang ini sangat gurih. Kacang koro tergolong tidak ribet dan cukup simpel untuk jadi camilan keluarga.

Cara mengolah kacang koro yaitu dengan diolah dengan cara disangrai kemudian diberi bumbu. Rasanya bermacam-macam, ada rasa original, bawang, keju, dan rumput laut. Di Bali terdapat merk Manna yang menjual Kacang Koro dengan beragam rasa andalan.

Kacang Tanah

Kacang Tanah

Kacang Tanah adalah varian kacang yang juga banyak diburu wisatawan. Ukuran kacang ini lebih besar dibandingkan umumnya kacang tanah biasa. Kacang tanah yang mempunyai rasa yang gurih ini tergolong camilan yang simple dan ringan.

Di Bali, jenis kacang ini diolah dengan cara disangrai lalu dibumbui. Ada yang diberi bumbu bawang putih, selain itu ada juga yang dibumbui dengan garam. Bumbu lainnya yaitu irisan daun jeruk.


Merk Kacang Bali yang Enak

Di Bali empat jenis kacang ini dijual dalam berbagai merk yang sudah dikenal oleh para wisatawan yang datang ke Pulau Dewata ini. Apa saja merknya? Berikut ini adalah beberapa merk kacang Bali yang paling enak yang bisa kamu pilih saat membeli oleh-oleh.

1. Kacang Rahayu

Kacang Rahayu

Salah satu merk kacang di Bali yang terkenal adalah Kacang Rahayu. Oleh-oleh khas Bali ini sudah sangat terkenal di kalangan wisatawan dan sering menjadi buruan mereka. Kacang Rahayu merupakan produk kacang yang sudah ada sejak lama. Merk kacang ini masih bertahan sampai sekarang.

Ini menunjukkan bahwa banyak konsumen yang masih menginginkannya. Kacang Rahayu Bali merupakan merk kacang Bali yang mengkhususkan pada kacang asin. Produk ini dikembangkan oleh H Miswanto-Hj Antini. Pasangan suami istri ini sudah lama tinggal di Bali, yaitu sejak tahun 1950.

Ciri kacangnya adalah ada kulit arinya. Apa kelebihan Kacang Bali merk Rahayu ini? Produk kacang Bali yang terkenal dikalangan para wisatawan ini dikenal karena punya citarasa yang gurih, renyah serta asin. Kacang Rahayu dikemas dalam kardus yang didalamnya dibungkus dengan plastik.

Tujuan pengemasan ini adalah untuk menjaga kualitas rasa juga kerenyahannya supaya produknya terjaga sampai disaat pembeli membukanya. Pengemasannya produknya dilakukan dengan kondisi kacang sudah tidak ada kulitnya.

Selain dikemas dalam kardus, Kacang Rahayu juga dijual dalam kemasan sachet dan toples. Produk Kacang Rahayu memiliki beragam varian berat. Ada kemasan kotak 35gr, 125gr, 250gr, dan 450gr. Untuk kemasan toples ada varian Kacang Pecah Asin Rahayu dan Kacang Utuh Asin Rahayu.

Berat kemasan Kacang Rahayu Toples pun beragam. Ada yang beratnya 250gr dan 500gr untuk Kacang Pecah Asin Rahayu. Sementara untuk varian Kacang Utuh Asin Rahayu berat kemasannya ada yang 225gr dan 450gr. Ada juga Kacang Rahayu kemasan Kaleng dengan berat 150gr dan 300gr.

Untuk kemasan terkecil harganya dibanderol dengan sekitar Rp7.500 dan yang paling besarnya harganya sekitar Rp75.000. Pastikan Kacang Asin Rahayu yang kamu dapatkan asli. Jadi kalau mau membeli kacang ini kamu bisa langsung ke kiosnya yang berada di Jl. Gatot Subroto Tengah No.59C.

Kios ini terletak di Denpasar Bali. Selain di kios utamanya, ada juga kios lain yang beralamat di Jl. Raya Tuban 58B yang terletak di Kuta dan di Jl. Nusa Kambangan No 99Z di daerah Denpasar, Bali.

  • Alamat: Pertokoan Kerthawijaya, Jl. Diponegoro Block A No.10B, Dauh Puri, Kec. Denpasar Bar., Kota Denpasar, Bali 80113
  • Jam buka: Setiap hari 08.00 - 21.00
  • Telpon: (0361) 248803

2. Kacang Cap Tari Bali

Kacang Cap Tari Bali

Kacang Cap Tari Bali merupakan salah satu varian kacang Bali yang juga populer serta punya citarasa enak serta gurih. Ukuran kacangnya besar daripada produk kacang dari merk lain. Konon kabarnya mereka menggunakan bahan dasar kacang India.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram