10 Souvenir Khas Bali yang Cocok untuk Dijadikan Buah Tangan

Ditulis oleh Winda Widyaningsih - Diperbaharui 18 Februari 2021

Pulau Dewata Bali mungkin menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat liburan. Indahnya pemandangan alam yang asri, ombak yang cocok untuk berselancar, hingga kota yang bisa dikatakan hidup selama 24 jam, membuat Bali tidak pernah bosan untuk dijadikan tujuan berlibur.

Bukan hanya wisatawan lokal saja, namun wisatawan manacanegara juga menjadikan Bali sebagai opsi untuk berlibur. Banyaknya wisatawan yang mengunjungi Bali, membuat masyarakat Bali menyediakan beragam oleh-oleh atau souvenir untuk dibawa pulang. Tidak sedikit wisatawan yang bingung harus membeli buah tangan apa untuk keluarga dan orang tercinta.

Kali ini Keluyuran akan berikan 10 referensi souvenir khas Bali yang tepat untuk dijadikan buah tangan. Simak ulasannya berikut ini ya!

1. Baju Barong

Baju Barong

Siapa yang tidak tau baju khas Bali yang satu ini? Sebuah kaos dengan gambar salah satu tokoh ikonik Pulau Bali yang disebut Barong. Itulah kenapa baju ini kemudian disebut baju barong.

Baju ini cocok untuk dijadikan buah tangan karena memiliki warna yang beragam dan ukuran yang lengkap, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Jika kamu memiliki budget terbatas untuk membeli buah tangan, maka kamu bisa memilih baju barong dengan harga yang terjangkau. Tapi tentunya diseusaikan dengan bahan yang digunakan ya.

2. Kain Bali

Kain Bali

Salah satu buah tangan yang juga khas dari pulau dewata adalah kain Bali atau sering juga disebut sarung. Kain ini biasanya banyak dijual di daerah pantai. Bahannya yang dingin dengan corak yang cantik dan ringan cocok untuk menemani aktivitas kalian ketika sedang bermain-main di pantai.

Selain hanya digunakan di pantai, kain sarung ini biasanya juga digunakan jika para wisatawan ingin memasuki pura atau tempat wisata yang suci. Tujuannya adalah untuk menunjukkan  kesopanan. Jika kamu ingin membeli kain sarung Bali ini sebagai buah tangan, maka budget yang harus kamu siapkan antara Rp25.000 hingga Rp40.000. Cukup terjangkau kan?

3. Pie Susu

Pie Susu

Kue yang dulunya digunakan untuk acara keluarga atau sembahyang ini, kini sudah bisa dinikmati sebagai cemilan dan buah tangan. Rasanya yang manis dan gurih membuat pie susu menjadi salah satu buah tangan yang wajib dibeli jika kamu sedang berkunjung ke Bali.

Meskipun saat ini pie susu sudah bisa dibuat sendiri dirumah bermodalkan video tutorial, namun sensasinya tidak akan seperti saat kamu memakan pie susu langsung dari pulau seribu pura ini.

Biaya yang perlu kamu siapkan untuk membeli pie susu sebagai buah tangan, berkisar antara Rp1.000 hingga Rp3.500 per buah. Namun biasanya pie susu ini akan di kemas dalam kotak yang berisi 10 buah pie susu.

4. Produk Spa

Produk Spa

Selain terkenal dengan keindahan alam yang dikenal hingga ke mancanegara, Bali juga dikenal sebagai salah satu tempat yang paling baik untuk menikmati spa. Terutama jika kamu mengunjungi daerah Seminyak.

Ada berbagai macam produk spa yang bisa kamu beli disini, mulai dari body scrub, body lotion, hingga wangi-wangian. Ukurannya yang mini dan beraneka ragam, membuat produk spa ini cocok untuk dijadikan buah tangan bagi teman-teman perempuan.

5. Kopi Kintamani

Kopi Kintamani

Untuk kamu para pencinta kopi, tidak perlu khawatir. Ada satu buah tangan yang tidak boleh ketinggalan untuk dibeli yaitu kopi Kintamani. Sesuai dengan namanya, kopi ini dibudidayakan di kawasan Kintamani, Bali.

Kopi dengan jenis arabika ini memiliki rasa yang khas yaitu rasa jeruk yang cukup kuat. Dengan rasa pahit yang rendah dan tingkat keasaman yang juga rendah, maka kopi ini cocok dicoba untuk kamu yang tidak terlalu suka kopi.

6. Salak Bali

Salak Bali

Jika kamu ingin memberi buah tangan yang langsung hasil dari alam, maka salak Bali merupakan pilihan yang tepat. Rasanya yang sangat manis dengan biji yang berukuran kecil, membuat salak Bali ini sering disebut sebagai salak gula pasir.

Tidak sulit untuk menemukan salak gula pasir ini. Kamu bisa menjumpai penjual salak Bali ini di pasar tradisional atau pasar modern. Harga salak Bali ini biasanya akan berubah-ubah disesuaikan dengan musim. Namun biasanya para penjual akan menjajakan salak Bali dengan harga sekitar Rp20.000.  Penasaran untuk mencoba?

 7. Gelang Tridatu Bali

Gelang Tridatu Bali

Gelang yang terbuat dari benang dengan aneka warna ini, merupakan salah satu gelang yang hampir wajib digunakan oleh masyarakat Bali. Selain hanya untuk aksesoris, gelang tri datu ini memiliki makna spiritual yang dalam. Gelang ini biasanya juga menjadi bagian dari upacara keagamaan yang dilakukan oleh masyarakat Bali.

Jika kamu ingin membeli gelang Tri datu khas Bali ini untuk souvenir, maka kamu tidak akan kesulitan. Karena banyak sekali toko-toko yang menjual gelang ini. Model dari gelang Tri datu ini juga sangat beragam. Mulai dari yang sederhana hingga yang sedikit mewah dengan tambahan manik-manik dan bebatuan yang mengkilap.

8. Kerajinan Perak Celuk

Kerajinan Perak Celuk

Di kawasan Gianyar, Bali, terdapat sebuah daerah yang bernama Celuk. Disinilah tempat tinggal masyarakat para pengrajin perak. Beragam jenis kerajinan perak yang di produksi oleh masyarakat Celuk, mulai dari anting-anting, cincin, gelang, kalung, bros dan beragam jenis perhiasan lainnya.

Selain hanya memproduksi perhiasan perak, para pengrajin Celuk ini juga memproduksi beragam patung, sendok dan garpu yang kemudian menjadi komoditi ekspor. Di desa Celuk ini juga, kamu bisa menyaksikan secara langsung proses pembuatan kerajinan-kerajinan perak ini dibuat mulai dari proses pemanasan, pemotongan sesuai desain, hingga finishing.

9. Kacang Bali

Kacang Bali

Salah satu camilan yang bisa kamu bawa sebagai oleh-oleh khas pulau Dewata Bali adalah kacang Bali. Yang membuat kacang Bali diburu sebagai buah tangan adalah karena rasanya yang gurih dan renyah. Selain itu, saat ini para produsen juga terus mengembangkan kacang Bali dengan varian rasa yang semakin beragam.

Kacang Bali yang dijajakan bisanya berupa kacang tanah, kacang kapri, kacang koro, dan kacang disco. Nah, kacang disco inilah yang menjadi salah satu buah tangan yang paling banyak dicari oleh wisatawan. kacang disco adalah kacang tanah yang diberi adonan tepung basah dan kering, kemudian digoreng. Setelah digoreng hingga renyah, kacang disco diberi taburan bumbu yang menambah cita rasa.

 10. Joger Bali

Joger Bali

Last but not least, produk-produk Joger. Banyak yang bilang, rasanya tidak afdol jika ke Bali tapi tidak mengunjungi Joger. Joger Bali adalah tempat yang sangat tepat jika kamu ingin membeli beragam jenis souvenir yang tidak akan membuatmu lupa pada Bali. Barang-barang yang disediakan di Joger Bali sangat beragam mulai dari kaos, tas, sepatu dan furniture lain yang unik dan sangat khas.

Meskipun kamu harus menyediakan budget lebih jika ingin berbelanja di Joger Bali, namun hal tersebut akan sebanding dengan pengalaman tersendiri yang kamu dapatkan. Yang membuat Joger Bali menjadi favorit para wisatawan adalah kata-kata unik dan lucu yang tertulis di kaos-kaos dan produk lain yang dijualnya.

Nah, itulah 10 daftar barang yang bisa kamu jadikan referensi jika kamu bingung harus membeli buah tangan apa untuk orang tercinta. Kamu bisa memilih mulai dari pakaian, aksesoris hingga makanan. Tentunya kamu juga harus menyesuaikan dengan budget yang kamu miliki ya. Jika kamu memiliki saran lain untuk buah tangan khas Bali yang harus dibeli, silakan tulis di kolom komentar ya.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram