7 Museum di Bogor yang Cocok Dijadikan Wisata Edukasi

Ditulis oleh Anggie Warsito - Diperbaharui 2 Juni 2021

Selain tempat wisata alam, tempat nongkrong, dan kuliner, Bogor ternyata punya banyak museum. Adanya museum di sana membuatmu bisa berwisata museum di Kota Hujan tersebut. Kalau kamu ingin wisata museum di Bogor, maka kamu tengah membaca artikel yang tepat. Soalnya, di sini Keluyuran akan memberikan sejumlah rekomendasi museum di Bogor. Berikut sejumlah rekomendasi museumnya, baca terus, ya!

1. Museum Zoologi Bogor

Museum Zoologi Bogor

* sumber: www.tribunnews.com

Ini adalah salah satu museum tertua di Bogor. Museum ini sendiri sudah ada sejak 1894 yang lalu. Di sini, kamu bisa melihat berbagai koleksi binatang awetan dan fosil beberapa binatang purba. Terdapat pula pelbagai koleksi spesimen, mulai dari mamalia, burung, hingga hewan invertebrate. Semua koleksi yang ada di sini tersusun rapi dan tersimpan di lemari-lemari kayu yang berkaca.

Salah satu koleksi yang menarik di sini adalah kerangka Ikan Paus Biru raksasa. Kerangka ini konon ditemukan di Pesisir Pameungpeuk, Garut, pada 1916 silam. Bisa dibilang ini adalah salah satu kerangka sekaligus penemuan besar yang pernah ditemukan para peneliti.

Sebelum menjadi museum seperti sekarang, museum ini dulunya ternyata pernah menjadi wadah penelitian di ranah Zoologi sejak zaman penjajahan Belanda. Saat itu, sejumlah penelitian terkait hewan pengganggu tanaman pertanian lazim dilakukan di sini. Seiring waktu, gedung ini pun bergonta-ganti fungsi, hingga menjadi sebuah museum seperti sekarang. Kalau kamu mau ke sini, datang saja ke Kebun Raya Bogor di Jalan Ir. H. Djuanda No. 13, Paledang, Bogor Tengah, Bogor.

2. Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia (Munasain)

Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia (Munasain)

* sumber: ngangsukawruh.com

Ini adalah pengembangan dari Museum Etnobotani. Museum ini diresmikan pada Agustus 2016 lalu. Mulanya, museum ini didirikan oleh mantan ketua LIPI, Dr. Sarwono Prawiroharjo. Di sini, kamu bisa melihat hubungan erat manusia (terutama di Indonesia) dengan alam di sekitar. Di sini, kamu pun bisa melihat sketsa kehidupan suku bangsa Indonesia di masa lampau.

Datanglah ke Jalan Ir. H. Juanda 22-24, Pusat Penelitian Biologi – Lipi, Paledang. Bogor, bila ingin mengunjungi museum ini. Kalau ingin ke sini, kamu harus mengeluarkan kocek Rp5 ribu untuk tiket masuk ke museum ini.

3. Museum Balai Kirti

Museum Balai Kirti

* sumber: www.beritahati.com

Museum ini letaknya persis di belakang Istana Kepresidenan RI, tepatnya, di Jalan Ir. H. Juanda No. 1, Paledang, Bogor Tengah, Bogor. Museum ini punya konsep yang modern dan dilengkapi dengan fasilitas yang cukup canggih. Di sini, kamu bisa melihat perjalanan presiden-presiden RI, mulai dari presiden pertama hingga yang sekarang. Museum ini bisa dikunjungi oleh siapa pun. Asalkan, kamu mengajukan surel (email) ke pihak pengelola museum ini.

4. Museum Perjuangan Bogor

Museum Perjuangan Bogor

Museum ini letaknya ada di Kampung Patung Jambu, tepatnya, di Jalan Merdeka No. 56, Ciwaringin, Bogor Tengah, Bogor. Ada sejarah cukup panjang di balik berdirinya museum ini. Dahulu, museum ini adalah sebuah gudang barang milik Wihelm Sustaff Wissner. Seiring waktu, bangunan tersebut mengalami pergantian fungsi.

Pada 17 Agustus 1958, gedung tersebut diresmikan sebagai gedung Museum Perjuangan Bogor, seperti yang kita lihat saat ini. Di sini, kamu bisa melihat berbagai benda-benda peninggalan zaman perang kemerdekaan. Mulai dari senapan hingga mata uang zaman dulu, bisa kamu lihat di sini.

5. Museum Lulu Bogor

Museum Lulu Bogor

* sumber: www.heibogor.com

Bisa dibilang kalau museum Lulu adalah museum kontemporer di Bogor. Koleksi yang ada di dalam museum ini sama seperti yang ada di Museum Mata Trick Eye. Maka tak mengherankan, bila kamu bisa menemukan spot tiga dimensi yang cocok dipakai untuk latar berfoto.

Yang membedakan museum ini dengan Mata Trick Eye adalah adanya sejumlah koleksi lukisan. Lukisan-lukisan di sini tergolong lucu dan sangat 3D sekali. Salah satu lukisan lucu di sini adalah lukisan tiga ekor sapi yang mengintip empat buah urinoir. Kamu tertarik? Datang saja ke Jalan Raya Puncak – Cianjur No. 412, Cilember, Cisarua, Bogor.

6. Museum Pejuang Tanah Air (PETA)

Museum Pejuang Tanah Air (PETA)

* sumber: cagarbudaya.kemdikbud.go.id

Sesuai namanya, museum satu ini adalah museum tribute untuk para pejuang yang tergabung di PETA. Museum ini pertama kali dibangun pada 14 November 1993. Dua tahun setelahnya (18 Desember 1995), museum ini pun resmi berdiri dan diresmikan oleh presiden Indonesia saat itu, Soeharto.

Di sini, kamu bisa melihat sejumlah koleksi barang yang berkaitan dengan PETA. Salah satu koleksi yang menonjol di sini adalah koleksi senjata yang merupakan senjata yang dipakai tentara PETA saat itu.

Ada sejarah cukup menarik di balik berdirinya museum ini. Di zaman dulu, gedung museum ini mulanya adalah rumah tinggal bagi para pengawal dan pegawai gubernur jenderal, terutama di masa kolonial. Saat Jepang datang dan menjajah negara kita, gedung itu pun berubah fungsi menjadi pusat pendidikan tentara PETA.

Setelah Indonesia merdeka, gedung ini mulai bergonta-ganti fungsi, mulai dari menjadi markas Depot Troepen Zeni; hingga menjadi Pusat Pendidikan Zeni Angkatan Darat. Di 1993, Yayasan Pembela Tanah Air (YAPETA) mengusulkan agar gedung tersebut menjadi museum khusus PETA. Dan akhirnya, gedung itu pun menjadi Museum PETA seperti saat ini.

Kalau kamu ingin ke sini, bisa datang langsung ke Jalan Jenderal Sudirman No. 35, Pabaton, Bogor Tengah Bogor. Museum ini hanya buka di hari kerja (Senin – Jumat) dari pukul 8 pagi hingga 4 sore.

7. Museum Tanah

Museum Tanah

* sumber: www.ayobogor.com

Ini adalah salah satu museum di Bogor yang berkonsep unik. Bagaimana tidak, hanya di museum inilah kita bisa melihat berbagai koleksi jenis-jenis tanah yang ada. Selain tanah, museum ini juga memiliki pelbagai jenis peralatan yang dipakai untuk meneliti tanah dan bebatuan. Terdapat pula sejumlah alat peraga yang berkaitan dengan hal-hal pertanahan.

Museum yang buka sejak 1974 ini dulunya masih satu gedung dengan Kantor Balai Besar Sumber Daya Alam (SDM) dan sejumlah kantor lainnya. Di interval 2013-2017, museum ini pun direnovasi dan dipindahkan ke sebuah gedung yang terpisah dari Kantor Balai SDM dan kantor lainnya.

Seusai direnovasi, museum ini koleksinya makin rapi dan terjaga. Selain itu, tata ruang museum ini lebih bercahaya dan Instagramable. Datanglah ke Jalan Ir. Haji Djuanda No. 98, Gudang, Bogor Tengah, Bogor, bila ingin ke museum ini. Museum ini sendiri buka tiap Senin s.d. Jumat, mulai pukul 9 pagi hingga 4 sore. Kamu tak perlu membeli tiket masuk, karena kamu bisa masuk ke museum ini secara gratis.

Selain tempat wisata di Bogor dan kulineran makanan khas Bogor, kamu ternyata juga bisa berwisata museum kala di Bogor nanti. Dan, sejumlah rekomendasi museum di atas bisa menjadi referensi yang baik untuk kamu yang hendak berwisata museum di Bogor nanti. Selamat berwisata, ya!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram