Sebelum Liburan ke Pangandaran, Yuk Simak Tips Ini Dulu!

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 7 Desember 2021

Pantai Pangandaran merupakan sebuah pantai yang menghadap ke Samudra Hindia. Pantai ini berbentuk tanjung yang landai yang menjorok ke laut. Dengan adanya tanjung ini, gelombang di pantai menjadi lebih tenang dan memudahkan nelayan mencari ikan di laut.

Pangandaran juga merupakan tempat penyimpanan perahu. Dari sinilah Pangandaran disebut pula dengan istilah andar. Pangandaran terbagi menjadi dua kawasan wisata populer, yaitu sisi timur yang merupakan kawasan nelayan dan ujung selatan yang berupa kawasan konservasi Hutan Pananjung, rumah bagi satwa liar yang langka dan bunga rafflesia.

Tertarik pergi ke salah satu pantai paling cantik di selatan Pulau Jawa ini? Berikut ini kami siapkan tips yang bisa kamu ikuti untuk berlibur ke tempat eksotik ini.

Baca juga: Mau Liburan Berkesan? Inilah 7 Tips Liburan Murah ke Flores!

1. Tentukan Waktu Kunjungan

Tentukan Waktu Kunjungan

Pantai Pangandaran adalah salah satu pantai yang bisa dikunjungi kapan saja. Namun, sebagai tempat yang masih kental dengan budayanya, di kawasan wisata populer ini punya waktu-waktu khusus di mana suasana lebih meriah dan ada pertunjukan yang menarik.

Jika ingin mendapatkan momen berlibur yang lebih dari sekadar bersenang-senang, tips pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari waktu kunjungan yang bertepatan dengan momen khusus di pantai ini.

Kamu bisa berkunjung ke Pangandaran pada saat diadakannya festival layang-layang internasional, upacara ritual hajat laut dan Kliwonan. Pada momen-momen tersebut Pangandaran menjadi lebih meriah.

Penyelenggaraan upacara tersebut biasanya dibewarakan melalui media sosial dan surat kabar online nasional dan lokal. Sebelum berkunjung ke Pangandaran, ada baiknya mencari infor terbaru seputar Pangandaran terlebih dahulu.

2. Tentukan Transportasi yang Nyaman 

Tentukan Transportasi yang Nyaman 

Selanjutnya, menentukan jenis transportasi. Perihal transportasi, untuk menuju ke Pangandaran tidaklah sulit. Destinasi wisata ini mempunyai akses yang sangat mudah. Selain itu, insfrastrukturnya pun sudah baik sehingga wisatawan tidak akan kesulitan untuk menjangkau tempat. Ini.

Ada beberapa moda transportasi yang bisa membawamu ke tempat ini, di antaranya adalah bus. Banyak perusahaan bus yang membuka jalur ke Pangandaran. Jika kamu naik bus, kamu akan diturunkan di Terminal Pangandaran. Lalu, lanjutkan dengan naik angkot ke penginapan.

Jika tidak suka naik bus, kereta api bisa jadi alternatif transportasi menuju ke Pangandaran. Ambil KA jurusan Banjar, lalu lanjutkan perjalanan dengan menaiki angkot sampai ke Terminal Pangandaran.

Terakhir, ada pesawat yang menjadi pilihan transportasi yang paling cepat, hanya butuh 45 menit. Ambil penerbangan jurusan Jakarta-Pangandaran dengan pesawat Cessna Susi air. Transportasi lainnya yang bisa kamu gunakan adalah mobil dan motor pribadi.

3. Pilih Akomodasi

Pilih Akomodasi

Akomodasi di Pangandaran merupakan salah satu hal yang menarik dari objek wisata ini. Di tempat ini terdapat banyak penginapan beragam tipe dan fasilitas yang ditawarkannya. Lokasi hotelnya tidak begitu jauh dari pantai. Lokasi seperti ini memberikan keuntungan dari segi kenyamanan.

Sambil beristirahat, kamu bisa menikmati Samudra Hindia yang tenang. Hal menarik lainnya lagi adalah tarif yang ekonomis. Biaya penginapan berupa guesthouse rata-rata Rp50.000 – Rp110.000 per malam.

Untuk hotel yang lengkap dengan AC, tarif per malamnya mulai dari Rp100.000, plus sarapan dan teh atau kopi. Beberapa penginapan menawarkan layanannya penyewaan motor, mobil dan speed boat untuk wisatawan yang ingin menjelajahi pantai.

4. Sewa Kendaraan Selama di Pangandaran

Sewa Kendaraan Selama di Pangandaran

Pangandaran merupakan sebuah objek wisata dengan banyak titik-titik wisata yang indah. Selain bermain pasir atau berenang di pantainya, Pangandaran punya objek lain di sekitarnya yang jaraknya berjauhan.

Ketika sampai di Pangandaran, jangan lupa mengunjungi tempat-tempat seperti Citumang dan Green Canyon atau Cukang Taneuh yang menawarkan wahana rafting, Taman Wisata Pananjung, Curug Taringgul, Pantai Karapyak, Sungai Tubing Santirah, dan Museum Pangandaran.

Jika kamu ingin liburan yang lebih unik lagi, kamu bisa lakukan perjalanan menelusuri kampung adat, menikmati kuliner tradisional, bertualang seru dengan air soft gun, wisata sunset paddling dan masih banyak lagi wisata lainnya yang seru.

Nah, untuk menjangkau tempat-tempat ini, kamu tidak mungkin jalan kaki. Sebaiknya gunakan jasa penyewaan kendaraan. Di Pangandaran, ada jasa sewa motor dan mobil serta sepeda yang disediakan bagi wisatawan untuk berkeliling.

Tarifnya bermacam-macam. Tarif sepeda adalah sekitar Rp25.000/hari. Sementara motor disewakan sekitar Rp50.000/hari, di luar biaya bahan bakar. Untuk mobil, harga sewanya bergantung pada jenis mobil yang digunakan yang dimulai dengan harga Rp400.000 per 12 jam.

5. Buat Rencana Perjalanan dan Tentukan Destinasinya

Buat Rencana Perjalanan dan Tentukan Destinasinya

Sempat disinggung di atas bahwa objek wisata di Pangandaran itu berada di titik-titik yang berjauhan. Untuk menjangkaunya dibutuhkan kendaraan tertentu dari mulai sepeda sampai perahu.

Nah, jika kamu ingin liburanmu lebih efisien, buatlah rencana perjalanan sederhana yang berisi rute perjalananmu. Rencana perjalanan dengan destinasi wisata yang jelas akan menjadi panduanmu dalam berlibur sehingga kamu bisa memperhitungkan waktu di perjalanan untuk menjangkau lokasinya, durasi bersenang-senang selama berlibur.

6. Sesuaikan Perbekalan Selama Berlibur

Sesuaikan Perbekalan Selama Berlibur

Sebelum berangkat, mempersiapkan bekal selama berlibur adalah hal yang wajib kamu lakukan. Susun barang yang akan kamu bawa dan perhatikan manfaatnya. Bawa barang yang sangat kamu butuhkan, lalu sesuaikan jumlahnya.

Ingat! Pangandaran adalah kawasan tropis, jadi pilih pakaian yang tidak terlalu tebal dan berbahan adem yang nyaman dikenakan. Persiapkan juga baju renang, kacamata dan peralatan lainnya seperti peralatan mandi dan produk kecantikan, jika diperlukan.

Lengkapi perbekalan dengan P3K mini yang berisi obat-obatan pribadi. Bawa juga tas khusus yang akan digunakan untuk memisahkan baju kotormu dengan baju bersih.

7. Selalu Waspada Ketika di Pantai

Selalu Waspada Ketika di Pantai

Bahaya itu tidak mengenal waktu dan tempat. Lengah sedikit, kita bisa tertimpa hal yang tidak diinginkan, baik itu kecelakaan atau hal lainnya, tidak terkecuali saat kamu berlibur di Pangandaran.

Pastikan kamu selalu waspada terhadap lingkungan sekitar. Jangan kenakan perhiasan mencolok yang akan mengundang kejahatan. Tempatkan pula barang bawaanmu di tempat yang aman. Jika dirasa perlu, sewa loker di kawasan wisata untuk menyimpan barang bawaanmu.

Pilih barang yang sekiranya akan dibutuhkan selama menjelajahi Pangandaran, misalnya dompet, air minum dan ponsel saja. Tinggalkan barang lainnya di penginapan.

8. Bawa Tabir Surya dan Losion Anti Nyamuk

Bawa Tabir Surya dan Losion Anti Nyamuk

Kawasan wisata Pangandaran merupakan tempat yang masih asri di mana di sini banyak tetumbuhan tinggi dan suasana yang masih asri. Pemandangan seperti ini memang memanjakan mata, namun ada hal yang harus kamu hadapi di tempat ini, yakni nyamuk-nyamuk yang ganas.

Sebagai kawasan pantai tropis, nyamuk-nyamuk di Pangandaran besar-besar dan gigitannya tidak hanya meninggalkan sensasi gatal, melainkan juga panas. Oleh sebab itu, lengkapi perbekalanmu dengan anti nyamuk, baik itu yang berbentuk lotion atau spray.

Untuk siang hari, aplikasikan tabir surya secara berkala. Re-apply produknya setelah 4-5 jam untuk melindungi kulit dari sinar UV yang bisa merusak kulit.

9. Sediakan Uang Tunai Secukupnya

Sediakan Uang Tunai Secukupnya

Tips selanjutnya adalah berhubungan dengan uang dan bekal. Meskipun Pangandaran adalah objek wisata populer yang telah dikembangkan puluhan tahun yang lalu, namun tempat ini tidak dilengkapi dengan ATM yang bisa kamu temukan di setiap sudut Pangandaran.

ATM hanya ada di tempat-tempat tertentu yang lokasinya cukup jauh dari kawasan wisata. Nah, daripada repot dengan urusan uang, pastikan kamu menyiapkan uang tunai yang cukup selama di tempat ini.

Siapkan pula dana tidak terduga untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan selama berlibur di Pangandaran. Dana ini akan jadi penyelamatmu saat kamu bertemu dengan hal lain di luar ekspektasi.

10. Gunakan Jasa Pemandu Wisata

 Gunakan Jasa Pemandu Wisata

Jika kamu ingin berlibur di Pangandaran dengan tujuan mengenal lokasi ini lebih detail, gunakanlah jasa pemandu wisata. Mereka akan menemani perjalananmu dan menunjukan lokasi-lokasi menarik dengan informasi yang lebih lengkap.

Selain itu, mereka akan menjadi penyambung lidah yang efektif terutama bagi kamu yang sama sekali tidak berbahasa Sunda. Pasalnya mayoritas masyarakat Pangandaran berasal dari suku Sunda di mana mereka menggunakan Bahasa Sunda dalam percakapan sehari-harinya.

Untuk bisa mendapatkan jasa pemandu wisata, kamu bisa hubungi agen wisata yang ada di Pangandaran. Selain itu, Paguyuban Pemandu Wisata Pangandaran juga menyediakan informasi seputar pemanduan yang kamu butuhkan.

Jika kamu tidak sempat menghubungi agen perjalanan, kamu bisa mendapatkan jasa pemanduan dari pengelola tempat wisata setempat.

Nah, itulah 10 tips berlibur ke Pangandaran yang bisa kamu lakukan sebagai bagian dari persiapan liburan. Persiapan yang matang akan membuat perjalananmu lebih terarah. Berlibur ke Pangandaran banyak menawarkan keseruan yang membuat liburanmu mengasyikan. Jadi, buatlah persiapan yang matang dan menyeluruh.

Jadi, siap berlibur ke pantai yang indah dengan pasir pantainya yang lembut? Nikmati waktu berhargamu dengan teman dan orang yang kamu sayangi agar liburanmu lebih berkesan. Selamat menikmati liburan di Pangandaran.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram