10 Oleh-Oleh Khas Indonesia yang Cocok untuk Orang Asing

Ditulis oleh - Diperbaharui 13 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Membawa oleh-oleh atau buah tangan merupakan tradisi yang biasa dilakukan oleh hampir semua orang di berbagai belahan dunia. Oleh-oleh bisa jadi berbentuk makanan, souvenir, miniatur, atau benda-benda lainnya. Berbagai daerah di muka bumi ini memiliki perbedaan iklim, suhu, kebiasaan, dan sumber daya sehingga masing-masing daerah memiliki ciri khasnya masing-masing.

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki banyak sekali sumber daya alam yang berbeda-beda disetiap daerahnya. Dengan sumber daya alam tersebut, masyarakat lokal dapat memanfaatkannya menjadi sesuatu yang khas dan menjadikannya icon tersendiri bagi daerah tersebut. Dengan ini, maka pariwisata di Indonesia akan semakin maju dan meningkat.

Dengan ragam daerah yang berbeda-beda, maka berbagai macam buah tangan dapat kamu temukan berbeda-beda pula disetiap daerahnya yang merupakan sesuatu yang khas dan cocok dijadikan oleh-oleh terutama para wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia. Kira-kira apa saja buah tangan khas Indonesia yang cocok untuk dibawa oleh orang asing saat berkunjung ke Indonesia? Simak informasi lengkap dari Keluyuran ini, yuk!

10 Oleh-Oleh Terbaik Khas Indonesia

1. Batik

Batik Oleh-oleh Khas Indonesia

* sumber: www.ellydastore.com

Batik merupakan kain khas Indonesia yang memiliki gambar serta corak yang indah dan unik. Kain batik ini dibuat dengan teknik khusus yang memerlukan keterampilan serta ketelitian atau yang biasa disebut membatik. Pembuatannya cukup sulit dan membutuhkan waktu yang lama agar kain batik dapat selesai dengan sempurna.

Kain batik sendiri memiliki berbagai macam corak yang indah dan penuh makna. Batik ini merupakan warisan para leluhur yang turun temurun hingga saat ini dan telah dicatat oleh UNESCO sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi.

Jenis batik sangatlah beragam diantaranya adalah batik keraton, batik petani, batik mukti, batik jagad, batik kawung, dan masih banyak lagi. Batik ini sangat cocok dijadikan sebagai oleh-oleh untuk para wisatawan asing karena memiliki nilai seni yang tinggi dan merupakan seni khas dari Indonesia.

2. Wayang

Wayang

* sumber: bisniswisata.co.id

Wayang adalah sebuah benda khas Indonesia berupa boneka yang sering dipertontonkan kepada masyarakat secara umum. Wayang sendiri dapat berupa wayang orang, wayang kayu, wayang bambu, wayang motekar, wayang rumput, dan wayang kulit jika dibedakan berdasarkan materialnya.

Budaya wayang ini merupakan budaya khas Indonesia yang berkembang di Pulau Jawa dan Bali. Selain di Pulau Jawa dan Bali, kemudian wayang ini menyebar ke daerah Sumatra dan Semenanjung Malaya. Wayang ini tak lain merupakan budaya khas yang dipengaruhi oleh unsur Jawa dan Hindu.

Pada tahun 2003, UNESCO mengakui wayang sebagai warisan mahakarya dunia karena memiliki keunikan tersendiri sehingga sangat cocok jika wayang dijadikan sebagai oleh-oleh khas Indonesia untuk orang asing yang berkunjung. Wayang-wayang yang terkenal di Indonesia diantaranya adalah Semar, Hanoman, Gatotkaca, dan masih banyak lagi.

3. Kopi

Kopi

* sumber: prakteklifestyle.blogspot.com

Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam. Salah satunya adalah kopi. Berbagai macam jenis kopi yang tidak bisa ditemukan di luar negeri dapat ditemukan hanya di Indonesia. Kopi khas Indonesia yang sangat populer hingga ke luar negeri diantaranya adalah kopi luwak, kopi gayo, kopi Toraja, dan kopi Wamena.

Kopi-kopi ini memiliki rasa khas yang nikmat disantap terutama oleh para pecinta kopi di berbagai belahan dunia. Apalagi saat ini teknologi semakin maju sehingga kopi-kopi ini dapat dikemas sedemikian rupa dan sangat cocok dijadikan buah tangan oleh para orang asing ketika ia kembali ke negaranya setelah mengunjungi Indonesia.

4. Sambal Khas

Sambal Khas

* sumber: resephariini.com

Selain kaya akan jenis kopi yang tumbuh di dalamnya, Indonesia juga banyak menyimpan kekayaan rempah-rempah khas di berbagai daerahnya yang sering dimanfaatkan sebagai bumbu khas diantaranya adalah sambal yang berbahan dasar cabai dan memiliki rasa pedas yang khas dan lezat untuk disantap.

Bukan hanya satu sambal saja, berbagai macam jenis sambal khas dapat ditemukan di Indonesia yang tentu saja kelezatannya tak diragukan lagi. Sambal-sambal tersebut diantaranya adalah sambal terasi, sambal cabe ijo, sambal pete, sambal kecap, sambal matah, dan masih banyak lagi.

Sambal ini terbuat dari rempah-rempah yang dipadukan menjadi sebuah hidangan lezat dan memiliki cita rasa khas Indonesia. Tentu saja sangat cocok dijadikan sebagai oleh-oleh untuk para wisatawan asing terutama para wisatawan yang berasal dari daerah beriklim dingin karena fungsi sambal diantaranya dapat menghangatkan tubuh.

5. Miniatur Khas

Miniatur Khas

* sumber: perlengkapan-wisuda.blogspot.com

Souvenir berupa miniatur khas Indonesia juga bisa dijadikan sebagai buah tangan bagi para wisatawan asing karena beberapa miniatur khas Indonesia memiliki keunikan tersendiri baik dari segi bentuk ataupun bahan pembuatannya. Souvenir-souvenir ini dapat dijumpai di berbagai tempat wisata di Indonesia seperti di Monas, Jakarta.

Miniatur ini biasanya dibuat menyerupai bangunan ataupun benda-benda khas Indonesia dalam ukuran mini baik berupa gantungan kunci ataupun pajangan 3 Dimensi lainnya. Selain unik, miniatur khas ini memiliki harga yang relatif murah meriah sehingga menjadi keunggulan lebih bagi para wisatawan asing untuk membelinya sebagai oleh-oleh.

6. Teh

Teh

* sumber: www.katariau.com

Teh juga merupakan tanaman yang banyak ditemukan di Indonesia. Apalagi salah satu jenis teh Indonesia termasuk pada jenis teh terbaik dunia. Jenis teh apa itu? Ya, teh hitam kayu aro merupakan salah satu teh terbaik dunia yang disandingkan dengan beberapa teh terbaik lainnya seperti teh sencha dari Jepang dan teh putih fujian dari Cina.

Selain teh kayu aro, masih banyak lagi jenis teh yang dapat ditemukan di Indonesia dan tak kalah saing soal rasa diantaranya adalah teh hitam, teh oolong, teh hijau, dan teh melati. Teh-teh tersebut telah mendunia karena aromanya yang khas sehingga cocok dijadikan buah tangan bagi para wisatawan asing.

7. Olahan Makanan Khas

Olahan Makanan Khas

* sumber: agustinaelvira.wordpress.com

Beragam olahan makanan khas yang lezat dapat ditemukan di Indonesia. Bahkan, tahukah kamu bahwa makanan yang paling lezat di dunia berasal dari Indonesia? Ya, rendang. Rendang ini merupakan makanan khas padang yang berhasil menyandang gelar makanan terlezat dunia karena memang memiliki rasa yang sangat lezat di lidah.

Masakan Indonesia dibuat menggunakan rempah-rempah khas yang tentu saja menjadikan makanan Indonesia sangat lezat dan disukai oleh banyak orang. Makanan olahan khas Indonesia lainnya yang bisa dijadikan oleh-oleh diantaranya adalah Bakpia, Telur asin, Bika Ambon, pempek, dan masih banyak lagi. Wah, kaya sekali ya Indonesia ini.

8. Kain Tenun

Kain Tenun

* sumber: www.tradisikita.my.id

Indonesia juga terkenal akan kerajinan kainnya yang telah mendunia. Masyarakat Indonesia secara turun-temurun memiliki kesenian berupa menenun kain di berbagai daerah. Kain-kain ini memiliki kualitas yang sangat baik sehingga mampu bersaing dengan kain-kain yang dijual di berbagai belahan dunia.

Kain tenun yang sangat populer di Indonesia yang sudah mendunia diantaranya adalah kain songket khas Sumatra yang memiliki kualitas tinggi dan motif yang sangat indah. Tak heran jika kain ini banyak digemari oleh para wisatawan lokal maupun asing dan cocok dijadikan sebagai buah tangan.

9. Pahatan Kayu

Pahatan Kayu

* sumber: www.mebelkamal.com

Kerajinan dengan teknik memahat juga banyak dikembangkan di berbagai daerah di Indonesia pada beberapa macam material. Biasanya teknik ini digunakan pada kayu dalam membuat beragam kerajinan seperti topeng, dan pajangan dinding.

Harga yang diberikan pun beragam tergantung pada kesulitan pembuatannya. Semakin sulit cara membuatnya, maka semakin fantastis pula harga yang ditawarkan. Akan tetapi, jangan khawatir dengan kualitasnya karena kayu khas Indonesia memiliki kualitas yang cukup baik sehingga tak akan mengkhianati harga yang ditawarkan.

10. Kerajinan Kulit

Kerajinan Kulit

* sumber: takaitu.com

Selain kerajinan berbahan kayu dengan berbagai macam tekniknya, Indonesia juga memiliki kerajinan kulit dengan kualitas yang sangat baik. Kerajinan kulit khas Indonesia yang sudah terkenal yaitu Kerajinan kulit khas Jombang, Jawa Timur yang mampu bersaing dengan kerajinan kulit yang dijual di pasar Internasional.

Kerajinan kulit ini dapat berupa tas, sepatu, sabuk, dan barang-barang lainnya. Selain kualitasnya yang sangat baik, kerajinan kulit ini memiliki keunikan tersendiri sehingga cocok dijadikan sebagai oleh-oleh bagi para wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia terutama pecinta fashion.

Inilah Indonesia, negeri yang kaya akan sumber daya alam sehingga berpotensi besar menjadikan Indonesia sebagai negara maju bersaing dengan negara-negara lainnya di berbagai belahan dunia. Maka dari itu, kita sebagai masyarakat Indonesia harus mencintai dan menjaga keutuhan negara sebaik-baiknya agar keutuhannya tetap terjaga.

Selain itu, kita juga harus terus mengembangkan berbagai macam buah tangan khas Indonesia agar terus lestari dan dapat dikenal oleh banyak orang dan dunia. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi kita semua dan bisa menjadi referensi untuk mencari oleh-oleh khas Indonesia. Jika Anda berdomisili di Bandung dan ingin mencari oleh-oleh khas kota tersebut, kunjungi artikel pusat oleh-oleh di Bandung yang murah dan populer.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *