9 Tempat Berkemah di Lembang yang Sejuk untuk Liburan

Lembang merupakan daerah yang terkenal akan kesejukan udaranya dan juga sering digunakan sebagai tempat liburan karena memiliki tempat-tempat wisata alam. Satu wisata alam yang asyik untuk dilakukan adalah berkemah, apalagi jika dilakukan bersama-sama dengan keluarga atau juga bersama dengan teman-teman.

Tempat perkemahan di Lembang menawarkan tempat-tempat yang menarik, dari berkemah di puncak gunung atau juga berkemah di hutan di antara pepohonan pinus. Berikut ini adalah beberapa tempat di Lembang yang dapat kamu jadikan referensi liburan berkemah bersama keluarga atau juga teman-teman. Setiap tempatnya pastinya istimewa dan juga asyik.

Baca juga: Ayo Coba Keliling Dunia di The Great Asia Africa Bandung!

1. D-CAMP Cibodas Alam Madani Park

  • Lokasi: Ds. Cibodas, Kec. Lembang, Kab, Bandung Barat, Jawa Barat
  • Jam Operasional: 07.00-17.00 WIB
  • Paket Wisata: Rp100.000

Camping ground yang satu ini berada di Lembang tepatnya berada di Desa Cibodas. Tempat berkemahnya sangat digemari sebagai tempat wisata outing atau juga gathering yang biasa dilakukan perusahan-perusahaan. Lokasi dari tempat berkemahnya berada di dataran tinggi, sehingga udaranya terasa sejuk, segar, dan tentu saja bersih.

Tempatnya sangat cocok untuk bersantai dan melepas penat ditemani dengan hijaunya alam sekitar. Lokasinya benar-benar membuat kamu menjadi bagian dari alam.

Tempat menginapnya terdapat dua tipe yaitu tenda dan barak. Aktivitas yang dapat kamu lakukan di sini juga beragam dari kegiatan di air dan juga kegiatan di gunung, dari tubbing di sungai hingga trekking di kawasan hutannya.

2. Cikole Jayagiri Resort

Cikole Jayagiri Resort
  • Lokasi: Jl. Tangkuban perahu KM.28 No. 147 Cikole. Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • HTM: Rp20.000/ orang

Tempat perkemahan ini dahulunya dikenal dengan nama Buper atau Bumi Perkemahan Cikole. Saat ini mungkin tempat ini terkenal dengan wisata glampingnya atau glamorous camping-nya. Perubahan tersebut terjadi di saat area ini dikelola oleh Perhutani pada tahun 2010, yang awalnya Cikole Camping Ground menjadi Cikole Jayagiri Resort.

Di area camping ground-nya para pengunjung dapat langsung memarkir kendaraannya di area berkemah tempat pengunjung akan mendirikan tenda. Kamu tidak perlu lagi repot memindahkan barang dari kendaraan menuju area camping. Tempat mendirikan tendanya pun sangat asyik karena masih dipenuhi dengan pepohonan pinus.

3. Green Grass Cikole

Green Grass Cikole
  • Lokasi: Cikole, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat
  • Jam Operasional: 24 jam
  • HTM: Rp20.000/orang

Lokasi dari Green Grass Cikole tidak jauh dari camping ground Cikole Jayagiri Resort. Camping ground di sini juga dipenuhi dengan pohon pinus yang masih rapat disertai dengan padang rumput nan hijau yang menghampar.

Sama seperti Cikole Jayagiri, para pengunjung yang ingin berkemah dapat langsung membawa kendaraannya langsung ke area berkemah dan langsung mendirikan tendanya.

Semua barang bawaan dapat kamu bongkar langsung di area berkemah, praktis bukan? Area dari Green Grass Cikole ini sekitar 24 hektar yang dipenuhi pohon pinus.

Karena areanya luas, maka area berkemahnya pun dibagi menjadi 4 blok. Jika kamu tidak memiliki peralatan berkemah, kamu tidak perlu khawatir, pengelola telah menyediakan tenda untuk disewakan.

4. Gunung Batu Lembang

  • Lokasi: Jl. Dago Giri No.134, Langensari, Lembang, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • HTM: Gratis

Tempat berkemah yang satu ini berada di alam bebas, tepatnya berada di sebuah dinding batu alam yang sangat besar, dan lokasinya merupakan sebuah taman nasional. Letak dari tempat berkemahnya berada di ketinggian 1228 mdpl, yang merupakan puncak dari gunungnya. Di sini tidak terdapat pepohonan hanya lumut dan ilalang saja.

Tempat berkemah yang satu ini tentunya ditujukan untuk mereka yang senang berpetualang karena tempatnya harus dijangkau dengan mendaki. Daya tarik dari tempat berkemah Gunung Batu adalah lanskap dari pegunungannya di saat matahari terbit terlihat sangat indah, momen yang tidak boleh kamu lewatkan.

Selain itu tempat yang satu ini tidak dipenuhi oleh pengunjung, cocok untuk orang yang ingin menyepi dan merenung. Keindahan lanskap Kota Bandung yang dikelilingi gunung-gunung terlihat luar biasa dilihat dari sini.

5. Natural Hill Lembang

Natural Hill Lembang
  • Lokasi: Jl. Kolonel Masturi Belakang Pom Bensin Sukajaya RT 02/06, Ds. Sukajaya, Lembang, Kertawangi, Cisarua, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat
  • Jam Operasional: 08.00-18.00 WIB
  • HTM: Rp10.000/orang

Natural Hill sendiri merupakan sebuah destinasi wisata alam yang terdapat di Lembang, tepatnya tidak hanya mengkhususkan untuk arena berkemah.

Tempat wisata alam ini menyediakan sebuah area yang dapat dipergunakan sebagai tempat untuk berkemah. Mereka memiliki area berkemah yang cukup luas yang lengkap dengan semua aktivitas yang berkaitan dengan alam.

Natural Hill juga menyediakan tenda yang dapat disewa dengan berbagai ukuran termasuk dengan peralatan tidurnya yaitu sleeping bag dan juga peralatan memasak. Biaya sewanya pun terbilang cukup terjangkau. Tempatnya sangat cocok untuk kegiatan gathering yang biasa dilakukan oleh perusahaan-perusahaan.

6. Terminal Wisata Grafika Cikole

Terminal Wisata Grafika CikoleSumber: idntimes.com
  • Lokasi: Jl. Raya Tangkuban Perahu Km 8, Ds. Cikole, Kec. Lembang, kab. Bandung Barat, Jawa Barat
  • Jam Operasional: 07.00-16.00 WIB

Terminal Wisata Grafika Cikole atau biasa disingkat dengan nama TWGC mungkin lebih dikenal dengan wisata glampingnya. Huniannya berupa kabin yang mewah dengan semua fasilitasnya yang amat nyaman. Tetapi TWGC juga menyediakan sebuah camping ground yang dapat digunakan untuk kegiatan sekolah atau juga perusahaan.

Mereka menyediakan tenda dome yang dapat disewa dengan harga sekitar Rp460.000 untuk sebuah tenda yang dapat diisi oleh 4 orang. Selain itu kamu juga akan mendapat kasur dengan 4 buah sleeping bag, air mineral serta mie instan yang disediakan oleh pengelola. Ada juga api unggun yang dapat dinikmati bersama-sama di saat malam telah larut.

7. Gunung Putri

  • Lokasi: Jl. Gunung Putri No.184, Jayagiri, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • HTM berkemah: Rp22.000

Gunung Putri merupakan gunung yang menurut mitosnya adalah gunung yang memiliki kaitan erat dengan legenda Tangkuban Perahu. Daya tarik dari berkemah di Gunung Putri tentu saja panorama alam dari ketinggian yang menakjubkan. Pada malam hari dari atas gunung ini kamu dapat melihat taburan cahaya lampu di Kota Bandung yang indah, terutama di saat cuaca terang.

Sunrise merupakan momen yang juga jadi daya tarik dari berkemah di Gunung Putri, melihat matahari terbit yang dihiasi dengan hamparan awan putih yang menutupi seluruh kota memberikan nuansa yang ajaib. Selain itu hutan pinus di sekitar perkemahan yang diselimuti kabut membuat suasananya terasa misterius dan terasa aura mistisnya.

8. Jungle Milk Jayagiri

  • Lokasi: Genteng, Jayagiri, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 
  • Jam Operasional: 09.00-05.00 WIB
  • HTM: Rp60.000-Rp240.000

Tempat berkemah ini merupakan tempat berkemah yang private. Konsep private yang diusung oleh mereka adalah jumlah pengunjung di perkemahannya dibatasi, sehingga orang yang berencana berkemah di tempat ini harus melakukan reservasi terlebih dahulu satu hari sebelumnya. Jumlah tenda per-harinya hanya sekitar 20 tenda, dengan jumlah orangnya sekitar 65 orang.

Ada tiga jenis paket yang ditawarkan di sini yaitu, camping mandiri diperuntukan pengunjung yang membawa peralatan sendiri, camping manja diperuntukan untuk pengunjung yang menggunakan tenda yang telah disediakan pengelola, sedang yang dapat membawa mobil sendiri disebut dengan camper van, tendanya dapat didirikan di dekat memarkirkan mobil.

9. Wilhelmina Camp Pal 16

  • Lokasi: Jl. Raya Tangkuban Parahu, kec. Lembang, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat
  • Jam Operasional: 08.00-17.00 WIB
  • HTM: Rp10.000

Tempat berkemah Wilhelmina Camp berada di kawasan wisata Hutan Pinus Pal 16. Awalnya tempat ini merupakan sebuah tempat rest area bagi orang yang akan bepergian ke daerah Subang, jadi tempatnya hanya sebagai tempat transit saja. Tetapi orang senang mampir kemari karena Keindahan dari hutan pinus yang masih alami.

Tarif berkemah di sini terbilang cukup mahal, tetapi kamu akan mendapatkan berbagai fasilitas berupa tenda dome yang dapat diisi oleh 4 orang, lalu terdapat matras, sleeping bag, mi cup, dan juga kayu bakar. Aktivitas yang dapat dilakukan di area berkemah ini juga cukup banyak, sangat cocok digunakan berlibur bersama seluruh anggota keluarga.

Itulah beberapa tempat berkemah yang terdapat di daerah Lembang. Sebagian besar tempatnya berada dekat dengan hutan pinus sehingga suasananya terasa yang sejuk dan juga segar. Lokasi dari tempat berkemah ini berada menawarkan panorama alam yang benar-benar indah. Momen-momen indah dari berkemah adalah menunggu sunrise dan juga sunset yang sayang untuk dilewatkan.

Beberapa tempat berkemah yang ada di Lembang ini juga menawarkan fasilitas yang beragam. Ada yang menyediakan semua keperluan berkemah sehingga tak perlu repot mendirikan tenda yang tentunya harganya cukup mahal.

Selain itu, ada juga yang hanya menyediakan areanya saja sehingga harganya lebih murah, tetapi alat berkemah bawa sendiri. Kalau kamu, mau pilih yang mana?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram