10 Oleh-Oleh Khas Padang yang Paling Diburu Wisatawan

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 16 Oktober 2020

Masakan khas Padang memang tiada duanya. Kelezatan masakan Padang memang sudah terkenal di seluruh Indonesia bahkan mancanegara. Namun, yang dicari oleh wisatawan saat ke Padang bukan hanya makanan khasnya saja, tetapi juga oleh-oleh dan tempat wisata di Padang.

Apabila Anda berencana untuk jalan-jalan ke Padang dalam waktu dekat, catat daftar oleh-oleh khas Padang yang akan diulas satu persatu oleh Keluyuran ini. Ini adalah sebagian oleh-oleh yang paling diburu oleh wisatawan. Yuk, langsung saja cari tahu daftarnya di sini!

1. Keripik balado

Keripik balado Oleh-Oleh Khas Padang

* sumber: www.agrowindo.com

Keripik balado alias keripik sanjai adalah oleh-oleh khas Padang yang selalu ada di setiap toko oleh-oleh di ibu kota Sumatera Barat tersebut. Keripik singkong ini dibumbui dengan cabe dan gula merah sehingga rasanya manis dan sedikit pedas. Ketika dipegang keripik ini sedikit lengket lantaran diolesi oleh gula merah.

Sejatinya, keripik balado ini sudah banyak dijual di kota-kota lain selain di Padang. Namun, kurang pas rasanya jika kita tidak membeli keripik balado langsung di tempat asalnya. Keripik yang harganya cukup murah ini bisa Anda jadikan sebagai oleh-oleh yang ekonomis dan tidak menguras isi dompet.

2. Rendang daging

Rendang daging

Yang satu ini adalah makanan kebanggaan masyarakat Padang. Bahkan, rendang daging pernah diklaim sebagai salah satu makanan Indonesia yang masuk dalam daftar makanan terenak di dunia versi CNN. Mengingat ini adalah makanan jadi, maka rendang daging tidak bisa bertahan terlalu lama.

Anda bisa membeli rendang ini beberapa saat sebelum take off di bandara, kemudian sesampainya di tempat tujuan rendang tersebut bisa langsung dihangatkan agar tidak basi. Di samping itu, saat ini sudah banyak produk rendang siap saji yang bisa Anda beli sebagai oleh-oleh tanpa khawatir makanan tersebut menjadi basi.

3. Kerupuk jangek

Kerupuk jangek

* sumber: www.jitunews.com

Pernah makan kerupuk rambak yang terbuat dari olahan kulit sapi? Nah, kerupuk jangek ini juga hampir sama dengan kerupuk rambak karena sama-sama terbuat dari kulit sapi. Kerupuk yang satu ini begitu terasa sangat renyah dan cocok dinikmati sebagai cemilan atau teman menyantap nasi dan lauk.

Dengan rasa gurih yang berpadu dengan rasa asin, kerupuk ini terasa lezat saat digigit. Kerupuk jangek dari Padang ini umumnya dipotong berbentuk kotak-kotak kecil dan minyak goreng yang melekat pada kerupuk ini tidak terlalu banyak. Yuk, segera beli kerupuk jangek sebagai oleh-oleh yang murah meriahsaat Anda berada di Padang.

4. Roti Randang

Roti Randang

* sumber: travel.tempo.co

Melihat kecintaan masyarakat Indonesia terhadap makanan khas Padang, rendang, maka pengusaha makanan di Padang menawarkan rendang dengan sajian yang berbeda dari biasanya. Adalah Roti Randang yang merupakan roti berisi daging ayam atau sapi yang dimasak dengan bumbu rendang.

Ternyata kombinasi antara rendang dan roti ini begitu sukses dan menarik hati wisatawan. Citarasa rendang yang sedikit pedas akan berpadu dengan roti yang berserat dan rasanya manis. Wah, membayangkan saja bisa membuat kita lapar, ya! Roti Randang Ninur adalah salah satu oleh-oleh khas Padang yang paling terkenal. Bahkan, Anda bisa menemukan outlet toko roti ini di Bandara Internasional Minangkabau.

5. Songket

Songket

* sumber: ksmtour.com

Tidak ingin membeli makanan sebagai oleh-oleh karena takut basi? Tidak masalah karena Anda bisa membeli songket, kain yang sudah menjadi buah tangan wajib dari Padang. Kreasi dan warna songket yang menarik membuat para wisatawan jatuh hati dan ingin memberikan kain songket terbaik untuk kerabatnya.

Songket ini cukup serbaguna karena bisa dipakai untuk upacara pernikahan atau keagamaan. Jika tidak ingin membeli dalam bentuk kain, ada juga songket yang sudah dibuat menjadi tas, sarung, pakaian jadi, selendang, sampai dengan hijab. Harga songket tergantung pada keindahan yang ditawarkan dan proses pembuatannya.

6. Galamai

Galamai

* sumber: travel.tempo.co

Yang satu ini adalah dodol khas Minangkabau. Dari segi tampilan, Galamai mungkin sedikit mirip dengan dodol yang berasal dari daerah lainnya. Yang membedakan hanyalah bahan pembuatannya saja karena Galamai terbuat dari beras ketan, santan, gula aren, dan kacang tanah yang disangrai.

Penggunaan kacang tanah inilah yang membuat Galamai berbeda dengan dodol khas Garut atau jenang khas Kudus. Meskipun ini jenis makanan basah, galamai cukup tahan hingga 2-3 hari. Bila disimpan di dalam lemari es, galamai pasti lebih tahan lama dibanding disimpan dalam suhu ruangan.

7. Saluang

Saluang

* sumber: www.kamerabudaya.com

Jika Anda tidak ingin membawa buah tangan berupa makanan, alat musik khas Minangkabau ini bisa dijadikan oleh-oleh. Adalah Saluang yang merupakan suling dengan ukiran khas Tanah Minang.

Sebagian besar suling memang terbuat dari bambu atau pipa, tetapi masyarakat Minangkabau menganggap bahwa saluang dari talang jemuran yang hanyut di sungai lebih bisa menghasilkan suara yang merdu. Anda dapat memberi oleh-oleh Saluang ini kepada orang-orang yang memang pandai bermain seruling atau sekedar untuk pajangan saja di rumah.

8. Dendeng balado

Dendeng balado

Selain rendang, ternyata ada makanan khas lainnya yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh khas Padang, yaitu Dendeng Balado. Dendeng biasanya terbuat dari daging sapi tanpa lemak yang diiris tipis. Pada umumnya, rasa dendeng balado sedikit manis, asin, dan pedas. Potongan cabe merah nampak melengkapi dendeng balado khas Padang ini.

Makanan ini bisa dijadikan lauk untuk disantap dengan nasi putih hangat. Di samping itu, daya tahan dendeng balado juga cenderung lebih lama jika dibandingkan dengan rendang. Jadi, dendeng balado memang merupakan oleh-oleh dari Padang yang enak banget!

9. Arai pinang

Arai pinang

* sumber: segehnyo.blogspot.co.id

Cemilan dari Sumatra Barat ini merupakan buah tangan khas Padang yang praktis, murah, dan enak. Arai pinang terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan rempah-rempah, lalu digoreng menjadi keripik. Agar rasanya lebih renyah biasanya si penjual akan menambahkan kapur sirih.

Makanan yang satu ini juga banyak dijual di toko oleh-oleh. Arai pinang juga sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh ke luar kota bahkan luar negeri karena daya tahannya bisa mencapai 2 bulan, lho.

10. Bolu Batik

Bolu Batik

Ingin membeli oleh-oleh dengan tampilan yang cantik dengan rasa yang enak, apakah ada? Tentu saja ada. Bolu Batik adalah oleh-oleh yang lagi hits banget di Padang. Kue bolu gulung biasa disulap menjadi cantik dengan pemberian aksen batik di atasnya.

Tampilannya luar biasa unik dan berbeda. Apalagi ukiran batik di atas kue ini nampak seperti batik asli, lho. Meskipun di beberapa kota sudah menjual Bolu Batik, tetapi Bolu Batik yang orisinil dan terjamin rasanya cuma dijual di Kota Padang.

10 oleh-oleh khas Padang yang rancak bana ini adalah sejumlah oleh-oleh yang paling sering dicari oleh wisatawan. Bila Anda memiliki barang atau makanan lainnya yang biasa dibeli sebagai oleh-oleh khas Padang, silakan tuliskan rekomendasi Anda tersebut di kolom komentar di bawah ini, ya!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram