Inilah 10 Makanan Terenak Dunia yang Wajib untuk Dicoba

Ditulis oleh - Diperbaharui 3 September 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Wisata kuliner memang sudah seperti kewajiban bila sedang berkunjung ke sebuah daerah atau tempat wisata. Berbagai makanan khas tentunya menjadi sasaran utama bagi para pemburu kuliner di seluruh dunia. Setuju?

Nah, dari 50 daftar makanan terenak di dunia yang dikeluarkan oleh CNN. Kali ini Keluyuran akan mengulas satu persatu makanan yang masuk ke dalam 10 daftar makanan terenak di dunia. Apa saja itu? Simak daftarnya berikut ini ya!

1. Rendang

Rendang

Berada di urutan paling puncak terdapat Rendang. Makanan tradisional yang berasal dari daerah Minangkabau, Sumatera Barat ini menjadi salah satu sajian yang cukup populer di mancanegara. Rendang sendiri merupakan hidangan yang terbuat dari daging sapi dengan bumbu rempah yang melimpah.

Proses memasak Rendang yang membutuhkan waktu cukup lama menjadikan tekstur dagingnya lembut serta membuat bumbu meresap sempurna. Rendang sendiri memiliki aroma khas yang dapat menggugah selera. Nah, karena kualitas rasanya yang enak. Rendang pun menjadi salah satu makanan khas Indonesia yang masuk ke dalam daftar makanan terenak di dunia.

2. Nasi Goreng

Nasi Goreng

Makanan khas tanah air selanjutnya yang juga cukup populer di dunia adalah nasi goreng. Di Indonesia sendiri nasi goreng memang menjadi favorit masyarakat, hampir setiap sudut kota yang ada di Indonesia bisa dengan mudah ditemukan penjual kuliner khas ini.

Nasi goreng sendiri merupakan olahan nasi putih yang digoreng bersama bahan-bahan lain seperti telur, daging dan bumbu-bumbu rempah khas tanah air. Nasi goreng biasanya disajikan dengan kerupuk dan acar. Meskipun terbilang sederhana, namun makanan ini memiliki cita rasa unik yang mampu menarik perhatian masyarakat dunia.

3. Sushi

Sushi

Kuliner selanjutnya datang dari negeri Sakura, Jepang. Sushi merupakan makanan khas yang terbuat dari campuran ikan laut, sayur dan nasi. Selain rasanya yang unik, Sushi juga dikenal sebagai makanan sehat yang disukai masyarakat dari berbagai belahan dunia.

Sushi sendiri memiliki rasa khas yang terdapat pada nasinya. Masyarakat Jepang mengolah nasi dengan campuran garam, cuka dan gula. Hal ini yang menjadikan nasi untuk pembuatan Sushi sedikit berbeda dengan nasi biasa. Cita rasa asam pada nasi berpadu gurihnya daging ikan segar membuat sajian unik ini cukup terkenal di seantero dunia.

4. Tom Yam Goong

Tom Yam Goong

Berikutnya ada Tom Yam Goong. Kuliner khas dari negeri gajah putih, Thailand ini menjadi sajian nikmat lainnya yang cukup disukai oleh masyarakat dunia. Tom Yam Goong merupakan sup berbahan dasar seafood, yang dicampur dengan jamur, tahu dan sayuran. Tom Yam sendiri memiliki cita rasa asam, pedas dan gurih.

Kuliner ini menjadi salah satu makanan yang banyak dicari oleh wisatawan asing ketika berkunjung ke Thailand. Di negaranya sendiri kuliner khas ini memang cukup populer dan sering dijajakan di kedai-kedai dan restoran. Dengan cita rasa yang nikmat, sajian sup ini memang wajib untuk dicoba.

5. Pad Thai

Pad Thai

Bila di Indonesia ada Kwetiau, maka di Thailand terdapat sajian kuliner sejenis berbahan dasar mie putih atau bihun, yaitu Pad Thai. Kuliner  ini memang cukup terkenal hingga ke mancanegara. Pad Thai sendiri adalah makanan khas berbahan dasar mie putih yang terbuat dari beras kemudian dimasak dengan tahu, udang, berbagai sayuran seperti taoge, kucai, acar lobak, dan juga kacang tanah tumbuk.

Pas Thai sendiri memiliki cita rasa asam, manis dan gurih. Kuliner ini menjadi salah satu kuliner khas yang juga banyak dijual di pinggir jalan bahkan di restoran mewah. Nah, karena cita rasanya yang unik, Pad Thai pun akhirnya masuk sebagai makanan terenak dunia versi CNN.

6. Som Tam

Som Tam

Masih dari negeri Thailand, kuliner selanjutnya yang juga masuk ke dalam daftar makanan terenak di dunia adalah Som Tam. Som Tam merupakan sajian salad berbahan dasar irisan pepaya mentah dengan campuran kepiting, kacang pancang, tauge, Plum dan lain-lain. Hidangan ini memiliki cita rasa asam pedas yang menyegarkan.

Som Tam sendiri sebenarnya adalah makanan yang berasal dari Laos, namun cukup populer di Thailand. Cara penyajian hidangan memang cukup unik yaitu bahan-bahan seperti irisan pepaya, kacang panjang dan lain-lain di tumbuk dalam sebuah lesung. Setelah itu dicampur dengan berbagai bumbu seperti kecap asin, asam limau, cabai, dan kecap manis.

7. Dim Sum

Dim Sum

Asia memang terkenal dengan kulinernya yang beragam dan memiliki cita rasa unik. Salah satu makanan populer lainnya di dunia adalah Dim Sum yang berasal dari Hongkong. Dim Sum sendiri merupakan kudapan kecil yang biasa disajikan sebagai sarapan atau camilan menjelang makan siang.

Dim Sum terdiri dari beberapa jenis mulai dari hakau, siomay, gyoja dan dumpling. Kuliner lezat ini terbuat dari daging yang telah digiling kemudian dicampur dengan berbagai bumbu dan sayuran seperti wortel yang dibungkus dalam adonan tepung berbentuk kulit tipis. Nah, Dim Sum sendiri biasanya disajikan dengan teh di negara asalnya.

8. Ramen

Ramen

Kuliner selanjutnya yang masuk sebagai makanan terenak dunia adalah Ramen. Mie kuah asal Jepang ini memang cukup populer tidak hanya di negara asalnya Jepang tapi di juga di berbagai negara di seluruh dunia. Ramen sendiri merupakan kuliner khas yang sudah ada sejak zaman Edo.

Ramen memiliki ciri khas mie berwarna kuning dan tipis dengan kuah kaldu yang terbuat dari campuran ikan kering dan kaldu daging. Ramen biasanya diberi berbagai topping seperti daging, menma (rebung rebus), telur rebus dan sayuran.

Ramen sendiri sebenarnya adalah masakan yang diadaptasi dari mie yang berasal dari China sebelum akhirnya populer di Jepang. Nah, di dunia sendiri restoran yang menjajakan menu ini cukup banyak dan sangat diminati masyarakat. Tak heran bila mie asal Jepang ini masuk dalam daftar makan terenak dunia.

9. Bebek Peking

Bebek Peking

Makanan khas yang masuk dalam list sebagai makanan terenak dunia selanjutnya adalah bebek Peking. Bebek Peking merupakan hidangkan bebek panggang yang cukup terkenal dari negeri Tiongkok, Beijing.

Bebek Peking sendiri merupakan jenis bebek yang khusus diternakkan atau digemukkan untuk kemudian diolah menjadi menu masakan. Proses pembuatan bebek peking yang membutuhkan waktu cukup lama menjadi alasan bebek ini menjadi sangat spesial.

Nah, cara pembuatnya sendiri bebek dimarinasi dengan rempah-rempah yang berasal dari China. Setelah proses marinasi selesai bebek kemudian dipanggang di atas api. Suhu yang tepat saat proses pemanggangan pun menjadi kunci keberhasilan kuliner lezat yang satu ini.

10. Kari Massaman

Kari Massaman

Sebagai penutup dalam daftar 10 makan terenak dunia versi CNN adalah kari Massaman yang berasal dari negeri gajah putih, Thailand. Kari Massaman merupakan hidangan yang diadaptasi dari masakan khas Persia, Timur Tengah.

Hidangan ini sendiri mulai populer sejak abad ke-17 di wilayah Thailand Tengah, tepatnya di kota Ayatthaya. Kari Massaman terbuat dari bahan dasar daging, tahu, kentang yang dimasak dengan berbagai rempah dan bumbu nam phrik kaeng matsaman.

Hidangan yang memiliki kuah kental berwarna kuning ini memiliki cita rasa yang gurih dan nikmat. Dengan bumbu rempah yang kaya, masakan khas ini pun telah berhasil merebut hati para pecinta kuliner yang ada di dunia.

Nah, itulah 10 daftar makanan terenak dunia versi CNN yang wajib untuk dicoba. Semoga informasi yang telah Keluyuran rangkum untuk kamu di atas bisa menjadi referensi menarik bagi kamu untuk menu makan keluarga sehari-hari.

 

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *