Inilah 10 Oleh-Oleh Khas Sumedang yang Wajib Banget Dibeli

Ditulis oleh Siti Hasanah

Setelah menikmati beberapa tempat wisata di Sumedang, hal selanjutnya yang mesti kamu lakukan adalah berburu makanan khas dan oleh-oleh khas Sumedang. Tak hanya tahunya saja yang menjadi oleh-oleh khas dari Sumedang. Ada banyak oleh-oleh yang layak kamu cicipi saat kamu mampir ke kota ini.

Beberapa kuliner dari Kota Sumedang ini bisa kamu jadikan oleh-oleh untuk kamu bawa pulang setelah liburan. Simak ulasannya berikut ini ya.

1. Tahu Sumedang

Tahu Sumedang

Setiap menyebut Kota Sumedang maka makanan khas yang pertama kali melintas adalah Tahu Sumedang. Tahu Sumedang merupakan rintisan dari seorang imigran warga Tiongkok yang bernama Ong kino dan istrinya pada tahun 1917.  Usaha ini kemudian diteruskan oleh anaknya Ong Bung keng.

Apakah yang menjadi rahasia dari kelezatan Tahu Sumedang yang melegenda itu? Dalam sebuah Buku Indonesia Poenja Tjerita dikatakan yang menjadi rahasia dari kelezatannya, satu diantaranya adalah penggunaan kedelai lokal. Selain karena kandungan airnya yang banyak mengandung mineral.

Pengolahan yang tepat, dengan merendam kedelai dalam air selama 5 jam tidak boleh lebih. Satu yang penting juga adalah kebersihan dari alat penggiling juga penting, dan masih banyak hal yang lainnya. Tahu Sumedang merupakan contoh jika Indonesia adalah negara kaya akan asimilasi budaya.

2. Salak Bongkok

Salak Bongkok

Sumedang juga memiliki jenis salak yang rasanya enak, salak yang berasal dari Sumedang ini bernama Salak Bongkok. Salak Bongkok memiliki ukuran yang sangat besar dari salak pada umumnya. Selain ukurannya yang istimewa salak ini juga memiliki rasa yang dominan manis dan asam yang segar.

Salak Bongkok sesungguhnya berasal dari sebuah desa yang bernama sama dengan nama salaknya, Desa Bongkok yang berada di Kecamatan Paseh. Jika salak ini di tanam di luar daerah Bongkok maka rasanya tidak akan sama enaknya dengan yang di tanam di daerah aslinya.

3. Ubi Cilembu

Ubi Cilembu

Satu lagi makanan yang khas yang terkenal dari Sumedang yaitu Ubi Cilembu. Ubi Cilembu berasal dari Desa Cilembu Kecamatan Pamulihan  Sumedang. Ubi Cilembu dikenal karena rasanya yang berbeda dengan ubi lainya yaitu memiliki rasa yang manis semanis madu apabila ubi ini dibakar dengan oven.

Ketika Ubi Cilembu ini ditanam didaerah lain maka rasanya tidak akan sama dengan yang ditanam ditempat asalnya. Ada sebuah penelitian yang mengatakan bahwa bakteri yang terdapat di lokasi penanam Ubi Cilembu serta faktor tanah juga yang mempengaruhi pada kualitas Ubi Cilembu.

4. Opak Ketan

Opak Ketan

Opak Ketan juga menjadi loleh-oleh khas dari Kota Sumedang yang juga harus kamu coba saat mampir ke kota ini. Ada dua opak yang cukup terkenal di Sumedang yang menjadi incaran dari wisatawan saat berkunjung ke Sumedang. Kedua opak itu adalah Opak Conggeang dan Opak Cimanggung.


Daerah Conggeang memang merupakan sentra dari pembuatan opak, sehingga masyarakat mendirikan tugu opak yang berada di sebuah pertigaan jalan di Conggeang. Sedangkan Cimanggu terkenal karena pada zaman dahulu opaknya merupakan makanan kesukaan dari raja-raja Sumedang.

Perpaduan antara bahan beras ketan dan juga parutan atau santan kelapa yang menajdikan opak ketan memiliki rasa yang enak dan gurih. Jika kamu tertarik untuk menjadikannya oleh-oleh kamu bisa membelinya dengan harga 20 ribu per 200 gramnya.

5. Sawo Citali

Sawo Citali

Selain Salak Sumedang juga memiliki varietas buah yang  cukup unggul yaitu buah Samo Citali. Sawo ini merupakan varietas buah sawo yang yang dihasilkan dari sebuah daerah yang bernama Citali yang yang berada di Kecamatan Situraja, Sumedang. Mungkin kamu bertanya apa yang membedakannya?

Sawo Citali memiliki rasa manis yang unik dari sawo yang biasanya, serta memiliki tekstur  yang lembut saat menyentuh buah sawo lidah. Pilihlah sawo yang berkulit coklat tua dan berkulit mulus serta memiliki getah yang sedikit untuk mendapatkan sawo dengan kualitas yang baik.

6. Emplod Sumedang

Emplod Sumedang

Saat mendengar namanya mungkin akan sangat asing ditelinga, tetapi Emplod adalah camilan khas dari Sumedang. Emplod sendiri merupakan sebuah makanan yang awalnya berasal dari Garut yang sering disebut dengan Endog Lewo keduanya memiliki bahan dasar yang sama yaitu singkong.

Emplod kini telah dikemas dengan baik sehingga kamu bisa memakannya di mana saja. Serta telah memiliki beragam rasa. Camilan ini sangat mudah sekali membuatnya, dan memiliki bahan yang mudah dicari. Kamu bisa mendapatkan emplod dengan harga 20 ribu untuk ukuran setengah kilo.

7. Sale Pisang

Sale Pisang

Makanan olahan dari pisang ini juga dapat kamu jadikan oleh-oleh saat kamu bertandang ke Kota Sumedang. Daerah Panyingkiran yang berada di Kecamatan Sumedang Utara merupakan sentra dari pembuatan sale pisang. Penganan ini memiliki beragam bentuk dan juga rasa yang harus kamu coba.

Sale pisang memiliki rasa gurih, manis dan juga crispy, dengan bahan utamanya yaitu pisang ambon yang telah matang. Sale pisang khas Sumedang memiliki tiga bentuk yaitu bentuk stick, lebar, dan juga berbentuk kipas. Ada tiga varian rasa sale pisang dari original, rasa keju dan juga coklat.

8. Oncom Sumedang

Oncom Sumedang

Oncom merupakan makanan yang bisa kamu dapatkan dimana saja dengan mudah, tetapi kamu juga perlu mencoba onncom khas dari Sumedang yang rasanya tidak kalah dari oncom yang lain. Oncom yang terkenal dari Sumedang adalah oncom yang diproduksi di Desa Pasireungit.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram