10 Tempat Wisata Di Sumedang Favorit Para Wisatawan

Ditulis oleh - Diperbaharui 15 Juni 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Sumedang adalah sebuah kabupaten yang sangat dekat dengan Bandung. Anda bisa menempuh perjalanan dari Bandung ke Sumedang hanya dalam waktu 2-3 jam saja. Jika Anda sudah puas mengunjungi destinasi wisata alam yang ada di Bandung, mungkin Anda bisa mencoba tempat wisata alam atau buatan manusia di Sumedang.

Ada belasan hingga puluhan tempat wisata di Sumedang. Namun, Keluyuran akan merangkum beberapa tempat yang merupakan favorit para wisatawan. Anda dapat mencari referensi tempat wisata yang ada di Sumedang melalui daftar yang kami buat berikut ini.

1. Kampung Toga

Kampung Toga

*Sumber: https://www.google.com/maps/paul teaa

Tempat wisata di Sumedang ini berada cukup dekat dengan pusat kota. Oleh karena itu, Kampung Toga selalu menjadi jujukan wajib bagi para wisatawan yang datang ke Sumedang. Kampung Toga adalah tempat wisata yang berada di ketinggian 650 mdpl dan menawarkan suasana alam yang sangat sejuk dan menyegarkan.

Aktivitas yang bisa Anda lakukan kala berada di Kampung Toga adalah permainan outbound, paralayang, gantole, sepeda gunung, arung jeram, paintball, dan berbagai aktivitas lainnya. Ini adalah tempat yang cocok bagi Anda yang mencari ketenangan dengan menikmati panorama perbukitan, sungai, danau, dan sawah.

2. Wisata Alam Pangjugjugan

Wisata Alam Pangjugjugan Tempat Wisata Di Sumedang

Ingin mengajak anak berwisata di Sumedang? Kawasan desa wisata yang satu ini mungkin bisa Anda jadikan pilihan. Adalah Wisata Alam Pangjugjugan yang menawarkan berbagai fasilitas menarik untuk liburan keluarga, mulai dari playground, area bermain anak, terapi ikan, dan berbagai permainan outbound.

Menariknya, Wisata Alam Pangjugjugan juga merupakan kawasan ekowisata karena kita juga bisa mengunjungi peternakan berbagai hewan, seperti kelinci, unggas, kambing, dan sapi. Asyiknya lagi, pengunjung dapat memanen hasil perkebunan sendiri, lho, seperti memetik buah stroberi langsung dari pohonnya. Wisata Alam Pangjugjugan juga desa penghasil Ubi Cilembu yang memiliki rasa manis.

3. Kampung Karuhun

Kampung Karuhun

Kampung Karuhun juga dikenal dengan nama Kampung Citengah karena kawasan wisata alam terpadu ini memang berada di Kecamatan Sitengah, Sumedang. Kawasan wisata terpadu yang berjarak 7 KM saja dari pusat Kota Sumedang ini ternyata juga dilengkapi dengan Eco Green Park. Di tempat ini, pengunjung juga bisa turut berpartisipasi mendukung kelestarian alam dengan menanam bibit pohon di daerah konservasi.

Selain itu, fasilitas yang tersedia di Kampung Karuhun ini adalah waterboom, futsal lumpur, ATV, dan wisata petualangan dengan menelusuri kampung wisata ini. Di sekitar Kampung Karuhun juga terdapat perkebunan teh yang bisa Anda kunjungi juga.

4. Situ Cilembang

Situ Cilembang

Air di danau yang satu ini memang sangat jernih dan bersih. Bahkan, karena terlalu jernih banyak yang menyangka bahwa air di Situ Cilembang ini adalah buatan, tetapi memang kejernihan air di danau ini sangat alami. Tempat wisata di Sumedang ini berada di Desa Hariang, Kecamatan Buahdua, Sumedang.

Akan tetapi, pengunjung tidak diperbolehkan mandi di Situ Celembang karena air dari danau ini dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk minum. Jika berkunjung kemari, Anda hanya bisa bercermin di atas air danau ini atau minum dari danau untuk merasakan kesegaran airnya.

5. Curug Cigorobog

Curug Cigorobog

*Sumber: https://www.google.com/maps/Iwan Kristiana

Wisata air terjun Curug Cigorobog adalah solusi bagi wisatawan yang tidak ingin pergi terlalu jauh dari pusat kota. Pasalnya, air terjun ini hanya berjarak 15 KM saja dari pusat Kota Sumedang. Anda bisa sampai ke air terjun ini dengan menggunakan berbagai kendaraan. Namun, akses jalan menuju ke Curug Cigorobog tidak terlalu mulus dan Anda masih bisa menikmati pemandangan alam yang masih alami dan udara yang segar.

Air terjun ini sendiri memiliki tiga tingkatan sehingga tampilannya nampak begitu eksotis. Curug Cigorobog memiliki ketinggian 40 meter dan berada di tengah hutan. Ini adalah tempat terbaik bagi wisatawan yang ingin menyatu dengan alam sekaligus mencari tempat wisata yang tidak terlalu ramai dan penuh sesak.

6. Gunung Tampomas

Gunung Tampomas

*Sumber: https://www.google.com/maps/Mumuh Muhidin

Suka dengan kegiatan mendaki gunung? Yuk, berwisata sekaligus melakukan pendakian di Gunung Tampomas yang letaknya ada di sebelah utara Kota Sumedang. Gunung setinggi 1.684 mdpl ini memiliki keanekaragaman flora dan fauna. Tumbuhan yang mendominasi Gunung Tampomas adalah jamuju, rasamal, dan saninte. Sementara itu, fauna yang banyak mendiami gunung seluas 1.250 hektar ini adalah kancil, lutung, babi hutan, dan beragam jenis burung.

Lantas, bagaimana kita ingin menikmati wisata di Gunung Tampomas jika tidak ingin mendaki? Tak masalah karena Anda bisa datang ke sumber air panas Gunung Tampomas yang berada di kaki gunung ini.

7. Perkebunan Teh Margawindu

Perkebunan Teh Margawindu

Tak jauh dari Curug Cigarobog terdapat Perkebunan Teh Margawindu yang menawarkan udara segar setiap saat dan pemandangan hamparan perkebunan teh berwarna hijau yang nampak seperti permadani. Untuk sampai kemari Anda hanya perlu menempuh perjalanan selama 30-45 menit dari pusat kota Sumedang.

Sesampainya di kebun teh ini Anda berjalan kaki menelusuri kebun sambil menghirup udara segar. Perkebunan Teh Margawindu ini sangat ramai dikunjungi wisatawan pada sore hari. Anda bisa mengunjungi tempat ini sebelum atau sesudah berwisata ke Curug Cigarobog.

8. Sumber Air Panas Sekarwangi

Sumber Air Panas Sekarwangi

Berendam di air panas memang bisa membuat pegal-pegal di tubuh mereda. Setelah lelah mengunjungi berbagai tempat wisata di Sumedang, akhiri perjalanan Anda dengan berendam di Sumber Air Panas Sekarwangi.

Objek wisata ini menjadi favorit bagi para wisatawan karena Sumber Air Panas Sekarwangi ini adalah yang paling terkenal di antara pemandian air panas lainnya. Tak hanya menawarkan kolam air panas saja, di tempat ini Anda juga bisa menemukan penginapan untuk bermalam.

9. Curug Cinulang

Curug Cinulang

Curug Cinulang atau yang juga dikenal dengan nama Sindulang adalah objek wisata air terjun yang paling terkenal di Sumedang. Bahkan, karena sangat terkenal sampai ada lagu dengan judul yang sama. Tempat ini memiliki dua air terjun yang bersebelahan sehingga banyak wisatawan yang mengenal Curug Cinulang sebagai objek wisata air terjun kembar.

Sama seperti beberapa air terjun lainnya, kawasan Curug Cinulang masih sangat asri dan eksotis. Anda bisa duduk di bebatuan besar sambil menikmati pemandangan air terjun setinggi 50 meter dengan udara yang segar di sini.

10. Gunung Kunci

Gunung Kunci

Mungkin Anda berpikir bahwa Gunung Kunci adalah salah satu nama gunung di Sumedang. Namun, ini bukanlah nama gunung, melainkan sebuah bukit kecil yang letaknya sekitar 250 meter dari alun-alun Kota Sumedang. Di tempat ini ada benteng peninggalan Belanda.

Sebenarnya, kawasan wisata Gunung Kunci ini lebih cocok bagi Anda yang ingin berwisata mistis. Pasalnya, tempat ini memiliki sejumlah cerita mistis dan juga pernah dikunjungi oleh tim dari acara mistis yang cukup terkenal dari salah satu stasiun TV nasional.

Wah, semua tempat wisata di Sumedang ini memang sangat menarik untuk dikunjungi ya! Apakah Anda memiliki rekomendasi mengenai tempat wisata lainnya yang berada di Sumedang? Yuk, tulis rekomendasi Anda di kolom komentar yang tersedia

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *