Inilah 10 Pantai di Bengkulu yang Unik dan Tersembunyi

Ditulis oleh Siti Hasanah

Bengkulu adalah provinsi yang juga memiliki destinasi wisata pantai yang unik yang masih tersembunyi dari mata banyak orang. Pantai-pantainya yang masih alami menjadi daya tarik  untuk wisatawan datang mengunjunginya.

Untuk kamu yang ingin berlibur di Bengkulu, berikut ini adalah daftar pantai yang jangan sampai lupa untuk kamu kunjungi.

1. Pantai Koomang Pulau Enggano

Pantai Koomang Pulau Enggano

Pantai Koomang merupakan pantai yang letaknya berada di Pulau Enggano. Sebuah Destinasi wisata nan cantik yang masih tersembunyi di Bengkulu. Pulau Enggano merupakan sebuah pulau terluar dari wilayah Indonesia di bagian barat. Pulaunya memiliki luas kurang lebih 40.000 hektar.

Pantai yang terkenal di Pulau ini adalah Pantai Koomang, sebuah pantai yang berada di ujung utara pesisir Pulau Enggano. Pantai ini memiliki lanskap batuan dan karang, yang berbentuk sebuah tanjung. Pada tanjung tersebut ada sebuah laguna di dekat batu karang yang dasarnya berlubang.

Air pada laguna tersebut teramat bening seperti kaca, dengan alam bawah lautnya yang tak kalah indahnya. Kamu bisa bersnokeling untuk dapat melihat keindahannya. Pada dasarnya semua pantai yang berada di Pulau Enggano itu cantik, kamu tak akan rugi untuk mengunjunginya.

  • Alamat: Kecamatan Pulau Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu
  • Jam buka: Bergantung cuaca
  • Transport: Kapal kelas ekonomi Rp52.000, VIP Rp100.000, Pesawat Perintis Rp300.000

2. Pantai Pulau Tikus

Pantai Pulau Tikus

Pulau Tikus merupakan sebuah pulau sebuah pulau kecil yang jaraknya sekitar 10 km dengan luas kurang dari 1.5 ha. Pulau ini menjadi destinasi bahari yang cukup menarik wisatawan untuk mengunjunginya. Walaupun pulau ini kecil tetapi ada banyak hal yang dapat kamu lakukan di sini.

Di pantainya kamu dapat bermain pasir atau juga kamu dapat berenang, karena ombak di  pantainya tergolong cukup aman. Hal itu dikarenakan pulau ini dikelilingi oleh karang, sehingga ombak yang datang tidak terlalu tinggi. Selain itu juga pulau ini dikelilingi oleh terumbu karang luas.

Terumbu karang yang merupakan Keindahan bawah lautnya dapat kamu saksikan dengan jelas dari  permukaan. Air laut yang jernih berwarna kebiruan akan membuat kamu terpesona. Pulau ini juga merupakan rumah sekawanan penyu yang bertelur di pasir pantainya yang putih.

  • Alamat: Ratu Agung, Kota Bengkulu (10 Km  ke arah Barat), Provinsi Bengkulu
  • Jam buka: Bergantung cuaca (sebaiknya di musim panas di bulan April-September)
  • HTM: Paket Tur PP + makan Rp100.000 – Rp150.000

3. Pantai Laguna Samudra

Pantai Laguna Samudra

Pantai Laguna merupakan pantai yang cantik dengan hamparan pasir putihnya yang bersih serta air lautnya yang terlihat jernih. Kamu bisa bermain-main di tepi pantai karena pantainya terbilang landai. Kamu bisa bermain-main bersama seluruh anggota keluarga, karena ombaknya tidak berbahaya.

Pantai ini menjadi wisata andalan dari Kabupaten Kaur, banyak dikunjungi oleh wisatawan domestik juga dari mancanegara. Di destanasi wisata ini juga terdapat spot yang dapat kamu gunakan untuk berselancar karena ombaknya lumayan menantang. Fasilitas di Pantai ini juga cukup memadai.

  • Alamat: Ds. Merpas, Kec. Nasal, Kab Kaur, Provinsi Bengkulu
  • No. Telp: 0813 -  3318 – 3380
  • Jam buka: 24 jam
  • HTM: Rp8.000

4. Pantai Linau

Pantai Linau

* sumber: ayookdolan.blogspot.com

Pantai Linau merupakan pantai yang menarik untuk kamu kunjungi dengan air lautnya yang bening berwarna kebiruan. Pantai Linau memiliki kontur pantai yang landai sehingga kamu dapat bermain dan berenang di sekitaran pantainya. Di pantai ini juga memiliki pasir putih yang cantik dan bersih.


Jika kamu berkunjung ke pantai Linau, jangan lupa untuk mencicipi kuliner yang khas dari Kabupaten kaur. Sate gurita adalah kuliner yang harus kamu cicipi saat datang ke pantai ini. Kamu juga bisa mencoba menangkap gurita di pantai ini bersama nelayan dengan alat pancing tradisional.

  • Alamat: Jl. Lintas Barat Kec. Maje, Kab Kaur, Provinsi Bengkulu
  • Jam buka: 24 jam
  • HTM: Rp5.000

5. Pantai Sekunyit

Pantai Sekunyit

Pantai Sekunyit merupakan wisata pantai yang baru baru ini menjadi populer. Keindahan dan kecantikan dari pantai ini tidak kalah dari pantai-pantai lainnya. Pantai ini memiliki pantai dengan air yang jernih sehingga kamu dapat melihat ikan-ikan yang bermain di antara terumbu karang.

Pantai ini juga cocok untuk kamu yang senang dengan kegiatan surfing. Ombak dari pantai sekunyit ini cocok untuk kamu berselancar. Pasir pantainya berwarana kecoklatan dan halus, bisa kamu menggunakannya untuk membuat istana dari pasir bersama keluarga.

  • Alamat: Ds.Suka Raja. Kec.Tetap, Kab Kaur, Provinsi Bengkulu
  • Telepon: 0813 – 3318 – 3380
  • Jam buka: 24 jam
  • HTM: Rp5.000

6. Pantai Karang Nyerbu

Pantai Karang Nyerbu

Pantai ini letaknya diperbatasan antara Provinsi Bengkulu di bagian selatan dan Provinsi Lampung bagian barat, dan masih tersembunyi. Keunikan dari pantai ini adalah air pantainya yang memancar keatas atau nyerbu dalam bahasa Kaur. Pantai ini merupakan pantai yang memiliki karang-karang.

Pantai ini memiliki air yang jernih dengan ragam biota laut dan juga rumput lautnya. Selain itu juga terdapat hamparan pasir putih dan dihiasi dengan pepohonan kelapa yang rindang. Akses menuju pantai ini masih kurang, sehingga masih terus di bangun agar dapat dikenal oleh wisatawan dari luar.

  • Alamat: Ds.Pajar. Kec.Kaur Tengah, Kab Kaur, Provinsi Bengkulu
  • Jam buka: 24 jam
  • HTM: -

7. Pantai Way Hawang

Pantai Way Hawang

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram