Inilah 10 Pantai Tersembunyi di Cilacap yang Memesona

Ditulis oleh - Diperbaharui 12 September 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Salah satu kota kabupaten yang terletak di pesisir pantai selatan Jawa, yaitu Cilacap adalah kota industri di Jawa tengah yang sangat di perhitungkan. Selain itu, Cilacap juga mempunyai bentang garis pantai yang cukup panjang sehingga bisa dijadikan sebagai objek wisata. Ini tentunya akan menjadi kabar baik bagi masyarakat yang tinggal di dekat pantai tersebut.

Saat liburan akhir pekan biasanya keluarga akan memilih pantai sebagai destinasi wisata mereka. Di pantai banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan seperti, olah raga air, bermain pasir, jetski, banana boat, naik perahu, berenang, snorkeling dan masih banyak lagi.

Cilacap memiliki banyak pantai dengan pemandangan pasir putih dan air laut yang biru. Pantai apa sajakah itu? Simak ulasannya berikut ini.

1. Pantai Jetis

Pantai Jetis

Jika kamu suka dengan tempat wisata yang instagramable, Pantai Jetis di Cilacap ini bisa menjadi pilihan meskipun ombaknya yang besar membuatmu harus ekstra hati-hati saat bermain pasir. Pantai ini membentang sepanjang kira-kira 3 km. Ujung timur pantai ini berbatasan dengan Kabupaten Kebumen.

Terdapat sebuah sungai yang bernama Sungai Ngijo di Pantai Jetis. Sungai ini menjadi pembatas untuk dua kabupaten yaitu kabupaten Cilacap dan kabupaten Kebumen. Tepian sungai ditumbuhi dengan pohon kelapa, bakau, salak dan pohon-pohon lainnya.

Pantai Jetis juga memiliki pemecah ombak yang disusun dari batu yang letaknya menjorok ke arah pantai. Ini karena pantai ini memiliki ombak yang cukup besar sehingga diperlukan pemecah ombak. Tapi objek tersebut akhirnya dijadikan juga spot foto oleh para wisatawan.

Setahap demi setahap pantai ini mengalami pembangunan karena masyarakat berpikir bahwa pantai ini bisa dikembangkan untuk jadi tempat pariwisata. Perubahan besar-besaran terjadi pada tahun 2016. Maka digunakanlah “Taman Payung Pantai Jatis” sebagai idenya.

Dipasanglah ratusan patung di dahan cemara sehingga orang-orang bisa bersantai di bawah rimbunan hutan cemara. Selain itu ada juga tempat berfoto, arena bermain anak, gazebo di tepi pantai juga gardu pandang dengan ketinggian sekitar 6 meter.

  • Alamat: Jetis, Kecamatan Nusawungu, Kab. Cilacap
  • HTM: Gratis
  • Jam operasional: 24 jam

2. Pantai Nusakambangan

Pantai Nusakambangan

* sumber: sahadatmirza.wordpress.com

Untuk sampai di pantai ini wisatawan harus menyeberang menggunakan kapal nelayan dari Pantai Teluk Penyu. Lama penyeberangan sama sekitar 10 sampai 15 menitan. Sesudah menyeberang memakai kapal, kamu masih harus berjalan menyusuri jalan setapak dengan hutan di kanan-kirinya.

Terkadang muncul monyet – monyet dan burung. Kamu juga akan melewati benteng pendem dan meriam-meriam yang sudah tidak terawat dan ditutupi semak-semak. Begitu sampai di sini pengunjung akan disuguhi pantai dengan pasir putih juga ombak yang tidak terlalu besar.

Air pantainya bersih serta terdapat bebatuan karang di sekitar pantai. Di sini terdapat deretan pantai-pantai. Kamu bisa pilih mau pantai yang dekat atau jauh. Kalau perut terasa lapar, tak usah khawatir karena di dekat pantai banyak penjual makanan ringan dan minuman.

  • Alamat: Pulau Nusa Kambangan, Kabupaten Cilacap
  • HTM : Rp7.500
  • Jam operasional : 24 Jam

3. Pantai Indah Widarapayung

Pantai Indah Widarapayung

* sumber: kacamatawisata.blogspot.com

Berada di sebelah timur, tepatnya di Kecamatan Binangun Cilacap pantai Widarapayung ternyata pernah diterjang bencana. Pantai ini dulu terkena tsunami Pangandaran pada tahun 2006. Kondisi Pantai Widarapayung sangat landai serta terdapat deretan pohon kelapa.

Ada sebuah klub selancar bernama Widarapayung Surfing Club (WSC) di sini. Pantai ini menjadi tempat berselancar favorit karena memiliki gelombang yang cukup besar. Tak hanya itu, bahkan pantai ini juga pernah menjadi arena untuk Surf Contest Nasional.

Acara yang bertemakan Widarapayung Surf Contest tersebut diselenggarkan tahun 2010. Pesertanya berasal dari  dalam dan luar negeri. Kalau senang berselancar dan ingin mencoba berselancar di daerah Cilacap, kamu bisa  mengunjungi Pantai Widarapayung.

  • Alamat: Widarapayung Wetan, Kec. Binangun, Cilacap
  • HTM: Rp3.000 – Rp5.000
  • Jam operasional : 24 jam

4. Pantai Permisan

Pantai Permisan

Di dekat LP Permisan di Pulau Nusakambangan terdapat sebuah pantai yang bernama Pantai Permisan. Pantai ini mempunyai pasir putih yang berhiaskan gundukan batu karang yang bisa jadi objek foto yang menarik. Karena belum banyak yang tahu keberadaan pantai ini jadi masih lumayan sepi.

Kondisi pantainya pun masih alami dan bersih. Untuk mengunjungi pantasi ini, kamu bisa menyeberang melalui Pelabuhan Lomanis. Selain itu, bisa juga melalui Pelabuhan Wijayakusuma. Perjalanan kemudian dilanjutkan dengan memakai  transportasi darat sampai sampai ke Pantai Permisan.

Dalam perjalanan menuju Pantai Permisan, kamu bisa juga berkunjung ke Goa Ratu. Goa ini merupakan salah satu obyek wisata yang berada di Pulau Nusakambangan. Selain itu ada juga beberapa LP yang berada di pulau ini, seperti LP Batu, Besi, Kembang Kuning dan serta Permisan.

  • Alamat: Permisan, Tambakreja, Kecamatan Cilacap Selatan, Cilacap
  • HTM : –
  • Jam operasional : – 

5. Pantai Teluk Penyu

Pantai Teluk Penyu

Pantai Teluk Penyu adalah destinasi wisata andalan Kabupaten Cilacap. Lokasi pantai ini berada di Cilacap Selatan, kamu akan menikmati indahnya pantai berpasir putih yang menawan. Tak lupa, kamu juga akan merasakan deburan ombak khas pantai selatan yang besar-besar.

Di Pantai Teluk Penyu, kamu bisa melakukan aktivitas memancing di tepi pantai.  Tak hanya berwisata pantai, kamu juga bisa menyewa kapal untuk menyusuri pantai dan harganya sewanya terjangkau.  Tak perlu budget yang besar untuk menyewa kapal tapi kamu harus pandai menawar.

  • Alamat: Cilacap, Cilacap Selatan, Pandanarang, Cilacap,
  • HTM: Rp7500
  • Jam operasional : 24 Jam

6. Pantai Karang Pandan

Pantai Karang Pandan

Pantai Karang Pandan merupakan objek wisata pantai yang mempunyai tebing-tebing karang yang curam. Lokasinya lebih dekat jika ditempuh dengan jalan laut dibandingkan dengan jalan darat yang lumayan melelahkan. Pantai ini dekat dengan Pantai Tebeng cilacap.

Kamu juga bisa singgah di Pantai Karang Bolong jika memilih tracking untuk sampai di pantai ini. Pantai Karang Pandan letaknya memang bersebelahan dengan Pantai Karang Bolong. Kamu akan mendapati pantai dengan pasir putih serta pemandangan yang mempesona.

Untuk menuju pantai ini, kamu bisa menyewa perahu nelayan yang berada di sekitar Pantai Teluk Penyu. Sekali lagi, kamu harus pintar menawar harga agar dapat harga yang terjangkau. Pantai ini masih butuh pengelolaan dan pengembangan yang lebih lanjut supaya bisa jadi destinasi wisata yang lebih menarik.

  • Alamat: Tambakreja, Kec. Cilacap Selatan, Kab. Cilacap
  • Harga Tiket Masuk : Rp5.000
  • Jam Operasional : 24 Jam
  • No. Telp: (0282) 534481

7. Pantai Kamulyan Cilacap

Pantai Kamulyan Cilacap

Pantai ini berlokasi di Desa Tegalkamulyan, maka nama pantai ini pun sesuai dengan lokasinya, yaitu Pantai Kamulyan. Berada di dekat jalur selatan, akses untuk menuju ke pantai ini tak terlalu membingungkan. Jarak pantai dari jalan raya lingkar selatan hanya 100 meter saja.

Tipe pantai ini landai, tapi memiliki ombak yang lumayan besar. Pasirnya berwarna hitam. Untuk memecah ombak, ditanamlah pohon cemara laut di sepanjang bibir pantai. Kamu tak bisa berenang di sini karena ombaknya besar.

Terdapat beberapa warung yang menjajakan makanan, umumnya mendoan serta gerobak jajanan yang ramai di tiap akhir pekan. Ada juga jogging track untuk yang hobi berolahraga. Letak track ini di bibir pantai.

  • Alamat: Tegalkamulyan, Kecamatan Cilacap Selatan, Kab. Cilacap, Provinsi Jawa Tengah.
  • HTM: Gratis
  • Jam operasional: 24 jam

8. Pantai Sodong

Pantai Sodong

Pantai ini memiliki pohon Pinus di sekitarnya sehingga jadi teduh. Ada juga  tempat duduk yang beratapkan daun rumbia. Selain itu, di sini juga terdapat ayunan yang diikatkan pada pohon. Di sini ombaknya lumayan besar juga ganas khas ombak laut selatan.

Meski demikian, ada juga daerah dengan ombak yang tidak terlalu besar jadi pengunjung bisa bermain air atau atau  berenang dengan aman. Namun di sore hari, ombak pantai ini menjadi sangat tinggi. Di sini terdapat warung yang menjual kopi, mendoan juga kerang hijau saat sedang musim.

Ada juga wahana naik motor, naik kuda, dan naik perahu. Pantai ini memiliki jembatan bambu serta menara bambu yang jadi spot untuk berfoto juga kolam pancingan ikan air payau. Pantai Sodong mampu manampung banyak mobil, bus motor karena wilayahnya lumayan luas.

  • Alamat: Jl. Laut, Sawah,Ladang, Karangbenda, Kec. Adipala, Cilacap
  • Harga Tiket Masuk : Rp5.000
  • Jam Operasional : 08.00 – 18.00

9. Pantai Kali Kencana Cilacap

Pantai Kali Kencana Cilacap

Di Cilapat tersedapat sebuah hidden paradise yang bernama Pantai Kali Kencana. Letaknya ada di Pulau Nusakambangan. Pantai ini memiliki panorama yang luar biasa eksotis. Karena terletak di selatan Pulau Nusakambangan, untuk sampai ke pantai ini tidak begitu mudah.

Kamu harus melewati trek yang cukup jauh dengan waktu tempuh sekitar 3 jam jalan kaki. Tak hanya itu, kamu juga akan melewati hutan, sungai, naik turun gunung juga jalan kecil dengan semak belukar yang cukup licin. Namun dalam perjalanan, kamu akan menyaksikan banyak pemandangan indah.

  • Alamat: Pulau Nusa Kambangan, Kab. Cilacap, Provinsi Jawa Tengah.
  • HTM: Rp30.000 (harga naik perahu)
  • Jam operasional: 24 jam

10. Pantai Kalipat

Pantai Kalipat

Pantai ini merupakan salah satu pantai tersembunyi yang terletak di Nusakambangan. Sebenarnya pantai ini merupakan saksi bisu bagi pengeksekusian para napi, tapi meski demikian pantai ini memiliki panorama alam yang indah.

Kecantikan Pantai Kalipat sangat menonjol dibandingkan pantai lainnya di Cilacap. Pasir pantai ini berwarna putih bersih. Pemandangannya juga sangat indah. Maka tak heran jika pantai ini jadi destinasi wisata yang paling direkomendasikan.

  • Alamat: Pulau Nusakambangan, Tambakreja, Cilacap Selatan
  • HTM: Rp30.000 (harga naik perahu)
  • Jam operasional: 24 jam

Cilacap meski kurang terdengar gaungnya, ternyata memiliki pantai-pantai yang sayang untuk dilewatkan. Meski beberapa pantai memiliki ombak besar tapi pemandangannya cukup indah. Jadi, kalau berkunjung ke Cilacap, jangan lupa datang ke salah satu pantai ini ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *