Liburan Lewat Pantai Utara, Mampir ke 9 Pantai di Tuban Ini!

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 Februari 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Tuban Bumi Wali. Kalimat tersebut mungkin sudah tidak asing didengar. Tuban merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang lekat dengan cerita sejarahnya. Bahkan, salah satu pantai di Tuban menjadi pelabuhan kerajaan Majapahit pertama. Begitu banyaknya cerita sejarah tentang Kabupaten Tuban hingga disebut sebagai kota penting di pesisir utara Jawa Timur.

Terletak di garis jalur Pantai Utara, Tuban tentu memiliki banyak pantai yang bisa dijadikan sebagai destinasi wisata ketika melewati jalur Pantura. Jika kamu hendak menuju Jawa Tengah dari Surabaya, atau sebaliknya, dan melewati Tuban, maka sepanjang jalan akan disuguhkan pemandangan pantai. Apa saja sih, pantai di Tuban? Simak artikel ini sampai habis, ya!

1. Pantai Boom

Pantai Boom

Pantai Boom bukan hanya sekadar pantai. Tempat ini merupakan tempat bersejarah sejak zaman kerajaan Majapahit. Pantai Boom menjadi pelabuhan pertama kerajaan Majapahit serta menjadi pelabuhan transit perdagangan antar pulau dan antar negara. Pantai Boom juga merupakan pintu masuk penyebaran agama Islam di Pulau Jawa.

Ada hal unik dari tempat ini, Pantai Boom memiliki dua sumur air tawar yang sudah ada sejak zaman kerajaan Majapahit. Kini, Pantai Boom menjadi tempat wisata yang ramai dikunjungi di Tuban, karena lokasinya berada di pusat kota dan berseberangan langsung dengan Alun-Alun Kabupaten Tuban.

  • Alamat : Kutorejo, Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp2.500/orang

2. Pantai Remen

Pantai Remen

* sumber: playworld.id

Pantai Remen dapat dikatakan sebagai pantai paling cantik di Kabupaten Tuban. Berbeda dengan pantai lainnya di jalur Pantura yang memiliki pasir hitam, Pantai Remen dihiasi pasir putih bersih yang terhampar luas. Selain itu, di tepi pantai ditumbuhi pepohonan rindang yang memberikan suasana teduh.

Ombak di Pantai Remen tergolong besar, sehingga dihimbau untuk tidak berenang di pantai. Meskipun tidak disarankan berenang, kamu tetap bisa menikmati Pantai Remen dengan cara lain yang tak kalah menyenangkan, seperti bermain layang-layang di tepi pantai. Di sini, kamu bisa membeli layang-layang seharga Rp20.000 dan diterbangkan di sini. Seru!

  • Alamat : Remen, Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur
  • Operasional : 08.00 – 17.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp3.000/orang

3. Pantai Kelapa Panyuran

Pantai Kelapa Panyuran

* sumber: playworld.id

Jika digambarkan, pantai biasanya dihiasi oleh pohon kelapa yang tinggi menjulang. Hal tersebut bisa kamu lihat secara langsung di tempat yang satu ini. Pantai Kelapa Panyuran merupakan satu-satunya wisata bahari di Tuban yang menyuguhkan pemandangan indahnya pohon kelapa yang berjajar di tepi pantai.

Pohon kelapa di Pantai Kelapa Panyuran ini tumbuh subur dengan beragam bentuk dan ukuran. Itulah mengapa, tempat ini disebut Pantai Kelapa, dan karena letaknya berada di Desa Panyuran, maka lebih dikenal sebagai Pantai Kelapa Panyuran. Kamu bisa jadikan pantai ini sebagai destinasi untuk berlibur bersama keluarga.

  • Alamat : Jl. Gresik KM. 1, Kepoh, Panyuran, Palang, Kabupaten Tuban, Jawa Timur
  • Operasional : 07.00 – 17.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp3.000/orang

4. Pantai Sowan

Pantai Sowan

Pantai Sowan akan kamu lewati ketika hendak masuk ke Jawa Tengah dari arah Tuban, Jawa Timur. Hanya berjarak 9 km dari Gapura Goodbye, Jawa Tengah, kamu bisa jadikan pantai ini sebagai destinasi terakhir sebelum meninggalkan Jawa Timur.

Tak perlu khawatir kepanasan untuk menikmati Pantai Sowan, karena di sini ditumbuhi pepohonan rimbun di tepi pantainya. Kamu bisa duduk bersantai di bawah pohon sambil menikmati indahnya Pantai Sowan.

  • Alamat : Bogoran, Bogorejo, Bancar, Kabupaten Tuban, Jawa Timur
  • Operasional : 07.00 – 17.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp8.000/orang

5. Pantai Cemara

Pantai Cemara

* sumber: www.wisataterdekat.com

Tak jauh dari Pantai Boom, ada pula Pantai Cemara yang bisa menjadi alternatif liburanmu. Sesuai dengan namanya, pantai ini ditumbuhi banyak pohon cemara di tepi pantainya yang memberikan kesan dan suasana teduh. Kamu bisa berfoto di antara pohon cemara yang berjajar rapi di tepi pantai.

Pantai Cemara tidak hanya menyajikan pemandangan pantai saja, di sini kamu juga bisa mencoba permainan seru seperti ATV dan perahu kayu yang bisa kamu sewa di Pantai Cemara untuk mengisi hari liburmu. Lokasinya yang mudah diakses, menjadi salah satu alasan pantai ini direkomendasikan untuk dikunjungi.

  • Alamat : Jl. Tuban – Gresik, Sendang Harjo, Sugihwaras, Tuban, Kab. Tuban, Jawa Timur
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp2.000/orang

6. Pantai Surindah

Pantai Surindah

* sumber: www.idntimes.com

Berada di pesisir utara Jawa Timur, Tuban memiliki lokasi yang pernah dijadikan sebagai tempat peternakan udang, namun kini sudah tidak digunakan lagi. Tempat tersebut berada di kawasan Pantai Surindah. Bangunan tersebut kini sudah tidak dipakai, dan akhirnya terlihat seperti tempat bersejarah di Tuban.

Hal unik lain dari Pantai Surindah ini adalah terdapat bangkai kapal terdampar tepat di pinggir pantai. Di sini, kamu bisa berswafoto dengan kapal terdampar yang akan menambah estetika fotomu. Selain itu, jika kamu datang pada sore hari jelang matahari terbenam, maka kamu bisa menyaksikan indahnya sunset di Tuban. Epic!

  • Alamat : Glagah, Temaji, Jenu, Kabupaten Tuban , Jawa Timur
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

7. Pantai Rahasia

Pantai Rahasia

Tak jauh dari Pantai Surindah, terdapat satu pantai yang memiliki penamaan unik yaitu Pantai Rahasia. Pantai ini cukup mudah diakses karena lokasinya yang berdekatan dengan kawasan industri Tuban. Jarak dari Pantai Surindah ke Pantai Rahasia hanya 1 km saja. jadi, tempat ini bisa jadi alternatif jika Pantai Surindah terlalu ramai.

Di tepi Pantai Rahasia ditumbuhi pepohonan rindang yang bisa kamu gunakan sebagai tempat berteduh jika cuaca sedang terik. Sambil bersantai di tepi pantai, kamu juga bisa menikmati jajanan yang dijual di sekitar Pantai Rahasia.

  • Alamat : Jalan Raya Glondonggede, Socorejo, Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

8. Pantai Awar-Awar

Pantai Awar-Awar

* sumber: www.nurrochma.com

Berjarak sekitar 5 km dari Pantai Rahasia, terdapat Pantai Awar-Awar yang menjadi salah satu tempat wisata favorit bagi warga Tuban. Pantai berpasir putih kecokelatan dengan tekstur kasar yang unik, membuat Pantai Awar-Awar disenangi wisatawan. Selain itu, air lautnya yang bersih pun membuat pantai ini disukai anak-anak.

Tak perlu khawatir membawa anak ke Pantai Awar-Awar. Air lautnya yang tenang, bisa dijadikan sebagai tempat berenang oleh anak-anak. Tempat ini aman dikunjungi oleh berbagai usia, meski begitu kamu harus tetap mengawasi anak selama bermain, ya. Sambil menunggu anak bermain, kamu juga bisa menikmati degan yang dijual di tepi Pantai Awar-Awar.

  • Alamat : Sea, Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

9. Pantai Perbatasan

Pantai Perbatasan

* sumber: charityphoto.wordpress.com

Punya rencana touring dari Jawa Tengah ke Jawa Timur? Nah, kalau kamu lewat jalur pantai utara, kamu akan melewati Kabupaten Rembang di Jawa Tengah yang merupakan bagian ujung timur dari Provinsi Jawa Tengah. Ketika masuk ke Jawa Timur, kabupaten pertama yang kamu singgahi adalah Tuban. Namun, apakah kamu tahu kalau di sini terdapat tempat wisata?

Sebagai kabupaten di pesisir utara Pulau Jawa, Tuban memiliki pantai yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur. Namanya, Pantai Perbatasan. Terdapat gapura pembatas antara dua provinsi yang bisa kamu gunakan sebagai tempat untuk berfoto dan beristirahat setelah menempuh perjalanan panjang.

  • Alamat : Ngomben, Sukolilo, Bancar, Kabupaten Tuban, Jawa Timur
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

Itu dia 9 pantai di Tuban yang bisa kamu kunjungi ketika berwisata ke Jawa Timur, atau sedang berada di perjalanan dan melintasi jalur pantai utara. Ternyata, Tuban tidak hanya dikenal dengan destinasi wisata religi saja. Namun juga memiliki deretan pantai yang menarik untuk dikunjungi. Jadi, kapan nih liburan ke Tuban?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *