Keluyuran / Wisata Dunia / 10 Patung Tertinggi di Dunia yang Wajib Kamu Datangi

10 Patung Tertinggi di Dunia yang Wajib Kamu Datangi

Ditulis oleh - Diperbaharui 23 April 2019

Patung merupakan sebuah benda yang memiliki volume sehingga patung termasuk pada kategori benda tiga dimensi. Patung diciptakan oleh manusia dengan beberapa teknik khusus salah satunya adalah teknik pahat yang membutuhkan kesabaran dan ketelitian yang besar. Pembuat patung disebut sebagai pematung.

Patung menjadi salah satu karya seni yang sudah ada sejak zaman dahulu kala dan dijadikan sebagai  berhala tempat ibadah yang menyimbolkan Tuhan atau Dewa oleh para penganut kepercayaan tertentu.

Semakin berkembangnya zaman, kini, patung dibuat lebih diperuntukkan untuk dinikmati keindahannya saja karena dapat mempercantik suatu bangunan atau arsitektur. Meskipun demikian, terdapat beberapa patung yang masih difungsikan sebagai media untuk beribadah oleh agama tertentu.

Patung sendiri, memiliki beragam jenis bahan diantaranya adalah marmer, perunggu, hingga emas sehingga tak heran beberapa patung yang dibuat dibanderol dengan harga yang cukup fantastis. Berbicara tentang patung, patung apa saja, sih yang kamu ketahui? Tahukah kamu bahwa di dunia ini terdapat beberapa patung dengan ukuran yang yang sangat tinggi?

Mau tahu apa saja patung-patung tertinggi yang ada di dunia? Baca informasi selengkapnya dari Keluyuran ini, yuk!

1. Christ the Redeemer (Brasil)

Christ the Redeemer

* sumber: time.com

Dari namanya, kita telah dibuat tahu bahwa patung ini merupakan patung umat Kristen. Ya, Christ the Redeemer atau Patung Kristus Penebus adalah salah satu patung tertinggi yang ada di dunia tepatnya di Puncak Gunung Corcovado yang memiliki ketinggian 710 meter di Taman Nasional Hutan Tijuca, Rio de Janeiro, Brasil.

Patung ini berdiri 38 meter dengan tangan terbuka yang melambangkan salib dan menjadi icon Negara Brasil yang sudah dikenal hingga ke berbagai belahan dunia. Sejarah panjang untuk bisa membangun patung keagamaan ini dimulai sejak tahun 1850-an yang awalnya hanya gagasan yang tak kunjung direalisasikan.

Sehingga beberapa tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1921, patung ini mulai dibangun. Hingga saat ini, Christ the Redeemer menjadi kebanggaan Negara Brasil yang banyak dikunjungi para wisatawan lokal maupun asing berkat keunikannya.

2. Ushiku Daibutsu (Jepang)

Ushiku Daibutsu

* sumber: travel.gaijinpot.com

Terletak di Ushiku, Jepang, patung ini memiliki ketinggian 120 meter dan menjadi salah satu patung tertinggi yang ada di dunia. Patung yang dibangun dengan bahan dasar perunggu ini ditujukan sebagai simbol memperingati kelahiran Shinran, yaitu salah satu tokoh penting di Jepang.

Di dalam patung dengan ketinggian 390 kaki ini, terdapat empat lantai yang difungsikan sebagai museum bagi para pengunjung yang ingin tahu lebih mengenai sejarahnya. Masing-masing lantai di museum tersebut memiliki tema tersendiri misalnya pada lantai satu museum diberi nama Cahaya tak terbatas dan kehidupan tak terbatas, dan lain-lain.

3. The Laykyun Sekkya Buddha (Myanmar)

The Laykyun Sekkya Buddha

* sumber: www.orangesmile.com

Selanjutnya ada The Laykyun Sekkya Buddha yang terletak di Myanmar dan menjadi kebanggaan tersendiri bagi Negara ini. The Laykyun Sekkya Buddha dibangun sebagai persembahan bagi Buddha yang disimbolkan sebagai tempat ibadah dengan ketinggian 116 meter dan menjadi patung tertinggi ke tiga di dunia pada tahun 2018.

Patung ini dicat dengan warna kuning sebagai lambang kebijaksanaan di agama Buddha. Di sekitarnya terdapat ribuan patung Buddha lainnya dengan ukuran kecil berjajar di bawah pohon Bodhi. The Laykyun Sekkya Buddha menjadi icon Negara Myanmar sehingga tak heran banyak orang yang berkunjung untuk sekedar berfoto di sekitar patung tersebut.

4. Garuda Wisnu Kencana (Indonesia)

Garuda Wisnu Kencana

* sumber: www.baligetaway.co.id

Mungkin sudah tak asing lagi mendengar nama patung yang satu ini, ya. Garuda Wisnu Kencana atau GWK adalah patung yang berdiri di Desa Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Badung, Bali dan menjadi icon terbaru Pulau Bali karena baru saja diresmikan pada September 2018 kemarin.

Bukan hanya satu patung saja, akan tetapi terdapat beberapa patung yang gagah dan keren di area yang sama. Salah satu patung yang paling populer adalah patung Dewa Wisnu yang tengah menunggangi kendaraannya berupa burung Garuda dengan tinggi mencapai 120 meter.

Patung ini terletak strategis karena berdekatan dengan beberapa tempat rekreasi yang menyenangkan seperti misalnya Wisnu Plaza yang dapat memanjakan siapa saja yang mengunjunginya dengan panorama alam yang sangat memukau.

5. The Spring Temple Buddha (China)

The Spring Temple Buddha

* sumber: edition.cnn.com

The Spring Temple Buddha atau yang artinya Buddha Kuil Musim Semi adalah patung yang terletak di China tepatnya di kota Zhaocun. Memiliki ketinggian 153 meter, patung ini dinobatkan sebagai patung tertinggi kedua pada tahun 2018 setelah patung persatuan di India.

Tak tanggung-tanggung, biaya yang dikeluarkan untuk patung Buddha ini sebesar $18 juta sedangkan untuk biaya keseluruhan proyeknya mencapai $55 juta. Proyek ini mulai dikerjakan pada tahun 1997 dan baru selesai pada 2008. Memakan waktu yang tak singkat, sehingga tak heran patung ini sangat kokoh dan indah dengan balutan unsur Buddha-nya.

6. Liberty Statue (USA)

Liberty Statue

* sumber: www.nationalparks.org

Patung yang satu ini merupakan icon USA yang sudah terkenal ke berbagai Negara dan mungkin sudah dikenal oleh hampir semua orang. Bentuknya yang khas dan unik menjadikan patung ini banyak dibuatkan miniaturnya sehingga keberadaan patung yang memiliki ketinggian 46 meter ini semakin populer.

Patung ini telah ditetapkan sebagai salah satu Situs warisan dunia oleh UNESCO yang berdiri di Pulau Liberty, New York, Amerika Serikat. Patung ini merupakan hadiah dari Prancis sebagai simbol penyambutan selamat datang bagi para imigran dan orang Amerika.

Berbahan dasar perunggu, patung ini memiliki bentuk yang unik yaitu seseorang yang berdiri dan membawa obor di tangannya sebagai lambang kemerdekaan dan kebebasan. Liberty Statue ini ternyata dirancang oleh Gustave Eiffel atau orang yang merancang menara Eiffel, lho.

7. The Motherland Calls (Rusia)

The Motherland Calls

* sumber: our-russia.com

Dari namanya, kita sudah tahu bahwa patung ini merupakan simbol dari suatu perjuangan. Ya, The Motherland Calls adalah patung dari Rusia yang menjadi lambang perjuangan para pahlawan dalam perang Stalingrad di Rusia. Patung ini pernah menjadi patung tertinggi di dunia pada tahun 1967 dengan ketinggian 85 meter.

Semua bagian dari patung ini diperhatikan sedetail mungkin karena merupakan penghargaan atas jasa para pahlawan yang berjuang. Di area yang sama terdapat 200 anak tangga yang melambangkan jumlah hari pertempuran Stalingrad berlangsung.

8. Statue of Unity (India)

Statue of Unity

* sumber: www.yatra.com

Patung yang satu ini merupakan patung  yang dibangun sebagai penghargaan yang didedikasikan kepada negarawan sekaligus aktivis asal India bernama Sardar Valabhbhai Patel yang sangat dihormati karena kepemimpinannya. Ia berjasa karena telah berhasil menyatukan 562 negara bagian di India menjadi India yang satu.

Statue of Unity memiliki ketinggian 182 meter atau 597 kaki dan menjadi patung tertinggi di dunia. Patung ini terletak di Gujarat, India yang mulai dibangun pada 31 Oktober 2013 dan diselesaikan pada Oktober 2018 dengan biaya yang sangat fantastis yaitu kurang lebih $420 juta.

9. Great Buddha of Thailand (Thailand)

Great Buddha of Thailand

* sumber: www.phuket.com

Great Buddha of Thailand atau yang sering disebut Buddha Besar merupakan patung yang memiliki ketinggian 92 meter dan menjadi patung tertinggi ke tujuh di dunia. Terletak di kuil Wat Muang, provinsi Ang Thong, patung ini mulai dibangun pada tahun 1990 dan diselesaikan pada 2008 dengan bahan dasar beton dilapisi cat berwarna emas.

Biaya untuk membangun patung ini adalah 104,2 juta baht yang merupakan sumbangan dari umat Buddha setempat. Dibangun berdasarkan perintah dari Phra Kru Vibul Arjarakhun, kepala biara pertama di Kuil Wat Muang yang ditujukan untuk mengenang dan memperingati Raja Bhumibol, salah satu Raja Thailand.

10. Guishan Guanyin (Tiongkok)

Guishan Guanyin

Patung tertinggi di dunia yang terakhir adalah patung Guishan Guanyin atau Guishan Guanyin dari seribu tangan dan mata yang berada di Tiongkok. Patung ini memiliki ketinggian 99 meter dan menjadi patung tertinggi keenam di dunia dengan bahan dasar perunggu emas yang tentunya sangat mahal.

Diselesaikan pada tahun 2009, patung ini konon memakan biaya mencapai Rp 500 miliar, lho. Guisyan Guanyin berdiri dengan bentuk yang unik karena memiliki jumlah lengan yang cukup banyak yaitu 32 lengan dengan warna emas yang sangat mengilat.

Itu dia beberapa patung tertinggi di dunia versi Bacaterus. Setelah membaca pemaparan di atas, kita jadi lebih tahu mengenai patung-patung yang ada di dunia dengan ukurannya yang sangat tinggi. Ternyata, biaya yang dihabiskan untuk pembuatan patung tersebut sangat fantastis, ya karena beberapa patung tersebut dibangun dengan material emas yang tentunya sangatlah mahal.

Karena bentuknya yang indah dan sangat tinggi, bahkan beberapa patung dibangun sebagai simbol sejarah penting dari berbagai kejadian, tak heran patung-patung tersebut telah dikenal ke berbagai belahan dunia sebagai icon dari negaranya masing-masing termasuk Indonesia dengan patung GWK nya yang sangat menakjubkan.

Kunjungi juga artikel patung terkenal di Jakarta untuk mengenal lebih dalam seputar patung-patung yang ada di negara kita sendiri.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar