10 Bangunan di Dunia yang Memiliki Ruangan Rahasia

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 8 Juli 2021

Jutaan orang melakukan perjalanan ke seluruh dunia untuk melihat keindahan, kemegahan, dan warisan dari beberapa landmark paling populer di planet ini. Sebut saja Menara Eiffel, Piramida Giza, Coloseum, atau Patung Liberty, bangunan-bangunan ini sudah menyedot jutaan pelancong.

Namun bahkan dengan semua perhatian yang sangat teliti sekalipun ternyata ada beberapa sudut dari bangunan-bangunan tersebut yang tetap tersembunyi. Artikel ini akan membahas beberapa bangunan terkenal di dunia yang mempunyai ruang rahasia. Siap untuk membuka beberapa rahasia yang paling dijaga di dunia ini? Yuk, baca terus artikel ini.

1. Menara Eiffel

Saat ditanya tempat paling tinggi yang keren di dunia, kira-kira apa jawabanmu? Bagi banyak orang, jawabannya adalah Menara Eiffel di Paris. Di kota yang sangat indah, romantis, dan penuh dengan sejarah ini terdapat mahakarya arsitektur yang keren di tengahnya, yaitu Menara Eiffel.

Apakah kamu tahu pada satu titik ternyata ada seseorang yang benar-benar tinggal di Menara ini, memandang ke seluruh Paris, di salah satu apartemen paling membuat iri di dunia? Ya, benar! Di puncak Menara Eiffel terdapat sebuah apartemen rahasia.

Apartemen ini hanya pernah ditinggali oleh satu orang, yaitu Gustave Eiffel, orang yang menciptakan Menara Eiffel. Dia memiliki sebuah apartemen kecil di atas sana. Banyak orang-orang yang rela membayar mahal untuk tempat itu.

Namun, tidak peduli berapa banyak kekayaan atau kekuatan yang dimiliki orang tersebut, Gustave menolaknya. Jika kamu membangun rumahmu sendiri seribu kaki lebih tinggi dibandingkan rumah-rumah orang lain, pasti kamu juga nggak akan menyerahkannya pada orang lain.

Akan tetapi Gustave tidak pelit dengan ruang itu. Dia sering menjamu orang lain di sana, termasuk orang jenius terkenal lainnya, seperti Thomas Edison. Walaupun kamu tidak bisa menyewanya, tetapi saat ini setidaknya kamu bisa mengunjungi apartemen tersebut.

Baca juga: Yuk, Jalan-Jalan Romantis di 10 Tempat Wisata di Paris Ini

2. Hotel Waldorf Astoria

Terkubur jauh di bawah Hotel Waldorf-Astoria yang terkenal di Kota New York terdapat stasiun kereta api dan penyimpanan yang disebut Track 61. Sebuah gerbong kereta antik telah lama tertidur di rel, tetapi situs itu sendiri dikatakan belum sepenuhnya ditinggalkan.

Sebaliknya, rumor mengatakan bahwa trek tersebut digunakan sebagai rute pelarian bagi presiden yang mengunjungi hotel tersebut.

Menurut laman situs web Atlas Obscura, mantan Presiden Franklin D. Roosevelt menggunakan rel untuk masuk dan keluar hotel secara diam-diam selama kunjungan. Ini merupakan cara untuk menyembunyikan polio yang memburuk dari publik.

Sejak itu, Secret Service sepertinya menggunakan jalur ini sebagai jalur pelarian potensial jika diperlukan.

3. Colosseum

Colosseum tiap tahunnya menyambut hampir empat juta wisatawan yang mengunjungi landmark untuk melihat Amfiteater Flavia, yang berasal dari tahun 80 M.

Namun, banyak orang mungkin tidak menyadari bahwa ada jaringan terowongan bawah tanah (kini sudah terbuka) di bawah permukaan jalan, yang disebut Hypogeum, yang digunakan untuk menampung berbagai hewan, seperti beruang dan singa.

Kemudian hewan-hewan dengan menggunakan katrol ini diangkat ke arena gladiator. Labirin ini dipuji sebagai penemuan arkeologi yang luar biasa ketika awalnya ditemukan. Sekarang Hypogeum terbuka untuk umum. Namun ada batasan orang untuk tiap sekali tur, yaitu maksimal 25 orang.

Akan tetapi, para arkeolog mengkritik tur tersebut karena mereka yakin bisa membahayakan struktur tersebut.

4. Piramida Giza

Piramida Giza merupakan bangunan yang tertua dan terakhir dari Tujuh Keajaiban Dunia Kuno. Bangunan ini dibangun sebagai makam untuk dinasti keempat Firaun Mesir Khufu dan selesai pada 2560 SM. Piramida berisi Kamar Raja, Galeri Agung dan Kamar Ratu.

Namun, baru-baru ini sebuah ruangan tersembunyi ditemukan di piramida yang dikenal sebagai The Big Void tersebut. Ruangan itu adalah ruang yang besar dengan panjang sekitar 100 kaki.

The Big Void dianggap sebagai situs pemakaman tetapi para arkeolog berspekulasi itu adalah jalan internal yang digunakan untuk membangun struktur.

5. Patung Liberty

Jutaan orang mengunjungi Patung Liberty tiap tahunnya. Banyak turis yang masuk ke dalam mahkota bangunan untuk menikmati pemandangan Kota New York yang indah. Namun, mungkin banyak orang tak menyadari bahwa mereka bisa mendaki lebih tinggi dalam struktur tersebut.

Sampai 30 Juni 1916, turis bisa memasuki ruangan yang letaknya berada dalam obor Patung Liberty tersebut. Ruangan itu menawarkan pemandangan yang menakjubkan. Namun publik tidak lagi diberi akses masuk ketika dermaga antara Jersey City dan Black Tom Island diledakkan oleh agen Jerman.

Sayangnya, ledakan tersebut menghancurkan berbagai bangunan di dekatnya yang menyebabkan luka serius atau fatal bagi ratusan orang. Puing-puing dari ledakan tertanam di dalam lengan Patung Liberty yang membuat rute ke ruang panorama tidak aman untuk umum.

Lengan telah diperbaiki tapi hanya staf Layanan Taman Nasional yang bisa memasuki obor. Mereka harus menaiki tangga sempit 12 meter untuk mendapatkan akses ke obor dan memelihara lampu sorot.

6. Washington Arch

10 Bangunan di Dunia yang Memiliki Ruangan Rahasia 6Sumber: wsj.com

Di Washington Square Park yang terletak di New York terdapat busur besar. Ini sudah diketahui banyak orang, tapi yang tidak kamu ketahui adalah bahwa ada loteng rahasia di dalamnya dan bahkan jalan menuju ke atap.

Menuju ke sana hampir seperti petualangan dalam dongeng. Pertama, kamu perlu menemukan sebuah pintu kecil, mungkin lebih kecil dari dirimu. Begitu masuk, ada terowongan panjang dan sempit. Pada akhirnya, kamu akan menemukan beberapa anak tangga.

Naiki tangga spiral kecil yang sepertinya berasal dari novel horor gotik menuju ke loteng. Di loteng kecil yang gelap, kamu akan menemukan lorong yang sebagian terbuat dari batu bata (sisa-sisa dari bukaan aslinya) dan dari sana, kamu bisa memanjat keluar dan naik ke atap.

Dari sana, kamu bisa melihat One World Trade Center, Empire State Building, dan taman. Sayangnya, hampir tidak ada kesempatan bagi kamu untuk benar-benar naik ke sana.

Selain dikunci, atapnya tidak dirancang untuk menopang berat orang, jadi ruang itu hanya untuk pemeliharaan.

7. The Empire State Building

10 Bangunan di Dunia yang Memiliki Ruangan Rahasia 7

Empire State Building yang sangat luas dan megah ini bukanlah bangunan tua. Tidak ada ruang rahasia di sini, tapi Gedung ini memiliki seluruh lantai rahasia. Ya, seluruh lantai 103 Empire State Building dirahasiakan dan disembunyikan.

Lantai ini adalah ruangan kecil yang mengelilingi bagian paling atas gedung. Terdapat pagar kecil yang menghalagi pengunjung supaya tidak jatuh. Tingginya hampir tidak setinggi lutut kebanyakan orang. Di sini akan tampak pemandangan dan panorama yang menakjubkan.

Namun sayang, tidak ada yang bisa naik ke sana kecuali selebriti. Beberapa selebriti telah berada di tempat ini sebelumnya, tapi sayangnya tidak ada orang biasa.

8. Patung Leonardo Da Vinci

Wisatawan disambut oleh patung Leonardo da Vinci saat datang ke Roma. Patung ini terletak di Bandara Fiumicino-Leonardo da Vinci. Namun patung ini memiliki lebih banyak struktur dibandingkan yang dilihat orang pertama kali.

Walaupun patung perunggu setinggi 18 meter diresmikan pada tahun 1960, ruang tersembunyi yang terletak di tengah struktur baru ditemukan saat renovasi pada tahun 2006. Pekerja menemukan dua perkamen di dalam patung.

Dalam salah satu perkamen terdapat rincian sejarah area tersebut dalam bahasa Latin klasik, sedangkan yang lain berisi tentang peserta dari upacara pembukaan. Diyakini bahwa ruang dan perkamen adalah gagasan Assen Peikov, seniman Bulgaria yang memenangkan kompetisi seni ini.

9. Disney World

Kastil Cinderella berada di jantung Disney World. Bangunan ini terletak di Magic Kingdom dan merupakan salah satu bangunan paling ikonik di taman. Kastil ini mempunyai banyak keistimewaan yang luar biasa.

Namun, salah satu yang paling terkenal adalah ruangan tersembunyi yang dikenal sebagai Cinderella Suite. Suite ini awalnya dibangun untuk Walt Disney dan keluarganya. Namun, dia meninggal pada tahun 1966 sebelum bisa diselesaikan.

Suite itu tetap belum selesai selama bertahun-tahun tetapi akhirnya selesai. Ruang rahasia sekarang menjadi kamar tidur anggota kerajaan.

10. Kapel Medici

Pada tahun 1975, direktur museum Kapel Medici di Florence saat itu sedang mencari rute keluar baru untuk pengunjung dan menemukan pintu jebakan di bawah lemari. Penyelidikan lebih lanjut mengungkapkan sketsa dan bahkan coretan di dinding.

Meskipun tidak bertanda tangan, gaya sketsa dan coretan itu menunjukkan keunggulan dari "gaya khas" Michelangelo menurut situs web Conde Nast Traveler. Sejak saat itu, kamar telah ditutup untuk renovasi walaupun rencana sedang dilakukan untuk membukanya untuk umum pada tahun 2020.

Ternyata di dalam bangunan-bangunan terkenal di dunia ruang rahasia yang tak semua pengunjung ketahui. Menariknya, ada sebagian yang akhirnya bisa dikunjungi tapi ada juga yang terpaksa harus ditutup aksesnya untuk umum karena satu dan lain hal.

Pernah terpikirkah olehmu mungkin gedung-gedung peninggalan Belanda di Indonesia juga memiliki ruang rahasia? Jika kamu tahu, silakan komen di bawah ini.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram