10 Perpustakaan di Bandung untuk Para Pencinta Buku

Ditulis oleh Muhamad Dikdik - Diperbaharui 24 Agustus 2021

Sebagai salah satu kota pendidikan terbaik di Indonesia, kamu dapat dengan mudah menemukan banyak sudut bacaan atau perpustakaan di Kota Bandung. Selain di kampus-kampus, Bandung juga memiliki banyak perpustakaan yang tersebar di berbagai sudut kota. Perpustakaan ini ada yang bersifat publik atau khusus.

Jika kamu ingin berkunjung ke tempat-tempat mencari ilmu tersebut, kali ini Keluyuran akan membahas beberapa perpustakaan yang populer di Bandung. Yuk, langsung saja simak daftarnya berikut ini!

1. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Bandung

Perpustakaan Bandung

Setiap kota di Indonesia umumnya memiliki perpusatakaan umum yang dapat diakses oleh publik. Sebagai salah satu kota terbesar di Indonesia, Bandung tentunya tidak akan ketinggalan dalam hal tersebut. Pemerintah Kota Kembang juga memiliki perpustakaan yang bisa digunakan oleh seluruh warga kota yang bernama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Bandung (Dispusip Kota Bandung).

Perpustakaan tersebut terletak di tengah-tengah kota yang mudah diakses oleh publik. Selain itu, area di sekitar perpustakaan juga masih cukup rimbun oleh pepohonan sehingga terasa lebih nyaman dan menyegarkan. Perpustakaan ini cocok dikunjungi oleh semua kalangan yang haus akan ilmu.

Jika kamu ingin menikmati berbagai macam buku bacaan yang tersedia di Dispusip Kota Bandung, kamu hanya perlu mendaftar menjadi anggota dengan menggunakan KTP Bandung saja. Ayo perluas wawasan kita tanpa perlu biaya di Dispusip Kota Bandung ini.

  • Alamat: Jl. Seram No.2, Citarum, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40115
  • Jam operasional: Senin - Jum'at (08:00 - 15:00), Sabtu (08:00 - 12:00)
  • Situs resmi: http://dispusip.bandung.go.id/
  • Nomor telepon: (022) 4231921

2. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Barat

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Barat

Nah, karena Bandung adalah ibukota Provinsi Jawa Barat, maka terdapat pula perpustakaan daerah yang dikelola oleh pemerintah provinsi setempat. Nama perpustakaan tersebut adalah Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Barat yang terletak di Kota Bandung bagian timur.

Untuk menemukan tempat ini kamu hanya perlu menyusuri Jalan Nasional Soekarno-Hatta dan masuk ke Jalan Kawaluyaan. Gedung perpustakaan provinsi ini cukup besar dan kamu bisa menjelajah banyak sudut buku bacaan di dalamnya. Area di sekitarnya juga cukup asri dan tidak bising. Selain, ada juga taman yang dapat membuat kegiatan membacamu lebih menyenangkan.

Koleksi buku di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Barat termasuk salah satu yang terlengkap di Kota Bandung. Mulai dari buku anak-anak hingga buku dewasa semuanya ada di perpustakaan empat lantai tersebut. Untuk info lengkap mengenai syarat-syarat pendaftaran dan peminjaman buku bisa kamu lihat di situs web resmi perpustakaan di bawah.

  • Alamat: Jl. Kawaluyaan Indah III No.4, Jatisari, Buahbatu, Kota Bandung, Jawa Barat 40286
  • Jam operasional: Senin - Jumat (08:00 - 16:00)
  • Situs resmi: dispusipda.jabarprov.go.id
  • Nomor telepon: (022) 7320048

3. Perpustakaan Gasibu Jawa Barat

Perpustakaan Gasibu Jawa Barat

Saat kamu olahraga atau jalan-jalan ke Lapangan Gasibu, jangan lupa untuk menyempatkan datang ke Perpustakaan Gasibu Jawa Barat. Terletak persis di area Lapangan Gasibu yang nyaman, perpustakaan ini menawarkan berbagai macam koleksi buku dengan ribuan judul.

Walaupun tempatnya kecil dan jumlah bukunya terbatas, Perpustakaan Gasibu Jawa Barat menawarkan suasana yang cukup nyaman untuk menimba ilmu. Di dalamnya, kamu akan disuguhi banyak kursi untuk membaca serta colokan listrik untuk mengisi daya perangkatmu. Kamu juga dapat memanfaatkan akses internet serta perangkat komputer untuk menjelajah dunia maya.

  • Alamat: Jl. Majapahit, Citarum, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40115
  • Jam operasional: Senin - Sabtu (08:00 - 16:00), Minggu (06:00 - 12:00)

4. Pitimoss Fun Library

Pitimos

* sumber: www.acipah.com

Pitimoss Fun Library menyediakan berbagai macam buku bacaan mulai dari komik, novel, hingga majalah-majalah yang bisa kamu baca di tempat atau dibawa pulang ke rumah dengan sistem sewa. Tentu saja biaya sewanya sangat murah loh. Kamu juga bisa mendapatkan poin-poin berharga dari setiap kunjunganmu atau mengajak teman untuk bergabung di perpustakaan ini.

Judul buku yang ada di Pitimoss Fun Library selalu bertambah setiap harinya. Saat di sana, kamu akan dilayani oleh staf yang bersahabat dan tempat bacaan yang nyaman. Selain itu, kamu juga bisa membeli buku yang kamu inginkan di sana. Tertarik datang ke perpustakaan ini? Yuk, langsung cek saja informasinya berikut ini!

  • Alamat: Jl. Banda No.12-S, Merdeka, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40113
  • Jam operasional: Setiap hari (09:00 - 20:00)
  • Situs resmi: http://www.pitimoss.com/
  • Nomor telepon: (022) 4208072

5. Microlibrary Bima

Microlibrary Bima

* sumber: www.archdaily.com

Microlibrary atau Perpustakaan Mikro Bima ini adalah sebuah perpustakaan publik yang bisa diakses secara gratis. Dari namanya saja kita tahu kalau ini bukanlah sebuah tempat yang besar. Walaupun demikian, Microlibrary Bima tetap menjadi rekomendasi perpustakaan yang perlu kamu kunjungi di Bandung. Ada sekitar 2000-an judul buku di perpustakaan tersebut.

Sebagai informasi, tempat menggali ilmu yang keren ini dibangun oleh badan amal terkenal Dompet Dhuafa. Microlibrary bahkan mendapatkan penghargaan International Award Winning Library untuk kategori tempat umum. Ayo datang ke perpustakaan ini dan jaga lingkungannya bersama-sama ya!

  • Alamat: Jl. Bima No.103, Arjuna, Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat 40172
  • Jam operasional: Senin - Minggu (08:30 - 17:00)
  • Situs resmi: miclib.com
  • Nomor telepon: 0821-1673-0137

6. Perpustakaan Pusat ITB/ Central Library

Perpustakaan Pusat ITB

Perpustakaan Pusat ITB atau Central Library adalah perpustakaan milik salah satu perguruan tinggi ternama di Indonesia yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB). Meskipun berada di dalam kawasan kampus, perpustakaan ini dibuka juga untuk masyarakat umum. Untuk masuk ke perpustakaan ini ada beberapa ketentuan yang mesti kamu ikuti seperti salah satunya adalah menitipkan ID asli kamu ketika masuk.

Perpustakaan Pusat ITB ini memiliki koleksi buku akademik yang lengkap Untuk kamu yang sedang menyusun skripsi atau thesis pastinya akan senang kalau ke sini karena selain membaca, di sini juga kamu bisa membawa laptop dan mengerjakannya langsung di sini.

  • Alamat: Jl. Ganesa No. 10, Bandung, Jawa Barat 40132
  • Jam operasional: Senin - Jumat, 08.00 - 21.00/ Sabtu, 08.00 - 12.30
  • Situs resmi: https://lib.itb.ac.id/
  • Nomor telepon: +6222-2500089

7. Pustakalana Children's Library

Pustakalana Children's Library

Pustakalana Children's Library adalah sebuah perpustakaan khusus anak-anak dengan koleksi buku yang cukup lengkap termasuk berbagai macam buku bergambar (ada juga beberapa judul buku untuk orang dewasa). Pustakalana Children's Library menawarkan tempat membaca dan belajar yang sangat nyaman. Anak-anak juga bisa bermain sekaligus belajar di tempat yang keren ini.

Manajemen Pustakalana Children's Library sering mengadakan acara-acara yang menarik bagi anak dan orangtua. Dengan demikian, pengunjung tidak akan merasa bosan saat berkunjung ke tempat tersebut. Untuk mengetahui info lebih lanjut mengenai Pustakalana Children's Library, silakan untuk berkunjung ke situs web resmi mereka di bawah ini.

  • Alamat: Jl. Tm. Cibeunying Sel. No.45, Cihapit, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40114
  • Jam operasional: Senin - Jumat (09:30 - 16:30)
  • Nomor telepon: 0881-8670-740

8. Perpustakaan Museum Asia Afrika

Perpustakaan Museum Asia Afrika

Jika kamu sedang ada kegiatan di Museum Asia Afrika, kamu bisa berkunjung ke Perpustakaan Museum Asia Afrika untuk menambah wawasanmu. Perpustakaan ini menyediakan banyak buku tentang sejarah, sosial, politik, dan budaya negara-negara Asia Afrika dan lainnya, dokumen Konferensi Asia-Afrika dan konferensi pendahuluannya, majalah dan koran yang disumbangkan dari lembaga lain atau diperoleh dengan membeli.

Selain itu, Perpustakaan Museum Asia Afrika juga bekerja sama dengan Yayasan Mata Hati Indonesia, Rotary, Abiyoso Braille Publishing House, dengan menyediakan Braille Corner pada tahun 2009. Perpustakaan ini bertujuan untuk mendukung museum dalam melayani kebutuhan para penyandang disabilitas. Jadi, siapa pun bisa datang ke perpustakaan ini. Judul buku yang tersedia di Perpustakaan Museum Asia Afrika bisa kamu cek di bawah ini.

  • Alamat: Asia Afrika street No.65, Braga, Sumur Bandung, Bandung City, West Java 40111
  • Jam operasional: Selasa - Kamis (08:00 - 16:00), Jum'at (14:00 - 16:00), Sabtu dan Minggu (09:00 - 16:00)
  • Situs resmi: Perpustakaan Museum Asia Afrika
  • Nomor telepon: (022) 4233564

9. Kineruku

KINERUKU

Kalau ingin ke perpustakaan yang kekinian, Kineruku jawabannya nih! Kineruku merupakan perpustakaan yang menyediakan referensi seputaran buku, musik dan film. Tak jarang di sini diadakan acara untuk komunitas pencinta buku di Bandung, workshop sampai acara musik.

Selain perpustakaan, di sini juga menyediakan makanan dan minuman yang bisa kamu nikmati sambil membaca buku. Mungkin lebih tepatnya Kineruku bisa disebut juga sebagai library cafe. Tempatnya memang agak jauh dari keramaian, tapi suasananya sangat enak untuk dijadikan tempat untuk membaca buku sambil bekerja atau sekedar nongkrong bersama teman-teman.

  • Alamat: Jl. Hegarmanah No.52, Hegarmanah, Kec. Cidadap, Kota Bandung, Jawa Barat 40141
  • Nomor telepon:  (022) 2039615

10. Tobucil & Klabs

tobucil

Tobucil & Klabs adalah salah satu tempat yang pastinya akan sangat disukai oleh para pencinta buku di Bandung. Di Tobucil, kamu bisa membeli buku-buku pengetahuan umum dan seni. Adanya workshop dan menggelar beberapa kelas seperti kelas menulis dan public speaking menjadi salah satu alasan lain  membuat Tobucil wajib kamu kunjungi.

Bukan hanya untuk mencari buku, Tobucil & Klabs yang berdiri sejak 2001 ini menjadi tempat bertemunya crafter dan komunitas yang ada di Bandung. Penasaran?  Yuk, langsung saja kunjungi ke alamat berikut ini.

  • Alamat: Jl. Panaitan No.18, Kb. Pisang, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40112
  • Jam operasional: Senin-Jumat 09.00-20.00, Sabtu-Minggu 10.00-18.00
  • Nomor telepon: 081214227499

Itulah beberapa perpustakaan yang dapat kamu kunjungi di Kota Bandung. Untuk informasi lebih lanjut kamu bisa menghubungi nomor telepon yang tertera di atas. Mohon untuk mengikuti peraturan yang ada di setiap perpustakaan ya.

Oh iya, selain di perpustakaan, kamu juga bisa mencari buku-buku yang menarik untuk dibaca di sejumlah toko buku di Bandung. Ingin tahu letak toko bukunya? Yuk, cari tahu selengkapnya di artikel 10 Toko Buku di Bandung ini.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram