Pengalaman Menginap di Kampung Sumber Alam Garut yang Menyejukkan Mata

Ditulis oleh Lady S

Jawa Barat memang dikenal dengan alamnya yang beragam dari mulai lautan, hutan, dan gunung. Tak terkecuali di Garut. Terkenal dengan makanan khas-nya yaitu Kerupuk Kulit dan Dodol, Garut juga dikenal memiliki pemandangan serta wisata air panas yang menenangkan.

Kali ini, Keluyuran akan mampir dan menginap di salah satu hotel tersohor yang memiliki fasilitas kolam air hangatnya yakni Kampung Sumber Alam. Seperti apa pengalaman menginap kami disini? Yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Tentang Kampung Sumber Alam Garut

Kampung Sumber Alam Garut-20
  • Lokasi: Jalan Raya Cipanas 122 Pananjung Tarogong Kaler, Pananjung, Cipanas, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44151
  • Tipe Hotel: Resort
  • Jumlah Kamar: 79
  • Fasilitas Umum: Wi-Fi, Restaurant, Kolam Renang, Kolam Air Panas, Meeting Room, Parkir Gratis, Taman, Mini Outbound, Spa, Laundry
  • Harga Kamar: Rp 350.000 - Rp 6.000.000

Terletak di kaki gunung Guntur, Kampung Sumber Alam sering kali menjadi pilihan keluarga untuk berlibur dan berekreasi sejak dulu. Didirikan pada tahun 1970, hotel ini dulunya merupakan klinik fisioterapi yang juga difungsikan sebagai penginapan untuk para pasien dari luar kota.

Sumber air panas yang ada di sekitarnya kerap digunakan sebagai terapi relaksasi otot dalam metode fisioterapi. Wah sepertinya sampai sekarang pun, hotel ini memang cocok untuk healing ya!

Berjarak sekitar 30 menit dari Garut Kota, letak hotel ini tentunya tak terlalu sulit untuk ditempuh. Terlebih sudah banyak moda transportasi berbasis online yang bisa kamu gunakan untuk mencapai tempat ini. Bahkan, ada angkutan umum yang lewat di depan bangunan hotel ini, lho. Jadi, kamu akan dengan mudah sampai ke hotel ini.

Suasana

Kampung Sumber Alam Garut-24

Begitu sampai di Kampung Sumber Alam, kamu akan disambut dengan pemandangan hamparan pegunungan yang membentang dari ujung ke ujung yang memanjakan mata. Kerasa banget vibes healing-nya ya! But trust me, ini baru awalnya saja. Tunggu sampai kamu lihat bagian dalam hotel ini.

Tak hanya menawarkan pemandangan gunung yang bisa kamu lihat langsung dari hotel, nuansa alam juga begitu terasa dari desain eksterior bangunannya yang didominasi oleh kayu dan bambu.

Kampung Sumber Alam Garut-1_
Interior lobby

Hotel ini begitu konsisten menghadirkan suasana alam sampai ke bangunan-bangunan di dalamnya seperti kamar, restoran, dan fasilitas pendukung lainnya. Bisa dibilang 90% material bangunan disini menggunakan kayu dan bambu.

Melengkapi bangunan kayunya, suasana semakin asri dengan taman-taman yang dihiasi berbagai jenis bunga berwarna merah dan juga kolam ikan lengkap dengan gemercik air mancurnya. Siapapun yang datang kesini, pasti merasa tempat ini menenangkan dan membuat rileks.

Tipe Kamar

Kampung Sumber Alam Garut-5_
Kamar tipe Bungalow

Mengingat fungsi awalnya sebagai klinik fisioterapis dan penginapan untuk pasien luar kota, Kampung Sumber Alam ini sungguh di luar ekspektasi. Kamar-kamar yang tersedia sangat beragam dari mulai yang bentuknya kamar biasa, villa, hingga bungalow. Semua kamar bisa dipilih sesuai kebutuhan dan jumlah tamu.

Misalnya saja kalau kamu datang bersama pasangan, kamu bisa memilih tipe kamar standar ataupun villa dengan 1 kasur king size, tapi kalau kamu datang bersama rombongan rekan-rekan kerja, kamu bisa menyewa 1 villa penuh dengan kapasitas 18 orang. Yup, Kampung Sumber Alam ini bahkan menyediakan sebuah villa yang besar banget. Komplit kan?

Yang lebih menyenangkan lagi, semua kamar punya taman ataupun halaman di depannya. Beberapa tipe kamar bahkan punya bak mandi dan kolam air panas sendiri. Pilihan kamar yang bermacam-macam ini bikin pengunjung nggak bingung mencari kamar yang sesuai, karena semua kamar nyaman ditempati.

Review Kamar Tipe Villa Kawung

Kampung Sumber Alam Garut-21
Kamar tipe Villa Kawung

Saat menginap disini, kami memutuskan untuk mencoba kamar tipe Villa Kawung. Sesuai namanya, kamar ini memang berbentuk villa kecil yang mirip apartemen studio. Kamar ini punya 2 lantai yang ke semua lantainya didominasi dengan kayu dari mulai lantai, dinding, hingga langit-langitnya.

Lantai 1

Kampung Sumber Alam Garut-10_

Di lantai 1, terdapat ruangan kecil yang bisa digunakan untuk bersantai dan mengobrol. Konsep ruangan ini memang lesehan, jadi hanya ada meja dan bantal duduk saja. Lalu, ada juga minibar serta wastafel yang bersebelahan.

Kampung Sumber Alam Garut-9_
Mini bar

Ada dua ruangan lain di lantai 1, yakni kamar mandi dan toilet yang sengaja dibuat terpisah dengan sehingga nggak khawatir akan saling menunggu kalau ada yang ingin ke toilet. Nuansa alam juga tetap terasa sampai ke kamar mandi. Bagian atas kamar mandi sengaja dibuat terbuka sedangkan bagian lantai memadukan lantai keramik dan rumput sintetis.

Yang paling menarik, kamar mandi ini ternyata punya bak mandi khusus berendam yang bahkan bisa digunakan untuk 2 orang. Wah cocok banget buat introvert yang nggak pengen berendam di kolam luar.

Lantai 2

Kampung Sumber Alam Garut-12_
Kasur dan Balkon Luar

Naik ke lantai 2, ada kamar tidur dengan kasur king size. Disini ada juga TV LED, lemari, dan meja rias. Ada juga balkon kecil di samping kamar yang menghadap langsung ke luar.

Secara suasana, kamar ini terasa fine saja karena pencahayaan yang temaram bikin waktu istirahat jadi lebih nyaman. Sayangnya, pembatas di lantai 2 terasa terlalu pendek jadi agak riskan untuk anak-anak kecil disini. Selain itu, saat kami kesini, hampir semua siaran TV nggak terlihat jelas. Jadi sepertinya, no TV time selama disini ya!

Fasilitas Umum Kampung Sumber Alam Garut

Area Parkir

Kampung Sumber Alam Garut-22

Salah satu hal yang sering menjadi concern utama ketika berlibur dan membawa keluarga adalah lahan parkir. Apalagi buat kamu yang membawa rombongan keluarga besar, tentunya kamu akan butuh banyak tempat parkir untuk kendaraan keluarga.

Tak usah khawatir, lahan parkir di Sumber Alam Garut ini tersedia begitu luas. Bahkan bis-bis besar juga bisa turut masuk ke area ini.

Restaurant

Kampung Sumber Alam Garut-18
Restaurant Tanjung Balebat

Cuaca dingin sering kali bikin lapar. Tapi kamu nggak perlu jauh-jauh pergi ke luar hotel untuk cari makanan, karena Resort Kampung Sumber Alam juga menyediakan restaurant. Nggak hanya 1, disini kamu akan menemukan 2 restaurant yakni Restaurant Tanjung Balebat dan Restaurant Ligarwangi.

Restaurant Tanjung Balebat adalah yang paling menarik karena terletak persis di samping kolam renang dan menghadap view gunung guntur. Untungnya, restaurant ini dibuka untuk umum, yang artinya orang selain tamu kamar pun bisa mengunjungi restaurant ini.

Kampung Sumber Alam Garut-16

Menariknya, ada area restaurant Tanjung Balebat yang di bawahnya terdapat sebuah kolam kecil dimana kamu bisa menikmati santapan sambil merendamkan kaki di air hangat. Sayangnya pas kami kesana, kolamnya baru selesai dikuras, jadi kami nggak bisa mencoba makan sambil merendamkan kaki.

Kampung Sumber Alam Garut-6_
Restaurant Ligarwangi

Lalu, untuk Restaurant Ligarwangi, meskipun tidak mengambil view gunung, tapi letak restaurant ini dikelilingi taman cantik. Restaurant ini juga biasa digunakan untuk breakfast bagi para tamu yang menginap di Kampung Sumber Alam.

Kolam Renang dan Kolam Air Panas

Kampung Sumber Alam Garut-14

Salah satu yang menjadi daya tarik hotel ini selain suasana alamnya yang sangat terasa, ada juga kolam renang yang cocok untuk rekreasi keluarga. Begitu masuk ke area resort, kamu akan dengan mudah menemukan kolam renang ini karena lokasinya yang berdekatan dengan lobby hotel dan ukurannya yang juga cukup luas.

Kampung Sumber Alam Garut-19

Terdapat 3 jenis kolam berbeda yang ada di area hotel Sumber Sari ini. Kolam renang utamanya yang paling luas dengan kedalaman 1.5 meter, kolam ke-dua dengan luas yang lebih kecil kedalamannya 1 meter. Kolam ini biasa digunakan sebagai Jacuzzi.

Kampung Sumber Alam Garut-17

Sedangkan kolam yang ke-tiga adalah yang ukurannya paling kecil dengan kedalaman 80 cm saja. Kolam ini punya fasilitas perosotan sehingga cocok untuk tempat bermain anak-anak tapi tetap dengan pendampingan orang tua juga ya!

Semua kolam menggunakan air hangat yang tingkat panasnya terasa pas. Nggak terlalu panas tapi sangat berasa hangatnya. Kolamnya pun rutin dibersihkan. Saat kami kesana (sekitar jam 6 sore), kolamnya sedang dibersihkan, jadi kolam baru bisa digunakan keesokan harinya.

Taman dan Area Mini Outbound

Kampung Sumber Alam Garut-4_

Menyusuri area Resort Kampung Sumber Alam Garut ini rasanya nggak cukup sehari, deh. Karena dengan luas 2.7 hektar, banyak sekali yang bisa kamu lihat di resort ini, salah satunya taman dan mini outbound-nya.

Resort ini memang pas banget untuk healing karena layout resort yang dikelilingi taman. Bukan cuma sekedar hiasan, taman-taman ini benar-benar menjadi bagian dari resortnya.

Kampung Sumber Alam Garut-5_

Desain kamar yang memang mengambil konsep perkampungan dan dipadukan dengan 'balong' alias kolam ikan serta taman-taman membuat suasana resort terasa 'syahdu'. Jalan menuju restaurant Ligarwangi, tempat untuk breakfast pun terasa sangat nikmat karena melewati taman-taman dan 'perkampungan' itu.

Kampung Sumber Alam Garut-7_

Selain itu, kamu juga akan melewati sebuah area lapang yang nggak terlalu luas tapi sangat cukup untuk kegiatan outdoor bersama rekan kerja. Tempat inilah yang disebut sebagai mini outbound.

Taman Bermain Anak (Kids Playground)

Kampung Sumber Alam Garut-13

Tidak hanya taman biasa dan mini outbound, Kampung Sumber Alam Garut juga dilengkapi dengan fasilitas untuk anak yakni, taman bermain anak. Meskipun tidak terlalu luas, tapi ada beberapa permainan yang bisa dinikmati anak-anak seperti ayunan, perosotan, dan mini outbound.

Kesimpulan

Kampung Sumber Alam Garut-23

Sejujurnya, saat melihat foto-foto ulasan dari pengunjung, kami sempat merasa hotel ini akan too good to be true. Tapi nyatanya, tempat ini memang se-bagus itu! Dimulai dari konsep resortnya yang mengadopsi perkampungan khas tatar sunda yang dikelilingi taman, resort ini sudah menawarkan penampilan yang memanjakan mata.

Tak hanya sekedar penampilan, resort ini juga menyediakan fasilitas yang super lengkap dari mulai jenis kamar yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan para tamu yang menginap, kolam air hangat, restaurant, mini outbound dan lain-lain.

Selain itu, jarak resort ini nggak terlalu jauh dari Garut kota sehingga nggak membuat kita terlalu capek mencapainya. Dengan harga sewa per-kamar yang cukup terjangkau namun fasilitas yang lengkap, rasanya nggak ada alasan untuk nggak mencoba menginap disini.

Pros (+)

  • Jarak tidak terlalu jauh (6-7 km dari Garut Kota)
  • Fasilitas lengkap
  • Suasana alam sangat terasa
  • Kolam air hangat berbagai ukuran
  • Jenis kamar lengkap
  • Kids Friendly

Cons (-)

  • Gambar TV kurang bagus

Itu dia ulasan Keluyuran mengenai Resort Kampung Sumber Alam Garut. Next, kita keluyuran kemana lagi ya? Kasih tahu kita di kolom komentar ya!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram