Pagoda Avalokitesvara, Salah Satu Vihara Tertinggi di Indonesia

Ditulis oleh Mutiara Dwi C.K. - Diperbaharui 25 Agustus 2021

Semarang merupakan salah satu kota yang memiliki banyak destinasi wisata alam, wisata kuliner, wisata edukasi dan juga wisata religi. Termasuk salah satu diantaranya tempat wisata religi di Semarang adalah Pagoda Avalokitesvara yang sering juga dikenal dengan Pagoda Kwan Im. Karena di dalam vihara ini terdapat patung Dewi Kwan Im yang memiliki tinggi hingga lima meter.

Pagoda Avalokitesvara merupakan salah satu bangunan utama yang ada di kawasan komplek Vihara Buddhagaya Watugong. Pagoda Avalokitesvara ini masih aktif dugunakan sebagai tempat beribadah bagi yang beragama Budha.

Pagoda Avalokitesvara tercatat di rekor MURI pada tahun 2006 karena menjadi vihara tertinggi pada tahun tersebut, yakni memiliki tinggi 45 meter. Vihara ini juga memiliki tujuh tingkat yang di setiap tingkatnya memiliki makna tersendiri.

Spot Populer

Spot Populer

Awalnya vihara yang ada di kawasan komplek Vihara Buddhagaya Watugong ini hanya dipakai untuk beribadah saja. Tapi karena kentalnya budaya Tiongkok dan Thailand, akhirnya vihara di sini dijadikan menjadi salah satu objek wisata religi.

Pagoda Avalokitesvara ini hampir semua bangunannya terbuat dari beton dengan dominasi warna merah dan kuning. Pagoda Avalokitesvara ini juga menjadi salah satu vihara yang menjadi ikon di kawasan Vihara Buddhagaya Watugong.

  • Bangunan Pagoda Avalokitesvara
Bangunan Pagoda Avalokitesvara

Seperti sudah disebutkan diatas, kalau Pagoda Avalokitesvara ini menjadi salah satu bangunan utama dan sering dijadikan spot foto oleh para wisatawan. Di dalam Pagoda Avalokitesvara ini terdapat sekitar 30 patung yang digunakan sebagai tempat pemujaan.

Pagoda ini dianggap sebagai cerminan bangunan suci yang merupakan wujud cinta kasih (Metta Karuna) dari Buddha. Konon di puncak Pagoda ini terdapat patung Amitabha yang dianggap sebagai guru besar dewa-dewa dan manusia.

Tapi tidak semua orang diperbolehkan masuk ke dalam Kawasan vihara terkecuali yang akan beribadah. Dan karena tempat ini merupakan tempat beribadah ada baiknya menggunakan pakaian yang sopan saat berkunjung.

  • Pohon Bodhi
Pohon Bodhi

Pohon Bodhi yang terdapat tepat di depan Pagoda Avalokitesvara ini konon sudah ditanam pada tahun 1955. Pohon ini dilambangkan sebagai pohon keabadian. Dan dibagian bawah pohon juga terdapat patung Buddha dengan warna khasnya yaitu warna kuning keemasan.

Selain itu, terdapat banyak kertas berwarna merah yang dikaitkan di ranting-ranting pohon Bodhi ini. Konon kertas-kertas tersebut merupakan salah satu kepercayaan yang beragama Buddha dimana di kertas tersebut tertulis harapan dan doa-doa dari yang menuliskannya.

  • Patung Buddha Tidur
Patung Buddha Tidur

Patung Buddha tidur, merupakan spot populer lainnya yang ada di Kawasan Vihara Watugong. Patung Buddha tidur ini ukurannya cukup besar, yakni memiliki panjang sekitar 16 meter.

Patung Buddha tidur ini berada tak jauh dari Pagoda Avalokitesvara, yakni berada di sisi luar kanan Pagoda. Orang yang menganut agama Buddha pun masih ada yang suka melakukan ritual ibadah disini.

  • Gedung Dhammasala
Gedung Dhammasala

Gedung Dhammasala, merupakan bangunan utama lainnya yang berada di Kawasan Vihara Watugong. Gedung ini berada di sisi kanan vihara dan tak terlalu jauh dari pintu masuk. Gedung ini memiliki dua lantai dimana lantai pertama biasanya digunakan sebagai ruang serbaguna dan di lantai atasnya digunakan untuk tempat beribadah.

Konon ukiran atap dari gedung ini menjadi salah satu daya tariknya, karena bentuk serta ukiran nya mirip dengan gaya Thailand yang melancip ke atas serta dikelilingi ukiran di luarnya. Di dalam gedung ini juga terdapat patung Buddha dengan tinggi sekitar lima meter.

  • Watugong
Watugong

Watugong, terdiri dari dua kata yakni ‘watu’ (batu) dan ‘gong’ dimana batu tersebut merupakan batu yang terbentuk secara alami dan menyerupai bentuk gong. Oleh karena itu, Kawasan di vihara ini dikenal dengan kawasan Watugong.

Konon batu tersebut merupakan sebuah batu peninggalan sejarah setelah kerajaan Majapahit runtuh. Batu terletak di dekat pintu masuk vihara, dekat dengan tempat parkir dan pos keamanan.

Fasilitas

Fasilitas

Meskipun tempat ini umumnya digunakan sebagai tempat peribadahan, tapi disini juga beberapa fasilitas umum yang bisa digunakan oleh para pengunjungnya, baik oleh pengunjung yang akan melakukan ibadah maupun pengunjung yang datang hanya untuk berwisata.

  • Toilet

Di dalam Kawasan vihara terdapat beberapa toilet yang bisa gunakan oleh para pengunjungnya. Jadi kamu tidak perlu khawatir jika ingin pergi ke toilet untuk buang air kecil dan sebagainya. Toiletnya pun bersih dan terawat, sehingga nyaman digunakan.

  • Tempat Parkir

Di Kawasan vihara ini juga terdapat tempat parkir yang cukup luas. Jadi untuk kamu yang membawa kendaraan baik kendaraan roda dua maupun roda empat tidak perlu bingung harus parkir dimana.

  • Tempat Ibadah

Karena Pagoda Avalokitesvara ini sebetulnya memang tempat untuk beribadah, tentu saja bagi kamu yang beragama Buddha bisa melakukan ibadah kamu disini. Tempatnya terbuka untuk umum.

  • Ramalam Tjiam Shi

Umat Buddha biasanya melakukan ritual Tjiam Shi atau sebuah ritual untuk mengetahui nasib. Biasanya dilakukan dengan cara menggoyangkan bambu-bambu yang sudah ada tanda hingga salah satunya terjatuh.

Bagi yang percaya dengan ramalan, mungkin kamu akan tertarik untuk mencoba melakukan ramalan ini. Kamu bisa minta kepada petugas yang ada di Pagoda untuk melakukan ramalan Tjiam Shi.

Lokasi dan Akses Transportasi

Lokasi dan Akses Transportasi
  • Alamat: Jl. Perintis Kemerdekaan, Pudakpayung, Kec. Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah
  • Jam Operasional: Setiap hari, 07.00 – 21.00
  • Harga Tiket Masuk: Gratis, parkir bayar seikhlasnya
  • Telepon: -

Untuk memasuki Kawasan vihara termasuk ke Pagoda Avalokitesvara ini, tidak ada biaya masuknya alias gratis. Untuk tarif parkir pun tidak ada patokan pasti, hanya tertulis kalau bayar seikhlasnya saja.

Letak Pagoda Avalokitesvara ini tak jauh dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI Indonesia), kurang lebih sekitar 5 menit dari Museum MURI. Tapi jika mengendarai kendaraan kamu harus berputar arah terlebih dahulu.

Untuk berwisata kesini kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi, kendaraan umum seperti menaiki bus Trans Semarang dengan harga yang relatif murah dan bisa juga menggunakan jasa angkutan ojek online. Karena letaknya berada dipinggir jalan, jadi Pagoda ini pun sangat mudah ditemukan. Jarak dari pusat kota pun tidak terlalu jauh, bisa ditempuh dengan waktu sekitar 20-30 menit.

Hotel di Sekitar

Di dekat Pagoda Avalokitesvara pun terdapat beberapa hotel yang bisa kamu jadikan tempat untuk menginap selama kamu berwisata ke Semarang. Berikut ini beberapa hotel yang ada disekitar Pagoda Avalokitesvara dengan harga berkisar mulai dari seratus ribuan.

  • Hazotel Semarang

Alamat: Jl. Durian Raya No. 27, Srondol Wetan, Kec. Banyumanik, Kota Semarang Jawa Tengah – Jarak sekitar 1,1 km.

  • Hotel Plaza Semarang

Alamat: Jl. Setiabudi No. 103, Srondol Kulon, Kec. Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah - Jarak sekitar 2,6 km

  • RedDoorz near Universitas Diponegoro 2

Alamat: Jl. Mulawarman Raya No.9, Pedalangan, Kec. Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah – Jarak sekitar 3,4 km.

  • Guest House Bintang Tiga

Alamat: Jl. Prof. Sudarto No. 11, Sumurboto, Kec. Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah – Jarak sekitar 4,4 km.

  • Java Go Residence by Jiwa Jawa

Alamat: Jl. Bukit Sari Raya No. 14, Sumurboto, Kec. Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah - Jarak sekitar 4,9 km.

Meskipun Pagoda Avalokitesvara ini buka setiap hari, tapi biasanya pada hari raya umat Buddha Kawasan ini akan ditutup sementara bagi para wisatawan. Namun tempat ini akan tetap dibuka bagi yang akan melakukan ibadah disana saja.

Jika kamu datang kesini pada malam hari, kamu akan mendapatkan pemandangan yang tak kalah bagus dari siang hari lho. Pasalnya pada malam hari, Pagoda Avalokitesvara ini tetap ramai karena lampu-lampu yang ada di sekitar Pagoda Avalokitesvara ini, sehingga menjadi daya tarik lainnya bagi yang suka hunting foto.

Nah, sekian ulasannya mengenai salah satu tempat wisata religi yang ada di Semarang. Ada yang pernah datang kesini juga? Kamu boleh share pengalaman kamu ketika datang kesini di kolom komentar ya. Dan bagi yang belum pernah, jangan lupa masukan Pagoda Avalokitesvara ini ke daftar salah satu tempat yang akan kamu kunjungi ya.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram