Inilah 6 Pemandian Air Panas di Semarang dan Sekitarnya

Ditulis oleh Siti Hasanah

Melancarkan aliran darah, meningkatkan metabolisme tubuh, relaksasi, dan bagus untuk kesehatan kulit. Apalagi manfaat mandi air panas yang mengandung belerang? Manfaat-manfaat tersebut bisa didapatkan dari mandi dan berendam di hangat air dari sumber alam tersebut. 

Untungnya warga Semarang dan kota di sekitarnya tak perlu kesulitan mencari pemandian air panas untuk mendapatkan manfaat-manfaat tersebut. Pasalnya kota di Jawa Tengah ini mempunyai kolam pemandian dengan fasilitas lengkap. Selain untuk mandi, kamu juga bisa bersantai dan menikmati pemandangan alam.

Berikut ini adalah beberapa tempat permandian air panas di Semarang dan sekitarnya, ada apa saja? Simak ulasannya di bawah ini ya!

1. Pemandian Air Panas Derekan 

Pemandian Air Panas Derekan 

* sumber: luasmedia.com

Salah satu yang patut disyukuri dari anugerah alam yang dimiliki Jawa Tengah adalah adanya pemandian air panas yang nyaman dan alami seperti pemandian air panas Derekan. Letak pemandian air panas ini berada tak jauh dari lokasi Candi Ngempon. 

Candi Ngempon dan pemandian air panas Derekan dipisahkan oleh aliran sungai. Sungai tersebut dapat dijadikan sebagai patokan mencari lokasi pemandian ini. Setelah lelah jalan-jalan di Candi Ngempon kamu bisa mampir berendam di Pemandian air panas Derekan. 

Pemandian air panas Derekan mempunyai beberapa kolam mandi. Kolam untuk laki-laki dan perempuan terpisah. Kamar mandi dan kamar bilas pun dipisahkan. 

  • Alamat: Desa Derekan, Kecamatan Pringapus, Semarang
  • Jam buka: 24 jam
  • HTM: Rp4.000

2. Pemandian Air Panas Gedong Songo

Pemandian Air Panas Gedong Songo

* sumber: dosenwisata.com

Pemandian air panas Gedong Songo berada tak jauh dari lokasi wisata Candi Gedong Songo. Sumber air panas di pemandian ini memiliki kadar belerang yang tinggi. Dari jauh saja bau belerang sudah tercium. 

Baru belerang akan semakin kuat ketika kamu melewati pipa penyuplai air panas dari sumber air yang mengalir ke kolam berendam. Air yang diproduksi dari kawah Gunung Kendalisodo ini dialirkan ke kolam renang agar tidak menumpuk di kawah.

Mandi di sini tak perlu lama-lama sebab akan menimbulkan pusing kepala karena terlalu lama mencium aroma belerang yang menyeruak dari sumber airnya. Cukup 30 menitan saja waktu maksimal untuk berendam.

Suhu air di kolam renang ini pun cukup tinggi. Disarankan untuk sedikit demi sedikit memasukan tubuh ke dalam air kolam ini agar tubuh dapat beradaptasi dengan suhu air. Oh ya, kolam renang di pemandian air panas Gedong Songo menyediakan ban karet juga. 


Kolam berendamnya pun tak terlalu besar. Kedalaman kolam bagi anak-anak dan dewasa berbeda. Kolam dewasa dalamnya mencapa 1,5 meter. Sedangkan untuk anak-anak lebih dangkal dan ada sekat pemisah agar anak-anak tidak masuk ke kolam yang dalam.

  • Alamat: Dusun Krajan, Desa Banyukuning, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang.
  • Jam buka: 08.30-17.00
  • HTM: Rp3.000

3. Pemandian Air Panas Diwak

Pemandian Air Panas Diwak

* sumber: studentofbutterfly.blogspot.com

Nama Diwak merupakan akronim dari Kendi Kawak yang berarti kendi kuno. Penamaan tersebut diambil karena banyak sekali ditemukan kendi di lokasi di mana pemandian air panas Diwak ini berada. 

Belum ada keterangan jelas sejak kapan sumber mata air panas di Dusun Kali Desa Diwak ini muncul. Yang pasti kemunculan sumber air yang mengandung mineral alami yang menyehatkan ini menjadi berkah bagi warga sekitar. 

Sumber mata air panas yang muncul di sini jadikan pemandian umum. Banyak warga yang datang ke tempat ini sebab tertarik dengan banyaknya manfaat dari mata air belerang ini. 

  • Alamat: Dusun Kali, Desa Diwak, Kecamatan Bergas, Semarang.
  • Jam buka: 24 jam
  • HTM: Rp3.000

4. Pemandian Air Panas Umbul Sidomukti

Pemandian Air Panas Umbul Sidomukti

* sumber: wisatabagus.com

Berendam dengan ditemani pemandangan alam yang indah dan asri tentu akan membuat semakin betah. Pegal-pegal di tubuh hilang, mata pun segar karena disuguhi keindahan alam yang tersaji di depan mata.

Inilah yang bisa kamu dapatkan dari pemandian air panas Umbul Sidomukti. Kolam renang di pemandian ini berada di luar dan kolam dibuat bertingkat. Kamu bisa memilihi kolam mana yang nyaman untuk berendam. 

Umbul sidomukti menyediakan arena permainan lain. Ada flying fox, marine bridge dan ATV. Ada juga permainan panahan, dan Little Ranch di mana kamu dapat belajar sambil jalan-jalan di kebun sayur. Permainan yang memicu adrenalin tersebut harus kamu coba ketika mengunjungi pemandian air panas Umbul Sidomukti. 

Goa Tirta dibangun untuk melengkapi sarana di pemandian ari panas Umbul Sidomukti untuk kenyamana para pengunjung. Goa ini tidak seperti goa bawah tanah pada umumnya yang gelap dan pengap. 

Goa Tirta adalah ruangan bawah tanah yang didesain cantik untuk tempat berfoto. Goa ini tidak terlalu panjang. Ukurannya hanya 135 meter.Restoran dan cafetaria di tempat ini menyediakan menu dan camilan yang beragam. Kamu tidak akan kelaparan kalau bermain di tempat ini. 

  • Alamat: Desa Sidomukti Jimbaran, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah
  • Jam buka: 24 jam
  • HTM Renang: Rp5.000-Rp10.000
  • HTM Wahana: Rp130.000-Rp470.000

5. Pemandian Air Panas Nglimut Gonoharjo

Pemandian Air Panas Nglimut Gonoharjo

* sumber: www.kompasiana.com

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram