keluyuran web banner

10 Taman Nasional di Dunia dengan Luas yang Menakjubkan

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 9 Januari 2021

Tidak diragukan lagi jika bumi ini memiliki keanekaragaman yang mempesona. Bentang luas alam ini dihuni oleh begitu banyak flora dan fauna yang mungkin belum pernah kamu lihat sebelumnya. Manusia pun memiliki upaya untuk melindunginya agar dapat dilihat oleh generasi selanjutnya.

Ada begitu banyak taman nasional yang didirikan untuk melindungi beragam flora dan fauna di seluruh dunia ini. Sebagain dari taman nasional itu memiliki ukuran yang cukup besar yang digunakan sebagai tempat perlindungan. Mari lihat ulasan beberapa taman nasional berikut ini yang termasuk ke dalam taman nasional terbesar di dunia.

1. Taman Nasional Laut Papahānaumokuākea – Hawaii

Taman Nasional Laut Papahānaumokuākea – Hawaii

TN Papahānaumokuākea merupakan satu taman nasional laut terbesar di dunia dengan luasnya sekitar 1,5 juta kilometer persegi. Sebagain besar dari daerah konservasinya adalah laut yang luasnya mencakup 360.000 km persegi. Sebagiannya lagi berupa 10 pulau dan atol.

Kawasan ini merupakan surga untuk para penyelam, dengan keindahan terumbu karangnya dan biota lautnya. Saat menyelam kamu berkesempatan untuk menyaksikan hewan-hewan endemik yang terancam punah. Kawasan ini juga telah masuk ke dalam Situs Warisan Dunia oleh UNESCO.

2. Taman Nasional Northeast Greenland – Greenland

Taman Nasional Northeast Greenland – Greenland

TN Northeast Greenland merupakan taman nasional darat  terbesar di dunia dengan luas kawasannya sekitar 970.000 km persegi. Kawasan ini sebagian besarnya dipenuhi olef fjord atau lembah yang dipenuhi oleh glestser. Kawasan taman nasional ini menghadirkan salju kemanapun mata memandang.

Selain keindahan dari salju, kamu juga dapat menyaksikan hewan-hewan yang menghuni taman nasional ini. Pastikan kamu dapat melihat hewan seperti, beruang kutub, paus, rubah artik dan yang lainnya saat berkunjung kemari. Kamera menjadi benda wajib, untuk mengabadikan semuanya.

  • Alamat : H.J. Rinkip Aqqutaa 9, Nuuk 3900, Greenland
  • Website : https://visitgreenland.com/about-greenland/national-park/
  • Telepon : Greenland (+299) 34 28 21 / Denmark(+45) 32 83 38 80

3. Taman Nasional The Kavango Zambezi Transfrontier Conservation Area

Taman Nasional The Kavango Zambezi Transfrontier Conservation Area

* sumber: swahilicoastfoodie.com

Taman Nasional ini merupakan taman nasional yang mencakup lima negara Afrika yaitu Zambia, Botswana, Namibia, Zimbabwe, dan Angola. Luas dari kawasan taman nasional ini sekitar 519.912 km persegi. Lokasi dari kawasan taman nasional ini terletak di lembah sungai Kavango dan Zambezi.

Kawasan taman nasional ini meliputi daerah padang rumput, lahan basah, hutan kering, semak belukar, dan beragam hutan yang menutupi kawasan. Ada sekitar 3 ribu jenis tumbuhan, dan sekitar 100 diantaranya adalah tanaman endemik. Kawasan ini juga tempat  bermigrasi dari para satwa.

  • Alamat : Okavango Delta, Zambia, Botswana, Namibia, Zimbabwe, dan Angola.
  • Website : https://kavangozambezi.org/en/
  • Telepon :  +267 625 1332/1452/1269
  • Fax : +267 625 1400

4. Taman Nasional Phoenix Islands – Republik Kiribati

Taman Nasional Phoenix Islands – Republik Kiribati

* sumber: www.conservation.org

Taman Nasional Pulau Phoenix merupakan taman nasional yang sebagian besar merupakan lautan, dengan luas keseluruhan kawasan ini adalah sekitar 408.250 km persegi. Lokasi teman nasional ini terdapat di tengah lautan Pasifik Trofis, dan merupakan surga untuk para burung laut.

Taman Nasional Phoenix ini letaknya cukup terpencil sehingga minim sekali sentuhan tangan manusia. Kawasan ini menyediakan tempat berlindung untuk beragam kehidupan laut. Kawasan ini dibangun dengan misi untuk melindungi keanekaragaman hayati, dan untuk kesehatan lingkungan

  • Alamat : Phoenix Islands Protected Area (PIPA), Republik Kiribati
  • Website : https://pipatrust.org/
  • Telepon :  686-75228225

5. Taman Nasional Great Barrier Reef Marine Park – Australia

Taman Nasional Great Barrier Reef Marine Park – Australia

Great Barrier Reef Marine Park (GBRMP) merupakan taman nasional yang memiliki luas sekitar 344.400 km persegi. Taman nasional ini merupakan ekosistem terumbu karang terbesar di dunia. Kawasannya memiliki 900 pulau, dan 3 ribu terumbu karang yang membentang sepanjang 2 ribu km.

Kawasannya menjadi rumah bagi beragam kehidupan laut, seperti beragam spesies ikan, hiu, paus, pari, dan juga spesies ular serta penyu. Tempat ini juga memiliki 5 ribu jenis moluska dan juga 400 jenis spesies karang yang keras dan lunak, dan membuatnya menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO.

  • Alamat : 280 Flinders Street, Townsville, Australia
  • Website : http://www.gbrmpa.gov.au/
  • Telepon : +61 7 4750 0800

6. Taman Nasional Galapagos Marine Reserve – Ekuador

Taman Nasional Galapagos Marine Reserve – Ekuador

* sumber: www.galapagosislands.com

Cagar laut Galapagos memiliki luas sekitar 133.000 km persegi, letaknya yang berada di garis khatulistiwa membuatnya kaya akan ragam biota laut. Pada cagar laut ini terdapat gunung berapi, pegunungan, tebing dan juga karang yang semuanya berada di bawah permukaan air.

Cagar laut ini merupakan rumah bagi 2.900 spesies satwa, seperti ikan paus, lumba-lumba, elang laut, dan juga hiu serta penyu. Tempat ini menjadi spot diving terbaik untuk mengamati semua jenis biota laut. Mereka memiliki event berenang bersama satwa laut untuk membantu upaya konservasi.

  • Alamat : Av. Charles Darwin y S/N Isla Santa Cruz, Ekuador
  • Website : https://www.galapagos.gob.ec/en/marine-reserve/
  • Telepon :  593-5 252-6189

7. Taman Nasional The Great Limpopo Transfrontier Park – Mozambik

Taman Nasional The Great Limpopo Transfrontier Park – Mozambik

* sumber: www.greatlimpopo.org

Taman Nasional Transfrontier Great Limpopo (TFPs) merupakan taman nasional yang berbatasan dengan Taman Nasional Kruger dan Gonarezhou, dengan  luas kawasannya sekitar 99.800 km persegi. TFPS bertanggungjawab untuk mengelola taman nasional ini secara satu kesatuan yang terintegrasi.

TFPs memiliki misi untuk menghilangkan batasan antar wilayah yang dibuat oleh manusia, sehingga semua satwa dapat berkeliaran di ekosistemnya. Selain menguntungkan untuk satwa, taman nasional ini diharapkan dapat menguntungkan masyarakat lokal dengan adanya pariwisata lintas batas.

8. Taman Nasional Arctic National Wildlife Refuge – Alaska, Amerika Serikat

Taman Nasional Arctic National Wildlife Refuge – Alaska, Amerika Serikat

* sumber: www.nationalgeographic.com

Taman Nasional Arctic merupakan taman nasional yang letaknya paling utara dari Amerika Serikat, dengan luasnya sekitar 78.051 km persegi. Taman nasional ini tempat untuk orang yang senang dengan kegiatan bertualang di Alam bebas. Kamu tak akan menemukan jalan setapak di daerah ini.

Jika kau berkunjung ke tempat ini kamu memerlukan keahlian bertahan hidup di alam liar untuk bertahan. Taman nasional ini meliputi daerah rawa asin di pesisir pantai, pantai, laguna, dan tundra di dataran tinggi. TN Arctic merupakan rumah bagi satwa seperti karibu, muskoxen, dan burung migran.

  • Alamat : 101 12th Ave., Room 236 Fairbanks, Alaska 99701, Amerika Serikat
  • Website : https://www.fws.gov/
  • Telepon/Fax : 907-456-0250 / 907-456-0428

9. Taman Nasional Yukon Delta National Wildlife Refuge – Alaska, Amerika Serikat

Taman Nasional Yukon Delta National Wildlife Refuge – Alaska, Amerika Serikat

* sumber: www.fws.gov

Taman Nasional Yukon merupakan Taman nasional terbesar kedua di Amerika Serikat dengan luas sekitar 77.538 km persegi. Kawasan ini juga menjadi ruang hidup dari 25 ribu orang dari suku Yup’ik Eskimo. Ada dua sungai yang menjadi jantung dari taman nasional ini yaitu Yukon dan Kuskokwim.

Delta yang terdapat di Taman Nasional Yukon menjadi tempat bersarang dari burung asli dari daerah ini. Di setiap musim seminya kamu akan dapat melihat bebek, angsa, dan juga burung air  kembali datang untuk bersarang. Pemandangan burung yang berkumpul akan menjadi tontonan yang menarik.

  • Alamat : 807 Chief Eddie Hoffman Highway PO Box 346 Bethel, Alaska 99559, Amerika Serikat
  • Website : https://www.fws.gov/
  • Telepon/Fax : (907) 543-3151/ (907) 543-4413

10. Taman Nasional Queen Maud Gulf Migratory Bird Sanctuary – Kanada

Taman Nasional Queen Maud Gulf Migratory Bird Sanctuary – Kanada

* sumber: canadac3.ca

Taman Nasional Queen Maud merupajkan taman nasional yang dibangun untuk melindungi berbagai jenis angsa terbesar yang ada di Amerika Utara, dan juga untuk ragam jenis burung lainnya. Luas dari taman nasional ini sekitar 62.920 km persegi, letaknya di barat daya Pulau Victoria di Nunavut.

Tak hanya sebagai tempat berlindung dari beragam angsa, tempat ini juga merupakan tempat berlindung bagi beragam jenis burung yang sedang bermigrasi yang berkembangbiak di tempat ini. Area dari taman nasional ini terdiri dari lahan basah dan sebagain besarnya tundra dan rawa artik.

  • Alamat : Nunavut, Kanada
  • Website :  -

Itulah beberapa taman nasional terbesar di dunia. Tidak semua taman nasional itu dapat di akses sehingga kamu memerlukan izin untuk memasukinya. Hal itu dilakukan untuk melindungi ekosistem agar ruang hidup dari satwanya tidak terganggu kegiatan manusia. Jika tertarik untuk berkunjung kamu dapat mengecek website dari taman-taman nasional tersebut.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram