10 Tempat Wisata Bersejarah di Meksiko yang Memukau

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 23 September 2021

Meksiko merupakan negara yang menarik untuk dikunjungi. Ada begitu banyak tempat bersejarah yang begitu memukau hingga masuk ke dalam Situs warisan Dunia oleh UNESCO. Peninggalan sejarahnya tersemat dalam setiap bangunan kuno  dan juga dalam bangunan masa kolonial yang masih terjaga dengan baik.

Kehebatan dalam seni arsitektur dan juga tata letak kotanya memperlihatkan peradaban masyarakatnya yang telah maju. Berikut ini beberapa tempat wisata di Meksiko yang menarik untuk kamu kunjungi. Tempatnya kental dengan nilai-nilai sejarah dari masa kuno hingga masa kolonial. Yuk, simak beberapa tempat wisata bersejarah di Meksiko yang bisa kamu kunjungi berikut ini!

1. Monte Albán (Oaxaca)

Monte Albán (Oaxaca)
  • Alamat: Ignacio Bernal S/N, San Pedro Ixtlahuaca, Oaxaca., Meksiko
  • Jam Buka: Senin- Minggu 08.00-17.00
  • HTM: 80 peso

Monte Albán merupakan reruntuhan kuno dari bangsa Zapotec dan juga bangsa Mixtec. Reruntuhannya berada di puncak sebuah bukit dengan pemandangan yang spektakuler dari seluruh kota di bawahnya dan pegunungan yang menjadi latarnya. Reruntuhan ibu kota kuno ini menempati lahan yang cukup luas dan rata. Selain itu, reruntuhan ini terbilang sangat tua.

Saat menapaki reruntuhan di Monte Albán kamu akan merasakan kehebatan mereka yang membangun tempat ini dengan meratakan  puncak bukit. Kompleks Monte Albán terdiri dari sebuah alun-alun yang besar dengan banyak piramida. Selain itu juga terdapat sebuah reruntuhan yang berfungsi sebagai observatorium.

Reruntuhan dari Monta Albán ini dianggap oleh peneliti penuh dengan teka-teki. Tulisan yang terdapat di reruntuhannya pun belum dapat dipecahkan. Alasan mereka membangun tempat persembahan sebesar ini pun masih menjadi tanda tanya, menarik bukan?

2. Templo de Kukulkan (Chichen Itza)

Templo de Kukulkan (Chichen Itza)
  • Alamat: Yucatan, Meksiko
  • Jam Buka: Senin-Minggu 08.00 – 17.00
  • HTM: 487 peso

Templo de Kukulkan atau Kuil Kukulkan merupakan bangunan piramida peninggalan dari suku bangsa Maya. Kuil piramida Kukulkan berada di ibu kota dari suku bangsa Maya yaitu Chichen Itza.

Piramida dengan bentuk tangga ini didedikasikan kepada dewa Kukulkan atau Quetzalcoatl yang memiliki bentuk ular bersayap. Diyakini bahwa sang dewa biasa turun pada saat ekuinoks untuk memberkati.

Para turis biasanya berdatangan di saat ekuinoks di musim semi dan musim panas. Pada saat itu terdapat sebuah fenomena menarik yang diyakini masyarakat jika sang dewa turun kebumi. Pada saat ekuinoks terdapat fenomena saat bayangan di samping tangga membentuk gambar ular yang menuruni tangga kuil selama 45 menit.

3. Teotihuacan

Teotihuacan
  • Alamat: Autopista Ecatepec 22,600 Km, 55850 San Juan Teotihuacan de Arista, Méx. Meksiko
  • Jam Buka: Senin – Minggu 09.00 – 15.00
  • HTM: 80 peso, (50 peso untuk Kamera)
  • Parkir: Motor 25 peso, Mobil 50 peso, Kendaraan dengan 20 penumpang 90 peso

Teotihuacan merupakan sebuah kota kuno yang dipercaya oleh para ahli sejarah dibangun oleh bangsa Toltec sebelum akhirnya ditinggali oleh suku bangsa Aztec. Nama Teotihuacan sendiri merupakan nama yang diberikan oleh suku bangsa Aztec yang berarti tempat kelahiran para dewa. Semua nama bangunan yang ada di situs ini kebanyakan diberi nama oleh bangsa Aztec.

Suku bangsa mana yang sesungguhnya membangun tempat ini? Yang jelas suku bangsa tersebut memiliki kemampuan yang luar bisa hebat.

Hal ini terlihat dari struktur bangunan yang masih tersisa hingga kini. Kota ini dibangun dengan luas sekitar 20 kilometer persegi. Teotihuacan memiliki sekitar 2.000 hunian tempat tinggal, piramida, kuil, dan istana bangsawan.

Bangunan penting dari Teotihuacan adalah piramida bulan, piramida matahari dan kuil Quetzalcoatl. Semua bangunan ini dihubungkan oleh sebuah jalan besar yang diberi nama Avenue of the Dead. Bangunan terbesar dan menonjol di kompleks ini adalah piramida matahari dengan tinggi 66 meter dan luasnya dasarnya sekitar 230 meter.

4. Uxmal (Yucatan)

Uxmal (Yucatan)
  • Alamat: Uxmal, Yucatan, Meksiko
  • Jam Buka: Setiap hari, 08.00 – 17.00
  • HTM: 418 peso

Uxmal merupakan sebuah kuil piramida yang merupakan peninggalan dari suku bangsa Maya. Reruntuhan dari situs Uxmal dianggap sebagai masa keemasan dari suku bangsa Maya. Tata letak dari Uxmal memiliki keunikan karena aturannya menggunakan tata letak yang sesuai dengan fenomena astronomi. Mereka menggunakan fenomena tenggelam dan terbitnya planet-planet.

Kuil piramida yang tidak boleh dilewatkan di Uxmal adalah Kuil Piramida Peramal dengan ketinggian sekitar 35 meter.  Selain dari  kuil piramida Peramal, di situs ini terdapat sebuah bangunan dengan arsitektur yang mengesankan dan juga indah yaitu Istana Gubernur dengan bagian dekorasi pada bagian fasad bangunannya yang terdiri dari 400 simbol venus dalam topeng dewa hujan Chac.

5. El Tajin (Veracruz)

El Tajin (Veracruz)
  • Alamat: Canoas Martinez de la Torre, Papantla, Veracruz, Meksiko
  • Jam Buka: Senin-Minggu 09.00 – 17.00
  • HTM: 80 peso

Sisa dari bangunan yang terdapat di situs arkeologi El Tajin hingga kini masih menjadi tanda tanya bagi para ahli. Peradaban suku bangsa apakah yang dapat membangun peradaban yang hebat ini? Sebagian percaya bahwa yang membangun situs El Tajin adalah suku bangsa Totonac atau juga Huastec, suku asli yang hingga kini masih ada.

Tempat ini dulunya dipercaya sebagai tempat upacara, selain sebagai pusat administrasi juga. Satu bangunan yang fenomenal di situs arkeologi ini adalah Kuil Niche yang memiliki ceruk sebanyak jumlah hari dalam setahun yaitu, 365 hari.

Situs El Tajin dianggap sebagai reruntuhan yang paling misterius dan bangunan-bangunan di sini memperlihatkan keunikan dan kehebatan peradaban mereka.

6.  Palenque (Chiapas)

Palenque (Chiapas)
  • Alamat: Carretera a Palenque - Zona Archaeologica Km. 8, 29960 Palenque, Chiapas, Meksiko
  • Jam Buka: Senin – Minggu 08.30 – 17.00
  • HTM: 80 peso

Palenque merupakan sebuah kota kuno dari suku bangsa Maya. Situs arkeologi ini terletak di negara bagian Chiapas Meksiko. Reruntuhan suku Maya ini juga ada yang masih tertutup oleh lebatnya hutan. Situsnya tidak sebesar situs-situs bangsa Maya yang lain, tetapi keunikan dari situs ini terletak pada arsitektur bangunan serta pahatan yang terdapat pada  bangunannya.

Situs Palenque ini memiliki beberapa kuil juga sebuah istana. Satu kuil yang paling terkenal adalah kuil Prasasti atau Temple of the Inscriptions. Kuil Prasasti merupakan sebuah makam dari seorang raja yang bernama Pakal yang Agung dan merupakan satu satunya kuil yang dibangun menjadi sebuah makam.

7.  Plaza del Zócalo (Mexico City)

Plaza del Zócalo (Mexico City)
  • Alamat: P.za de la Constitución S/N, Centro Histórico de la Cdad. de México, Centro, Cuauhtémoc, 06010 Ciudad de México, Meksiko
  • Jam Buka: 24 jam

Plaza del Zócalo merupakan sebuah alun-alun yang terdapat di kota Meksiko. Pada zaman kuno tempat ini sudah menjadi tempat upacara adat dari suku Aztec dari kota Tenochtitlan. Nama resmi dari alun-alun ini adalah Plaza de la Constitutions. Luas dari alun-alun ini sendiri diperkirakan sekitar 57,600 m2, dan merupakan alun alun terluas kedua di dunia.

Alun-alun ini dikelilingi bangunan-bangunan yang cukup penting, di antaranya adalah Katedral Metropolitan Meksiko City, istana nasional, gedung Nacional Monte de Piedad, dan masih banyak yang lainnya. Di tengah alun-alun terdapat sebuah tiang bendera dengan ukuran bendera yang cukup besar.

8.  Morelia (Michoacán)

Morelia (Michoacán)
  • Alamat: Centro Histórico, 58000 Morelia, Michoacán, Meksiko

Morelia merupakan  sebuah  kota yang awalnya dikenal dengan nama Valldolid sebelum diubah menjadi Morelia yang merupakan nama dari seorang pahlawan asli dari Meksiko yang bernama José María Morelos.

Morelia merupakan sebuah kota yang arsitektur bangunannya berasal dari abad ke-16 dan merupakan sebuah kota dengan gaya Renaissance Spanyol dan juga gaya Mesoamerika.

Morelia masuk ke dalam Situs Warisan Dunia oleh UNESCO karena memiliki tata letak kota yang baik yang mengikuti kontur alamnya. Selain karena setiap bangunan yang terdapat di Morelia mencerminkan sejarah dari kotanya. Bangunan di kota ini menggabungkan gaya abad pertengahan yang berpadu dengan gaya Renaissance, Baroque , dan juga neoklasik.

9. Zacatecas

  • Alamat: Zacatecas,  Mexico
  • Jam Buka: 24 jam

Zacatecas merupakan kota yang dulunya telah didiami oleh penduduk asli dari suku bangsa Chichimeca. Jauh sebelum kedatangan bangsa Eropa, kota ini telah menjadi lahan pertambangan perak dan juga logam lainnya. Pertambangan menjadikan Zacatecas menjadi negara bagian yang paling kaya di Meksiko.

Kota ini memiliki keunikan tersendiri dari segi struktur bangunannya, yaitu penggunaan batu kapur merah muda pada bangunannya sehingga dijuluki dengan “Kota Merah Muda”.

Kamu dapat melihatnya pada bangunan-bangunan kolonialnya yang dirancang dengan rumit bahkan memerlukan waktu bertahun-tahun dalam pembuatannya sehingga  memberikan kesan mendalam dan istimewa.

Kotanya belum terlalu ramai dikunjungi turis sehingga kamu akan melihat sebuah kota yang yang sesungguhnya tanpa riasan untuk menarik turis. Pesona dan keanggunan kota dengan bangunan kolonialnya sangat sayang untuk kamu lewatkan begitu saja.

10. Guanajuato

Guanajuato
  • Alamat: Centro, 36000 Leon, Guanajuato, Meksiko

Guanajuato merupakan sebuah kota tua dengan gaya Spanyol yang terdapat di Meksiko. Kota ini juga terkenal karena perencanaan tata kotanya yang baik. Kota ini sering disebut sebagai kota yang sangat cantik di Meksiko. Dahulu kota ini merupakan sebuah kota yang dibangun sebagai hunian bagi para pekerja tambang yang bekerja di penambangan perak di dekat kota.

Ada banyak tempat yang dapat kamu kunjungi di Guanajuato. Contohnya, Callejon del Besso  merupakan satu tempat yang menarik untuk kamu datangi terutama bagi yang telah memiliki pasangan hidup. Tempat tersebut adalah sebuah gang dengan ukuran 69 cm yang diyakini oleh masyarakat bahwa pasangan yang berciuman di gang tersebut akan diberkahi dengan kebahagiaan.

Nah kini kamu tahu tempat mana saja di Meksiko yang menarik untuk kamu kunjungi. Selain kaya dengan nilai-nilai sejarah, bangunan-bangunan yang dibangun pada masa lampau terutama reruntuhan arkeologi memperlihatkan kecerdasan dan kejeniusan mereka. Hal itu tercermin pada bangunannya yang dapat berdiri tegak hingga kini.

Sedang pada bangunan masa kolonial kamu dapat melihat perpaduan yang menarik dari budaya abad pertengahan yang berbaur dengan gaya Renaissance Spanyol, Baroque dan juga neoklasik. Perpaduan itu membuat tampilan kotanya terlihat lebih cantik. Dari tempat-tempat dia atas, manakah tempat yang paling ingin kamu kunjungi?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram