10 Wisata Alam di Meksiko dengan Pemandangan yang Indah

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 1 Oktober 2021

Saat mendengar nama Meksiko, mungkin sebagian orang akan ingat akan drama televisinya yang pernah booming di Indonesia. Sedangkan anak zaman sekarang mungkin mengenalnya karena tembok perbatasannya dengan Amerika Serikat. Meksiko sesungguhnya menyimpan harta yang paling berharga dari keindahan alamnya.

Keindahan alam yang dimiliki oleh Meksiko akan membuatmu terkejut akan kecantikan alam yang disimpannya. Berikut ini beberapa keindahan alam dari Meksiko yang perlu kamu tahu yang akan membuat liburanmu tidak akan terlupakan.

1. Taman Surealis Edward James “ Las Pozas” (Xilitla)

Taman Surealis Edward James “ Las Pozas” (Xilitla)
  • Alamat: Camino Paseo Las Pozas s/n, Barrio La Conchita, 79902 Xilitla, San Luis Potosi Meksiko
  • Jam Buka: Senin – Minggu 09.00 – 18.00
  • HTM: MXN 70

Taman Surealis Las Pozas berada di sebuah desa bernama Xilitla, Meksiko. Karyanya merupakan karya dari Edward James seorang penyair dari Inggris. Berwisata ke tempat ini kamu serasa dibawa ke dunia yang berbeda. Sebuah hutan dengan instalasi karya seni membuat tempatnya seperti berada di dunia fantasi.  Sebuah taman surga merupakan gambaran taman yang ingin Edward buat dalam karyanya.

Di Las Pozas, kamu dapat menemukan bangunan-bangunan beton yang dapat berpadu indah dengan alam di sekitarnya. Pembangunan tamannya sendiri memerlukan waktu 20 tahun  lamanya. Ada sekitar 100 pekerja yang menjadikan karya seni surealis ini dapat terwujud. Sayangnya pembangunan karya seni ini tidak selesai setelah Edward James meninggal.

2. Las Grutas Tolantongo (Hidalgo)

Las Grutas Tolantongo (Hidalgo)Sumber: gob.mx
  • Alamat: Ejido San Cristobal, 42375 Cardonal, Hidalgo., Meksiko
  • Jam Buka: Setiap hari 06.00-23.00
  • HTM: MXN 150

Tempat unik yang satu ini bagaikan permata yang tersembunyi, berada di sebuah pegunungan yang terpencil. Grutas Tolantongo merupakan sebuah sumber mata air panas yang berada di negara bagian Hidalgo. Tempat ini merupakan tempat wista yang cukup luas dari terdiri dari empat area alam, di antaranya adalah, gua, kolam, sungai, serta terowongan yang kesemuanya sangat fenomenal.

Grutas Tolantongo menyimpan keindahan yang luar biasa. Lanskap alam yang dihiasi jernihnya sumber air panas yang berwarna toska, membuat alam sekitarnya terlihat elok. Selain dari kegiatan yang disajikan alam, wisata alam ini juga menghadirkan hiburan yang lain berupa kegiatan fisik seperti zipline kolam renang biasa, jembatan gantung, dan tentunya fasilitas pendukung yang memadai.

3. Islas Marietas (Puerto Valarta)

Islas Marietas (Puerto Valarta)
  • Alamat: Marietas Islands, 63734 Nayarit, Meksiko
  • Jam Buka: Setiap hari, 09.00

Islas Marietas atau terkenal dengan sebutan Pantai tersembunyi, sebuah pantai yang menjadi destinasi favorit untuk dikunjungi. Tempatnya cukup rumit untuk dikunjungi karena untuk mencapai tempatnya kamu harus berenang di bawah bebatuan. Tempatnya terlihat menarik karena berada di sebuah lubang sehingga terasa seperti sebuah pantai pribadi.

Islas Marietas yang berada dalam sebuah pulau tak berpenghuni memiliki air yang jernih berwarna hijau toska yang benar-benar memesona.

Saat ini tempat ini hanya dapat dikunjungi oleh 100 orang dalam satu harinya. Hal itu diberlakukan untuk menjaga ekosistem dari flora dan fauna yang terdapat di tempat ini. Jika ingin berkunjung kemari, kamu harus bisa berenang minimal 75 meter dan wajib memakai baju pelampung.

4. Huasteca Potosi (San Luis Potosi)

Huasteca Potosi (San Luis Potosi)
  • Alamat: San Luis Potosi, Meksiko
  • Jam Buka: Senin-Minggu 08.00 – 18.00
  • HTM: MXN 30-50 (Tiket untuk air terjun)

Huasteca Potosina merupakan tempat wisata alam yang seperti tempat bermain dengan berbagai permainan di dalamnya. Tempatnya dipenuhi dengan keindahan alam berupa air terjun, ngarai, kolam alam, serta gua. Kesemua tempat tadi dibingkai oleh rimbunnya hutan nan hijau, selain itu Huasteca Potosi juga terkenal dengan air terjunnya.

Ada begitu banyak air terjun yang dapat kamu temukan di Huasteca Potosi. Semua air terjun ini terlihat indah dengan kolam-kolamnya yang memiliki air berwarna toska. Puente De Dios merupakan satu air terjun yang cukup terkenal di Huasteca Potosi, dan juga lumayan ramai. Jika kamu ingin yang lebih tenang kamu bisa memilih air terjun Tamul atau El Salto Del Aqua serta masih banyak yang lainnya.

5. Hierve El Agua (Oaxaca)

  • Alamat: Oaxaca de Juárez, Oaxaca, Meksiko
  • HTM: MXN 25

Hierve El Agua merupakan satu keajaiban alam yang berada di Pegunungan Sierra Madre di Oaxaca. Hierve el Agua adalah sebuah kolam tanpa batas yang merupakan hasil karya alam yang menakjubkan dikelilingi oleh lembah yang hijau. Kolamnya terbentuk dalam waktu ribuan tahun dari air yang mengandung mineral yang terus mengalir menuruni tebingnya yang tinggi.

Jika kamu ingin merasakan indah dan syahdunya tempat ini, kamu harus datang lebih awal sebelum tempatnya dipenuhi oleh pengunjung. Jika kamu ingin melihat keindahan dari matahari terbit dan tenggelam kamu dapat menginap dengan berkemah dengan sedikit membayar ekstra. Di sini kamu dapat  berfoto dengan latar alam pegunungannya yang hijau nan indah.

6. Laguna Bacalar (Quintana Roo)

Laguna Bacalar (Quintana Roo)
  • Alamat: Quintana Roo, Meksiko
  • HTM: MXN 20

Keindahan laguna dengan airnya yang berwarna toska ini tak kalah dari Maldives. Pemandangan laguna dengan airnya yang berwarna toska ini memiliki harga yang jauh lebih terjangkau jika dibandingkan dengan Maldives. Laguna ini dapat kamu temukan di Negara Bagian Quintana Roo. Tempat wisata ini termasuk daerah yang jarang dikunjungi karena jauhnya perjalanan.

Jika kamu ingin menikmati keindahan warna toska dari laguna ini, kamu dapat menginap di salah satu hotel. Hal itu karena sebagian besar akses menuju laguna tertutup oleh hotel dan restoran. Tetapi jangan sedih dulu masih ada bagian dari laguna yang dapat diakses oleh umum, satu di antaranya adalah dermaga umum yang memiliki tiket jauh lebih murah

7. Pulau Holbox (Quintana Roo)

Pulau Holbox (Quintana RSumber: piqsels.com
  • Alamat: Quintana Roo, Meksiko
  • Tiket Ferry: Dewasa MXN 150, Anak-anak 121 cm MXN 100

Pulau Holbox atau disebut juga dengan Isla Holbox adalah sebuah pulau yang bagaikan surga. Pulau ini berada di Semenanjung Yucatan Meksiko di sebelah utara. Pulau dengan pemandangan yang sangat indah ini cocok untuk orang yang ingin jauh dari bisingnya kendaraan. Pantai dengan airnya yang sangat jernih dan juga landai jadi tujuan wisata yang sangat menarik.

Pulau Holbox  selain landskapnya yang sangat luar biasa, tempat ini juga menyimpan keindahan di bawah lautnya. Di sini kamu dapat juga berenang dengan hiu paus dengan ukuran yang besar tetapi ramah. Mereka memakan plankton sehingga kamu tak perlu takut berenang bersama mereka. Waktu terbaik melihat hiu paus adalah pertengahan September atau akhir Juni hingga awal Juli.

8. Cagar Biosfer Siera Gorda (Queretaro)

Cagar Biosfer Siera Gorda (Queretaro)
  • Alamat: Santiago de Querétaro, Querétaro, Meksiko
  • Jam Buka: Selasa, Kamis, Jumat 08.15 – 17.00
  • HTM: MXN 45- 75

Cagar Biosfer Sierra Gorda menawarkan keindahan alam yang beragam untuk dikunjungi dari air terjun, hutan, sungai, dan juga gua. Di tempat ini kamu serasa bersatu dengan alam yang masih belum terjamah dan masih alami. Tempat yang bisa kamu kunjungi di sini yaitu. Cuantro Palos, Sungai Escanela dengan jembatan Puente de Dios, trinidad, dan masih banyak yang lainnya.

Jika ingin menikmati alam Meksiko yang masih perawan kamu dapat mengunjungi Cagar Biosfer Sierra Gorda dalam sebuah eco-tour yang diadakan oleh komunitas-komunitas lokal yang mempromosikan tour yang sehat. Kamu juga dapat mengunjungi atau dapat melakukan perjalan sendiri dengan menyewa guide lokal yang akan membantu ekonomi masyarakat lokal.

9. Cenote Taak Bi ha (Quintana Roo)

  • Alamat: Taak Bi, Parque Dos Ojos Cenote S/N, Xel-Ha, 77762 Tulum, Quintana Roo, Meksiko
  • Jam Buka: Senin-Minggu 09.30 – 17.00
  • HTM: MXN 350, MXN 400 + Guide

Taak Bi Ha merupakan cenote terdapat di dalam gua. Tempatnya terlihat luar biasa dengan  airnya yang jernih berwarna kebiruan. Di sini kamu dapat menikmati cenotenya dengan berenang, snorkeling dan juga menyelam. Cenote ini berada di Rivera Maya sekitar 20 menit dari Tulum, yaitu tempat yang juga terkenal akan cenote-nya.

Seperti kebanyakan aturan di wisata alam cenote, kamu dilarang menggunakan tabir surya ataupun lotion anti serangga sebelum berenang ataupun kegiatan air lainnya. Hal itu demi menjaga kualitas air dari cenote-nya sendiri agar tidak tercemar. Gunakan pakaian yang akan melindungimu dari serangga ya.

10. Museum Bawah Laut MUSA (Cancun)

  • Alamat: Cerrada Las Golondrinas Lote #24, Zona Hotelera, 77560 Cancún, Quintana Roo, Meksiko
  • Jam Buka: Senin-Minggu 09.00 14.00
  • HTM: MXN 47 - 70

Tempat yang satu ini merupakan tempat untuk orang yang senang dengan kegiatan bawah air. Tempatnya bernama Museo Subacuatico de Arte atau dikenal dengan MUSA. Museum ini merupakan tempat kamu dapat melihat instalasi seni pahat di dalam air dan termasuk sebagai taman seni pahat dalam air yang terbesar di dunia.

Kamu dapat melihat karya seni ini dengan ber-snorkeling atau juga menyelam. Ada sekitar 500 buah karya seni yang menjadi karya dari beberapa artis. Tempat instalasi seni ini juga rumah bagi hewan dan tanaman laut sehingga suatu saat patung ini akan dipenuhi oleh tanaman laut yang akan membuat karya seninya tersendiri.

Nah, menurutmu tempat wisata mana yang ingin kamu kunjungi ari Meksiko? Semuanya memiliki keindahan yang luar biasa. Kamu dapat merasakan keindahan dari cenote atau air terjunnya yang sama-sama memiliki airnya jernih dan berwarna  biru toska. Tempatnya cocok untuk yang senang dengan kegiatan air dan melepaskan penat.

Meksiko menjadi alternatif tempat liburan yang lebih terjangkau. Tetapi keindahannya tak kalah dengan tempat-tempat liburan yang lebih ternama. Keindahan alam Meksiko benar-benar sayang jika kamu lewatkan, keindahannya bagai permata yang tersembunyi.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram