10 Tempat Wisata di Belitung yang Wajib Dikunjungi

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 14 April 2020

Siapa yang tidak tergoda untuk berpelesir ke Belitung. Pulau kecil yang satu ini menyajikan berbagai tempat wisata yang mulai dilirik oleh para backpacker. Objek wisata yang paling terkenal adalah pulau-pulau yang menawarkan pantai yang indah, dan juga kuliner khas Bangka Belitung yang menggugah selera. Nah, siapkah Anda untuk berlibur ke Belitung?

Sebelum berlibur ke Belitung, ada baiknya jika Anda membuat itenerary sendiri. Nah, sebagai referensi untuk membuat itenerary pribadi, Keluyuran akan memberikan daftar tempat wisata di Belitung yang tidak boleh terlewatkan. Yuk, simak daftar selengkapnya berikut ini!

1. Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi

Masih ingatkah Anda dengan film Indonesia yang sempat booming di tahun 2008, yakni Laskar Pelangi? Tempat wisata di Belitung yang satu ini adalah lokasi shooting dari film Laskar Pelangi tersebut.

Adalah Pantai Tanjung Tinggi yang berlokasi sekitar 37 KM dari Kota Tanjung Pandan. Pantai ini banyak dikunjungi oleh wisatawan yang penasaran dengan lokasi pengambilan gambar film yang diangkat dari novel karya Andrea Hirata itu.

Pantai ini menawarkan pesona pasir yang putih, bebatuan besar di tepi pantai, dan ombak yang tenang. Bahkan, di sekitar pantai banyak rumah makan seafood yang siap untuk melayani makan siang Anda.

2. Museum Kata Andrea Hirata

Museum Kata Andrea Hirata tempat wisata di belitung

Sesudah menjelajahi Pantai Tanjung Tinggi yang menjadi lokasi shooting Laskar Pelangi, tak afdol rasanya jika Anda tidak mengunjungi Musem Kata yang dibuat oleh penulis novel Laskar Pelangi, yaitu Andrea Hirata.

Ini adalah museum sastra pertama yang ada di Indonesia, jadi sangat disayangkan bila Anda tidak berkunjung ke sini. Di museum yang tampak sangat colorful ini banyak membahas seputar Laskar Pelangi. Namun, ada pula potongan artikel di surat kabar mengenai sang penulis dan juga beberapa foto seniman yang ada di Indonesia.

3. Pantai Burung Mandi

Pantai Burung Mandi

Masyarakat setempat lebih sering menyebut pantai ini dengan nama Burong Mandi. Pantai Burung Mandi ini juga menawarkan pasir putih dan suasana yang cukup nyaman untuk bersantai. Di tepi pantai ada beberapa perahu nelayan yang sedang bersandar.

Di tepi pantai yang berlokasi di Belitung Timur ini juga banyak ditemukan batu-batuan granit berukuran besar. Sama seperti di Pantai Tanjung Tinggi, di Pantai Burung Mandi ini Anda juga bisa menemukan warung makan yang menjual hidangan hasil dari olahan seafood.

4. Gunung Menumbing

Gunung Menumbing

Mari kita melipir sejenak dari berbagai tempat wisata di Belitung yang didominasi oleh pantai. Kita menyambangi Gunung Menumbing yang dahulu merupakan tempat pengasingan Bung Karno dan Bung Hatta di tahun 1948 – 1949.

Di gunung yang memiliki ketinggian 355 mdpL ini ada sebuah wisma tempat di mana dua proklamator RI itu diasingkan. Wisma tersebut masih sangat terawat. Pasalnya, wisma di Gunung Menumbing ini dijaga oleh keluarga yang merupakan Abdi Dalem Keraton Yogyakarta secara turun menurun.

5. Pantai Tanjung Kelayang

Pantai Tanjung Kalayang

Pantai Tanjung Kelayang juga merupakan pantai terkenal lainnya yang ada di Belitung selain Pantai Tanjung Tinggi. Keluyuran menilai bahwa pantai ini sangat unik karena terbagi menjadi dua bagian, yang di sebelah barat ada bebatuan granit besar yang berdiri dengan sangat kokoh, sedangkan di sebelah timur terdapat pantai dengan pesona pasir putihnya yang bersih.

Ombak di Pantai Tanjung Kelayang ini tidak terlalu besar, sehingga wisatawan yang datang ke sini bisa berenang di tepi pantai. Adapun kegiatan lain yang bisa Anda lakukan di Pantai Tanjung Kelayang adalah berjemur, memancing, dan melakukan watersport. Nah, apakah Anda berminat untuk menyambangi pantai eksotis yang satu ini?

6. Pantai Parai Tenggiri

Pantai Parai Tenggiri

Watersport adalah kegiatan yang bisa dilakukan saat Anda berkunjung ke pantai. Selanjutnya, Keluyuran akan merekomendasikan Anda sebuah pantai yang berjarak 40 KM dari ibu kota Provinsi Bangka Belitung, yaitu Pantai Parai Tenggiri.

Sama seperti beberapa pantai lainnya yang sudah kami bahas di sini, Pantai Parai Tenggiri juga memiliki gugusan batu granit besar di tepi pantai. Selain itu karakter ombak yang lembut di pantai ini membuatnya cocok dijadikan tempat untuk bermain banana boat, snorkeling, dan parasailing. Di tepi pantai juga terdapat payung dan kursi yang bisa digunakan untuk bersantai ria.

7. Pulau Memperak

Pulau Memperak

Bila Anda ingin mencari ketenangan saat berlibur, tempat wisata di Belitung yang satu ini bisa menjadi referensi untuk Anda. Pulau Memperak adalah sebuah pulau yang belum banyak dikunjungi oleh wisatawan. Pulau ini memiliki air laut yang sangat jernih dan berwarna biru kehijauan.

Aktivitas yang bisa Anda lakukan kala berada di Pulau Memperak ini adalah snorkeling untuk melihat keindahan alam bawah laut. Namun, di pulau ini tidak terdapat penginapan, sehingga sebaiknya Anda bersantai di pulau ini dalam waktu beberapa jam saja.

8. Pantai Punai

Pantai Punai

Sama seperti di pantai-pantai yang terdapat di Belitung lainnya, di tepi Pantai Punai ini juga dihiasi oleh bebatuan granit. Hanya saja ukuran batu granit di pantai ini lebih kecil dibanding yang ada di pantai-pantai lainnya.

Pantai Punai juga menawarkan suasana yang tenang untuk sekedar bersantai dan menyegarkan pikiran. Hamparan pasir putih yang bersih juga terlihat menghiasi pantai ini. Di depan pantai ada sebuah pulau berukuran kecil bernama Pulau Punai yang hanya bisa dikunjungi saat air laut sedang surut.

9. Pulau Lengkuas

Pulau Lengkuas

Datang ke Pulau Lengkuas rasanya tidak lengkap jika kita tidak naik ke puncak mercusuar yang ada di pulau ini. Mercusuar yang berdiri di tengah-tengah pulau ini adalah daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Pasalnya, ketika naik ke puncak mercusuar maka Anda bisa melihat pesona pantai-pantai yang ada di Belitung langsung dari ketinggian. Bahkan, banyak wisatawan yang berfoto saat berada di puncak mercusuar yang dibangun pada tahun 1882 ini.

10. Pulau Pasir

Pulau Pasir

Keberadaan Pulau Pasir ini menunjukkan betapa besar kuasa Tuhan Yang Maha Esa. Pasalnya, Pulau Pasir sejatinya hanya berasal dari tumpukan pasir putih. Apabila air laut sedang surut, maka pulau ini akan nampak dengan sendirinya. Akan tetapi, apabila air laut pasang, maka pulau yang luasnya hanya setengah dari lapangan sepak bola ini akan tenggelam dan tidak terlihat.

Ada waktu-waktu tertentu di mana pulau ini akan nampak dan bisa dikunjungi. Pada saat air laut surut, Pulau Pasir banyak disinggahi oleh para wisatawan yang telah melakukan Island Hopping. Jika beruntung, Anda bisa melihat beberapa bintang laut yang terdampar di Pulau Pasir ini.

Pesona tempat wisata di Belitung ini memang tidak akan habisnya jika dibahas satu persatu. Rencanakan perjalanan Anda dengan sahabat, pasangan, atau keluarga untuk menuju ke Belitung. Keindahan pantai-pantai yang ada di Belitung menunjukkan kepada kita bahwa tempat wisata yang menyajikan pesona pantai yang eksotis bukan hanya di Bali dan Lombok saja.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram